Mengenalkan Bisnis pada Anak Lewat Money Games

Money Games

Sekarang ini bisnis sudah dijalankan oleh kalangan muda. Anak kuliah mempunyai bisnis sudah gak aneh lagi. Bisnisnya yang dijalankan juga beragam dan tidak selalu offline. Ya..bisnis yang dijalankan kalangan muda umumnya mengandalkan sarana internet. Tidak sedikit bisnis anak muda yang melejit sampai berhasil mencetak omset bernilai milyaran rupiah dalam hitungan bulan.

Melihat kesuksesan bisnis anak muda, jadi terpikir nggak sih mengenalkan bisnis kepada anak-anak kita sedini mungkin? Meskipun sejak usia TK sebenarnya sudah ada program market day tapi rasanya kok menurut saya masih kurang ya..hehe. Karena namanya bisnis kan bukan sekedar jualan laku atau tidak.

Saya sendiri pernah mengenalkan bisnis kepada anak-anak dari mulai membuat ide bisnis. Mau jualan apa? Mau dijual gemana?Yang menyiapkan siapa?Ada modal berapa, yang mau dipakai berapa?dan masih banyak lagi persiapannya.

Jualan ini dijalankan si Kinar saat kelas 4 SD. Ya awalnya sih ada semacam bazaar dan dia sendiri tertarik untuk melanjutkan jualannya. Produknya susu milo ditambah jelly aneka rasa. Kayaknya waktu itu namanya Jello deh..Jelly Milo 😀 Dikemas dalam plastic pouch kecil dijual dengan harga 3 ribu.

Melihat hasilnya setelah disisihkan dengan biaya modal, memang sangat memuaskan karena jualannya selalu habis. Memang sih dia sistemnya siapa yang pesan buat besok gitu.. Tapi selalu bawa lebih untuk cadangan siapa tahu ada yang mau beli tanpa pesan, dan 1-2 pouch yang akan dia berikan Cuma-Cuma untuk sahabatnya. Hmmmm…

Baca Juga :

Outbond Kemeredekaan

Tempat Wisata Lamongan

Cuan dari Media Sosial

Makin hari pesanannya makin banyak euy.. Pemesannya bukan lagi teman sekelas, tapi dari kelas lain yang beda lantai (sekolahnya ada 3 lantai, kelas Kinar di lantai 2). Saya kebagian tugas menyiapkan produk dan mengentarkannya ke sekolah sebelum jam istirahat. Pernah ada yang rusak kemasannya saat sudah saya antarkan. Nangis donk bocah..sedih katanya dagangannya ada yang rusak..haha.

Usaha jualan ini gak berlaangsung lama karena saya mulai melihat bocah lebih fokus ke jualannya dari pada sekolahnya wkwkwk. Ada pelajaran yang malah harus remidi padahal sudah ikut les yang biayanya lumayan mahil. Pulang sekolah yang dipikir bukan lagi pelajaran tapi itung-itungan uang hasil dan modal.

Yaudah akhirnya saya stop deh jualannya. Hahaa. Mungkin nanti saja kalau sudah memungkinkan untuk jualan dan bisa bagi fokus antara sekolah dan jualan. Teman-temannya berkali-kali bertanya kapan jualan lagi..Dia bilang “Doain ya aku bisa peringkat 5 biar bisa jualan lagi” wkwkwk.. karena saya bilang ke Kinar dia boleh jualan lagi kalau bisa masuk peringkat 5 besar.

Tapi sampai sekarang belum terlaksana jualan lagi..karena fokusnya udah beda..

Mengenalkan Bisnis pada Anak, mulai Usia Berapa?

Money Games

Belajar dari pengalaman saya itu tadi, saya mencatat beberapa hal kalau ingin mengenalkan bisnis pada anak, diantaranya :

  • Bisa dimulai dengan mengajak anak berbelanja, mencatat kebutuhan dan memilih belanjaan, dan membayarnya.
  • Bila orang tua mempunyai bisnis bisa jadi ini akan lebih mudah mengenalkan bisnis pada anak, karena bisa mengajak anak-anak saat orang tua menjalankan aktivitas bisnisnya.
  • Saat ada kegiatan market day anak dilibatkan mulai perencanaan sampai berbagai hal seputar persiapan.
  • Kemauan anak untuk mencoba bisnis perlu dikompromikan dulu, jadi kita tahu minatnya anak ke bisnis ada atau tidak..minatnya bisnis apa. Jadi orang tua hanya mendorong saja dari belakang.

Dengan segala persiapan yang perlu dilakukan kalau menurut saya sejak usia SD sudah bisa ya mengenalkan bisnis kepada anak. Karena saat usia SD anak sudah mengenal uang, bisa menghitung uang dalam jumlah kecil, bisa berkomunikasi dengan orang lain (menawarkan produk, menjelaskan tentang produk, dll).

Money Games untuk Anak

Saya menemukan sebuah website seputar binis keuangan, dan di website tersebut ada menu games. Ternyata gamesnya memang untuk anak-anak dan genrenya seputar bisnis dan keuangan.  Saya cobain donk.. Belum semua sih yang saya coba..baru beberapa games aja. Ada yang mudah (masing-masing ada level kesulitannya juga) ada juga yang bikin saya mumet. Menurut saya games ini bisa juga untuk belajar mengenal uang dan belajar berhitung atau matematika loh. Ya meskipun mata uang yang dipakai itu dollar.

Kategori games yang bisa dipilih yaitu :

  • Money games
  • Real Estate Games
  • Food Business Simulation Games
  • Business simulation Games
  • Software Development Games
  • Office Politics Games
  • Fun Games lainnya, misalnya games tentang green energy

Di masing-masing kategori kita bisa menemukan banyak banget games. Enaknya lagi games di website ini bebas diakses tanpa iklan dan tanpa bayar tanpa harus buat akun. Tinggal buka websitenya aja langsung deh pilih gamenya.. Praktis banget deh.. Meski gratis sama sekali gak ada iklan gais.. jadi mainnya enak banget lah..

Game yang saya coba kategori money games dan food business simulation games. Fodd Business Simulation Games yang saya coba adalah Burger Shop. Hmmm sekilas kayak game umumnya yang bikin burger gitu. Tapi yang ini beda karena kita harus melayani pesanan burger sesuai permintaan pembeli. Kalau ada bahan yang habis kita harus beli bahannya. Tinggal klik aja sih di bagian bahan yang habis, tapi butuh waktu buat reload bahannya. Nah kalo telat atau salah menyajikan pesanan rugi donk ya.. bahan terpakai tapi gak dapet duitnya. Mana pembelinya ngomel-ngomel lagi..Hahaha ini seru banget sih mainnya. Harus cepet gitu bikin pesenan burgernya.

Money Games

Money Games

Selain games Burger Shop saya juga cobain Supermarket Numbers. Ini games berhitung banget sih..alias mengasah kemampuan berhitung. Awal-awal ya cuma mencari angka yang cocok dengan hasil yang ditampilkan. Misalnya angka yang muncul 4, berarti kita klik 2 blok yang bertuliskan angka 2. Bisa juga klik angka lain yang penting totalnya 4. Kita bisa lihat juga penjumlahannya kurang angka berapa. Nah lama-lama angka yang muncul kan tambah besar..jadi kita harus kalikan, bagikan, atau pakai pengurangan klo misal angkanya memang harus dikurangi. Cocok banget nih buat belajar matematika. Tinggal tap-tao aja angkanya..

Money Games

Money Games

Anak-anak enjoy sih sama games ini..secara mainnya gampang, petunjuknya juga jelas meskipun bahasa Inggris. Ya sekalian deh latihan bahasa Inggris ya kan…Cobain juga yuk..

22 Replies to “Mengenalkan Bisnis pada Anak Lewat Money Games”

  1. Wuah Mbak Kinar keren sekali, pinter jualan. Jiwa entepreneurship ini memang harus dipupuk sejak kecil sebagai bagian dari lifeskill. Btw, gamesnya kayaknya seru banget nih Mbak. Aku kasih tahu anak-anak ah nanti…

  2. Wah games2 nya menarik sekali nih, sekalian belajar bahasa Inggris juga ya.
    Anak-anakku dulu juga suka main games seperti Burger Shop itu, memasak berdasar permintaan pembeli, duh tapi aku lupa namanya apa haha.
    Yang game Supermarket Numbers ini menarik juga ya, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar matematika juga.

  3. dulu waktu dua anak perempuan saya masih kecil suka banget main games yang kayak gini mba. tapi kok anak lelaki saya gak suka ya jenis games kayak money games ini. kayaknya emag ada kecenderungan yg beda sih antara anak cowok dan cewek ya mba..

  4. Wah seru. Tapi karna anakku belum genap 2 tahun jadi belum aku kenalkan games sih hehe. Next kalo usianya udah mulai gede, aku coba kenalin money games ini deh

  5. Aku langsung klik landing page Money Games.
    Wah, ini games online tanpa download, sepertinya.

    Semua perintah dalam bahasa Inggris.
    Cocok sekalian buat belajar.
    Biasanya anak-anak akan suka belajar dengan cara seperti ini.

  6. Aku kira money game ini macam arisan yang ternyata zonk itu. Hahaha.. setelah baca ternyata beneran games buat anak-anak belajar berbisnis. Btw, anakku di sekolah juga tuh mulai bisnis jualin stiker. 😂

  7. Semakin canggih teknologi dan pendidikan, bermain money games bisa jadi latihan anak belajar bisnis dan matematika ya. Jaman saya sih eh sampai sekarang juga sih. Kami pakai permainan Monopoli saja. Ada jual beli dan pelajaran bisnis juga sih ya di Monopoli ini

  8. Anakku tu juga gara-gara market day dari pelajaran wirausaha bulan lalu, jadi pengen jualan. Mungkin dia seneng pas terima uang, yaa.. Hihi.. Sekarang kami lagi mempersiapkan, kira-kira apa yang bisa dijual, di mana jualannya, dll.

    Tapi aku juga kasih tau, kalau jualan ngga melulu laris terus. Dagangan mungkin ngga selalu habis. Kemarin itu laris-manis karena ada euforia belanja di sekolah, tapi iklim seperti itu kan ngga setiap hari ada. Mungkin memang mesti berlatih lewat games dulu, yaa… Hihi… Biar tau rasanya rugi, sekaligus belajar gimana cara mencegahnya. 🙂

  9. ahaha.. games-games sederhana begini bisa bermanfaat banget buat anak ya mbak. apalagi kalau kita dampingi dan jelaskan bagaimana proses bisnisnya. jadi main game bukan sekedar main, tapi mereka juga belajar

  10. nah, mainan jaman sekarang tuh bisa menghasilkan uang juga menghabiskan uang tergantung gimana kita yang memainkan ya. dan untuk anak-anak, games digital memang ngebantu banget dalam hal memperlancar bahasa inggris

  11. Membiasakan anak untuk bermain games semacam ini juga bisa melatih mereka untuk menentukan strategi supaya bisa dapet hasil terbaik ya Mak. Apalagi misal dikasih syarat nggak boleh purchase di luar yang bisa didapatkan di game-nya. Biar makin puter otak buat tetep bertahan tanpa boros keluar duit tambahan wkwkwk

  12. Jadi ingat dulu waktu SD secara tidak langsung ortuku udah ngajarin bisnis ke aku. Yup, aku pernah jualan kue dan es lilin waktu sekolah dulu dan keuntungannya lumayan. Terus pas SMP aku pernah bisnis kartu nama juga. Seru. Dan alhamdulillah sekolah engga terganggu. Jadi pingin ajarin anak2 juga nih mba

  13. Wah, menarik juga nih. Kebetulan anakku lagi suka jualan di sekolah. Apa2 mau dijual. Hahaha… Tar kucobain ajak main games ini ahh

  14. Lucu bangeett..
    Main Money Games ini bisa jadi langkah awal anak mengenal mata uang sebagai alat tukar barang. Meski secara virtual dan modelnya games, tapi tampak seru dan menantang.

  15. Aku dulu suka banget main game belanja belanjaan shop nd spree selain main game juga sembari belajar ngehafal nama nama benda dari game

  16. Menarik juga ya games pilihan mba Diane, aku kok jadi pengen main Burger Shop. Tapi pemasaran juga dengan game orang dewasa di website Money Game

  17. Wah seru juga ya money games ini
    Anak nggak cuma bermain saja, tetapi juga bisa belajar bisnis
    Bisa juga sebagai sarana latihan berbahasa Inggris ya mbak

  18. seneng banget ya kalo anak-anak udah bisa diajarin dan dikenalin dengan bisnis. Aku pas SD juga jualan dagangan warung ke sekolah dan cukup banyak yang beli hehe. Semangat berwirausaha sejak dini, dan menarik banget nih Jelly Milo, 3rb per pouch murah sih ini

  19. ya ampun, ini tadi baca judulnya aja kok money game. Kirain yang gak-gak. Ealah ternyata beneran money games, alias permainan tentang uang. Hahaha. Seru nih kayaknya, anak-anak saya dua orang di rumah pun lagi doyan bermain peran yang ada kaitannya dengan uang. Entah jualan, tukar pecahan uang ala di bank. Kan seru tuh kalau bentuk gamesnya pun tersedia kayak gini.

  20. Okee banget ni gamesnya…dulu anak2 kecil.juga suka q kenalkan game yg sekaligus buat belajar biar dpt keuntungan dobel bermain sekaligus belajar ya mam.

  21. Di sini malah aku yang mainan game semacam itu dan gak bisa berhenti melayani pembeli haha.
    Emamg sekarang bayak cara mengajari anak literasi keuangan ya mbak ya dengan games, ya dengan mengajak belanja, ya mendorong buat jualan.
    Kyknya generasi mendatang literasi keuangannya bakal lbh oke dr generasi kita, mudah2an aamiin

  22. Mbak Diane, wah seru seru nih gamesnya.
    anakku suka kalau hitung-hitungan uang, hahah
    kami juga pernah coba jualan 1x, capek yaa menyiapkan karena harus memasak sendiri, tapi bagus lah jadi pengalaman bahwa mencari uang itu butuh usaha

Tinggalkan Balasan