Ide Menulis Organik di Blog

ide menulis organik di blog

Bagi seorang blogger mendapatkan ide menulis di blognya tidak boleh sampai habis. Banyak hal yang bisa dijadikan sumber ide menulis. Meskipun kadang ada beberapa blogger yang benar-benar no idea untuk blognya. Sementara blogger yang profesional dituntut untuk aktif menulis setiap hari karena harus mencapai target tertentu.

Kalau buat saya sendiri menulis di blog ya kadang harus dipaksakan karena kalau sudah terlalu lama tidak menulis di blog bisa keterusan blognya berdebu. Bila sudah mengikuti rasa malas ya blog didominasi postingan berbayar. Tulisan organiknya auto menciut haha.. Jangan ditiru yaaa…

Mampir kesini juga yukk :

Tips Membuat Microblogging

Blogger Perempuan

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Pentingnya Menulis Organik di Blog

Nah bagi saya menulsi organik di blog itu penting. Ya bebas aja gitu mau menulis apa sesuai keinginan. Tapi tetap mengikuti pakemnya ya..misalnya menulisnya minimal 500 kata, disertai link eksternal, disertai foto atau gambar yang menunjang, dll. Jadi meski organik dan terkesan suka-suka topiknya tetap harus memenuhi kaidah SEO meski gak 100% SEO friendly.

ide menulis organik di blog

Manfaat yang saya dapatkan saat menulis organik antara lain :

  • Menyalurkan hobi yang sebenarnya karena menulis berdasarkan keinginan.
  • Bisa lebih leluasa digunakan untuk internal link karena tidak mengandung iklan tertentu
  • Bisa melatih kemampuan menulis dalam jumlah banyak kata. Karena biasanya menulis organik lebih mengalir daripada yang komersil
  • Tulisan organik bisa jadi lebih disukai pembaca dan lebih tahan lama berada di laman pencarian Google

Karena banyak manfaat dari tulisan organik, maka udah pasti ya tulisan organik tuh wajib hukumnya buat blogger. Sama lah dengan postingan di media sosial, harus disertai postingan organik..yang non komersil..jadi gak ngiklan mulu wkwkw.

Tapi ya sebenarnya kembali ke masing-masing ya..Karena blog kan sifatnya personal ya.. Mau diisi apa oleh pemilik blog ya suka-suka pemiliknya.. Pengen bertahan dengan banyak tulisan berbayarnya ya gak papa donk.. Tapi kalau saya sih pengennya seimbang lah.. Biar blognya juga lebih variatif.

Ide Menulis Organik di Blog

Kembali ke ide lagi nih.. Darimana ide menulis organik di blog bisa kita dapatkan? Banyak sumber sebenarnya.. Berikut ini beberapa diantaranya :

Melihat Google Trend, ini adalah salah satu fitur yang dimilki Google. Biasanya yang memang terbiasa menjadikan trend di Google Trend sebagai bahan tulisan maka setiap akan menulis ya cek fitur ini dulu. Tapi bagi yang tidak terbiasa boleh lah sesekali tengok Google Trend untuk mendapatkan ide menulis di blog.

Cek kalender, hmmm..untuk apa cek kalender?Bisa loh hari-hari tertentu jadi bahan tulisan organik. Apalagi kalau momentnya tidak terlalu popular dan jarang diketahui orang. Kalau moment popular bisa saja disiapkan sejak lama bahan postingannya di blog. Misalnya Hari Radio, Hari Perempuan Internasional, dll.

Cek Media Sosial,  ya..cara ini bisa dijadikan bahan tulisan. Kadang di media sosial ada aja ya hal unik muncul. Entah di Instagram, di Twitter, Tiktok, Facebook, dll. Kita bisa langsung mengulas atau menyampaikan opini berdasarkan apa yang kita temukan di media sosial. Di twitter kan selalu ada tuh trending topic, bisa banget jadi bahan tulisan organik.

Cek Galeri, melihat galeri kita kadang kita bisa menemukan bahan tulisan organik. Bisa jadi ada dokumentasi kegiatan kita yang menarik untuk ditulis atau sebenarnya memang akan kita tulis tapi terlupakan karena kesibukan. Kita bisa cek galeri secara acak atau dilihat tanggal pengambilan gambarnya. Sekalian deh fotonya bisa dijadikan bahan postingan juga, baik di blog maupun di media sosial.

Blog Walking, nahini cara lain dalam mendapatkan ide menulis organik di blog kita. Blog walking secara organik bisa, dengan cara ikut kegiatan blogwalkingnya komunitas blogger juga bisa. Misalnya saat blogwakling kita menemukan tulisan menarik, bisa lah dibikin versi kitanya.

Banyak juga ya sebenarnya cara kita menemukan ide menulis organik di blog. Referensi lainnya bisa cek di ulasan blogger Surabaya ini ya.. Salah satunya dengan cara melihat lingkungan sekitar. Ya bisa loh kita bikin tulisan yang ringan atau receh. Karena kadang justru yang receh itu yang mengasikkan. Ya kan..?

One Reply to “Ide Menulis Organik di Blog”

Tinggalkan Balasan