Makin Percaya Diri Mereview Tempat di Google Maps dengan ASUS Zenfone 9

Zenfone 9

Salah satu pengalaman berharga buat saya adalah ketika terpilih menjadi peserta Local Guides Connect tahun 2018. Ada sekitar 100 peserta terpilih berasal dari berbagai negara, 7 diantaranya dari Indonesia. Peserta dibiayai secara penuh oleh Google untuk hadir ke acara Local Guides Connect di Amerika Serikat. Ya meski akhirnya saya tidak bisa ikut karena kendala visa. Tapi.. punya pengalaman terpilih saja buat saya sudah istimewa.

Bagaimana bisa terpilih?Kalau dari syarat umumnya sih sederhana kok. Aktif di Local Guides (komunitas yang berkontribusi di Google Maps). Level 5 saja sudah bisa mendapatkan undangan untuk mengikuti seleksi. Seleksinya juga gak susah sih kalau menurut saya., salah satunya bikin video pendek yang menceritakan kenapa aktif di Local Guides.

Kontribusinya sendiri di Google Maps ada macam-macam.  Ada menambahkan tempat, mereview  tempat dengan menambahkan foto dan video, menjawab pertanyaan yang muncul di platform, mengedit tempat, dll. Saya seringnya sih menambahkan tempat dan mereview dilengkapi foto dan video.

Foto dan video yang diunggah di Google Maps memang tidak ada proses moderasi. Benar-benar bebas mau upload berapa pun dan bagaimana pun kualitas gambarnya meskipun dari pihak Google mempunyai ketentuan sendiri. Jadi gak heran kalau kadang kita menemukan gambar-gambar yang gak nyambung dengan review tempatnya, bahkan tak jarang foto selfie aja yang diunggah.

Zenfone 9

Kalau saya sendiri sih punya prinsip karena di Google Maps tujuannya untuk membantu orang mengetahui kondisi tentang tempat tersebut, ya foto dan videonya harus oke. Objek gambar harus jelas, fokus, tidak blur, dan tentu saja mengandung informasi. Jadi beberapa foto yang saya unggah di Google Maps mempunyai view yang cukup tinggi.

Sampai sekarang saya pun masih aktiv di Local Guides, juga fitur Google lainnya diantaranya Google Crowdsource, dan sedang mengincar aktif di Google Product Expert. Andalan saya untuk bisa berkontribusi maksimal tentu saja adalah ponsel yang mumpuni. Bukan hanya dengan kualitas gambar dan video yang ciamik ya.. tapi juga tetep adem meski dipakai untuk banyak aktivitas online sekaligus. Apalagi Google juga sering membuat event online yang membutuhkan daya tahan batere cukup bagus.

Baca Juga :

Blogger Perempuan

Game Simulasi Bisnis

Peluncuran ASUS Zenfone 9

Zenfone 9 Launching

Kebutuhan saya akan ponsel yang bisa diajak ‘lari’ terjawab dengan adanya peluncuran ASUS Zenfone 9 pada tanggal 17 November 2022. Boooook udah 9 aja nih… Penasaran banget sama speknya karena infonya nih ponsel ini Zenfone paling powerful yang pernah ada loh..

Sepowerful Apakah Zenfone 9?

Kalau udah bahas power ya udah pasti yang jadi biangnya adalah processor ponselnya. Zenfone 9 diperkuat prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Prosesor yang bikin performa lebih smooth dan responsif. Ponsel ini juga dilengkapi teknologi cooling system yang sudah diperbaharui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas,  Jadi meski performanya ngebut..ponsel tetap adem tanpa kenaikan suhu berlebihan. 

LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage juga melengkapi Zenfone 9. All-new Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan CPU clock speed yang tinggi sampai 3.2 GHz, sehingga  menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Potensi bottleneck saat ponsel dipakai untuk berbagai keperluan sekaligus jadi lebih minim ya..

Zenfone 9

Zenfone 9 sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling kencang Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded sekalipun. Multiple-antenna setup di dalamnya sudah di-upgrade dengan teknologi HyperFusion untuk menyajikan konektifitas simultan antara Wi-Fi dan seluler, yang mengarahkan pengguna ke koneksi dengan sinyal terbaik. Ini penting banget buat kecepatan mengunggah foto dan video juga aktivitas lainnya di dunia maya.

Batere Zenfone 9 juga joss nih.. kapasitasnya 4300mAh, lebih besar dibandingkan Zenfone 8. Batere menggunakan teknologi STP (Specific Tab Process) yang memungkinkan baterai diisi dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya, Sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W dan bisa memberikan daya baterai yang lebih lama dan pengisian ulang yang lebih cepat.

Apakah mumpuni untuk gaming?Tenang… Zenfone 9 sudah dibekali aplikasi Game Genie untuk meningkatkan gaming experience penggunanya loh. Dashboard Game Genie versi terbaru di ZenUI 9 menyajikan pengalaman gaming seperti yang bisa dinikmati pengguna di ponsel gaming ROG Phone 6. 

Generasi terbaru Zenfone 9 di-redesign untuk menghasilkan tampilan yang premium dan berkelas, termasuk penggunaan high-grip texture yang memberikan kesan kokoh serta sertifikasi IP68 yang membuatnya tangguh.

Desain Kompak Mudah Dikontrol

Zenfone 9

Zenfone 9 dirancang sebagai ponsel yang ringkas agar pengguna kemampuan untuk melakukan kontrol yang cepat dan mudah. Layar ponsel 5,9 inci, panjang kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7 cm membuat ponsel ini bisa digenggam satu tangan dan muat di saku. 

Ada 4 pilihan warna baru, yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Tekstur permukaannya bukan cuma membuat ponsel ini terlihat indah. Tapi juga terlihat kokoh dan tangguh meski imut.

Layar Zenfone 9 diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus, ini 4 kali lebih antigores dibanding kompetitor dan tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter loh.. Body-nya sudah tersertifikasi IP68 karena dilengkapi anti air dan debu.

Kamera Zenfone 9 Sehebat Apa?

Nah ini.. Zenfone 9 sudah diperkuat formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony. Kamera utama (belakang) 50MP ultra-wide angle dari SONY IMX766 yang diperkuat teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus. Kebayang gak sih hasilnya? Pasti hasil pengambilan gambarnya lebih stabil dan bebas guncangan. Kamera ini mampu merekam video 8K/24fps dengan OIS/EIS. Kamera ini juga mampu merekam foto 16MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman hingga 50MP pada kondisi terang.  

Lalu kamera kedua 12MP ultra-wide dengan sensor SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. Kamera ini mampu merekam video 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Foto makro dengan fokus pakai kamera ini bisa sampai jarak 4cm dari obyek.

Zenfone 9 menjadi ponsel pertama yang memakai sensor SONY IMX663 dan mampu melakukan autofocus dengan cepat berkat dual PDAF. Kamera depan ini mampu merekam foto hingga 12MP dan video 4K/30fps atau FHD/60fps dengan EIS.

Dengan formasi kamera selengkap dan secanggih ini, kita bisa melakukan perekaman foto dan video dalam mode pro. Pilihan kustomisasi dan setup untuk menghasilkan foto maupun video yang diinginkan lebih banyak. Bisa juga manual setting untuk focus, ISO, kecepatan shutter, EV, dan white balance, serta perekaman dalam RAW. Fitur baru Light-trail mode (BETA) di ponsel ini memungkinkan kita menggunakan manual shutter atau melakukan preset shutter time untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya yang menarik. Misalnya lalu lintas malam hari, light graffiti, memotret air terjun, dll.

Pengalaman Audio yang Impresif

Zenfone 9 bukan cuma dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm AqsticTM smart amps, tapi juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm yang memakai Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Bersama dengan sound tuning dari Dirac, Zenfone 9 memberikan pengalaman audio yang impresif.

Dual speaker pada Zenfone 9 dilapisi Dbass foam ball untuk memberikan kedalaman suara ekstra. Tiap speaker sudah diperkuat Qualcomm Aqstic WSA8835 amp yang powerful. Dari pengujian, Zenfone 9 mampu memproduksi bass 50% lebih besar dibandingkan kompetitor. 

Penggemar headphone 3.5mm bakal dipuaskan dengan output Hi-res Audio yang mampu dihasilkan oleh ponsel ini. Audio jack ini bahkan sudah memakai Qualcomm® AqsticTM WCD9385 DAC terbaru dan menghasilkan dynamic range dan low distortion yang luar biasa.

Untuk penggunaan gaming nih, speaker bawaan maupun headset ASUS ROG sudah disetting untuk mendukung game mode saat ponsel ini dipakai untuk memainkan game. Mode ini menerapkan penyetelan audio khusus game dalam frekuensi tertentu, sehingga lebih mudah untuk mendengar suara yang penting dalam game, seperti langkah kaki. Kayaknya cocok juga ya buat ASMR an..hehe.

Zenfone 9 juga sudah dilengkapi aplikasi AudioWizard yang bisa diset dengan cepat di quick setting, untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio pada Zenfone 9. Antarmukanya menampilkan 10-band equalizer yang mudah diatur serta pilihan audio style: Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

Layar Tercepat di Dunia 

Layar AMOLED 5,9 inci pada Zenfone 9 ini layak disebut layar flagship karena panelnya mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Untuk mempertahankan akurasi warna yang tinggi, bahkan di outdoor, panel layar ini tingkat brightnessnya sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits.

Benefit lain yang bisa kita nikmati adalah kecepatan responnya yang tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai konten dengan visual yang lancar dan mulus. Ponsel ini sudah diperkuat refresh rate 120Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan response time hanya 1ms. Pengguna akan merasakan pengalaman sebagaimana yang diharapkan dari ponsel flagship yang lebih besar dan lebih mahal. 

Layar pada Zenfone 9 juga sudah menggunakan format 20:9 untuk keseimbangan yang lebih baik antara aktivitas menikmati konten-konten video maupun melakukan browsing Internet dan gaming. Berkas multimedia, teks, maupun game, dalam format high resolution, akan tampak luar biasa di layar ini berkat diamond PenTile subpixel matrix dengan resolusi FHD+ (2400×1080) yang bisa memberikan densitas piksel sampai 445 ppi.

Tak perlu khawatir menggunakan ponsel untuk movie marathon (nonton drakor misalnya), karena layar ini sudah tersertifikasi SGS Eye Care Display untuk emisi blue-light yang lebih rendah sehingga lebih nyaman di mata. Layar ini juga sudah mendukung DC Dimming, Always-on Display, dan menawarkan empat pilihan refresh rate, yaitu 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan Auto. 

Berapa Ya Harga Zenfone 9 ?

Zenfone 9

Zenfone 9 hadir secara resmi di Indonesia dengan 3 varian kapasitas penyimpanan dan 4 varian warna.

  • Zenfone 9 6GB/128GB : Rp7.999.000 (Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue).
  • Zenfone 9 8GB/256GB (akan tersedia akhir Desember 2022) : Rp9.999.000 (Midnight Black dan Moonlight White).
  • Zenfone 9 16GB/256GB : Rp11.999.00 (Midnight Black).

Kepincut gak sih sama ponsel impian content creator ini? Saya sih yes … Karena dengan segala kelebihannya (terutama untuk kualitas foto dan video) bikin saya makin percaya diri nih untuk review tempat-tempat keren di Google Maps. Siapa tahu perjlanan ke Amerika Serikat yang sempat tertunda bisa terwujud berkat review yang makin berkualitas.

Buat manteman yang mau beli Zenfone 9, udah bisa didapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari

Sumber foto dan informasi : asus.com

3 Replies to “Makin Percaya Diri Mereview Tempat di Google Maps dengan ASUS Zenfone 9”

Tinggalkan Balasan