Fasilitator Ibu Penggerak

Fasilitator Ibu Penggerak

Tahun 2023 ini benar-benar banyak kejutan buat saya. Seperti yang pernah saya tuliskan di Keseruan Awal Tahun 2023. Alhamdulillah setelah mendaftar untuk jadi PPS (Panitia Pemungutan Suara) akhirnya lolos. Dan mulailah saya beraktivitas membantu persiapan Pemilu 2024 di tingkat kelurahan.

Kejutan lainnya di awal tahun saya juga memberanikan diri untuk mendaftar sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) Teknis di kabupaten Sumenep. Prosesnya simple banget, semua pendaftaran dilakukan secara online. Kecuali untuk pengambilan surat rekomendasi dari Kepala Dinasnya yang harus dilakukan langsung menghadap yang bersangkutan hehe.

Selain pendaftaran P3K Teknis saya juga coba ikut Training of Trainer Fasilitator Ibu Penggerak yang diadakan Sidina Community dan Kemendikbudristek. Nah yang pengen tahu gemana prosesnya bisa sampe lolos juga nih ikut ToT Fasilitator Ibu Penggerak sini saya ceritakan…

Training Online Ibu Penggerak

Pendaftaran Ibu Penggerak ini secara terbuka jadi siapa saja bisa ikutan.. Apapun profesi kita bisa ikutan.. Mau Ibu Rumah Tangga , penulis buku, pengusaha, guru (meskipun ada programnya sendiri untuk Guru Penggerak ya…), editor freelance, blogger, dll. Saya dapet link pendaftaran dari teman blogger juga.. Syaratnya gampang kok..Kita follow dan subscribe akun media sosial Sidina Community, gabung di grupnya (saya gabung di Sidina Community Jawa Timur)  lalu mengikuti training selama 5 hari dengan jadwal yang bisa kita pilih. Ada jadwal siang ada yang malam dan saya pilih yang malam.

Setiap malam materinya beda-beda, yaitu :

  • Profil Pelajar Pancasila
  • Kurikulum Merdeka
  • 3 Dosa Besar Pendidikan
  • Literasi dan Numerasi
  • Refleksi Ibu Penggerak

Tantangan terberat buat saya adalah menahan kantuk ya saudara hahaa. Secara ini tuh pelatihannya berlangsung jam 19.00-21.00 WIB tapi karena memang saya longgarnya di jam itu ya sudah..bekalin kopi maseeehh..

Dalam setiap pelatihan kita bisa share ke medsos masing-masing tentang keseruan pelatihan. Bisa berupa Instagram feed, reels, atau story. Gak wajib sih..tapi jadi point penilaian juga. Ada pre test dan post test untuk mengetahui sejauh mana penyerapan materi peserta.

Setelah minimal mengikuti 3 kali pelatihan kita dinyatakan lulus..Alhamdulillah…

Manfaat Menjadi Ibu Penggerak

Setelah lulus training Ibu Penggerak kita bisa lanjut untuk mengikuti seleksi ToT Fasilitator Ibu Penggerak yang dilaksanakan secara offline di Jakarta/Tangerang.  Oiya setelah menjadi bagian dari program Kemendikbud ini apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan? Banyak lah ya pastinya…Kita bisa :

  • Mendapatkan informasi langsung dari Kemdikbudristek
  • Support system sesama ibu dengan visi yang sama
  • Menciptakan karakter anak sesuai profil pelajar pancasila
  • Menjadi garda terdepan dalam penghapusan 3 dosa besar pendidikan
  • Menerapkan merdeka belajar dalam keluarga
  • Lebih termotivasi dalam membersamai anak belajar
  • Diberikan personal skill (presentation skill, public speaking, design grafis dll)
  • Berkesempatan mengikuti seleksi ToT Fasilitator
  • Bisa berkontribusi dalam dunia sosial
  • pendidikan/volunteering (menjadi narasumber, influencer dll)

Alhamdulillah rasa penasaran saya terjawab setelah mengikuti pelatihan Ibu Penggerak ini.. Selama ini saya penasaran dengan Kurikulum Merdeka karena anak-anak sekolahnya juga menerapkan Kurikulum Merdeka.

Oiya saya ikut oelatihan Ibu Penggerak tuh 2 kali.. Pertama di batch 9 dan saya tidak lulus karena hanya mengikuti  1x pelatihan online hehe. Setelah itu saya ikutan lagi di batch 10 Alhamdulillah bisa sampai selesai.

Seleksi Fasilitator Ibu Penggerak

TOT Fasilitator Ibu Penggerak

Nah beberapa bulan setelah pelatihan Ibu Penggerak saya ikut mendaftar seleksi fasilitator. Syaratnya juga mudah kita tinggal kirim CV, membuat bahan presentasi sesuai materi training yang kita minati/kuasai,  dan wawancara online. Proses wawancara juga mudah dan singkat. Kita diberi waktu 5 atau 6 menit gitu deh.. Alhamdulillah saya pas banget waktunya sesuai ketentuan.

Ditanyain apa aja sih? Ya seputar Kurikulum  Merdeka, motivasi ikut ToT fasilitator ini apa, rencana setelah training nanti apa. Selang beberapa hari peserta yang lolos seleksi diumumkan.. Lagi-lagi Alhamdulillah lolos untuk bisa ikutan ToT fasilitator di Tangsel.

Keseruan mengikuti training of trainer fasilitator Ibu Penggerak ini bakal saya tulis terpisah ya.. Pengelaman yang sangat berkesan pastinya saat bertemu dengan puluhan ibu-ibu dengan berbagai latar belakang dan berasal dari seantero Nusantara. Pematerinya juga keren-keren abiss…

Tunggu ya postingan berikutnya..

4 Replies to “Fasilitator Ibu Penggerak”

Tinggalkan Balasan