Kejuaraan Renang Pasca Pandemi

Mengikuti kompetisi di cabang olahraga renang sudah ditekuni anak-anak sejak usia SD. Kompetisi pertama yang diikuti adalah Kejuaraan Renang Antar Pelajar (KRAPEL) se Madura tahun 2017 di Kolam Renang Mutiara Tirta Sumenep. Nares anak sulung saya yang ikut karena Kinar masih baru bisa renang jadi 25 meter aja masih belum nyampe.

Sejak KRAPEL itu anak-anak mulai mau aktif deh ikut lomba renang. Meskipun ya tetap masih pilih-pilih juga. Misalnya ikut Kejuaraan Renang Antar pelajar se kabupaten (Kejurkab) Sumenep 2018. Udah pasti ikutan niih..secara kan lombanya di kolam tempat latihan anak-anak. Jadi ya cukup irit karena tidak perlu biaya transportasi dan akomodasi.

Kejuaraan Renang
Kejurkab Renang se Sumenep 2021

Saat ikut Kejurkab 2018 Alhamdulillah anak-anak dapet medali meski bukan juara 1. Kemudian Kejurkab berikutnya tahun 2019 Alhamdulillah masih diberi kesempatan bawa pulang medali juga. Nah setelah vakum selama pandemi, baru tahun 2021 ada Kejurkab lagi dan Kinar yang menyabet medali emas untuk 2 nomer 50 m gaya bebas dan 50 m gaya dada. Sementara Nares dapet juara 3.

Baca juga artikel seputar renang :

Kejurda Jatim saat Pandemi

Gowes Bareng Bocah

Memilih Olahraga untuk Anak

Kejuaraan Pasca Pandemi

Memasuki tahun 2022 mulai aktif lagi kegiatan lomba renang terutama di tingkat provinsi. Kinar terpilih untuk ikut tim cabor renang di ajang Porprov  2022 di Jember. Lalu ada juga kejuaraan renang di tingkat kabupaten lain di Jawa Timur tapi diikuti peserta dari dalam dan luar provinsi. Jatim Open misalnya, namanya memang Jatim tapi peserta dari luar Jawa Timur cukup banyak. Seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

Belum lama ini ada juga lomba yang digelar di Bangkalan tepatnya di kolam renang Bukit Jaddih. Sebenarnya kolamnya gak sesuai standart untuk perlombaan renang. Tapi hadiahnya lumayan menggiurkan haha. Teman-teman 1 klub Nares dan Kinar lumayan banyak yang ikut, termasuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) juga bisa ikutan.

Saya sendiri selama ini kalau ke luar kota jarang ikut. Tapi kali ini ikut karena beberapa pertimbangan. Salah satunya karena ada saudara di Bangkalan yang ingin saya samperin untuk silaturahmi hehe… Kalau lomba ke Surabaya aja saya belum pernah ikutan.. Jadi anak-anak langsung berangkat bareng sama timnya aja. Pernah sih ikut saat time trial di Surabaya, itu pun karena momen pertama anak-anak keluar kota sejak pandemic.

Kejuaraan renang
Mendampingi anak-anak saat time trial

Kok gak ikutan aja nemenin anak-anak sekalian kasih support kan? Ya..selain pertimbangan biaya, menunggu waktu anak-anak turun lomba itu juga lama banget..Jadi rasanya buang waktu gitu hahaha meskipun saya bisa aja sih sambil kerja atau baca novel remaja atau dewasa atau bacaan lainnya saat menunggu. Tapi mendingan di rumah deh…hehe

Kalau saat covid masih rame ortu emang gak ikut..karena gak boleh masuk ke arena lomba juga. Nah sejak 2022 ini setiap kejuaraan renang membolehkan ortu masuk ke arena lomba. Anak-anak  dan pelatih juga sudah tidak perlu swab antigen. Sebelumnya sih wajib antigen..Ada yang swabnya di daerah masing-masing dan tinggal bawa surat hasil swab negatifnya. Ada juga yang wajib swab di tempat lomba. Jadi sebelum turun berlomba antri swab dulu tuh bocah dan pelatih.

Alhamdulillah sekarang sudah nggak perlu lagi swab antigen. Ortu atlet juga sudah boleh masuk arena lomba ngasih support sambil teriak-teriak.. Etapi masker tetep ya..dan jangan lupa untuk vaksin boosternya juga … Semoga sehat selalu semuanya dan dijauhkan dari penyakit yang aneh-aneh..yang misterius…Anak-anak juga semangat berlatih dan mencetak prestasi gemilang.

One Reply to “Kejuaraan Renang Pasca Pandemi”

  1. Keren nih anak2 sudah bisa mencetak prestasi dari bakat dan minatnya, ya. Moga sehat selalu!

Tinggalkan Balasan