Kandungan Gizi Telur

Kandungan gizi telur
sumber: republika.co.id

Telur adalah bahan makanan yang termasuk dalam kategori paling sederhana, mudah diolah,dan bercitarasa lezat sehingga menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Karena memiliki kandungan gizi yang hampir lengkap, telur diklaim sebagai superfood dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Telur merupakan bahan makanan hewani yang memiliki kandungan hampir semua zat gizi makro dan mikro. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12 dan selenium. Untuk telur ayam ras (broiler), ayam kampung dan bebek mengandung zat gizi dengan jumlah yang berbeda. Akan tetapi, ketiganya memiliki kemiripan yaitu sama-sama didominasi oleh protein dan lemak, serta memiliki beragam vitamin dan mineral dalam jumlah yang tertentu.

Kandungan Gizi Makanan pada Telur

Dalam dua butir telur ayam ras seberat 100 gram mengandung zat gizi sebagai berikut :

  • 154 kkal energi
  • 12,4 gram protein
  • 10,8 gram lemak
  • 0,7 gram karbohidrat
  • 86 milligram kalsium
  • 258 miligram fosfor
  • 3 miligram zat besi
  • 118,5 miligram kalium
  • 142 miligram natrium
  • 104 mikrogram vitamin A
  • 0,12 miligram vitamin B1 (tiamin)
  • 0,38 miligram vitamin B2 (riboflavin)

Telur ayam juga mengandung vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan mineral zinc dalam jumlah yang cukup. Selain itu, terdapat dua senyawa antioksidan yang disebut Lutein dan Zeaxanthin.

Baca Juga : Penyebab Keputihan

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mengonsumsi Telur

Manfaat telur memang sangat banyak, namun terdapat beberapa hal yang perlu kita cermati sebelum mengonsumsinya. Makan satu butir telur setiap hari tidak menjadi masalah bagi orang yang sehat, justru baik untuk kesehatan. Namun lain halnya dengan penderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau mengalami masalah dengan kolesterol darah. Yang boleh makan telur tapi sebaiknya dibatasi sehingga tidak lebih tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, untuk bagi yang memiliki alergi, sebaiknya hindari mengonsumsi telur. Gejala alergi telur antara lain muncul ruam pada kulit, gatal-gatal dan sakit perut. Jangan abaikan gejala alergi yang ringan sedikit pun karena alergi dapat bereaksi parah pada sebagian orang. Untuk menjamin keamanan bahan pangan, sebaiknya simpanlah telur dan dalam kulkas segera setelah membelinya. Jangan menyimpan telur dalam suhu ruangan ataupun mencucinya. Penyimpanan dan pengolahan yang tepat akan menjaga manfaat dan kualitas telur.

Baca Juga : Cek Tagihan BPJS

Perbedaan Kandungan Gizi Telur Ayam dan Telur Bebek

Hampir semua menu makanan yang kita santap sehari-hari selalu menyelipkan telur dalam olahannya. Sebagian besar menyukai telur ayam, namun tidak sedikit pula yang lebih memilih telur bebek. Dan ternyata kandungan gizi dan manfaat dari telur bebek baik untuk kesehatan tubuh.

Telur bebek sering kita jumpai sebagai bahan dasar beberapa jenis makanan seperti martabak telur dan kerak telur. Namun apa sih sebenarnya perbedaan dari telur ayam dan telur bebek?

Menurut jurnal egg innovations and strategies for improvements, kandungan air dalam telur bebek lebih sedikit dibandingkan dengan telur ayam. Hal inilah yang menyebabkan telur bebek lebih kaya nutrisinya dibandingkan dengan telur ayam. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram telur bebek sudah mampu memenuhi cukup banyak kebutuhan nutrisi. Dalam hal ini termasuk zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Telur dapat dengan mudah didapatkan, baik di pasar traditional maupun modern. Terlebih di era digital sekarang ini, belanja telur dapat juga bisa dilakukan di berbagai merchant terpercaya secara online.

2 Replies to “Kandungan Gizi Telur”

  1. […] tuh kuliner telor dadar yang dtambahi tahu diberi bumbu kacang, petis udang, dan kecap, ditambah pelengkap tauge dan […]

Tinggalkan Balasan