Oleh-oleh Khas Sumenep

Oleh-oleh khas sumenep Madura

Setiap bepergian rasanya kok belum lengkap ya kalau pulang tak membawa oleh-oleh. Begitu pula saat bepergian ke Sumenep Madura. Ya kali ada wisatawan..teman-teman travel blogger..lifestyle blogger..youtuber.. yang masih bingung oleh-oleh khas Sumenep itu apa ya… Padahal banyak loh dan sangat khas (di daerah lain nggak ada). Apa aja sih makanan oleh-oleh khas Sumenep?

Keripik Singkong

Keripik singkong khas Sumenep ini berwarna putih karena proses pengolahan. Berbeda dengan kripik singkong pada umumnya yang berwarna kekuningan. Kripik Singkong yang merupakan olahan daerah kecamatan Manding ini melalui proses perebusan dan penjemuran dulu.

Rasa originalnya rasa bawang putih yang gurih. Ada varian lainnya juga yaitu rasa pedas. Ya memang hanya 2 varian ini saja yang diproduksi. Beberapa merk juga sudah cukup terkenal dan rasanya sangat renyah dan gurih.

Oleh-oleh khas SUmenep
Aneka keripik termasuk keripik singkong

Kalau keripik singkong berwarna kekuningan juga masih umum dijadikan oleh-oleh. Ada berbagai merk juga denga kekhasan rasa masing-masing.

Jagung Ketan

Nah ini juga khas banget, beda dengan jagung lainnya.Jagung goreng atau marning yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Sumenep berasal dari 2 daerah kepulauan yaitu Kangean dan Raas. Keduanya sudah tersedia di toko oleh-oleh meskipun musiman.

Jagung ketan khas Kangean digireng tanoa mengembang, jadi masih bulat utuh gitu. Sementara jagung ketan dari Pulau Raas digoreng agak mengembang (seperti pop corn). Rasanya sama-sama enak..terasa gurih dan renyah.

Rengginang Lorjuk

Rengginang di Sumenep dan daerah Madura lainnya umumnya berasa gurih. Ada sih rengginang dengan rasa manis yaitu rengginang khas daerah Kebundadap yang biasanya banyak dijual saat upacara Nyadar. Nah rengginang lorjuk ini juga oleh-oleh khas Sumenep karena memang diproduksi di daerah Prenduan Sumenep. Ada juga yang diproduksi di daerah Pulau Talango.

Oleh-oleh khas sumenep rengginang

Selain varian lorjuk ada varian lainnya diantaranya teri, udang, trasi. Banyak pilihan merk juga, seperti Merpati, Cap Jempol, dll. Kita bisa membeli oleh-oleh ini dalam bentuk mentah atau matang. Untuk yang masih mentah ada pilihan yang bisa lanvgsung digoreng tanpa dijemur dulu, ada juga yang harus dijemur dulu. Biasanya yang harus dijemur dulu jadi tak mengembang kalau tidak dijemur sebelum digoreng.

Harga bervariasi ya..mulai 15.000-20.000 per kemasan (mika), ada juga yang 25.000 – 40.000 (kemasan besar isi 40-50 keping rengginang )

Baca Juga Ya..:

Wisata Religi Sumenep

Kuliner Sumenep

Ramuan Madura

Man-reman

Nahini unik juga untuk dijadikan oleh-oleh khas Sumenep. Sepertinya di daerah lain belum ada. Semacam kerupuk ..tapi rasanya cenderung tawar dan ada topping caramel gula merah. Unik deh rasanya…

Konon katanya..proses pembuatannya agak ribet..Jadilah harga man-reman ini tergolong tinggi. Ya masih sekitar 12.000-15.000 an sih per bungkus isi 4 biji.. Kalau untuk wisatawan harganya termasuk masih wajar sih ya..

Petis ikan

Petis ikan khas Sumenep berasal dari kawasan pesisir seperti Pasongsongan, Ambunten, Slopeng, Dungkek. Petis dari daerah ini terkenal enak banget, berasa ikannya dan tidak amis. Orang Sumenep (dan orang Madura pada umumnya) sering memakai petis ikan untuk sambal sehari-hari.

Selain untuk sambal saat makan, petis ikan juga nikmat dipadukan dengan bumbu rujak. Duh itu aromanya jadi khas banget deh…Rasanya juga gurih-gurih sedappp.

Harga bervariasi, 250 gram mulai 15.000-25.000 an untuk yang memang kualitasnya oke. Tapi kalau di pasar-pasar sih yang harga 5.000-10.000 juga banyak..

Terasi Udang

Terasi banyak menjadi oleh-oleh daerah pesisir, seperti Cirebon, Sidoarjo, Lamonga, dll. Begitu pun Sumenep. Ada daerah penghasil terasi dengan rasa yang emang enak banget, yaitu Ambunten dan Slopeng, serta daerah kepulauan (Kangean). Tearsi dari daerah ini sudah terkenal enak banget. Tapi tetap harus pilih-pilih ya..yang prosesnya higienis dan tanpa bahan tambahan yang berbahaya (pewarna dan pengawet).

Terasi khas Kangean dikemas kecil-kecil dengan bungkus kulit jagung, ada juga yang hanya dibungkus daun pisang atau daun jati. Terasi yang bagus biasanya harganya sekitar 40.000/kg.

Nah gemana sudah punya gambaran kan kalau ke Sumenep mau bawa pulang oleh-oleh khas Sumenep apa aja.. Jadi selain mengunjungi tempat wisata menarik, wajib donk bawa pulang-oleh-olehnya..

12 Replies to “Oleh-oleh Khas Sumenep”

  1. waa rengginangnya agak beda dari yang biasanya aku liat nih, belum pernah cobain, jadi penasaran deh pengen cobain juga jadinyaa hihi, soalnya belum pernah main ke sumenep juga hehehe

  2. Banyak banget ini kak oleh olehnya, semuanya menggelora sekali. Apalagi yang renyah renyah itu seperti rengginang dan keripik singkong. Ngemilnya ngga bisa berhenti sih ini

  3. Banyak juga ini ide buat dijadikan oleh-oleh dari Sumenep. Apalagi ada terasinya juga. Seneng pastinya dapat khas nya buah tangan seperti itu ya.

  4. Walaupun di Bandung banyak rangginang, tapi asli penasaran dengan rangginang lorjuk. Gara-garanya sih temenku cerita rasa rangginang ini tak terkalahkan. Kayaknya kudu nyari di marketplace biar tuntas rasa penasaranku.

  5. Baru tau aku loh kak oleh-oleh khas Sumenep ada jagung ketan, duh jadi kebayang nikmat rasanya. Aku suka olahan kriuk dari jagung seperti marning, berondong, popcorn gitu

  6. saya belum pernah nyobain petis ikan ini mba, penasaran pengen cobain deh jadinya rasanya kayak apa. waktu itu saya ke sana ga beli oleh-oleh ini

  7. Waahh waktu kita jalan2 ke Madura itu ga mampir di pusat oleh2 ya mbak. Lebih banyak eksplor tempat wisata soalnya. Kapan2 klo jalan2 ke sana lagi, wajib bawa pulang oleh2 khas Sumenep nih. Pengin keripik pisangnya nih, kalau di sini kan keripik pisangnya manis, kalau yang dari Madura asin gurih yaa…

  8. penasaran sama Jagung Ketan, soalnya belum pernah nyoba. pasti rasanya enak buat dicemilin ya. semoga ada kesempatan bisa kesumenep bisa menyicipi asli khas makanan sana.

Tinggalkan Balasan