Tips Membuat Microblogging di Instagram

Microblogging di Instagram

Dunia digital terus berkembang. Begitu juga dengan konten di media sosial. Bukan hanya hoaks yang semakin mudah dibuat dan disebarkan, tapi konten berkualitas juga makin beragam. Platform yang sudah ada juga harus selalu ada perubahan baru. Karena kalau tidak ya bisa kalah dengan platform competitor kan..

Instagram salah satu platform yang menurut saya sering update fitur. Yang terbaru kan ada Reels ya untuk menandingi Tiktok yang makin banyak penggemarnya. Tadinya saya memang pengen Instagram tu kayak Tiktok bisa bebas pake lagu haha..Jadi emang pengennya ada musiknya postingannya. Makanya kadang kalau posting Reels salah satu alasannya karena suka lagunya..Ada yang begitu juga?

Mengenal Microblogging di Instagram

Sesuai dengan namanya microblogging itu seperti ngeblog tapi lebih singkat, padat, informative, dan tentu saja menarik.  Microblogging sebenarnya bukan hanya di Instagram, platform Twitter juga bisa digunakan untuk microblogging. Begitu juga dengan Facebook, Pinterest, dll.

Nah saya sendiri belum lama mencoba microblogging di Instagram meskipun sudah lama sih lihat mutual saya di IG seliweran dengan postingan microblogging. Awal melihat postingan microblogging saya menyimpulkan kalau :

– microblogging di Instagram mirip postingan dengan pola carousel, hanya saja kekuatan microblogging tetap pada tulisan bukan gambar saja.

– microblogging topiknya bisa apa saja yang penting nyambung antar slide

– microblogging memerlukan gambar yang menarik meskipun bukan yang utama.

– microblogging memerlukan aplikasi tertentu biar mudah dibuat dan diposting

– microblogging bisa menambah engagement postingan kita karena otomatis follower lebih berlama-lama lihat postingan kita.

Akhirnya saya mencoba donk membuat microblogging meski awalnya saya berpikir kalo bakal ribet nih karena ngetiknya kan pake HP haha. Tapi teknis lah..bisa kita buat teksnya dulu baru kemudian dicopas ke aplikasi. Bisa juga langsung deh diketik pas bikin di aplikasi.

Baca Juga :

Kurikulum Merdeka

Asus Zenfone 9

Money Games

Membuat Microblogging Memakai Canva

Membuat Microblogging di Instagram
Contoh Microblogging di @dianesayank
Tips Microblogging di Instagram
Contoh slide berikutnya di @dianesayank

Yess ini adalah andalan saya untuk berbagai keperluan konten, baik di blog maupun medsos. Terpujilah wahai engkau yang menciptakan Canva. Apalagi untuk microblogging, karena Canva bisa membantu kita dengan kemudahan mengedit desain pilihan. Yuk ah saya coba nih berbagi pengalaman membuat microblogging di Instagram dengan Canva. Ini step-stepnya :

MenentukanTopik Postingan, hampir sama sih dengan ngeblog..kita menentukan akan posting tentang apa nih.. tentang traveling, keuangan, teknologi, hukum, dll.

Menentukan desain postingan, maksudnya mau dibanyakin gambar atau teks.. Misalnya untuk topik traveling, materi foto (atau video) tentu akan sangat penting (meskipun ya lagi-lagi tergantung pengennya posting tentang apa gitu ya..). Bisa juga dengan menentukan akan posting berapa slide.

Menyiapkan materi baik tulisan maupun gambar (foto, video). Untuk tulisan menurut saya tidak perlu panjang untuk setiap slidenya, singkat-singkat saja. Biar yang baca gak males juga lalu auto scrolling hehe.

Mulai memilih desain postingan di Canva (saya pilih yang khusus postingan di Instagram dengan bentuk square). Ini bebas sih ya sesuai selera. Kalau saya sih sukanya yang senada nantinya antara slide 1 dan slide lainnya, atau bahkan sama desain dan warnanya.

Masukkan konten yang sudah disiapkan ke Canva sesuai dengan urutan yang sudah disiapkan. Jadi kalau saya sih tinggal copas, save, lalu edit lagi..save lagi..edit..gitu terus sampai selesai. Enaknya Canva tuh gini ya..kita gak perlu mengulang desain dari awal. Ouya saat mendesain di Canva saya selalu menyertakan tanda panah arah kanan di pojok kanan bawah, maksudnya biar pembaca tahu ada kelanjutannya di slide berikutnya..hehe.

Nah setelah selesia semua slide..baru deh diposting di Instagram kita. Tambahkan caption dan bisa juga arahkan agar pembaca buka slide berikutnya. Tinggal tambahkan hashtag kalau memang diperlukan.

Untuk urusan desain grafis yang menunjang postingan kita di blog maupun di medsos sekarang memang gak perlu ribet. Ini juga diulas banyak di Blog Sunglow Mama tentang aplikasi yang membantu di urusan desain.  Bisa pakai Canva, pakai Picsart, atau aplikasi lainnya yang menurut kita mudah dan nyaman. Mau Canva gratisan atau premium yang berbayar juga bebas..

Pernah bikin microblogging di Instagram juga? Share donk pengalaman kalian di komentar..

31 Replies to “Tips Membuat Microblogging di Instagram”

  1. aku 2 tahunan ini lebih aktif microblogging di IG sampai lupa jalan pulang ke blog, mbak.. hehehe. Tapi ini pelan-pelan mau mulai ngeblog lagi.

  2. Udah lama ter-ide dan ter-info soal micro blogging di IG ini. Udah banyak juga kulihat teman2 blooger dan bahkan para influencer mempraktikkan. Nah aku masih terkendala dengan menajemen waktunya, karena kan memang jd takes time utk membuat postingan ini walopun udah banyak aplikasi kayakcanva yg bisa dipakai…
    pingin coba tapi takutnya malah ga konsisten hmmmm… komen macam apa inii hahaha
    maapkeu ya Mak Diane

  3. Ada canva mau desain apapun makin gampiilll ya mba.
    Anakku nih klo dapat tugas bikin poster atau infographis dll juga ngandelin canva bgt.
    Makasi sharing nya yah mbaaa

  4. Thanks step2 simplenya mba..
    Udah sering lihat microblogging gini, tapi kok ya masih belum eksekusi.
    So far aku tuh masih bingung mau posting apa wkwkw
    Soalnya belum ketemu mau membranding apa ke IGku.
    Jadi canvanya belum pernah buat microblogging deh..

  5. kirain microblogging-nya bikin caption panjang di instagram. ternyata bikin slide karusel ya. pernah bikin sekali dua kali. terus males lagi krna capek bikinnya dan yg liat dikit. maklum akunnya sering ga aktif haha. kudu rajin insteraksi biar kerja keras bikin microblogging banyak yg lihat nih.
    makasi sharingnya makk

  6. konten micro blogging di Instagram banyak sekali ragamnya dan estetik semua. Konten ini tuh sering banget engagement nya tinggi karena informatif dan jadi memudahkan audience untuk ngebaca sebuah data/informasi

  7. aku sangat menikmati proses membuat mikroblogging di Instagram menggunakan Canva, karena informasi yang ingin disampaikan bisa ter deliver dengan baik

  8. Saya sudah beberapa kali lihat postingan microblogging di Instagram teman-teman, dan lumayan menarik untuk ikut mencoba. Hanya perlu meluangkan waktu untuk menulis dan mendesain. Tapi di Canva mah mudah dan cepat ya, urusan bikin slide untuk microblogging jadi gampang. Handal memang canva.

  9. Bikin microblog untuk instagram tuh membantu banget dan kadang enggagementnya tuh tinggi banget. Karena aku pernah cobain bikin dan memang oke banget engagementnya. Tapi juga harus menarik topiknya.

  10. Aku sudah coba sedikit2 microblog di IG cuma memang lebih ribet aja yaa karena kalimatnya perlu dipilih agar lebih singkat dan to the point. Sedangkan aku cowoknya di blog yang bisa cerita panjang..

  11. Aku selalu mengandalkan Canva buat desain. Microblogging masih jarang aku gunakan, kecuali untuk share tentang postingan blog. Kayanya harus rajin update microblogging juga, nih.

  12. IGku masih suka-suka aja sih postingannya. Sedapetnyq gambar, jadi belum bisa rutin dan mengupdatenya dengan baik.

    Canva emang bisa banget diandalkan ya.

  13. Aku belum pernah bikin microblogging mbak. menarik ya sebenarnya, gambar dan sedikit deskripsi dari setiap gambar.

    Menurutku ini butuh ketelatenan juga, editing gambar ilustrasi, bikin alur ceritanya juga.

  14. Iya juga sih, aku kalo scroll di Pinterest banyak banget konten microbloging. Jadi sekarang malah suka nyari ide nulis di sana.

  15. Aih cantiknya itu microblogging di instagram!
    Sekarang memang lebih menarique ya mbak – dengan banyak banget apk yang bertebaran, memudahkan kita langsung post

  16. Hai kak Diane,
    apa kabar? lama nih gak basua ya. Aku malah belum pernah buat microblogging di IG. Semoga aku bisa ngikutin ya pake HP secara aku rada gaptek euy

  17. Duluuu rajin buat microblogging pakai canva aja. Trus capek hahaha… Sekarang jarang sih padahal ingin menuangkan dari tulisan blog dibuat teaser berupa microblog di IG.

    Eh kalau dibanding reels gimana yah? Kan sekarang kayak ada tuntutan berupa video.

  18. Aku pun pengen sungkem ama yg bikin canva karena memudahkan emak2 yg suka pusing urusan desain. Aku tertarik sih bikin microblogging, dulu kalau bikin review skincare jg dibuat ala2 microblogging gini.

  19. Aku sering lihat nih teman-teman bikin. Kadang kujuga bikin, tapi jarang banget. Masih suka foto aja sih buat postingan. Kalau mau, nanti sontek desainnya di Canva

  20. Ada beberapa post feed instagram yang mengadopsi microblogging.
    Belum ada alasan tertentu sih.
    Tergantung mood saja.
    Hihihi.

    Tapi ada juga cuma kepsyen pendek tapi nendang!
    Biasanya terinspirasi dari postingan akun lain dan berasa cucok.
    Langsung deh prinsip ATM!

  21. Makasih sharingnyaa waah memudahkan sekali menggunakan canva buat posting instagram ya makk…mau ikutan coba juga aaah

  22. Cantiknya..
    Microblogging Memakai Canva.
    Dan semakin bersemangat microblogging nih jadinya.. Apalagi yang sosmednya sesuai dengan niche. Bisa jadi panduan bagi yang membutuhkan informasi dengan singkat, padat dan. jelas tanpa perlu membuka blog.

  23. Saya sudah lama mau buat micro blogging, tapi rasa malas lebih besar drpd semangat.. Hahaha.. Tulisnmba dian memotivasi banget utk tidak malas.. Ayo ah, De.. Semangaaat

  24. Beneran udah sering liat microblogging di IG temen-temen, tapi aku belum pernah coba. Hihi.
    Emang bagus ya Mak buat ningkatin engagement IG maupun blog, tapi ya itu, emmm.. penyakit M ku itu loh.. huhuhu. Pemalas emang aku 😀

  25. Membantu banget ya Canva itu… Tinggal input aja sih dan buat isiannya. Template juga sudah ada. Kita tinggal kuatkan isi kontennya saja

Tinggalkan Balasan