Mengenal Cabai Hiyung, Cabai Terbaik Indonesia

Sebagian besar orang Indonesia pastinya sudah sangat akrab dengan sambal yang berbahan dasar utama cabai. Rasa cabai yang pedas untuk sebagian orang justru menjadi pembangkit selera nafsu makan.

Tidak heran jika keberadaan sambal di meja makan orang Indonesia menjadi sesuatu yang wajib ada. Termasuk salah satunya di meja makan rumah saya. Kalau kamu pecinta makanan pedas, pernah nggak kamu buat sambal dengan bahan utama Cabai Hiyung?

Masih asing ya dengan yang namanya Cabai Hiyung? Yaudah, gimana kalau saya kenalkan kamu dengan Cabai Hiyung? Tertarik? Yuk simak!

Baca Juga :

Oleh-oleh Khas Sumenep

Kuliner Khas Surabaya

Kuliner Khas Malang

Mengenal Cabai Hiyung

Cabai Hiyung (Capsicum frutescens) sudah diakui dan terdaftar resmi sebagai varietas tanaman lokal khas Tapin Kalimantan. Awalnya Cabai Hiyung berasal dari Desa Linuh yang ditanam dalam skala rumah tangga. Kemudian cabai ini ditanam dalam skala yang cukup luas di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan oleh petani setempat.

Faktor pendukung yang membuat Cabai Hiyung istimewa adalah penanaman di lahan rawa yang cukup luas dan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Penanaman Cabai Hiyung juga lebih unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya karena memakai mulsa.

Mulsa yang digunakan juga berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman loh. Jadi bukan mulsa plastik ya. Fungsi mulsa secara umum untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat. Hasilnya, Cabai Hiyung yang dipanen jadi sangat berkualitas.

Nikmati Rasa Pedas Cabai Hiyung di 5 Varian Sambal ABC Ini

sambal cabe hiyung

Sebagai orang Indonesia, sambal udah pasti wajib menjadi teman saat bersantap. Entah makanan utama atau makanan ringan, sambal selalu hadir untuk menambah kelezatan. Sambal dengan citarasa pedas yang pas, rasa yang lezat tentu jadi pilihan. Saya pilih Sambal ABC dong buat segala santapan bersambal.

Kenapa memilih Sambal ABC? Tentu saja karena resep rahasia keunggulan produk Sambal ABC yang selalu memakai bahan terbaik dari tanah air. Apalagi nih cabainya pakai Cabai Hiyung yaitu salah satu cabai terbaik yang dibudidayakan, dan dipilih sendiri, dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Makanya Sambal ABC lezatnya beda dan pedasnya nendang banget.

Jadi gak mengherankan kan kalau Sambal ABC yang punya 5 varian seperti  Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Pastinya semua varian akan cocok di lidah keluarga Indonesia dan jadi salah satu sambal terbaik karena memang memakai cabai berkualitas. Rasanya yang Indonesia banget bikin sambal ini cocok dengan makanan apapun.

Makanya yuk klik link berikut ini untuk tau info menarik lainnya! Setelah itu jangan lupa untuk beli Sambal ABC buat teman makan di pagi hari, siang hari, malam hari, kapan pun pake sambal. Makanan jadi makin lezat karena sambalnya bukan sambal biasa gaess… Belinya di toko-toko terdekat atau di marketplace seperti TokopediaBlibli, Shopee, dan  Lazada.. 

Tinggalkan Balasan