Ingin Investasi Obligasi tapi Dana Terbatas? Begini Caranya!

Investasi Obligasi
sumber gambar : pexels.com

Investasi dalam bentuk obligasi atau surat utang dianggap sebagai pilihan yang aman dan menguntungkan saat ini. Namun sebelum memulai investasi, Anda tentu saja harus melakukan persiapan. Salah satunya adalah persiapan dana untuk modal investasi. Lalu, apa jadinya jika modal investasi Anda sangat terbatas? 

Tenang, meskipun hanya memiliki modal yang terbatas tapi Anda masih punya kesempatan untuk memulai investasi. Bahkan modal terbatas ini bisa dikembangkan menjadi profit yang besar dan sangat menguntungkan Anda. Mari cari tahu apa itu obligasi dan seperti apa strategi yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dengan modal minim.

Mengenal Obligasi dan Kelebihannya

Sebelum melakukan investasi, Anda harus memahami instrumen apa yang akan dipilih. Jangan asal terbawa tren atau memilih instrumen investasi berdasarkan pengaruh orang lain. Begitu juga saat Anda ingin menggunakan instrumen investasi surat utang ini. 

Sebenarnya apa itu obligasi? Ini merupakan surat utang yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi. Surat utang ini memiliki jatuh tempo dan menjadi bukti bahwa penerbit menggunakan uang yang diinvestasikan oleh investor. Nantinya investor akan mendapatkan pengembalian dana saat jatuh tempo. 

Baca Juga :

Tips Berburu Barang Limited Edition

Tips Membuat Microblogging

Bisnis Kosmetik

Selain menerima pengembalian dana modal, investor juga akan mendapat keuntungan selama memegang surat utang. Pihak penerbit surat utang akan memberikan bunga kupon secara berkala dengan nominal tertentu. Bunga kupon inilah yang menjadi sumber profit dari instrumen investasi surat utang. 

Jenis investasi yang satu ini dinilai punya banyak keuntungan. Dilihat dari tingkat risikonya, surat utang memiliki risiko yang rendah. Selain itu surat utang akan memberi pendapatan tetap dari bunga kupon. Investor juga bisa menjual surat utang sebelum jatuh tempo dengan harga yang lebih tinggi sehingga menerima profit berupa capital gain

Jika sudah paham apa itu obligasi dan apa saja kelebihannya, maka Anda bisa membuat pertimbangan. Belilah investasi ini jika memang sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial Anda. Pastikan Anda juga paham seperti apa sistem yang berlaku pada jenis investasi ini. 

Investasi obligasi
Sumber : pexels.com

Cara Kelola Dana Minim untuk Investasi 

Lalu bagaimana jika dana investasi Anda terbatas padahal sudah siap berinvestasi?  Ada beberapa trik yang bisa dilakukan jika modal investasi Anda terbatas. Berikut adalah cara cerdas mengelola dana minim untuk berinvestasi di instrumen surat utang:

  1. Beli di Waktu yang Tepat

Tentu hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membeli surat utang di waktu yang tepat. Harga surat utang yang ditawarkan bisa berbeda-beda. Saat rate bunga naik maka harga surat utang akan turun. Ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk membeli surat utang sebagai aset investasi. 

Demi mendapatkan surat utang dengan harga yang terjangkau maka Anda harus selalu update kondisi pasar dan rate bunga. Jika merasa sudah tiba waktu yang tepat dan harganya sesuai dengan bujet, maka langsung saja lakukan pembelian.

  1. Jual saat Harganya Tinggi

Modal yang terbatas bisa dikembangkan menjadi untung dalam jumlah besar. Anda bisa menjual surat utang dengan harga yang tinggi. Dalam hal ini Anda perlu mengambil momen yang tepat sehingga surat utang terjual dengan harga yang lebih besar dari harga belinya. Tapi pastikan untuk berhati-hati dan jangan terburu-buru menjual surat utang Anda demi mendapatkan keuntungan. 

  1. Pilih Surat Utang dari Penerbit yang Tepat

Saat mencari tahu apa itu obligasi, Anda menemukan bahwa surat utang ini diterbitkan oleh pihak tertentu bisa pemerintah atau korporasi. Jika dana modal yang dimiliki terbatas maka Anda harus lebih teliti lagi dalam melihat penerbit surat utang tersebut. Setiap surat utang memiliki harga yang berbeda dan hal ini bisa dipengaruhi oleh penerbit yang mengeluarkannya. 

  1. Gunakan Aplikasi yang Terjangkau 

Anda bisa saja berinvestasi dengan modal yang minim asalkan Anda memakai aplikasi investasi yang tepat dan terjangkau. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi yang bisa memfasilitasi Anda untuk berinvestasi di instrumen surat utang. Namun setiap aplikasi tersebut pasti akan memberlakukan biaya administrasi yang berbeda. Mereka juga akan menetapkan minimal modal yang bisa diinvestasikan. 

Carilah aplikasi investasi yang memberi batas minimal modal terjangkau. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan biaya administrasi agar tidak perlu keluar lebih banyak dana. Perhitungkan baik-baik apakah aplikasi investasi tersebut bisa memberi kesempatan bagi Anda untuk berinvestasi dengan modal minim atau tidak. 

Investasi Obligasi Aman dan Mudah di digibank by DBS

Setelah paham apa itu obligasi, maka saatnya memulai investasi. Dana terbatas bukan halangan untuk mulai berinvestasi. Selalu ada cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memulai langkah investasi. Salah satunya dengan memilih Aplikasi digibank by DBS yang memberi fasilitas investasi obligasi tanpa perlu ribet. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan dari aplikasi tersebut:

  • Tersedia banyak pilihan produk baik di pasar perdana maupun pasar sekunder. 
  • Investasi bisa dimulai dengan modal yang ringan mulai dari Rp1 juta atau $1000 USD
  • Transaksi investasi lebih mudah dilakukan lewat Aplikasi digibank by DBS

Melalui instrumen investasi ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi jika Anda menggunakan aPLIKASI digibank by DBS yang memberi kemudahan investasi secara praktis dalam satu genggaman tangan. Jadi tidak perlu menunggu lebih lama, langsung mulai langkah investasi Anda sekarang juga. 

Investasi obligasi jadi terasa lebih mudah jika dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Bahkan meskipun Anda memiliki dana modal yang terbatas, investasi ini masih memungkinkan untuk dimulai. Langsung saja klik di sini untuk informasi lengkap dan mulailah berinvestasi sekarang juga.

Tinggalkan Balasan