Penerapan Emission Reduction Management

Emission Reduction Management

Emission Reduction Management atau manajemen pengurangan emisi bisa dilakukan mulai dari rumah sendiri. Penerapan pengurangan emisi ini bila dilakukan secara serempak dan merata akan berdampak secara luas. Jadi memang banyak hal kecil dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi.

Mengapa kita perlu melakukan pengurangan emisi? Emisi gas dan karbon bila tidak dikurangi akan berdampak buruk bagi berbagai aspek kehidupan. Bukan saja untuk lingkungan tapi juga kesehatan. Kerusakan lingkungan akibat polusi udara sangat terasa dampaknya bagi kesehatan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Belum lama ini kita mendapati kenyataan bahwa kualitas udara yang buruk mengganggu kesehatan terutama pernapasan. Selain itu paparan polutan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh yang juga akan mengakibatkan rentan terserang berbagai penyakit ringan hingga kronis.

Baca Juga :

Peran Media dalam Menyuarakan Isu Kusta

Membuat Video Traveling

Sunscreen Scarlett

Berbagai aktivitas dalam Emission Reduction Management

Penerapan Emission Reduction Management

Mengingat pentingnya pengurangan emisi untuk kualitas lingkungan yang lebih baik, yuk kita lakukan beberapa aktivitas sederhana secara konsisten. Apa saja yang bisa kita lakukan?

  • mengelola sampah rumah tangga, hal ini sangat sederhana dan bila dilakukan secara konsisten dan bersamaan dengan orang lainnya akan berdampak sangat positif terhadap pengurangan emisi. Kita bisa memilah sampah organik dan anorganik kemudian mengelolanya agar semakin minim sampah yang dibuang. Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk organik sehingga tidak terbuang percuma dan menambah beban polusi di tempat pembuangan sampah.
  •  Tidak membakar sampah karena asapnya memang mengganggu. Termasuk sampah daun yang sebaiknya diolah menjadi kompos. Apalago sampai plastic atau jenis sampai lainnya yang justru berbahaya bagi kesehatan bila asapnya sampai terhirup.
  • Memperbanyak tanaman di sekitar rumah. Tanaman bisa berupa tanaman hias maupun tanaman prosuktif seperti sayur dan buah. Tanaman hias selain memperindah pemandangan tentu akan memberikan udara yang sejuk juga. Sementara tanaman produktif selain menyumbangkan udara dan pemandangan yang hijau segar di lingkungan rumah, hasilnya bisa dinikmati sebagai bagian dari ketahanan pangan.
  • Bijak menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil.  Apabila masih belum mampu menggunakan kendaraan listrik kita gunakan kendaraan berbahan bakar fosil secara bijak. Gunakan bila memang benar-benar perlu. Bila ada pilihan berjalan kaki, menggunakan sepeda gowes, atau memakai transportasi umum, kenapa tidak kita tinggalkan kendaraan bermotor di rumah saja.
  • Bijak menggunakan listrik, karena saat ini sumber energi listrik kita masih berasal dari fosil juga. Hal kecil yang bisa kita lakukan diantaranya ya bila malam hari nyalakan lampu seperlunya, bila siang hari tidak perlu memakai lampu. Matikan alat rumah tangga yang memang tidak digunakan, misalnya televise kalau tidak ditonton ya matikan saja. Charger ponsel bisa dilepas dari colokan bila memang sedang tidak mengisi baterai.

Masih banyak berbagai aktivitas sederhana yang sebenarnya berdampak pada pengurangan emisi.  Dan yang terpenting adalah melakukannya secara terus menerus dan membiasakan anak-anak sejak dini untuk melakukannya.

Emission Reduction Management yang diterapkan Perusahaan

Emission Reduction Management program

Dalam skala yang lebih besar, Emission Reduction Management dilakukan juga oleh berbagai perusahaan termasuk perusahaan di bidang energi. Pemantauan emisi dari sumber emisi statis dan bergerak dilakukan secara berkala untuk memastikan kualitas emisi masih memenuhi baku mutu. Karena perusahaan menyadari sepenuhnya akan pentingnya pengendalian dan pengurangan polusi udara, baik yang berupa polutan udara konvensional maupun yang menimbulkan efek Gas Rumah Kaca.

Beberapa hal yang dilakukan diantaranya :

  • pemilihan teknologi dan material untuk kegiatan operasi dengan emisi gas buang yang rendah dan lebih ramah lingkungan dengan konsep Produksi Bersih.
  • mendorong penghijauan di wilayah operasi perusahaan sebagai upaya penyerapan Gas Rumah Kaca dan penurunan Emisi Konvensional.
  • berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pengurangan emisi gas konvensional dan gas rumah kaca.
  • melaksanakan program-program yang ditentukan dalam kegiatan Penilaian Siklus Hidup Emisi Konvensional dan Pengurangan Gas Rumah Kaca (GRK).
  • berkontribusi terhadap pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program pengurangan polusi udara.

Semoga upaya pengurangan emisi melalui Emission Reduction Management yang dilakukan berbagai pihak berdampak baik ya.. Kalau bukan kita yang melakukannya siapa lagi ya kan?

2 Replies to “Penerapan Emission Reduction Management”

  1. Kak makasih banget ya sudah diingatkan, iya nih aku lagi menerapkan banget bisa untuk mengurangi listrik, hemat, air dan mengelola sampah. Semoga bisa istikomah

Tinggalkan Balasan