Ini Dia Kiat Investasi Dana Darurat Lewat Obligasi Pemerintah

Obligasi Pemerintah

Dana darurat kadang disepelekan oleh banyak kalangan. Padahal, hidup akan jauh lebih tenang dengan kehadiran dana darurat. Agar investasi dana darurat Anda semakin maksimal, cobalah menaruhnya di Obligasi Pemerintah

Dengan memiliki dana darurat, tentu pengelolaan keuangan Anda akan jauh lebih teratur tanpa rasa was-was di kemudian hari.

Tips Investasi Dana Darurat lewat Obligasi Pemerintah

Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa Anda terapkan saat mulai berinvestasi dana darurat menggunakan Obligasi dari pemerintah. 

  • Kurangi Pengeluaran Bulanan

Banyak orang tak menyadari jika pengeluaran bulanan bahkan harian memiliki porsi paling besar dalam keseluruhan jumlah pengeluaran. Pengeluaran yang dimaksud dapat berupa uang makan, kebutuhan dapur dan kamar mandi, tagihan, dan biaya tak terduga lainnya. 

Agar dana darurat yang Anda investasikan lebih efektif, pastikan untuk mengatur pengeluaran dengan sebijak mungkin. Tak ada salahnya untuk mengurangi belanja atau jajan di luar dan mulailah untuk membawa bekal saat ke kantor. Saat berbelanja, upayakan untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan bukan yang sekedar diinginkan. 

  • Sisihkan Sejak Hari Gajian Tiba 

Tips kedua ialah dengan menyisihkan sebagian gaji Anda untuk diinvestasikan ke dalam dana darurat. Ketika gaji sudah masuk ke dalam rekening, pastikan untuk mengalokasikan gaji Anda sekitar 20 persen atau bahkan lebih untuk dana darurat. 

Beberapa kalangan juga mengatur pengeluarannya dengan cara memetakannya. Anda pun bisa melakukan tips tersebut, seperti membagi jumlah gaji yang memang sudah disisihkan untuk kebutuhan transportasi, makanan, kesehatan, pajak, dan lain-lainnya.

Baca Juga :

Servis Motor Rutin

Back To School

Menurunkan Spamscore

Jika masih memiliki uang yang tersisa, silahkan memasukkannya ke dalam dana darurat. Perlu Anda tahu, potensi keuntungan investasi Obligasi lebih tinggi jika dibandingkan Deposito ataupun menabung di rekening. 

  • Menghitung Durasi Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mengumpulkan Dana Darurat

Anda juga perlu mengatur target mengenai jumlah dana darurat yang mesti dikumpulkan. Sekalipun hanya mampu menabung sekitar Rp3 juta perbulan, tetapi Anda selalu konsisten berinvestasi setiap bulan selama 3 tahun misalnya, maka dana darurat yang dikumpulkan pun dapat tercapai dengan maksimal. 

  • Aktifkan Auto-debet

Jangan abaikan fitur auto debet yang sudah banyak tersedia di berbagai aplikasi keuangan digital hari ini. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat saat menyisihkan gaji Anda setiap bulannya. 

Dengan menggunakan fitur auto debet, Anda tak perlu takut untuk lupa mengalokasikan sebagian pemasukan setiap bulannya. Pasalnya, fitur ini akan secara otomatis menyalurkan gaji yang telah ditentukan sebelumnya untuk masuk ke dalam tabungan dana darurat. 

  • Lakukan Secara Konsisten

Tips terakhir yang juga sering diabaikan ialah berinvestasi dana darurat secara konsisten. Sekalipun Anda memiliki jumlah gaji yang sangat besar, akan tetapi tidak rutin untuk mengalokasikannya setiap bulan, maka target dana darurat yang diinginkan pun akan sulit terwujud. 

Menabung dana darurat dalam jumlah kecil pun tak masalah, asal Anda tetap konsisten menyisihkan sebagian gaji setiap bulannya. Semakin konsisten Anda berinvestasi melalui dana darurat, maka keuntungan investasi Obligasi pun akan semakin meningkat. 

Obligasi Pdmerintah

Manfaat Berinvestasi Dana Darurat 

DBS Treasures membagikan beberapa manfaat dana darurat yang bisa dikumpulkan lewat investasi Obligasi yang dikeluarkan oleh negara. Apa saja? Berikut adalah beberapa ulasannya. 

  • Kondisi Keuangan Terjaga

Kehadiran dana darurat dalam hidup akan membuat hidup Anda jauh lebih aman dan nyaman. Situasi tak terduga kerap membutuhkan sejumlah uang. Namun, dengan memiliki dana darurat Anda tak perlu khawatir memakai dana tabungan lainnya untuk kebutuhan situasi terdesak tersebut. 

Dengan begitu, tabungan khusus yang Anda tujukan untuk membeli kendaraan, dana pendidikan anak, ataupun untuk kebutuhan renovasi rumah tidak perlu Anda gunakan. Maka tak salah, jika Anda mempertimbangkan kehadiran dana darurat mulai dari sekarang.

  • Terhindar dari Utang 

Sesuai namanya, dana darurat memang dibutuhkan ketika situasi tak terduga muncul. Terkadang ada banyak hal yang terjadi secara tiba-tiba. Sebut saja kecelakaan, biaya sekolah anak, atau mungkin kebutuhan biaya rumah sakit yang mendadak.

Beberapa orang mungkin lebih memilih berutang saat menghadapi situasi yang mendesak seperti ini. Namun, jika memiliki dana darurat, tentu Anda akan terhindar dari risiko utang.

  • Tidak Perlu Khawatir saat Sedang Sakit

Saat masuk rumah sakit, terkadang ada beberapa biaya yang harus dibayarkan. Sekalipun Anda memiliki asuransi, beberapa jenis penyakit kadang tak dicover oleh asuransi. Satu-satunya solusi ialah dengan menggunakan dana darurat. 

Kehadiran dana darurat menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang membutuhkan biaya pengobatan cukup besar. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi saat menghadapi situasi tak terduga seperti ini. 

Investasi Dana Darurat Semakin Praktis bersama DBS Treasures

Bagi Anda yang sedang bingung memulai investasi dana darurat dari mana, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan DBS Treasures. Beragam keunggulan bisa Anda nikmati saat berinvestasi lewat perbankan prioritas DBS Treasures, salah satunya ialah dukungan pembelian Obligasi Pemerintah dalam jangka waktu sesuai preferensi dan berbagai mata uang, yaitu IDR, USD, dan EUR. Selain itu, beli, jual, dan proses registrasi SID bisa dilakukan dalam satu aplikasi, yaitu Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jika memilih Obligasi Pemerintah sebagai instrumen dana darurat Anda, silakan menggunakan DBS Treasures saja. Informasi lebih lengkap bisa Anda cek di sini.

One Reply to “Ini Dia Kiat Investasi Dana Darurat Lewat Obligasi Pemerintah”

Tinggalkan Balasan