Menangani Gangguan Kesehatan Mental

gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan Mental sekarang ini mulai mendapat perhatian serius. Terbukti dengan berbagai fasilitas kesehatan juga menyediakan penanganan untuk gangguan kesehatan mental. Bahkan di tingkat Puskesmas kita bisa mendapatkan layanan kesehatan mental.

Kenapa sih kesehatan mental perlu untuk mendapat perhatian?Ada beberapa hal kalau menurut saya, salah satunya adalah karena gangguan kesehatan mental bila diabaikan bisa berakibat fatal. Tidak jarang kan kita mendapat informasi tentang orang yang berakhir dengan tragis mengakhiri hidupnya sendiri akibat tekanan mental. Ada juga yang akhirnya menghilangkan nyawa orang lain (bahkan anak sendiri) juga akibat gangguan kesehatan mental.

Mendeteksi Dini Gangguan Kesehatan Mental

Setiap ada gangguan kesehatan tentu kita harus mengenali gejalanya, bahkan gejala yang muncul saat masih ringan. Begitu pula dengan gangguan kesehatan mental, perlu dikenali gejalanya secara lebih dini. Tujuannya tentu agar bisa ditangani dengan tepat.

Ada 3 hal yang bisa dijadikan acuan untuk mendeteksi gejala gangguan kesehatan mental, yaitu Perilaku, Perasaan, dan Pikiran.

Perilaku : tidak memiliki energi untuk beraktivitas, menghindari pekerjaan atau lingkungan, hanya ingin sendiri, sulit makan atau tidur, berkelahi dengan orang lain.

Perasaan : perubahan emosi yang cepat, merasa tidak berdaya, mudah merasa sedih, cemas, marah, dan takut secara berlebihan, mati rasa.

Pikiran : banyak pikiran negative, tidak dapat berpikir jernih sehingga sulit membuat keputusan, lebih lambat dalam berpikir, pikiran berbeda dengan kenyataan.

Bagaimana dengan kondisi mental yang sehat?Ada ga kok tanda-tandanya ..

  • Bebas dari gangguan penyakit jiwa
  • Bisa menerima diri dengan menyadari kekuatan dan kelemahannya
  • Mampu mengembangkan potensi yang dimiliki serta bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain
  • Mampu menyesuaikan diri secara fleksibel
  • Memiliki hubungan yang menyenangkan dan bermanfaat dengan individu lainnya

Semoga bisa lebih mudah ya untuk mengenali kesehatan mental kita dalam kondisi baik atau sebaliknya..

Baca Juga seputar Kesehatan dan Kecantikan:

Sport Bra

Keputihan Normal

Manfaat Susu Whey Protein

Penanganan Gangguan Kesehatan Mental

Penanganann Gangguan Kesehatan Mental
sumber gambar : medicaldaily.com

Apabila sudah mengenali adanya gejala gangguan kesehatan mental, maka perlu dilakukan hal-hal berikut ini :

  • lakukan pemeriksaan dengan profesional (psikolog atau psikiater) dan jangan melakukan diagnose sendiri apalagi sampai melakukan hal-hal yang smapai merugikan diri sendiri
  • Kesehatan mental merupakan kondisi yang bersifat kontinum dimana setiap kondisi mental individu memiliki nilai yang berbeda-beda sehingga sulit untuk dikenali kecuali menunjukkan gejala yang “menonjol”
  • Tidak hanya memandang seseorang sembuh dari sakitnya tetapi bagaimana meningkatkan taraf kesehatan seseorang menjadi optimal.

Nah itulah kenapa sekarang ini layanan kesehatan mental bisa ditemui di berbagai fasilitas kesehatan. Bukan hanya offline, layanan konsultasi online juga bisa dijadikan langkah awal setelah mengenali adanya gejala gangguan kesehatan mental. Mau yang berbayar atau gratis bisa kita dapatkan.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Untuk menjaga dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan mental kita bisa menerapkan 4S. Hmmm apa yaa 4 S itu.. Ini dia…:

  • Self Awarness (kesadaran diri)
    Memahami kelebihan dan kelemahan diri, mengenal personal value, dan memahami tujuan hidup kita.
  • Self Worth (keberhargaan diri). Menghargai diri sendiri – rasa keberhargaan diri, tidak ditentukan oleh kriteria tertentu.
  • Self Acceptance (penerimaan diri)Memaafkan diri sendiri, menerima bahwa diri tidak sempurna, berhenti mengkritik kekurangan.
  • Self Love (mencintai diri). Merasa percaya, menghargai diri dan kemampuan diri sendiri

Selain itu bisa juga kita melakukan pencegahan dengan mencari support system yang siap membantu kita dengan ikhlas dan positif. Bahkan untuk sekedar menjadi pendengar untuk setiap curhatan kita..ini sangat berarti. Semoga bermanfaat ya..salam sehat dan bahagia..

Sumber Infomasi : Kamar Kenangan

2 Replies to “Menangani Gangguan Kesehatan Mental”

Tinggalkan Balasan