Keseruan di Awal Tahun 2023

Keseruan Awal Tahun 2023

Alhamdulillah tahun 2022 sudah kita lalui. Kaki kita sudah mulai melangkah memasuki tahun 2023. Harapan baru di tahun ini sudah pasti ada .. Kira-kira apa yang akan kita lakukan di 2023 ini?Biarkan mengalir begitu saja kah?Hmmm.. kalau mengalir bisa selalu di jalan yang enak tentu kita maunya ya mengalir aja ya.. Tapi kan selalu ada jeram yang bakal kita lewati..dan kita harus berbuat sesuatu saat menghadapinya.

Kalau saya nih..saat memasuki tahun 2023 ada beberapa hal yang menjadi titik start. Seperti tahun-tahun sebelumnya, apa yang bakal saya jalani selama setahun biasanya sudah ada gambaran mulai akhir tahun..Begitu juga kali ini..sejak akhir tahun 2022 saya mulai mendaftar 2 pekerjaan offline.

Pekerjaan pertama mendaftar sebagai PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan mendaftar PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tenaga Teknis.

Baca Juga :

Bisnis Kosmetik

Blogger Perempuan

Desa Aeng Tongtong

Pendaftaran PPS

Untuk menjadi PPS di kelurahan proses pendaftarannya online. Setelah melakukan pendaftaran online tetap harus menyerahkan berkas fisik ke KPU Daerah. Alhamdulillah syaratnya gak sulit, proses pendaftaran juga mudah. Saya hanya menyiapkan berkas antara lain Daftar Riwayat Hidup, Surat Pendaftaran, Surat Keterangan Sehat, Pas foto, foto kopi ijazah, foto kopi KTP. Untuk Surat pendaftaran dan daftar riwayat hidup sudah tersedia formatnya kita tinggal isi dan cetak saja.

Untuk surat keterangan sehat ini harus minta ke klinik/puskesmas/RS. Nah saya langsung ke Puskesmas terdekat. Sebelumnya saya tanya ke teman tenaga kesehatan biaya surat keterangan sehat ada biaya sekitar 20.000 an. Ternyata saat di loket Puskesmas petugas menyebutkan biayanya 57.000. Wah lumayan ya…

Langsung saya menuju ke poli yang ditentukan petugas dan ternyata diminta untuk melakukan pemeriksaan gula darah dan kolesterol di lab..wkwkwk. Kaget donk..karena saya nggak siap untuk dites pengambilan sampel darah.

Saat pengambilan darah baru saya tanyakan ke petugas, “kok pake cek darah ya pak..” “Iya untuk yang sekarang ketentuannya wajib pake tes gula darah dan kolesterol.”jawab petugasnya. Oh okay baiklah…

Alhamdulillah setelah menunggu sekitar 1 jam an semua urusan surat keterangan sehat selesai dengan hasil baik. Berkas lainnya sudah saya siapkan juga jadi tinggal submit aja. Proses submit juga lancar tanpa kendala.

Awal Tahun 2023
Nomer Antrian

Setelah proses pendaftaran secara online di Siakba KPU selesai saya siapkan deh berkas untuk diserahkan secara offline ke KPUD. Ternyata antriannya panjang gaes.. Yaa..namanya juga penyerahan berkas untuk semua kecamatan. Saya datang saat antriannya mencapai 100 an orang deh. Makanya sempat saya tinggal dulu dan kembali menjelang sore.

Saat saya kembali nomer urut sudah lewat haha..Beruntung karena sudah sepi saya bisa langsung menyerahkan berkas ke petugas tanpa harus antri lagi.  

Tes Tertulis PPS

Tak lama setelah pendaftaran online dan penyerahan berkas ditutup KPU mengumumkan daftar peserta yang lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti tes tulis. Alhamdulillah saya lolos dan mengikuti tes tertulis 9 Januari 2023. Tes tulis untuk PPS se kabupaten Sumenep dilakukan serentak di 2 tempat, yatu Gedung Korpri dan Gedung Adi Poday. Saya kebagian tempat di Gedung Adi Poday.   Oiya dari kelurahan tempat saya tinggal ada 9 peserta tes tertulis.

Tes tertulis berupa multiple choice dan materinya seputar Pemilu dan tupoksi PPS. Waktu pengerjaan soal 1 jam 30 menit untuk 75 soal. Meski duduknya rapat antar peserta tapi nggak bisa saling nyontek sih karena beda soal.

Tes Tertulis

Saya sendiri sudah lama nggak ikut tes-tes begini.. Jadi ya bener-bener pengalaman baru lagi sih.. Alhamdulillah bisa selesai sesuai waktunya.

Pengumuman hasil tes tertulis hanya berjarak sekitar 1 mingguan. Pendaftar yang lolos tes tertulis akan mengikuti tes wawancara.

Tes Wawancara PPS

Saat pengumuman hasil tes tertulis Alhamdulillah ada nama saya yang lolos tes tertulis dan akan mengikuti tes wawancara. Tesnya berlangsung mulai 18-20 Januari 2023. Saya sendiri kebagian jadwal tes tanggal 19 Januari jam 11.30-12.00 WIB. Jadi di hari Kamis itu bareng dengan kelurahan/desa lain di wilayah kecamatan Kota Sumenep.  Untuk kelurahan Pajagalan ada 8 orang yang ikut tes wawancara.

Proses wawancara menurut saya cukup singkat, tak sampai 15 menit. Menunggu giliran aja yang lama hehe.. Alhamdulillah lancar sih meski ada beberapa pertanyaan yang gak bisa saya jawab karena lupa ..Duh … Semoga lolos deh ya.. Btw ini pengalaman pertama saya ikut ambil bagian di Pemilu  loh..

Begitulah salah satu keseruan di awal tahun 2023 ini. Banyak belajar lagi tentang Pemilu.. sambil lalu belajar spiritualitas juga. Bahannya banyak sih ya kalau pengen belajar tentang apa pun sekarang ini. Kalau spiritualitas ya kita bisa cek di blog tentang spiritualitas yang selalu update.

Semoga di tahun 2023 ini kita selalu dalam keberuntungan, kesehatan, dan keberkahan ya.. Sukses selalu bersama kita.

27 Replies to “Keseruan di Awal Tahun 2023”

  1. wah iya gak berasa ya sebentar lagi akan pemilu dan segala persiapannya sedang dipersiapan termasuk tes pps ini ya mak.

  2. Amin, semoga lulus ya. Aku rasa sampai dicek kesehatan agar dipastikan petugas2nya ok secara fisik. Karena ini memang bakal menguras tenaga dan bisa jd pikiran jg. Semoga lancar ya prosesnya.

  3. Baru tau kalau jadi PPS harus ada tesnya segini banyaknya kek mau daftar PNS hehehe. Range usia berapa nih yang mulai bisa daftar? Kayanya seru yah mba. Semoga lolos yaa. Semangat!

  4. Beughhh semangatt mba Dian.
    Pastinya hepi bgt yaakk
    Semoga 2023 kita jalani dgn bahagiaaaaa?

  5. Keren banget pengalamannya jadi petugas pps. Molly pun sebenernya ingin daftar, tapi gak kuat ngurusin berkas2nya. Ribet. Nunggu yg 100 persen online aja deh.

  6. Baru tahu juga kalau sekarang petugas PPS kudu cek gula darah dan kolesterol.
    Ini buat persiapan pemilu 2024 kan ya Mak?

    Jadi ingat pernah jadi petugas PPS juga di RTku.
    Lupa tahunnya kapan. Hahaha.

    Jam kerjanya lebih dari 10 jam dengan honor saat itu Rp 750.000 per petugas.

    Btw,
    Honor PPS sekarang berapa ya, Mak?
    Hahaha. Kepo.

  7. Tahun ini saya skip untuk daftar PPS Pemilu 2024 nanti. Cukup riweh tahun ini seleksinya, dan saya cukup repot. Selain itu, udah tiap 5 tahun ikut terjun jadi PPS, lebih baik gantian buat yang muda.

    Capek juga. Wkwkwkwkw. Apalagi pas kemarin tahun 2019, ampun dah, pulang subuh-subuh. Abis itu badan remuk semuanya.

  8. Waah, ternyata ada tes2nya ya mbak..aku beneran ga ngeh lho 😀
    Btw, tes darah pasti ada kaitannya sama kesehatan. Mungkin belajar dari kasus pemilu2 lalu, di mana ada petugas2 yang sakit bahkan meninggal karena kelelahan, makanya sekarang dikasih skrining kesehatan dasar (dugaanku sih hehehe)

    Semoga lolos seleksi ya mbak..ntar pasti bisa cerita deh suka duka jadi petugas pemilu. Saya sendiri kemarin baru tercetus sama misua : “aku males deh ngadepin 2024”. Suami : “lha kenapa?” Saya : “ada pemilu”.

    Wkwkwkkw…bukan males pemilunya sih, tapi lebih ke males citizen andd netizen war yang bikin merasa “sampai segitunyaaaa”..kita ini kan sebangsa huhuhuu

  9. Wah, seru juga ya mbak ikutan jadi PPS. Banyak kenalan baru, semoga dimudahkan dan lolos ya, aamiin

  10. selamat tahun baru ya mba dan selamat menjemput segala keseruan di tahun in imba. Suskes untuk semua rencana baiknya ya mba. All the best..

  11. Masya Allah mengawali tahun 2023 dengan gerak cepat ya mak…semoga lancar semua target target yang telah disusun.

    Semoga tahun 2023 menjadi tahun keberuntungan buat kita semua

  12. Seru banget mba, aku sempat pengen daftar juga jadi PPS itu tapi suami belum mengizinkan huhu padahal pengen coba biar ada kegiatan semoga lancar menjalankan tugas yaa…

  13. Baca tulisan Mak menyadarkan kalau ternyata pemilu tidak lama lagi. Aroma-aroma pesta politik mulai menguar sedikit demi sedikit nih. Daaan itu bikin malas banget da ah. Bukan apa-apa, serasa kita yg rakyat jelata ini diadu domba gitu. Eh, kok malah curhat sih sayanya Mak. Maafin yah. Btw, saya ucapkan selamat bertugas nanti yah semoga sukses dan tidak drama-drama yg bikin hati cenat cenut Mak.

  14. Wah mbak Diane ikutan daftar PPS
    semoga diterima ya mbak
    Biar bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu

  15. Semangat mbaaa, ternyata seru juga proses seleksi PPS. Aku entah kapan terakhir ikut proses seleksi kaya gitu. Semoga dimudahkan semuanya ya.

  16. Wah udah siap menyambut 2024 nih mbak hehe. Semoga lolos. Namun ingat jaga kondisi fisik dan kesehatan soalnya pastinya ini pekerjaan yang gak mudah dan melelahkan ya.
    Baru tau ternyata ada serangkaian tes seperti itu, tapi bagus sih sebagai bahan seleksi yaa. TFS infonya 😀

  17. Aamiin, Mbak. Semoga lolos yaa!
    Jujur baru tau kalau buat jadi PPS ada test-nya, dan memenuhi syarat-syarat lainnya. Aku pikir panitianya dari warga yang dipilih sama RT/RW setempat.

  18. Selamat kak Dian..
    Sudah berhasil melewati berbagai fit and proper test untuk menjadi bagian dari PPS (Panitia Pemungutan Suara). Semoga Pemilu lancar dan kita semua bisa damai menjalani aktivitas dengan pemimpin baru yang amanah.

  19. Wah menjadi bagian dari PPS mba semoga dilancarkan yaa, mengawali tahun dengan kegiatan yg sangat baru semoga bermanfaat dan lancar2 mbaa

  20. Pemilu tahun depan nih ya kak tapi disana udah ada edukaynya aja semoga sih nanti pemilu bisa berjalan jujur adil dan amankah gak ada lagi korban jiwa

  21. Wah, kok seru mba ikutan jadi PPS juga. Mbaknya suka banget cari pengalaman ya. Seneng banget baca cerita yg selalu penuh semangat begini. Aku dong baru tau kalau ternyata perlu tes juga ya begini. Semoga lulus seleksi ya mba.. update lg ceritanya kalo lolos.. hehe

  22. wah semangat mbak buat tes PPS-nya. nggak terasa ya ternyata tahun depan kita sudah pemilu lagi. jadi ingat waktu kuliah dulu juga pernah jadi relawan gitu pas pemilunya

  23. Semoga target mba di tahun ini tercapai semua yaa. Btw, yang P3K yang baru selesai pengumuman tenaga kesehatan ya mbak, lain belum tes kah?

    1. Aminnn…Makasih ya… Iya yang baru selesai tenaga kesehatan. Yang tenaga teknis belum tes

  24. Wah ada tes guldar ama tensi ya? Mgkn buat jaga2 takutnya kerja rodi macam 5 tahun lalu ya, mba. Akhirnya banyak yang tewas. Mba Diane jaga kesehatan ya. Semoga nanti kalau lolos kondisi prima

  25. […] 2023 ini benar-benar banyak kejutan buat saya. Seperti yang pernah saya tuliskan di Keseruan Awal Tahun 2023. Alhamdulillah setelah mendaftar untuk jadi PPS (Panitia Pemungutan Suara) akhirnya lolos. Dan […]

Tinggalkan Balasan