Pelepasan Tukik di Pantai Sembilan Gili Genting

Pelepasliaran Tukik di Pantai Sembilan

Pantai Sembilan Gili Genting di Sumenep bukan tempat baru buat saya. Karena memang sudah beberapa kali berkunjung ke salah satu destinasi favorit di Sumenep Madura ini. Untuk sampai ke pantai ini memang harus menyebrangi lautan sekitar 45 menit. Kalau cuaca lagi bagus tak ada ombak sangat menyenangkan. Tapi kalau sedang ombak..hmmm… begitulah..hehe.

Nah setelah 2 tahunan saya gak ngebolang ke pulau di sekitaran Sumenep nih… akhirnya saya nyebrang lagi ke Gili Genting. Cuma memang tujuan utamanya bukan jalan-jalan.. Kali ini saya diajak ikutan pelepasliaran tukik atau anak penyu di Pantai Sembilan.

pelepasan tukik
Pantai Sembilan

Wowww beneran saya sendiri sangat excited dengan kegiatan ini..saya sangat menunggu momen ini. Karena Sumenep itu kan punya wilayah kepulauan..dan beberapa kawasan pesisirnya memang jadi tempat penyu bertelur. Jadi memang pengen banget bisa lihat anak penyu yang merayap perlahan di pasir lalu masuk ke lautan lepas.

Terakhir saya memegang anak penyu tuh sekitar tahun 2006 apa ya..saat ke Karimun Jawa. Di pulau ini ada sarana penetasan telur penyu, jadi saya bisa memegang tukik yang siap dilepasliarkan. Nah kali ini Alhamdulillah bisa melakukannya di Sumenep aja..

Informasi Awal tentang Penyu Bertelur di Kawasan Pantai Sembilan

Awalnya saya mengetahui kalau ada penyu bertelur di Pantai Sembilan saat ada teman membagikan video yang memang benar-benar sedang bertelur. Ini momen langka banget penyu bertelur di saat hari sedang terang benderang. Karena biasanya penyu bertelur di malam atau dini hari saat masih gelap.

Pelepasan Tukik
Penyu yang bertelur di Pantai Sembilan (dok. Reng Paseser)

Karena ada penjaga pantai yang mengetahui dan merekamnya, Pokmaswas Reng Paseser yang selama ini beraktivitas juga di sekitar Gili Gentingmengupayakan untuk menyelamatkan telur penyuyang adadan memindahkannya ke tempat yang lebih aman. Ada 110 butir telur yang berhasil dipindahkan dan diperkirakan menetas dalam waktu 40-60 hari.

Pelepasliaran Tukin di Pantai
Proses pemindahan telur penyu (dok. Reng Paseser)

Jenis penyu yang bertelur di Pantai Sembilan ini Lekang (atau Hijau ya..). Ternyata menurut warga sekitar pantai penyu memang sering bertelur di Pantai Sembilan. Tapi baru kali ini telurnya diamankan dan dirawat sampai waktunya menetas.

Setelah proses penanganan ala kadarnya ternyata di hari ke-53 secara bertahap telur penyu mulai menetas. Sayangnya beberapa tukik begitu keluar dari timbunan pasir langsung kabur ke laut. Sisa yang menetas kemudian akhirnya diamankan dulu sebelum dilepasliarkan.

Baca Juga :

Camping dan Outbond di Pantai

Resep Good Time

Kuliner Khas Surabaya

Pelepasliaran Tukik

Pokmaswas Reng Paseser mengajak tim dari BKSDA wilayah Madura dan wartawan untuk menyaksikan pelepasliaran tukik awal Agustus lalu. Kami berangkat menyeberang dalam 1 perahu. Alhamdulillah lautnya bersahabat, ombaknya gak besar, sehingga kami bisa menikmati perjalanan.

Pelepasliaran Tukik
Sesampai di Pulau (dok. reng Paseser)

Sesampai di Pantai Sembilan kami beristirahat sebentar lalu berdialog bersama perangkat desa. Dari dialog ini kami jadi tahu bahwa penyu memang sering bertelur di kawasan Pantai Sembilan. Salah satu penyebabnya adalah hanya kawasan ini yang berpasir dan landai di Gili Genting. Karena itu sangat potensial untuk melengkapi Pantai Sembilan dengan sarana penetasan telur penyu yang layak sekaligus menjadi obyek wisata konservasi.

Pelepasliaran Tukik di Pantai Sembilan
Dialog (dok. RengPaseser)

Selesai berdialog, kami semua langsung ke tempat anak penyu diamankan. Beberapa hari sebelumnya sebagian anak penyu sudah lepas sendiri karena tempat penetasan telur tidak dipagari. Jadi begitu menetas..langsung berlarian ke laut anak penyunya gais…Nah yang sempat diamankan ada sekitar 11 anak penyu. Selama menunggu waktu pelepasliaran anak penyu ini ditempatkan di sebuah cool box berisi ai laut dilengkapi dengan oksigen.

Pelepasan Tukik
Tukik yang siap dilepasliarkan

Tukik dipindah ke wadah lain untuk memudahkan pelepasliaran. Gak butuh waktu lama kami pun sampai di bibir pantai dan melepas tukik ke laut lepas.. Ihhh seneng banget loh rasanya ikut pelepasliaran tukik ini.. Berharap tukik ini survive di lautan dan kembali ke pantai ini untuk bertelur..Entah berapa tahun lagi…

Pelepasliaran Tukik

Selesai melepas tukik kami bersantai sebentar di pantai sebelum kembali ke daratan. Semoga ada kesempatan lagi untuk kegiatan seperti ini.. Sukur-sukur di Pantai Sembilan juga sudah tersedia sarana yang memadai untuk penetasan telur penyu.

18 Replies to “Pelepasan Tukik di Pantai Sembilan Gili Genting”

  1. Ihh pengen deh menyaksikan kegiatan kayak gini. Apalagi kalo bisa ikut terlibat, seru kali ya Mbak. Eh saya baru tahu lho anak penyu namanya tukik.

  2. Senangnyaaaa bisa ikutan pelepasliaran tukik atau anak penyu di Pantai Sembilan. Semoga mereka survive yaaa..hingga saatnya nanti ke pantai lagi dan bertelur di sini

  3. Sangat suka lihat tukik! Lucu banget. Ohya aku pernah denger kalo jenis kelamin tukik dipengaruhi suhu saat pengeraman, bener gak Mba

  4. Tukik and tungki ternyata beda jauh artinya aku baru tau…yaa ampyun,cute-cute banget baby penyu

  5. Seneng banget ya mbak, seandainya ada di Tangerang pasti anak-anakku suka apalagi wisata seperti ini ada nilai edukasi agar anak-anak lebih mencintai alam dan menghargai keberadaan makhluk hidup lainnya. Kebayang serunya melihat penyu bertelur dan melepas anak penyu untuk kembali ke habitat asalnya.

  6. komunitas pecinta tukik ini memang dibutuhkan banget nih zaman sekarang ditengah ketidakpedulian masyarakat. terus lah untuk berbagi penyelamatan bumi

  7. Ooh tukik itu artinya anak penyu…. wkwkwk…
    Baru tau saya mbak, klo bahasa melayu tukik itu borok atau kudis di tubuh manusia hehe….

  8. 110 butir telur itu dari 1 induk penyu mbak? Banyak sekali ya.

    Semoga penyu-penyu yang dilepasliarkan itu bisa survive, dan suatu saat bisa kembali ke pantai sembilan untuk bertelur

  9. Aku belum pernah mbak ke daerah Sumenep atau Madura, eseru juga ya nyebrangi lautan di sana.
    Kesempatan langka banget nih ikut pelepasliaran tukik di Pantai Sembilan. Aku malah penasaran kenapa namanya Pantai Sembilan mbak?

  10. Dari puluhan telur yang menetas,tukik yang berhasil bertahan menjadi penyu dewasa di alam bebas terkadang ga lebih dari satu lho…kebanyang kan perjalanan tukik mengindari pemangsa dari burung sampai ke ikan predator di lautan lepas..belum lagi limbah plastik manusia yang terkadang di kira ubur-ubur oleh penyu hingga plastiknya kemakan penyu. Yukk,jaga kebersihan laut kita semuaa hehehe

  11. Seruuu melepas tukiknya ya bunnn… Kami pernah di Pulau Sangalaki Derawan melepas tukik malam2 hari….sambil mempelajari tentang penyu.

  12. Ada rasa gak tega yaa..melepas anak-anak penyu ini di lautan lepas.
    Rasanya ingin membuat mereka nyaman di dalam pengawasan.
    Semoga dengan kerjasama yang baik antar warga dan perangkat desa, semua bisa saling memberikan lingkungan yang aman bagi makhluk hidup mungil ini.

  13. Ikut seneng liatnya… Pengalaman yang sangat berharga… Gemes ya anak penyunya, imut dan lucu…

  14. Seru banget mba acaranya… Berharap semoga suatu saat bisa ke sana dan melepaskan tukik-tukik yang menggemaskan.

  15. Saya kira tukik tukik ini dirawat dulu biar agak besar, baru dilepas di laut liar, ternyata masih sekecil ini udah dilepas ya mbak. Semoga bisa bertahan karena itu alamnya.. keren kalau memamg ada wisatanya ih.. anak anak pasti suka banget

Tinggalkan Balasan