Kuliner Khas Malang yang Selalu Bikin Kangen

Malang yang sebagian wilayahnya berada di ketinggian punya kuliner khas Malang yang terkenal seantero Indonesia. Apakah itu? Bakso Malang adalah salah satunya. Tapi kuliner khas Malang emmang bukan Cuma bakso aja. Masih banyak kuliner lainnya yang hits dan bikin kangen kalo udah lama gak menyantapnya.

Yuk ulas satu-satu kuliner khas Malang yang bisa dijumpai di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang maupun  Kota Batu. Oiya kalau tentang kuliner Sumenep sudah pernah saya ulas di Lifestyle blog saya ini.

Bakso Malang

Kuliner khas Malang
Bakso Malang ala hotel

Bakso Malang emang gak ada duanya deh.. Sebagai orang yang pernah tinggal di Malang selama kurang lebih 7 tahun sedikit tahu lah bakso yang enak tuh dimana aja..hehe. Tapi kalo menurut saya..bakso Malang mulai dari yang keliling di kampung-kampung pake gerobak atau motor sampe yang di resto dan hotel tuh buat saya khas dan enak banget.

Yang bikin unik dank has dari bakso Malang itu macam-macam jenis pelengkapnya. Jadi bukan hanya bakso daging dan kuah saja, tapi ada pangsit goreng, tahu bakso, tahu putih, pangsit goreng panjang, pentol goreng, dll. Selain itu memakai mie kuning dan sohun juga. Beberapa tempat makan bakso membebaskan pembelinya untuk memilih baksonya akan dilengkapi gorengan apa saja atau memakai pelengkap lainnya..

Beberapa tempat bakso yang enak menurut lidah saya (setidaknya pas terakhir saya icip-icip sekitar 2-3 tahun yang lalu) antara lain Bakso Kota Cak Man, Bakso Presiden  di pinggir rel (dulu belakang Mitra), Bakso 757 (wkwkw entah ini masih eksis atau tidak). Bakso 757 itu jaman saya masih di Malang adalah bakso yang ditunggu-tunggu banget dah.. Baksonya kelililng pakai gerobak. Bukan hanya rasanya yang enak,tapi harganya juga ramah banget di kantong.

Meskipun saya tak banyak menyebut merk bakso Malang, tapi percayalah semua bakso di Malang itu enak haha..duh kan jadi kangen makan bakso Malang.

Rujak Semeru

Kuliner khas Malang Rujak Semeru
sumber : IG rujak_semeru_malang

Nah kalo ini kulinernya sederhana banget cuma rujak buah dengan bumbu rujak berupa gula merah dan kacang yang enak banget. Irisan buahnya besar-besar dan beneran bikin kenyang. Ada buah nanas, bengkoang, timun, papaya, dll. Oya ada tambahan tahu goreng juga sama krupuk. Trus minumnya es degan..ehmmmmm ngiler deh.

Lokasinya di depan Stadion Gajayana di Jl. Semeru. Tiap hari rameee banget ini warungnya. Infonya sih bisa pesan online juga untuk yang dari luar kota. Kayaknya boleh nih dicoba…

Tahu Telor Lontong

Kuliner khas Malang TTL
sumber : merdeka.com

Nah kuliner khas Malang yang bikin kangen lainnya adalah tahu telor lontong (TTL). Saya kenal makanan ini waktu kuliah di Malang..Ada banyak penjual TTL yang enaaak. Tak jauh dari tempat kost saya dulu di jl. Watu Mujur II ada TTL enak, lalu di area Kopma UB (sekarang udah gak ada kayaknya nih Kopma). Kalau yang hits yang pernah saya coba di pojokan depan Mitra (istilahnya dulu Mitra). Namanya TTL Ria ternyata hehe..

Ini tuh kuliner telor dadar yang dtambahi tahu diberi bumbu kacang, petis udang, dan kecap, ditambah pelengkap tauge dan seledri bawang goreng dan kerupuk..Bisa pake lontong bisa juga pake nasi..Aseli ini tuh menurut saya khas banget. Murah pula harganya gak nyampe 15 ribuan…Oiya ada juga yang Cuma telur dadar gitu tanpa tahu..

Pos Ketan Legenda Batu

Kuliner Khas Malang ketan

Ini kuliner yang banyak tersebar di area Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu). Salah satu yang terkenal di Batu adalah Ketan Legenda 1967 yang letaknya di sekitar alun-alun Kota Batu. Setiap menelang malam rame aja pengunjung Ketan legenda ini.. Meski pun ruang yang disediakan untuk makan di tempat sempit banget gak bikin orang surut langkah untuk bisa makan di tempat.

Pilihannya macam-macam topping, ada yang ketan bubuk gitu aja, ketan nangka susu, nangka keju, dll. Alhamdulillah setelah bertahun-tahun saya gak icip-icip kuliner ketan ini sebelum pandemi sempat mampir dan menyantap sajian Pos Ketan Legenda. Antrinyaaa lumayan hehe.

kuliner khas malang
Ketan favorit nih..

Well..masih banyak kuliner lainnya tapi sementara itu aja ya.. yang bikin saya kangen Malang hehe. Meskipun sekarang bertaburan kuliner kekinian seperti makanan Korea di Malang, tetap kuliner khas Malang yang kuno punya tempat tersendiri.  Dan tentu saja bikin kangen…

28 Replies to “Kuliner Khas Malang yang Selalu Bikin Kangen”

  1. Kalau orang Malang tuh bilangnya bakwan Malang ya Mbak? Kan kebetulan di sini tuh ada penjual bakso Malang sendiri, bakwan Malang sendiri, meskipun sebenarnya sama-sama bakso. Tapi aku mendapati perbedaan di antara keduanya, yaitu bakwan Malang sedikit lebih asin daripada bakso Malang.

  2. Hadeew ketiganya favorit aku!
    Tapi baru tahu kalau ketan ini asli kuliner Malang loh, kupikir ini asli Betawi!

    Hhahaa bahagia emang makan bakwan Malang soalnya isinya banyak. ada bakso daging, pangsit goreng, tahu bakso, tahu putih, pangsit goreng panjang, pentol goreng, tu kan aku jadi ngiler!

  3. Saya yang belum nyoba itu rujak semeru. Keknya menggiurkan, Mba.. mau coba ah kalau pas main ke Malang.

  4. Aku udah lamaaaaaa ngga ngebolang k Malaaangggg
    Padahl.udah ada tol.langsung

    Mupeng bgt ihh, pan kapan mau ajak kluarga buat cuss plesir ke Malang ?

  5. Jujur agak nyesel karena saat ke Malang gak nyobain kuliner khasnya. Mepet banget waktunya. Catet deh siapa tahu nanti ke sana lagi. Btw kalau Bakso Malang udah ada di daerah lain juga ya

  6. Mbak Diane, saya penggemar berat bakso. Tapi kalau ada bakso Malang, yang lain bye wkwkw. Saya suka Bakso Malang karena isinya bervariasi, seperti yang mbak ceritakan. Dan isinya tuh enak semua, semangkok langsung kenyang. Di BSD tempatku, hobiku jajan bakso malang.

    Saya juga doyan tahu telur lontong. Itu juga enak dan mengenyangkan. Sayang di BSD ini agak susah carinya.

  7. wah, kalau bakso malang mah sudah banyak di mana mana ya mbak, di Bogor juga ada mbak. Dan selalu ada merek, Arema gitu. mungkin sebab ngangenin itu ya, orang Malang yang tinggal di Bogor pun akhirnya banyak yang berjualan bakso malang dan bikin aku suka juga.

  8. bakso malang Presiden pinggir rel kereta itu lho yang bikin super kangen, aku ya waktu berkunjung ke mall pernah lho nekat jalan kaki malam-malam dari hotel cuma buat makan di bakwan malang presiden

  9. Mbakkk kok nemu rujak semeru haha… Aku dulu sepulang ngajar sering makan rujak disini, enakk. Terus kalo bakso favorit depan UB, kalo tahu telur favorit itu didaerah perempatan alun alun

  10. ya ampuuun mbaaa aku jadi ikutan ngiler ini lihat foto – foto makanan khas Malang yang memang terkenal lezat ini

  11. Bakso malang selalu jadi favorite, udah kayak comfort food karena belum pernah makan bakso malang yang gak enak, selaluuu enak hahaha

    Paling suka siomay keringnya itu yang udah direndem kuah deh, nikmaat hehee

  12. Baso Malang ini banyak banget di Kota tempat tinggalku, Mba. Emang enak sih, khas sajiannya. Telur Tahu lontong khas Malang mirip ama Kupat Tahunya orang Bandung ternyata. Ketannya juga enak kayanya. Duh liat makanan khas Malang jadi lapse, nih.

  13. Wah iya, banyak juga kuliner khas Malang yang ngangenin ya mbak
    Aku suka sama ketan dan rujak Semeru

  14. Sebetulnya saya kalau ke Malang itu carinya nasi bok. Racikan orang Madura yang tinggal di Malang mesti aja mak nyus.

  15. Bakso malang Emang enak banget apalagi kuahnya dan rasanya itu emang bikin kangen aku suka dia makan bakso Malang

  16. Bakso malang Emang enak banget apalagi kuahnya dan rasanya itu emang bikin kangen aku suka dia makan bakso Malang

  17. Bakso malang banyak pilihan ya mak, dan aku kapok ke.Bakso president rasa biasa aja tapi mahal bingit??.

    Bakso malang merk lain banyak lebih murah dan enak, di Malang yang gak bisa move on menginap di Hotel Kapal jd kangen Malang.

  18. Klo bakso malang nih di Semarang ada banyak mas2 yang berjualan, yang gerobakan ataupun buka resto gitu. Enak tuh yang bakso cakbman.

  19. Ahhh kuliner Malang itu enak semua, sayangnya aku kesana belum tuntas nyobainnya. Rujak Semeru aja belum nyoba, sukses fotonya bikin aku ngiler

  20. Haha, aku baru tau ini, kak Di.
    Biasanya ke Malang yang dikejer basooo aja yaa.. Yang bikin penasaran banget kan waktu itu Baso President. Beneraan..unik karena makannya sambil kegojlak-gojlak kalo ada kereta lewat.
    Ommooo~~

  21. Takun telur lontong tu sama dengan tahu tek gfak sih mbak kalau di Surabaya?
    Duh kangen banget sama Malang apalagi sama kulinerannya, krn enak2 dan harganya cukup ramah kantong 😀
    Nyaamm ketannya itu juga kesukaankuuu 😀

  22. Iya, bakso Malang tuh mulai dari yang di ruko mahal, warung pinggir jalan, gerobak dorong, enak semua. Favoritku sampai saat ini masih bakso kota cak man, banyak pilihan variasi isinya.

  23. Ketiganya belum pernah coba. Duh bikin ngiler dan pengen coba semuanya langsung di kota malang, tapi kapan yaa….?

  24. Di malang baksonya manis Ndak, aku kalau ke Jawa agak susah ketemu sambel. Sukanya ketupat telor Tahu itu

    1. Nggak.. Baksonya gurih… Kalo mau manis tinggal rambah kecap aja

  25. Aku suka banget baso Malang, kayak gimana gitu ya, banyak isinya dan sensasi rasanya bikin nagih. Tapi di Jakarta harus bisa milih yang enak, karena ga semua enak. Kadang kenyil somaynya itu keras, paling enak kalau dapat yang pedagangnya asli Malang

Tinggalkan Balasan