Kolaborasi di Dapur #SuamiIstriMasak

Suami Istri Masak

Pekerjaan domestik rumah tangga selama ini kan identik dengan pekerjaan yang hanya dilakukan perempuan. Bahkan meski pun perempuan juga bekerja di luar rumah, tetap harus mengurus dapur. Padahal ya nggak juga loh.. Pekerjaan dapur bisa dilakukan perempuan dan laki-laki dengan bentuk kerjasama entah memasak, membersihkan dapur, menata dapur, dll.

Tapi menurut saya sih kolaborasi masak antara istri sama suami emang perlu. Meski gak tiap hari ..sesekali boleh lah ya.. Karena memang banyak manfaatnya ..

Manfaat Suami Istri Masak Bareng

Suami Istri Masak

Apa saja sih manfaat masak bareng suami istri?

1. Punya Waktu Bersama Lebih Banyak

Ada waktu bersama lebih banyak bagi pasangan. Jadi kalau biasanya memasak menghabiskan sekitar 30 menit sampai satu jam, lumayan kan dimanfaatkan bersama pasangan di dapur. Apalagi bila waktu yang dimafaatkan mulai dari belanja, persiapan masak, sampai menikmati masakan bersama.

2. Komunikasi Lebih Nyaman dan Santai

Memasak bersama pun bisa menjadi salah satu caranya menjalin komunikasi lebih baik.  Biasanya ngobrol sambil masak lebih santai, jadi bisa memanfaatkan bahan obrolan apa saja. Bisa dilakukan sambil menyiapkan bahan yang akan dimasak, sambil menumis atau menggoreng, atau sambil menunggu masakan matang juga bisa.

3. Bisa fokus tanpa gangguan aktivitas lain

Kegiatan memasak juga bisa menjadi cara mengalihkan diri dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Bisa loh dicoba untuk sesekali tidak memegang handphone atau laptop, dan masuk ke dapur untuk memasak bersama. Saat masak bersama, bisa fokus untuk menyiapkan makanan tanpa harus terganggu hal-hal lain.

4. Lebih Sehat

Kalau masak sendiri, bahan-bahan makanan yang digunakan udah pasti kita tahu kualitasnya kan.. Lebih bersih, higienis, dan menyesuaikan selera. Kita bisa berdiskusi dengan pasangan untuk menetukan jadwal menu apa saja yang bisa dimasak setiap minggunya agar lebih teratur. Nah bisa juga jadi bahan aktivitas kegiatan bersama anak-anak..bukan hanya dengan pasangan.

5. Bisa jadi contoh baik untuk Anak-anak

Dengan beraktivitas di dapur bareng pasangan, anak-anak bisa mencontoh juga loh. Mereka bisa menyaksikan orang tuanya berbagi tugas dengan baik, belajar sabar dan mandiri, dan yang terpenting adalah menunjukkan kasih sayang satu sama lain.

Baca Juga Ya.. :

Desa Aeng Tongtong

Mengenalkan Bisnis pada Anak

Kejuaraan Renang

Bentuk Kerjasama dengan Pasangan Saat di Dapur

Suami Istri Masak

Masak bareng pasangan di dapur gak selalu harus sama-sama pegang pisau dan sutil ya.. banyak pilihan bentuk kerjasamanya dan tergantung kesapakatan. Misalnya suami yang menyiapkan sayurnya, istri menyiapkan bumbunya. Lalu yang masak istri dan suami menyiapkan alat makan sekalian bebersihnya.

Bisa juga dengan memulai aktivitas dengan mencari ide masakan. Kadang pengen makan seblak nih..bikin sendiri yuk… Cek bahan misalkan ada yang kurang bisa deh belanja dulu. Belanja berdua boleh juga sekalian jalan-jalan kan.. atau yang belanja suami sementara istri menyiapkan bahan di rumah. Jadi ketika bahan sudah siap semua tinggal masak deh…

Ketika masak bisa dicobain dulu bareng-bareng..kurang pedes nggak.. Tinggal disesuaikan dengan selera deh…

Nah setelah selesai bisa dilanjut beres-beres bareng.  Istri merapikan meja makan, suami cuci piring.. Selesai dengan happy dan dapur rapi kembali deh…

Oiya masak bareng pasangan tuh enaknya gak khawatir kurang enak atau kurang apa.. Karena langsung dikomunikasikan. Tomatnya dibanyakin nih…kurang pedes ..dll. Apalagi kalau masak tumis dan olahan lain yang pake kecap. Gak perlu khawatir deh karena ada Kecap ABC yang selalu sukses bikin masakan lebih kaya rasa. Masakan jadi disukai keluarga.

Apalagi nih Kecap ABC konsisten berkampanye #SuamiIstriMasak sejak 2018. Kampanye ini bermula dari ajakan untuk istri mendukung suami memasak,Tahun 2019  insisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Berlanjut lagi di tahun 2020 kampanye berupa kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan. Kemudian di tahun 2021 kolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur.

Salah satu yang menginspirasi untuk bikin ulasan tentang suami istri masak tuh video #SuamiIstriMasak Kecap ABC ini :

Jadi pengen cobain gak sih kayak yang di video ini.. Yuk ah ajakin suminya masak bareng di dapur bu ibu…

Tinggalkan Balasan