Wisata Pantai Cianjur

Wisata pantai Cianjur
Pantai Sereg-Travel.kompas.com

Udah pada tahu kan kalau wisata di Cianjur tuh banyaaaak banget. Tapi umumnya yang terkenal adalah wisata yang terletak di kawasan pegunungan dengan pemandangan indah dan hawa sejuk. Wisata tersebut diantaranya :

  • Taman Bunga Nusantara
  • Kebun Raya Cibodas
  • Istana Cianjur
  • Taman Nasional Gede Pangrango
  • Little Venice
  • Gunung Padang

Tapi ternyata bukan hanya wisata di kawasan pegunungan, Cianjur juga punya wisata pantai yang gak kalah cantik dengan pantai lain di kawasan selatan Jawa. Beberapa pantai diulas seorang kawan blogger dari Cainjur, Teh Okti, di blognya.

Ini dia pantai-pantai kece yang bisa sambangi bila kita  berkunjung ke Cianjur.

Pantai Jayanti

Pantai yang landai ini terletak di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, kabupaten Cianjur.Pantai ini cukup luas dan terbagi atas wilayah berpasir dan berkarang. Untuk kawasan berkarang dimanfaatkan warga sekitar untuk tempat bersandar perahu nelayan. Selain itu di area ini juga terdapat palung laut yang dalam.

Pengunjung sangat tidak disarankan berenang di sekitar pantai jarena ombaknya besar dan arus lautnya juga sangat kuat.

Pantai Sereg

Pantai Sereg  terletak di Kecamatan Sindangbarang, sekitar 120 km ke arah selatan dari pusat Kota Cianjur. Pantai ini berada satu jalur dengan objek wisata lain di sepanjang jalur Bandung-Ciwidey, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, dan pemandian Air Panas Ciwalini.

Pantai Cikakap

Pantai Cikakap merupakan pantai yang hanya dikunjungi oleh masyarakat setempat dikarenakan akses ke tempat tersebut terbilang sulit. Pantai ini menyajikan pemandangan gundukan pasir pantai yang eksotis, mengingatkan pada gumuk pasir di pantai selatan Jogja.

Baca juga :

Menginap di Pantai Sembilan

Pelepasan Tukik di Gili Genting

Gua Soekarno

Pantai Lugina

Pantai Lugina juga merupakan surga tersembunyi di pesisir Cianjur. Pantai terletak di desa Wanasari, Agrabinta Cianjur. pantai ini terdengar asing dan belum begiti familiar karena memang belum dimaksimalkan oleh pemerintah terkait. Walaupun letaknya tersembunyi dan belum begitu dikenal, bukan berarti pantai ini tak memiliki potensi wisata yang menarik dan pemandangan sunset dari pantai ini begitu menawan.

Pantai Karangpotong

wisata pantai cianjur selatan
gambar diambil dari tehokti.com

Pantai Karang Potong memiliki pemandangan yang indah meski berupa pantai yang cyuram dengan gugusan karang yang menantang. Keindahan pantai bisa dinikmati dari Karang Potong Ocean View salah satu spot wisata populer.  Spot fotonya ada bangunan ala Santorini Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, rumah kaca, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Harga tiketnya mulai antara Rp 20.000-Rp 25.000 per orang.

Pantai Apra

Pantai ini dianggap bersejarah karena dulu merupakan lokasi pemberontakan Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA) pada awal kemerdekaan Indonesia. Konon ada juga benteng di kawasan ini. Pasir pantai Apra juga mengandung besi dalam jumlah tinggi sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya agar bisa mengolah pasir tersebut. 

Pantai yang landai, luas, dan ombak yang besar sangat menarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Pantai ini berdekatan dengan muara sungai Cisadea dan biasanya di muara banyak sekali rakit yang digunakan nelayan untuk mencari ikan di sungai.

Apra dan sungai Cisadea bisa terkenal saat Musim Impun tiba. Impun ini berupa ikan yang kecil-kecil dan terkenal enak rasanya. Musim Impun biasanya di tanggal 21-25 setiap bulannya ataupun hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Jadi biasanya akan banyak wrga dan wisatawan berkunjung saat musim Impun tiba.

Tips Berkunjung ke Wisata Pantai Cianjur Selatan

Tips wisata pantai cianjur
Pantai Jayanti – travel.kompas.com

Seperti pantai lainnya yang terletak di bagian selatan Jawa, akses menuju ke pantai umumnya tidaklah mudah. Kondisi jalan biasanya berliku-liku dengan tanjakan yang lumayan ekstrim.Belum lagi kondisi jalan yang sempit dan rusak. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa tips berikut ya :

  • Pastikan kendaraan yang digunakan untuk berwisata dalam kondisi baik (rem, kopling, dll).
  • Pastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas muatan kendaraan.
  • Pastikan sopir kendaraan menguasai kendaraan dan terbiasa dengan medan yang ekstrim, lebih baik lagi kalau sopir juga paham jalan menuju ke pantai-pantai di Cianjur.
  • Jarak yang jauh bisa benar-benar diperhitungkan dengan waktu berwisata agar tak sampai kemalaman di jalan, mengingat penginapan di sekitar tempat wisata juga terbatas.
  • Kenali karakter masing-masing tempat wisata pantai Cianjur, misalnya dimana saja yang membolehkan wisatawan berenang.
  • Membawa perbekalan sendiri termasuk bahan makanan, minuman, alat bermain (kalau bawa anak-anak).

Nah gemana..ada yang langsung pengen menjelajah wisata pantai Cianjur gak nih? Saya sih yes…

One Reply to “Wisata Pantai Cianjur”

Tinggalkan Balasan