Pemulihan Pasca Demam Berdarah

Pemulihan Pasca Demam Berdarah

Menjelang pergantian musim kita perlu mewaspadai kemungkinan penyebaran penyakit demam berdarah. Penyakit yang benar-benar gak bisa diremehin. Selain melakukan pencegahan dengan menjaga agar jangan sampai tergigit nyamuk Aides aegypti, banyak hal yang bisa disiapkan sebagai bentuk pencegahan.

Pencegahan Demam Berdarah di Lingkungan Rumah

Mulai dari dalam rumah nih..pastikan rumah selalu bersih dan bebas dari tumpukan barang apalagi pakaian. Lemari pastikan tertutup rapat karena biasanya nyamuk betah banget nongkrong di baju yang udah siap pakai.

Saya sering menyemprot ruangan dengan pembasmi nyamuk bisa 2 kali sehari lah..Pagi begitu lihat ada nyamuk beterbangan langsung deh semprot. Malam saat menjelang tidur juga begitu..Meski waktu yang rawan adalah pagi sampai siang..kadang sore pun si nyamuk belang ini masih beredar juga. Jadi tetep lah semprot di jam selain pagi hari. Oiya mau pake semprotan atau lainnya juga boleh..yang penting mencegah nyamuk terbang dan hinggap di badan kita. Pakai obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik, lotion anti nyamuk..apa pun lah yang menurut kita cocok aja.

Air di dalam lingkungan rumah juga pastikan tidak menjadi tempat nyamuk bertelur. Kadang kita nggak menyadari..misalnya pot atau vas tanaman yang media tanamnya air ternyata menjadi tempat yang nyaman buat nyamuk berkembang biak. Nah..sering-sering cek deh ya..Jangan sampai ada jentik nyamuk yang suka salto di dalam air tuh..

Begitu juga dengan tempat penampungan air lainnya..Entah bak mandi, gentong air, tandon air, bahkan gallon air minum tetep harus kita periksa yaaa.

Nah kalau di luar rumah pastikan deh tidak ada wadah-wadah yang jadi sarang nyamuk berkembang biak. Langsung kubur aja .. Yess gerakan 3 M itu emang berfaedah banget untuk pencegahan DB. Jadi harus dirutinkan ya..

Bila Sampai Terserang Demam Berdarah Gemana?

Yang penting adalah memastikan sedini mungkin. Pengalaman awal tahun ini si kecil kena DB saya merasa beruntung karena diarahkan untuk tes NS-1. Jadi keberadaan virus DB ini bisa dideteksi saat demam hari pertama. Gak kebayang deh kalau harus nunggu 3 hari panas badannya baru cek lab. Huhuhu.. beneran kejadian temannya si kecil yang DB nya baru terdeteksi di hari ke-3 badan udah ngedrop banget dan langsung masuk ICU selama 4 hari. Karena selama 3 harian anak tersebut tidak mau makan dan minum, dikira tipes… Anak gak mau makan saat sakit tuh ada tipsnya ternyata.. Baca disini : Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak ya…

Kalau sudah terdeteksi sejak awal tentu penangannnya akan lebih tepat. Saya juga lebih tenang karena gak penasaran  lagi ini sakit apaa… Ketahuan juga yang harus dipantau terus menerus sampai masa kritis lewat apa saja.

Baca selengkapnya disini ya :

Tes NS-1

Perawatan DB

Berantas Malaria

Recovery Pasca Kena Demam Berdarah

Nah setelah si kecil dinyatakan sembuh dan bisa pulang dari RS, saya diminta control sekitar 2 hari setelahnya. Dokter anak yang menangani si Kecil saat di RS kebetulan memang ahli penyakit tropis pada anak.  Meskipun anak saya sudah berusia 14 tahun tetap minta ditangani dokter ini. Jadi saat control di tempat prakteknya anak saya paling gede deh .. Pasien lainnya kebanyakan masih balita.

Nah saat konsultasi itu anak saya hanya diberi resep vitamin aja. Apalagi sempat saya ceritakan kalau anak saya aktif berolahraga renang dan dalam waktu dekat akan mengikuti lomba. Saya khawatir harus istirahat dalam jangka waktu lama.

Ternyata menurut dokter ya sekitar seminggu memang belum boleh aktivitas berat termasuk renang. Setelah itu baru deh boleh renang lagi tapi porsinya ringan aja dulu.  Alhamdulillah…

Si Kecil (tengah) bareng teman club renangnya

Selama sekitar seminggu masa recovery anak saya ya memang nggak beraktivitas berat dulu termasuk sekolah. Hehhe iyes.. seminggu setelah keluar dari RS pun anak saya masih bolos sekolah. Apalagi saya saya menduga si kecil ini digigit nyamuk Aedes aegyptinya di sekolah 😀 Begitu pun aktivitas renangnya..off dulu selama seminggu.

Selain beristirahat dari aktivitas berat..perlu banget menjaga asupan makanan. Harus yang bergizi biar cepat balik normal lagi. Ya makan sayur buah dan aneka protein udah pasti wajib ya.. Minum air harus dikontrol jangan sampe kurang. Karena si kecil ini agak kurang minum airnya. Jadi harus selalu diingatkan.

Alhamdulillah setelah semingguan recovery pasca kena demam berdarah si kecil bisa beraktivitas normal lagi.. Mulai latihan renang lagi dan bisa ikutan lomba juga. Semoga selalu sehat yaa…

22 Replies to “Pemulihan Pasca Demam Berdarah”

  1. Waahh sehaatt sehaaatttt ya anak.maniisss sholihah

    Daku dulu pas SMP jg pernah kena DBD mba. Stadium 3, udah mimisan dll dah.
    Ulalaaaaa, rasanya ngga enak bgt.

  2. Wah, pas nih baca artikel ini. beberapa minggu lalu anakku yang bungsu terjangkit demam berdarah. Panas, pusing, lama-lama muncul bintik merah deh. Memang urusan sama nyamuk seakan tiada habisnya ya. Padahal di lingkungan rumah kami sering diadakan penyemprotan nyamuk untuk mengatasi macam2 penyakit.

  3. Aku ingat banget pernah kena demam berdarah waktu SD, lama recovery-nya dang nggak sekolah. Disuruh minum guava juice terus waktu itu. Semoga sehat selalu ya buat anaknya, Mbak.

  4. Aku juga di rumah paling rajin nyemprot obat nyamuk sih, biasanya menjelang maghrib nyamuk mulai bergentayangan dan harus segera dihempas supaya gak bawa penyakit yaaah. Semogi kita semua selalu diberikan kesehatan yaaah

  5. penyakit paling menakutkan menurutku emang demam berdarah. karena ada kondisi dimana tapal kuda. kalau enggak hati-hati iyaa wassalam. dan masa peralihan emang harus banyak support dari lingkungan sekitar

  6. demam berdarah memang menguras imun dan tenaga ya mba, makanya kalopun dinyatakan udah sembuh tetap aja recovery nya memakan waktu yang lama hingga benar-benar pulih

  7. hari pertama udah kedetek DBD ya mbak, jadi cepat ditangani. Alhamdulillah putrinya kini sudah sehat lagi. Moga gak kena DBD lagi. Sehat selalu.

    Kalau aku waktu itu udah hari ke-5. Pas cek ternyata ga cuma DBD, kena tipes juga. Syukurlah membaik, 5 hari diopname alhamdulilah sembuh.

    Aku perhatiin kalau musim kemarau, nyamuk banyak banget. Kalau musim hujan malah enggak. Nggak nyaman banget pas udara panas, nyamukan pula, susah tidur. AC udah mesti banget itu, sambil pakai lotion anti nyamuk. Sekarang malah ada minyak telon khusus anti nyamuk.

  8. wah mbak , kok serem aja nih pengalamannya sama demam berdarah!
    memang recovery dengan makan sehat – tidur teratur akhirnya jadi menu wajib ya mbak

    sehat sehat yoooo

  9. Sampai sekarang aku beneran takut sih kalau ada yang sakit DB, tahun lalu suami yang terpaksa dirawat karena DB ini. Alhamdulillah karena udah dewasa jadi lebih mudah pemulihannya.

  10. Aku jg pernah mengalami, anak pertama dbd usia 4 tahun. Sedih banget rasanya. .iya pas stelah hari ke-3 ketahuan. Sempat membaik sebentar trus panas lagi. Alhamdulillah segera ditangani ya mba sehingga lekas sembuh, bisa renang lagi. Semoga sehat selalu yaaa sekeluarga mba. Amiin

  11. Kudu banyak minum jus jambu biar bisa mengobati demam berdarah. Sama rutin semprot kamar dan rumah. Bila perlu tiap hari apalagi kalo musim hujan ..

  12. Hai mbak Diane,
    DBD itu katanya beda-beda tipis ya dengan typus. Anakku beberapa waktu yang lalu panasnya tinggi banget 39,3. Dokter baru melakukan pemeriksaan ambil darah di lab di hari ke-3. Puji Tuhan hanya typus karena kecapeaan dan makannya yang tidak teratur

  13. Ya Allah~
    Memang nyamuk Aedes aegypti ini nyamari banget, karena gejala awalnya demam. Dan biasanya memang menunggu sampai 3 hari, kebiasaanku juga gak langsung kasih obat karena aku yakin, demam ini cuma alarm badan mau ga sehat.

    Alhamdulillah,
    Kini kakak sudah bisa beraktivitas kembali dan jalani hobi renangnya yang bikin bahagia.

  14. Kebayang kuatir bgt pas anak2 kena DB ya mbak. Emang pasca sakit juga harua diperhatikan bangrt ga boleh capek makan harus yg bener klo perlu tambahan vitamin juga. Moga2 sehat selalu ya kita

  15. Huhu kalau musim cuaca tak tentu di akhir tahun kyk sekarang, beberapa penyakit datang ya mbak, salah satunya demam berdarah. Untung masa recovery-nya gak terlalu lama ya mbak sehingga anaknya seminggu kemudian udah bisa menekuni hobinya lagi. Sehat2 selalu seterusnya yaaaa.

  16. Duh aku takut banget nih sama yang namanya DBD. Ya siapa juga yang nggak takut, kan? Wakut anakku sempat dirawat inap, di kamar yang isinya 5 pasien, 3 di antaranya adalah pasien DBD. Aku sedih banget ngeliat mereka yang pada susah makan dan minum, ibunya harus ekstra sabar nyuruh anaknya makan.

    Ternyata pasca DBD itu memang harus istirahat total banget, ya. Terima kasih tipsnya, Mbak. Ini berguna banget buatku.

  17. Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik ya
    Di tempat saya pun sedang musim kena demam nih. Harus waspada ekstra. Apalagi DBD kan menular, jadi harus siap luar dalam dalam menghadapi penyakit ini

  18. Alhamdulillah si kecil sudah sembuh..semoga sehat selalu ya
    Sama Mba, anakku operasi usus buntu umur 15 tahun lebih, masih ditangani dokter anak , dirawat di bangsal anak, sampe bajunya ukuran anak ga ada lagi hihihi, batas usia dokter anak memang 18 tahun.

  19. Saya sendiri pernah memiliki gejala Demam Berdarah dan karena dari SD sering diceritakan dan diinformasikan mengenai ciri-ciri ini jadi saya lebih aware. Ketika periksa ke dokter langsung saya sampaikan apa kemungkinan saya kena DB karena ada bintik-bintik di tangan dan dokter langsugn mengiyakan apalagi melihat perubahan demam saya yang naik turun.

  20. Alhamdulillah mba ikut seneng bacanya sudah membaik pulik seperti sedia kala. Semiga tidaj terjangkit virus lagi emang musim mbaa di sekolah anak2 sudah kayak piala bergilir yang sakit

  21. Memang mba, kalau penanganannya udah di hari ketiga atau lebih saat terkena DB, ngedropnya badan bakalan parah. Apalagi anak2 yaaa… tentunya jadi enggan ngapa2in termasuk makan dan minum.

  22. wah aku baca yang cerita anakmu tes NS-1 alhamdulillah jadi cepat tertangani
    pasca sembuh pun kudu jaga aktivitas ya karena lawannya kan virus, menyerang daya tahan tubuh.

Tinggalkan Balasan