Cuan dari Media Sosial

Cuan dari Media Sosial

Jaman sekarang untuk bisa mendapatkan penghasilan tidak hanya dengan berangkat ke kantor pagi-pagi pulang sore bahkan malam hari. Lalu pembayaran hanya bisa didapat sebulan sekali saat awal bulan atau akhir bulan. Media sosial yang selama ini dikenal hanya untuk menunjukkan aktivitas kita, ternyata bisa loh jadi sumber penghasilan. Bahkan penghasilan yang didapat bisa melebihi gaji pekerja kantoran.

Dalam event Bunda Pintar SFCom Sumenep saya membagikan pengalaman tentang bagaimana mendapatkan cuan dari media sosial ini. Ada sekitar 30 bunda yang ikutan dalam acara ini. Ini adalah event offline pertama yang saya laksanakan sebagai leader Smartfren Community Sumenep. Selama 2 tahun eventnya hanya berlangsung secara online karena pandemi.

Cuan dari Media Sosial Apa saja sih?

Beberapa media sosial sekarang sudah menjadi platform yang bisa menghasilkan uang. Ada yang secara langsung lewat media sosial tersebut ada juga yang melalui pihak lain (brand atau agensi).  Contohnya Youtube, platform dari Google ini bisa memberikan penghasilan langsung ke penggunanya dengan beberapa ketentuan.  Misalnya nih..jumlah minimal subscriber dan jam ditonton.

Platform lainnya yang bisa memberikan cuan langsung adalah Facebook. Seperti Youtube, syarat dan ketentuan juga berlaku ya…

Cuan dari Media Sosial apa saja

Bagaimana dengan Instagram, Twitter, dan lainnya? Media sosial ini tidak secara langsung  memberikan benefit berupa cuan. Jadi cuan datang dari pihak brand atau agensi yang membayar pengguna untuk mempromosikan produk tertentu.

Selain melalui postingan di media sosial, kita juga bisa mendapatkan cuan dari media sosial melalui system afiliasi. Media sosial benar-benar hanya jadi sarana untuk menyebarkan kode afiliasi (umumnya dari marketplace). Nah bila ada transaksi lewat kode ini maka affiliator mendapatkan komisi.

Nah selain dari media sosial yang sudah saya sebutkan tadi..kita juga bisa dapet cuan dari blog. Cuan bisa lewat Google Adsense bisa juga lewat postingan berbayar. Kerjasama afiliasi pun sangat memungkinkan di blog kita. Bisa dengan melampirkan link di postingan atau pemasangan banner.  Oiya untuk memudahkan mendapatkan iklan, sebaiknya blog kita berniche tertentu. Ya misal blog lifestyle ya isinya lifestyle aja, atau blog tekno, parenting, traveling, health, dll.

Sebenarnya ini berlaku juga untuk media sosial lainnya. Seperti Youtube, nah akan lebih mudah untuk mendatangkan pengiklan kalau niche nya spesifik. Karena kalau gado-gado (kayak blog saya ini :D) pengiklan akan bingung menempatkan iklannya. Jadi…yuk coba deh kita fokus di niche tertentu untuk media sosial dan blog kita…

Baca Juga Yuk..:

Oleh-oleh Khas Sumenep

City Light Tour

Pelepasliaran Tukik

Selain Media Sosial ..Dari Mana Lagi Cuannya?

Kalau kita gak terlalu aktif di media sosial bisa nggak sih dapet cuan dari dunia maya gitu?Ternyata masih banyak peluang lainnya dari dunia maya gaess…Memang bukan hanya dari media sosial. Masih ada sarana jualan online yang bisa ditempuh. Jualan selain barang bisa juga produk digital lainnya, misal foto atau gambar digital. Jualannya tentu saja memakai platform khusus.  Transaksinya biasanya pakai dolar..hmmm…menggiurkan.

Platform suvey online juga menjadi penghasil cuan dari dunia maya loh. Jadi kita mengerjakan survey atau tugas lainnya (umumnya sih mudah banget yaa…) lalu dibayar setelah tugas selesai. Ini juga dibayar dengan mata uang USD.

Apa pun yang kita jadikan sarana untuk menambah penghasilan, menurut saya kuncinya adalah ketekunan dan kerajinan. Gak ada yang instan ya gaes ya.. Kita tetep harus rajin meski kadang kita mengerjakan semuanya sambil rebahan, sambil ngopi, sambil nonton drama Korea, sambil apalah yang dilihat orang tuh kayak gak ada kerjaan haha.

11 Replies to “Cuan dari Media Sosial”

  1. Blogku masih campuraduk juga neh. Hahaha gak papa deh, belum siap bernichie, soalnya idenya masih suka liar. Wakakakka

    1. Senang bisa berbagi hal yang bermanfaat kayak gini ya, Bun. Pastinya menambah wawasan para peserta bahwa sekarang untuk mendapatkan penghasilan enggak harus dengan kerja kantoran.

  2. Peluang jadi konten creator sekarang terbuka lebar ya mak, asal ada kemauan, perangkat dan askes internet, bisa banget kita cari cuan walau dari rumah aja

  3. Cuan dari media sosial tuh sudah terbukti nyata dan sudah kita rasakan ya, Mbak. Kalau pinter ngumpulin emang udah banyak banget. Alhamdulillah.
    Tapi sayangnya kalau aku cuma numpang lewat di rekening aja, hahaha. Ceoet banget habis.

  4. Iya, banyak cara untuk mendapatkan cuman dari media sosial bagi yang kreatif ya.

    Saya sudah lama nih nggak ngisi-ngisi survey online, padahal lumayan juga hasilnya kalau rajin

  5. Intinya pintar-pintar mencari peluang untuk memanfaatkan media sosial supaya bisa aktivitas yang positif menghasilkan cuan ya, mbak. Dan ternyata dengan ikut survei tertentu bisa juga mendapatkan keuntungan berupa uang dalam bentuk USD ya. Yang bagian ini belum aku coba deh, hehehe

  6. Media sosial bisa memberikan banyak manfaat ya mbak
    Jika kita jeli, akan banyak peluang yang bisa didapatkan dari media sosial
    Termasuk bisa dapat cuan

  7. Woow~
    Kak Dian panutanque…
    Rasanya seneng banget kalau dapat penghasilan dari apa yang selama ini kita tekuni. Menulis, membuat konten dan bonusnya dihargai dengan rate yang sesuai.

  8. Kayak blog aku yang isinya seperti nasi campur, semua ada, hihii
    Memang kalo untuk cari cuan dari media sosial tuh nggak bisa langsung dapat banyak gitu ya mbak. Mesti ditekuni dnegan komitmen menulis konten yang baik, insyaa Allah rejeki akan menghampiri

  9. Alhamdulillah yaa kalau ditekuni, telaten, rajin bisaa menghasilkan kok…Memang sih ya kelihatannya cuma duduk, nongkrong rebahan ternyata cuan mengalir ?

  10. Banyak banget ya mak ternyata peluang yang menghasilkan di media sosial
    Tekun dan terus belajar memang jadi kuncinya
    Aku pun Bersyukur meski di rumah, media sosial dan blog bisa jadi hobi yang menghasilkan

Tinggalkan Balasan