Proses Pembuatan Konten Digital

Ada yang suka berbagi lewat konten di media sosial?kalau ada..sama donk sama saya.. Berbagi lewat konten digital sekarang bukan lagi hiburan semata ya. Karena tidak sedikit yang mendapat pundi-pundi rupiah dari membuat konten. Konten apa saja tuh?Macam-macam ya.. Ada yang berupa foto, video, tulisan, atau mix semuanya.

Tema-tema untuk membuat konten bisa beragam, contohnya :

  • Memasak
  • Traveling
  • Kecantikan
  • Kesehatan
  • Otomoif
  • Teknologi

Dan masih banyak lagi ide konten lainnya ya…

Nah ide konten bisa jadi disesuaikan dengan passion atau hanya mengikuti trend saja.

Proses Pembuatan Konten

Konten Digital

Setiap konten tentu mempunyai ceritanya sendiri dalam setiap proses pembuatannya. Tapi yang pasti dalam pembuatan konten dibutuhkan persiapan yang matang agar konten berkualitas. Apa saja sih persiapan membuat konten?

Untuk konten baik video, foto, maupun tulisan diperlukan persiapan yang utama adalah ide konten. Idenya bisa apa saja ya.. Nah kemudian diperlukan berbagai keperluan pembuatan konten. Untuk video atau foto tentu saja diperlukan kamera.

Kamera untuk pembuatan konten bisa menggunakan kamera dari ponsel. Karena saat ini sudah cukup banyak ponsel yang dilengkapi kamera yang bagus.  Misalnya sudah dilengkapi stabilizer sehingga gambar yang dihasilkan tidak goyang. Selain kamera ada juga konten yang membutuhkan dukungan pencahayaan tambahan.  Bisa dengan tripod, ring light, dll.

Dalam proses pengambilan gambar tentu dibutuhkan skill. Untuk bisa memiliki skill yang memadai, konten kreator bisa dapat ilmu dari mana saja. Bisa melalui pelatihan-pelatihan online maupun offline, bisa juga secara otodidak.

Pengambilan gambar adalah kunci. Konten sebisa mungkin tidak terlalu banyak melalui proses editing. Karena memang sudah disiapkan proses pengambilan gambarnya sehingga hasilnya hanya diperlukan sedikit saja polesan.

Editing kadang memerlukan aplikasi tertentu. Terutama yang akan mengunggahnnya di media sosial tertentu.  Beberapa aplikasi yang umum digunakan diantaranya CapCut, VN, Power Director, dll. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan konten kreator menggabungkan antara konten video dan foto sekaligus.

Proses Mengunggah Konten

Mengunggah konten ke media sosial sudah menjadi bagian penting karena memang tujuan membuat konten kan untuk media sosial. Nah proses mengunggah membutuhkan internet cepat yang memadai. Tidak sedikit loh konten gagal diunggah hanya karena internetnya lemot.

Konten Digital internet

Emang harus pilih-pilih nih untuk urusan internet. Provider internet yang bisa diandalkan salah satunya dari Telkom Indonesia. IndiHome. Yes IndiHome sangat membantu para konten kreator dalam mengunggah karyanya. Bahkan bukan hanya dalam mengunggah konten ya..  Dalam tahapan perispan pun dibutuhkan internet, misalnya untuk riset bahan konten.

Saat mengunggah diperlukan tambahan tulisan yang mendukung konten. Meski tidak terlalu banyak, tulisan pada caption sangat berpengaruh loh.. Apalagi di platform tertentu diperlukan keyword yang bisa membantu konten banyak dilihat. Setelah proses mengunggah konten selesai masih diperlukan sedikit usaha lagi nih yaitu share ke media sosial lainnya.  

Konten yang berkualitas tentu banyak diminati penikmat media sosial. Tak jarang konten menjadi viral dan bisa berdampak besar di kehidupan nyata. Masih hangat kan konten Tiktokers yang mengulas tentang kampung halamannya yang kondisi jalannya banyak yang rusak parah. Dampaknya adalah…selain viral ada berbagai reaksi nyata yang seolah menjadi jawaban dari ulasan tersebut. Konkritnya nih…jalanan rysak langsung diperbaiki.. Begitulah the power of content.

Agar konten kita diminati butuh konsistensi juga dalam membuat dan mengunggahnya. Algoritma media sosial membuat konten kreator jadi harus rajin mengunggah konten..

Punya pengalaman bikin konten unik? Share yuk di kolom komentar

Tinggalkan Balasan