Mencoba MRT di Jakarta

Mencoba MRT

Memasuki bulan Desember salah satu yang ditunggu anak-anak adalah waktu libur. Liburan bersamaan dengan akhir tahun biasanya saya bepergian bersama anak-anak. Selama masa pandemi kami tidak bepergian karena memang tidak memungkinkan. Stay at home adalah pilihan paling tepat ya saat itu…

Nah akhir tahun 2021 lalu saya dan anak-anak nekad nih bepergian agak jauh..ke Bekasi, Jakarta dan sekitarnya. Karena waktu itu masih belum aktiv belajar offlinenya, jadi masih bisa belajar dari mana saja.

Meski begitu ada proses perijinan yang gak mudah-mudah amat. Karena saya memilih waktu keberangkatan sebelum jadwal libur resmi dari sekolah dan akan bepergian agak lama, saya harus menghadap kepala sekolah langsung.  Ya sudah saya sampaikan saja kalau akan ke Jakarta membawa anak-anak yang waktu itu masih kelas 1 dan kelas 3 SMP.

Alhamdulillah urusan perijinan gak ada kesulitan. Kepala Sekolah mengijinkan bahkan memberi solusi untuk salah satu jadwal ujian yang harus diselesaikan sebelum berangkat berlibur. Jadi kami bisa berlibur dengan tenang ya…

Aktivitas Saat Berlibur di Jakarta

Saat berlibur di rumah adik di Bekasi, kami memang sering menjelajah Jakarta. Agenda utama sih silaturahmi ke keluarga dekat yang tersebar di sekitar Jakarta, Tangerang, Bekasi. Manfaatnya tentu saja anak-anak jadi kenal saudara. Selain silaturahmi kami juga melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan buat anak-anak. Kalau pas di rumah ya anak-anak suka cari-cari ide bermain sendiri. Kadang juga main games online bareng.

Jalan-jalan gak selalu ke mall meskipun ke mall ini salah satu agenda wajib haha. Saat anak-anak meminta City Light Tour di Jakarta hayuk ajah..Ya muter-muter aja mengeksplor jalanan utama Jakarta gitu. Itu aja udah bikin happy. Ya maklum di daerah kami kan nggak ada pemandangan malam hari yang amazing gitu kan.  Kami juga pernah wisata literasi dini ke Perpustakaan Nasional saat liburan sebelum pandemi.  

Di akhir tahun 2021 lalu kami mencoba MRT donk.. Kalau KRL anak-anak kan sudah sering cobain ya..Kali ini kami pengen deh cobain MRT. Mencoba moda transportasi ini penting banget buat anak-anak, karena transpostasi umum di daerah kami nggak ada yang semodern ini. Jangankan MRT..angkot aja nggak ada..hehe..

Jadilah kami mencoba MRT dari stasiun Istora Mandiri. Kami memarkir kendaraan di Pacific Place. Dari situ kami berjalan sampai stasiun. Gak kerasa capek sih karena kami sambil foto-foto dan bikin video. Apalagi agak mendung jadi gak terasa panas meski jalan kaki lumayan sekitar 200 meter.

Mencoba MRT SCBD-Lebak Bulus

Mencoba MRT

Oiya saat liburan 2021 anak-anak Alhamdulillah sudah vaksin semua..jadi untuk bepergian kemana aja sudah lebih leluasa. Aplikasi Peduli Lindungi juga sudah terisntal di HP masing-masing meskipun di aplikasi saya juga sudah ada. Kartu vaksin  juga tetap bawa untuk backup kalau ponselnya gak bisa buka aplikasi.

Makanya setiap akan masuk tempat tertentu di daerah Jakarta dan sekitarnya kami gak bingung lagi. Tinggal scan aja selesai. Begitu pula saat memasuki stasiun Istora Mandiri. Kami gak ada kesulitan apa pun meski bawa anak-anak. Kami hanya sempat tersendat ketika harus menginstal aplikasi Jak Lingko. Aplikasi ini diperlukan untuk pemesanan dan pembayaran tiket. Beruntung sinyal di stasiun bawah tanah itu ngatasi untuk install aplikasi di HP saya.

Mencoba mrt Jakarta

Selesai menginstal, pembelian tiket dan pembayaran..langsung kami masuk. Karena jamnya bukan jam bernagkat atau pulang kerja, Alhamdulillah stasiun gak terlalu ramai. Menunggu MRT datang pun gak terlalu lama, sekitar 10 menitan deh kami sudah bisa otw.

Mencoba MRT dari Istora

Gemana rasanya?Ya nyaman sih gak desak-desakan dan gak terlalu banyak berhenti di stasiun. Hanya dalam hitungan menit kami sudah sampai di stasiun Lebak Bulus. Keluar stasiun kami sempatkan makan siang di sekitar stasiun. Seperti biasa yang kami pilih ya makanan cepat saji..hehe.

Selesai makan kami langsung masuk stasiun lagi dan langsung membeli tiket tujuan stasiun Istora Mandiri. Suasana kereta juga masih sepi 1 gerbong hanya rombongan kami berdelapan saja. Saat perjalanan balik cuaca sedang hujan jadi makin terasa gimanaaa gitu ya.

Oiya saat perjalanan balik saking excitednya saya mencoba video call ibu di rumah. Hahaha langsung donk ditegur petugas karena memang aturannya gak boleh ngomong selama di di dalam kereta..termasuk video call dan voice call. Ya waktu itu pandemi belum dinyatakan usai ya..harap maklum..

Saat kereta tiba di kawasan stasiun Istora Mandiri hujan makin deras. Jadilah kami menunggu hujan reda dulu untuk melanjutkan perjalanan sampai ke tempat parkir. Lumayan lama sih..hampir 1 jam an kami menunggu hujan reda. Makanan yang kami santap di Lebak Bulus auto lenyap nih..dan langsung jadi laper lagi haha.

Alhamdulillah setelah hujan reda kami langsung menuju Pacific Place lagi untuk lanjut ke tujuan berikutnya.

Sudah pernah cobain MRT juga saat liburan? Boleh loh berbagi pengalamannya di kolom komentar..    

Tinggalkan Balasan