Desa Aeng Tongtong, Kampung Berseri Astra yang Kaya Prestasi

Desa Aeng Tongtong (dok.pri)

Menjelang siang matahari bersinar cukup terik. Saya bersama teman-teman baru saja selesai melihat upacara tradisional Nyadar di desa Kebundadap kecamatan Saronggi. Kami berencana untuk melanjutkan perjalanan siang itu ke desa Aeng Tong-tong. Ada apa sih di desa ini?

Perjalanan dari desa Kebundadap menuju ke desa Aeng Tong-tong tak butuh waktu lama karena memang masih dalam 1 kecamatan, yaitu kecamatan Saronggi. Tak sampai 15 menit sudah sampai ke desa Aeng Tong-tong.

Baca Juga :

Refleksi 2022

Menginap di Pantai Sembilan

Money Games

Apa sih Istimewanya desa Aeng Tongtong?

Sampai di desa ini kami langsung menuju rumah Mpu Ika. Salah satu pengrajin keris di Aeng Tong-tong. Mpu Ika adalah satu-satunya perempuan yang menekuni kerajinan keris dari sekitar 600 an pengrajin. Di rumah Mpu Ika kami melihat aneka macam keris buatannya. Ada berbagai ukuran dan jenis keris.

desa aeng tongtong
Berbagai Jenis keris (dok. pri)

Ia kemudian mengajak kami melihat proses pembuatan keris. Dari mulai membuat gagang keris sampai pembuatan kerisnya. Bukan proses yang mudah. Selain butuh kekuatan dan tahan terhadap suhu udara panas saat menempa besi, butuh ketelatenan dan rasa seni juga untuk bisa membuat sebuah keris.

desa aeng tongtong
Mpu Ika sedang membuat keris (dok. pri)
desa aeng tongtong
Proses pembuatan gagang keris (dok.pri)

Aktivitas membuat keris bisa kita temui di berbagai sudut desa Aeng Tong-tong ini. Inilah yang membuat desa ini unik dan istimewa. Tak ada desa lainnya di dunia ini yang punya aktivitas seperti ini.  

Tahun 2014 Kabupaten Sumenep diakui UNESCO sebagai daerah yang memiliki Mpu terbanyak di dunia dan sebagian besar ada di desa Aeng Tong-Tong. Desa Aeng Tong-tong juga mempunyai galeri khusus keris yang menjadi ruang untuk menampilkan produk-produk keris. Termasuk keris dari para leluhur yang sudah berusia 300 tahun. Galeri ini juga menjadi tempat berkumpulnya para empu, kolektor, hingga pemerhati keris.

desa aeng tongtong
Proses menempa besi (dok. pri)

Bukan itu saja, desa ini juga baru saja menjadi juara Pertama  dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung. Ada 3.419 desa wisata dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia yang ikut ajang ini. Desa Aeng Tong-tong juga memecahkan Rekor MURI sebagai Desa Dengan Empu Keris Terbanyak di dunia.

Kampung Berseri Astra Desa Aengtongtong

desa aeng tongtong
keris buatan Mpu Ika (dok.pri)

Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra.  4 pilar tersebut adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan Astra berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Pada penyelenggaraan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan mitra strategis yaitu Astra Internasional untuk pengembangan Desa Wisata Keris (Aeng Tong Tong) agar membangkitkan ekonomi yang berkelanjutan.

Melalui program Kampung Berseri Astra, Desa Wisata Keris ini nantinya bisa menjadi tunas Kampung Berseri Astra.  Desa ini juga menjadi etalase untuk memastikan keris-keris dibawa ke luar negeri menjadi komoditas unggulan menjadi suvenir-suvenir  menarik. Puncak acara G20 di Bali adalah salah satunya. Keris asal desa ini menjadi souvenir untuk kepala negara peserta G20 yang hadir di Bali.

keris sebagai sovenir G20

Bila berkunjung ke desa ini kita bisa melihat langsung proses pembuatan keris sekaligus berbagai hal unik lainnya. Misalnya rumah tradisional taneyan lanjang (halaman panjang), dimana rumah berjajar dalam 1 halaman. Biasanya 2-5 rumah yang dihuni keluarga yang masih berhubungan erat.

Setelah cukup lengkap melihat proses pembuatan keris saya dan teman-teman pun segera bergegas.Insyaallaah akan kembali lagi untuk memesan keris souvenir suatu saat nanti.

2 Replies to “Desa Aeng Tongtong, Kampung Berseri Astra yang Kaya Prestasi”

Tinggalkan Balasan