Tempat Wisata Lamongan

Lamongan yang berada di pesisir utara Jawa Timur mempunyai beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya wisata alam, tapi juga wisata religi dan wisata budaya. Nah kali ini kenalan yuk dengan beberapa tempat wisata popular di Lamongan. Siapa tahu..kita bisa mampir barengan..ya kan?

Berikut ini tempat wisata Lamongan yang bisa kita kunjungi :

Wisata Bahari Lamongan

Tempat Wisata Lamongan
Wisata Bahari Lamongan (sumber : IDNTimes)

Wisata Bahari Lamongan (WBL), ini adalah salah satu tempat wisata popular di Lamongan. Pengunjungnya bisa membludak di hari libur termasuk hari libur Lebaran dan akhir tahun. Karena sarana wisata di WBL memang lengkaop dan cocok untuk keluarga.

Terletak di Jl. Raya Paciran membuat tempat wisata ini mudah dijangkau dengan berbagai macam alat transportasi. Harga tiket juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp70.000

Baca Juga :

Gua Soekarno

Oleh-oleh Khas Sumenep

Vaksin Booster

Gua Maharani Zoo dan Gua Maharani

Tempat wisata lamongan gua
Gua Maharani (sumber maharanizoo.com)

Tempat wisata Lamongan yang juga terkenal adalah Maharani Zoo.  Selain menjadi tempat wisata sebagai tempat rekreasi Maharani Zoo sekaligus menjadi tempat bermin dan belajar. Luasnya 3,5 hektar dan menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti taman satwa,  Museum dan Galery Satwa. Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

Di depan Taman Satwa Maharani Zoo terdapat Gua Maharani. Gua ini memiliki keindahan yang sangat eksotis. Bentuk guanya yang khas dan unik sehingga terlihat seperti istana. Wisatawan bisa bebas menelusuri keindahan gua karena tersedia akses yang aman dan nyaman.

Gunung Mas Tugu Mantup

Ini adalah tempat wisata alam yang sudah dikelola agar nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Awalnya hanya berupa daerah bekas tambang kapur yang kering kerontang. Gunung Mas Tugu Mantup kini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi karena mempunyai fasilitas yang menarik.

Ada spot berupa rumah tinggal dari kayu yang dipercantik dengan nuansa Jawa dan China. Warna merah menjadi ciri khas setiap bangunan yang ada di kawasan ini. Terletak di Jl. Raya Mantup, Tugu, Mantup, Kabupaten Lamongan, di tempat wisata ini pengunjung juga dapat menikmati suasana dan nyaman dengan kolam yang berada di depan bangunan utama. Seperti tempat wisata pada umumnya, di sini terdapat banyak sekali spot untuk berfoto bagi pengunjung.

Makam dan Museum  Sunan Drajat

Tempat wisata lamongan museum
Koleksi Museum Sunan Drajat (sumber : kemuseum.org)

Lamongan menjadi salah satu destinasi untuk wisata religi Wali Songo. Karena terdapat makam Sunan Drajat di daerah ini, tepatnya di desa Drajat kecamatan Paciran kabupaten Lamongan. Selain berziarah ke makam Sunan Drajat, wisatawan bisa juga berkunjung ke Museum Sunan Drajat untuk melihat koleksi barang-barang peninggalan Sunan Drajat yang masih tersimpan dengan rapi.

Selain benda-benda peninggalan Sunan Drajat yang biasanya dipakai untuk sarana syiar agama Islam dan benda bersejarah lainnya, museum yang dikelola Pemkab Lamongan juga mengoleksi benda antik yang berasal dari sumbangan warga Lamongan. Benda di museum tersebut mulai dari bedug, gamelan, kitab kuno, sampai kain tenun yang pernah dipakai Sunan Drajat juga ada.

Tempat wisata lainnya masih banyak, kita bisa baca-baca deh ulasan Blogger Lamongan. Selain tempat wisata kita juga bisa cari info juga tentang kuliner khas Lamongan. Saya sih masih penasaran sama soto Lamongan. Hahhaa.. Secara di Sumenep sini memang banyak soto Lamongan tapi beneran saya pengen banget menyantap soto Lamongan di daerah Lamongannya gitu.

One Reply to “Tempat Wisata Lamongan”

Tinggalkan Balasan