Hoka Suka, Menu Hokben yang Indonesia Banget

  Momen menikmati menu Hoka Hoka Bento atau HokBen buat saya selalu spesial. Bukan hanya karena di daerah saya tinggal belum ada gerai HokBen, tapi karena memang menunya beda dan rasanya juga istimewa. Jadi gak heran kalo saya dan anak-anak kalo lagi di kota besar, entah Surabaya..entah Malang..entah Jakarta..pengen makan di resto cepat saji..ya pilihannya […]

Begini Serunya Finna Foodies Cooking Competition

Makan krupuk pake sambal saja nikmatnya tuh udah tiada tara. Gemana kalau dapet tantangan mengolah makanan dengan bahan tertentu, plus krupuk dan sambal. Tapi bahannya baru tahu beberapa menit saja sebelum mulai memasak. Panik?Kelabakan?Bingung?atau..blank? Itulah yang saya alami saat mengikuti Finna Cooking Competition di Food Junction Grand Pakuwon, 21 Januari 2018. Yes lombanya diikuti 30 […]

Sasa Santan Kelapa, Cara Jitu  Memasak 50% Lebih Cepat

    Sasa Santan Kelapa kini hadir dalam kemasan cair. Produk yang menjadi unggulan  bagi setiap keluarga. Bagi saya dan ibu saya yang sering memasak sendiri keperluan makanan sehari-hari di rumah, produk yang praktis membantu pengerjaan agar lebih efisien. Termasuk saat ingin syukuran dan menyiapkan masakan untuk keluarga dan tetangga. Kalau dulu..makanan bersantan memang ribet.. […]

Inilah Kuliner Enak dibawah 10 Ribu Rupiah di Madura

Serius ada kuliner seharga dibawah 10.000 an yang enak?Iyap…ada dan banyak. Eits..bukan kuliner instant loya.. Bahannya fresh..diolah dengan baik, gak asal jadi..dan selain kenyang..tentu saja bergizi! Mulai yang isinya sayur mayur ringan, yang bersantan, berbumbu kacang, sampai yang isinya full jeroan juga ada. Mau tau apa aja? Saya mulai dulu dengan yang harganya di bawah […]

Menikmati Gresik Rasa Malang di Petro Agrifood Expo

Ketika mendengar kata Gresik..apa yang kamu bayangkan?Panas?Ruwet?Pabrik Semen?Nasi Krawu?Pudak?Apalagi..? Hehe kalo saya sih ya..Gresik memang bukan tempat yang asing. Meski jaraknya lumayan jauh dari tempat saya tinggal. Karena salah satu sohib saya berasal dari sini, beberapa teman dekat juga masih tinggal di kota yang memang identik dengan udaranya yang jauh dari kesan sejuk. Saya pun […]

Sandwich Chicken Nugget

Ramadan sudah berlalu …Meski berat meninggalkan Ramadan..tapi kan memang harus ya.. Banyak kenangan setiap Ramadan. Apalagi anak-anak sudah berpuasa penuh sejak 3 tahun lalu. Saya jadi keingetan sewaktu Si Sulung puasa penuh pertama. Buka puasanya mintanya yang wah-wah..Contohnya nih..burger. Sebagai emak yang pengen anak-anak menjalani puasa dengan happy..ya beli lah burger untuk buka puasa. Sempat […]

Ketupat Unik di Tradisi Lebaran Ketupat

Seminggu usai 1 Syawal ternyata masih ada peringatan Lebaran Ketupat ya..beberapa daerah mempunyai tradisi yang berbeda-beda menyambut lebaran ketupat. Seperti di Sumenep Madura tempat saya tinggal. Lebaran Ketupat dirayakan dengan meriah dan penuh kegembiraan, lebih meriah daripada lebaran 1 Syawal. Tempat-tempat wisata juga menggelar berbagai hiburan khusus menyambut lebaran ketupat atau orang Madura menyebutnya Tellasan […]

Pentol Gepek, Kuliner Unik di Pesisir Timur Madura

Membaca nama pentol gepek jadinya mirip-mirip pisang epek kuliner hits Makassar ya..Lokasinya juga ada kesamaan sih, sama-sama pesisir 😊 Tapi makananya jelas banget berbeda. Kalo pisang epek kan bahannya pisang dibakar dengan tambahan saus gula merah. Nah kalo pentol gepek ini gemana? Pentol gepek ini salah satu yang hits di kabupaten Sumenep. Asalnya dari pesisir […]

Bakmi Mewah, Bukan Mie Instan Biasa

  Bakmi Mewah Bukan Mie Instan Biasa. Hujan baru saja reda. Anak-anak baru sampai di rumah. Begitu juga saya. Seperti biasa, setiap pulang sekolah mereka langsung berganti pakaian dan lanjut mencari camilan yang bisa mereka santap. Lalu si sulung berbisik,”Mik..bikinin mie…” Sambil senyum-senyum berharap dikabulkan. Saya berpikir apa ada persediaan mie instan ya.. Ahaa..ada! Bakmi […]

Tajin Sora, Tradisi di Bulan Muharram

Saat bulan Muharram atau Suro ada kuliner khas yang menjadi tradisi. Bubur Suro namanya. Kalau di Sumenep tempat saya tinggal disebut Tajin Sora. Bubur nasi putih yang diberi kuah seperti opor dengan lauk yang bervariasi. Ada yang lauk daging sapi, udang, ayam dengan taburan bawang goreng, kacang tanah goreng, toge mentah, atau irisan kelapa. Selama bulan […]