Pilihan Aktivitas untuk Anak di Bulan Puasa

Aktivitas untuk Anak di Bulan Puasa

Alhamdulillah Ramadhan telah di depan mata. Hampir semuanya pasti mempuanyai persiapan khusus menghadapi Ramadhan. Bukan saja menu sahur dan buka yang disiapkan ya..tapi aktivitas untuk anak juga perlu disiapkan. Selain aktivtas ibadah anak-anak juga perlu punya aktivitas ringan selama berpuasa.

Mengapa perlu menyiapkan aktivitas untuk anak di bulan puasa?Ya karena anak-anak, terutama yang masih belajar puasa biasanya cranky semakin mendekati waktu buka puasa. Tapi ada juga yang dari pagi sudah bawaannya pengen buka hehe, Aktivitas untuk anak selama puasa memang lebih baik di dalam ruangan aja ya..karena kalau banyak di luar ruangan dikhawatirkan anak-anak akan lebih cepat lelah dan sulit menahan lapar dan haus.

Pilihan Aktivitas untuk Anak

Berikut ini saya bagikan nih beberapa alternative aktivitas untuk anak menunggu buka puasa. Aktivitas tersebut antara lain :

Membaca, ini adalah kegiatan bagi anak-anak yang sedang belajar membaca maupun yang sudah bisa membaca. Sebelum puasa kita bisa belikan beberapa bahan bacaan yang menarik sehingga saat puasa dimulai anak-anak sudah bisa memanfaatkannya. Bahkan kalau sudah punya kebiasaan membaca butuh banyak banget bahan bacaan selama puasa.

Bermain puzzle, kegiatan ini sangat menarik bila disesuaikan dengan minat anak-anak. Misalnya jenis puzzlenya tentang planet bila anak menyukai anek planet. Pilihan puzzlenya juga bisa dari yang mudah sampai yang rumit. Dijamin deh anak-anak betah menyelesaikan puzzle.

Belajar coding, untuk kegiatan ini bisa dengan bimbingan orang tua sendiri bisa juga dengan mengikutkan kursus koding untuk anak. Pilih waktu yang sekiranya anak-anak sangat luang dan diluar jam istirahat juga.

Baca Juga :

Kuliah S3 du Luar Negeri

Tiga Dosa Besar Pendidikan

Fasilitator Ibu Penggerak

Belajar menggambar dan mewarnai, ini salah satu yang mudah dan menyediakan bahannya juga gak sulit. Kita tinggal sediakan alat gambar (kertas dan pensil warna/crayon/cat air). Bahan meearnai berupa gambar bisa didonlod dari internet.

Belajar musik, bisa dilakukan menjelang buka puasa nih.. anak-anak belajar tanpa harus menguras energi. Bisa juga dipilih alat music yang memang ringan sehingga anak-anak lebih enjoy.

Bermain online games, umumnya bermain online games menjadi pilihan anak untuk mengisi waktu luangnya. Tapi kita sebagai orang tua harus memastikan juga online games yang dimainkan memang aman dan mengedukasi juga. Kita juga perlu membatasi screen time agar anak tidak terlalu banyak menatap layar monitor atau ponsel. Bisa juga dengan memberikan jeda istirahat.

Pilihan Online Games untuk Anak

Memilihkan online games untuk anak bisa jadi tidak mudah karena kita pasti mencari yang aman, gratis,  dan tidak membuat anak-anak kecanduan. Coba deh cek Kids Food Games, banyak pilihan gamesnya yang mengedukasi.  Mulai yang paling mudah untuk anak-anak preschool, yang sulit juga ada. Ada 4 kategori, yaitu Food Education Games, Serving Eaters, Brain Games, Other Fun Food themed games.

Saya cobain beberapa games nih..

Kids Online Games

Can I Eat It, permainan ini untuk anak-anak usia pra sekolah atau TK. Gampang banget tapi ada batas waktu jadi harus cepat mainnya.  Cuma klik Yes or No untuk pilihan bendanya bisa dimakan atau tidak. Jadi pas ditunjukkan buah, klik Yes. Ketika ditunjukkan kayu klik No. Mudah kan?

Kids Food Games

3 D Fruit Words, ini permainan menyusun huruf sesuai nama buah yang tampil. Jadi makin menarik karena 3 dimensi ada robot yang mengambil huruf dan meletakkannya di kotak sesuai nama buah. Betah saya main ini haha. Tapi kalau lambat mainnya game over deh…

Pilihan games lainnya masih banyak banget..Lumayan buat stok selama bulan puasa dicobain satu-satu..hehe.. Bukan cuma sekedar main games tapi anak-anak juga bisa belajar tentang makanan sehat dan hal positif lainnya. Yuk cobain..

One Reply to “Pilihan Aktivitas untuk Anak di Bulan Puasa”

Tinggalkan Balasan