Manfaat Servis Motor Rutin

Pengalaman menggunakan sepeda motor selama bertahun-tahun dengan rute lebih dari 10 km setiap harinya membuat saya harus lebih memperhatikan perawatan. Karena kalau lalai mengecek gangguan yang bakal saya alami benar-benar mengganggu perjalanan.

Beberapa hal ini pernah saya alami karena tidak memperhatikan perawatan rutin kendaraan bermotor :

  • Ban bocor, salah satu penyebab ban bocor adalah karena dibiarkan dalam jangka waktu tertentu tidak ditambah angin. Jadi ban lebih rentan.
  • Rantai putus atau lepas, ini karena kurang perawatan rantai. Seharusnya rantai rutin dicek untuk menghindari rantai longgar sehingga berakibat rantai putus.
  • Mesin tiba-tiba mati, pernah saya alami dan ternyata karena kehabisan oli. Kondisi kehabisan oli ini sangat membahayakan  sehingga harus benar-benar rutin dicek berkala.
  • Rem tidak berfungsi dengan baik, kalau tidak dilakukan perawatan rutin rem bisa saja tidak berfungsi dengan baik..atau rem ‘gak makan’.   
  • Lampu mati, entah lampu utama, lampu sen, bahkan lampu rem. Bila tiba-tiba tidak berfungsi tentu akan sangat mengganggu perjalanan. Lampu utama misalnya akan sangat berbahaya bila sampai mati dan kendaraan digunakan pada malam hari. Atau apa bila lampu rem sampai mati tentu akan sangat berbahaya bagi kita sendiri maupun orang lain.

Service Motor Rutin Apa Saja?

Service motor rutin adalah pengecekan kondisi motor secara berkala yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Apa saja yang dicek saat service rutin?

  • Ban

Pemeriksaan ban penting banget setidaknya 2 minggu sekali perlu dilakukan pengecekan. Tambahkan angin pada ban secara rutin dan jangan sampai membiarkan ban kurang angin dalam jangka waktu lama agar perjalanan selalu aman dan nyaman. Pengisian angin sekaligus untuk memastikan tekanan udara di dalam ban sudah sesuai standart, dan kondisi ban secara keseluruhan.

  • Oli Mesin

Fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karenanya penting banget memastikan bawa sepeda motor kita tercukupi kebutuhan olinya. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km atau jangka waktu tertentu (misal 3 bulan).

Eh tapi beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli termasuk oli motor matic.

Oli Motor Matic
  • Oli Gardan

Nah buat pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Karena fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT) motor matic. Waktu penggantiannya memakai rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

  • Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin bisa menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan sehingga diperlukan penggantian busi.

  • Kampas Rem

Ini penting banget buat dicek secara rutin saat servis motor. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa membayahakan.

  •  Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar pengguna kendaraan bermotor tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

  • Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu bila setuju, baru mekanik melakukan perbaikan atau penggantian.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Servis motor oli motor matic
Sumber : Media Indonesia

Untuk mendapatkan layanan servis yang bagus, ya kita memang harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kita tidak perlu sering ke bengkel. Biaya servis jadi lebih hemat kan…
  • Kita juga bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang karena servis rutin ini

Apa Nih Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Jika servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Karena memang tidak dicek secara menyeluruh.

Nah kalau service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Khawatir dengan harga yang tidak terjangkau? Tenang…harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget lo. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- Udah tahu kan… manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis?Coba deh ingat-ingat lagi, kapan terakhir service motor? Kalau perlu service motor, langsung cuzzz ya ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

28 Replies to “Manfaat Servis Motor Rutin”

  1. jadi makin paham bagian mana aja yang perlu dilakukan servis rutin ya kak, selama ini taunya cuma jadwal ganti oli aja hehe. btw sekarang di Planet Ban udah bisa servis juga ya, keren tuh jadi di satu bengkel udah bisa menghandle semua bagian motor ya

  2. Penting banget untuk tahu urusan servis motor ya mba, karena kalau tidak tahu bisa-bisa motor kita jadi ga awet ya. Untung ada planet ban.

  3. Memang sudah menjadi keseharian macan ternak kudu urus servis motor secara rutin. Enaknya di Planet Ban ini, montirnya berpengalaman dan selalu tanya customer apakah produk sparepart benar mau diganti atau nggak. Nah, jangan sampai terlupa servisnya seperti cek ban, kampas rem, ganti oli dan sebagainya karena sangat vital 🙂

  4. andalanku ganti oli awal bulan di Planet Ban. Apalagi kalau aku pulang kantor lewat bengkel Planet Ban. jadi sekalian jalan pas pulang kantor

  5. Di planet ban, servisnya lengkap dan dilakukan secara menyeluruh ya, serta yang enggak kalah penting harganya juga terjangkau…

  6. Minggu lalu aku lupa nyabut kunci dan itu posisinya masih mesin nyala. Alhasil dikit ngadat. Olinya kena huhuu. Memang kalau dirawat awet banget motor. Apalagi kalau di tempat yg tepat seperti Planet Ban iniii

  7. Bener banget, risiko kalau enggak rutin servis motor tuh beneran bisa bikin repot sendiri ya, Mbak. Kalau motor rewel padahal sedang kondisi gak pas, wah bisa bikin emosi. Padahal ada tempat servis yang bisa memberikan servis bagus dengan harga terjangkau seperti Planet Ban ya.. harus dimanfaatkan buat rutin servis motor tuh 🙂

  8. Yang namanya memiliki kendaraan bermotor memang harus selalu dirawat ya mbak, selain memang agar mesinnya tetap prima dan kalau dipakai juga lebih enak.

  9. Servis motor itu penting tapi paling buat deg-degan, mbaaak. Kalau abis diperiksa dengan teknisi, keluar deh rapornya apa aja yang perlu diperbaiki plus biayanya. Di Planet Ban transparan yah dan harganya terjangkau.

  10. Ban bocor ini saya juga pernah mengalami mbak, mana jauh pula dari jalan raya. jadi lumayan ngos-ngosan juga mendorong sampai bengkel tambal ban.

    Murah ya ternyata biasa servis di Planet Ban ini, lebih murah dari segelas minuman kekinian. Jadi kalau sampai melewatkan servis motor dengan alasan mahal, kebangetan sekali ya

  11. Mbaa harga bakso semangkok di tempatku lebih mahal lho dari harga service motor nya di Planet Ban, luar biasa sih ini. Bisa makin rajin aja nih service dan cek rutin motor

  12. Di palembang, molly langganan ke planet ban juga loh untuk cek rutin motor adek. jadi bisa lebih awet udah 8 tahunn loh

  13. Saya jadi inget belum servis lagi motor nih, Mba. Kayanya mesti ganti oli dan servis rutin, biasanya suka langganan di Planet Ban soalnya pelayanannya bagus

  14. Dulu.saya pikir Planet Ban itu cuma melayani urusan ban aja lho. Ternyata bisa servis jg ya.. mudah2an planet ban melebarkan cabang ke Makassar dan dekat tempat tinggal.saya. Biar saya bisa cobain nih servis keren tuntas hemat ala Planet Ban

  15. Sebagai pemilik kendaraan roda dua saya dan suami menyetujui kalau service motor emang harus rutin. Selain bisa tahu apa aja yg harus diganti atau diperbaiki, juga bikin tenaga kendaraan terawat dan terjaga

  16. Setiap servis motor selalu request untuk full service alias tune up service dengan kisaran biaya mencapai Rp 200 ribu di dealer resmi. Menarik juga nih rekomendasi servis di Planet Ban ini, bisa dicoba dan dibuktikan apakah bikin motor terasa nggak berat dan benar-benar seperti baru. Thank you Mak rekomendasinya ~

  17. Sepertinya satu lagi manfaatnya, yaitu kendaraan jadi lebih awet terawat, jadi kalau mau dijual lagi nilai jualnya masih lumayan lha ya 😀 .
    Servis di Planet Ban cukup gampang dan harganya ramah kantong yaa.
    Dekat rumahku juga ada nih bengkelnya 😀

  18. Dulu saya mengabaikan oli, 2 kali motor jim, sejak saat itu rutin deh service, sebab service rutin itu biayanya lebih mudah ketimbang perbaiki mesin yang jim akibat jarang service

  19. Hal-hal yang gak pernah aku tau, kalau servis di Planet Ban uda terima beres aja yaa..
    Ditangani oleh tenaga ahli juga didukung peralatan canggih, membuat mesin motor semakin bandel dan awet juga ramah lingkungan.

  20. Iya nih jadi ingat, motorku udah lamaaa banget ga diservis. Udah ga enak nih, kurang sip tarikannya. Makasih ya mbak, baca ini jadi berasa diingatkan untuk merawat sepeda motorku.

  21. Mbak, dua minggu yang lalu ban belakang motorku tuh pecah. bisa besar banget lubangnya, hiks. untung ketahuannya pagi, jadi masih ada waktu buat ganti ban motor. Untungnya lagi, deket sama rumahku, ada Planet Ban. Beneran membantu banget di pagi yang mengagetkan itu

  22. Setuju banget sih beda banget mambg klo motor yg diservice rutin bawanya juga enak dan bikin nyaman. Kebetulan di rumah dkt Planet Ban dan jadi Langganan juga

    1. Aku selalu rutin service dari jaman kuliah dl mba. Alhamdulillah sampai sekarang motor masih sangat bagus performa nya. Beberapa kali juga ganti ban di planet ban. Memang kualitas nya oke dan pelayanannya baik

  23. Sebagai perempuan jujur aja ga pernah aware denhan perawatan kendaraan. Tapi sejak bawa motor sendiri harus nih tahu hal-hal kaya gini. Supaya ga susah dijalan. Terima kasih Mba informasinya, penting banget diketahui ibu2 deh.

  24. motor gak rajin diservise tuh kerasa banget perbedaannya, dipakai jalan terasa gak nyaman mulai tarikannya yang makin berat sampai dengan suaranya yang makin berisik. Service di planet ban tuh pelayanannya mantab

  25. Rantai tiba2 putus serem banget ya. Kalau aq dlu pernah ga bs distarter motorku. Hiks ternyata akinya lah habis,businya lah rusak dan sebagainya. Penting untuk servis berkala

  26. Huhu bikin keingetan sama aku yang gak rutin servis motor. Jadinya kadang motor bermasalah. Salah satunya ya gara2 rutin gak ganti oli. Untung suami yang sering nyervisin. Ke Planet Ban biasanya kalo servis.

Tinggalkan Balasan