Inilah Pengertian, Jenis – jenis, Serta Rumus Luas Segitiga

rumus luas segitiga
Sumber : KataData.co.id

Saat masuk di jenjang sekolah dasar pastinya kita diberi pelajaran mengenai apa saja bentuk bangun datar yang ada. Dari berbagai bentuk bangun datar yang ada, segitiga menjadi salah satu bangun datar yang dipelajari di dalamnya. Segitiga sendiri merupakan bentuk bangun datar yang dibatasi atau hanya bisa dibuat dengan tiga buah sudut. Itulah alasan mengapa bangun datar ini dinamakan segitiga dan penting untuk mengetahui rumus luas segitiga dan rumus lainnya.

Penerapan tentang bangun datar segitiga ini juga sangat bermanfaat bagi kehidupan. Itu karena kita tidak hanya menemukan segitiga pada bentuk bangun datar saja tapi juga pada teori Phytagoras dan juga garis singgung lingkaran. Segitiga juga menjadi salah satu bentuk dasar yang digunakan dalam pembuatan bangun datar lainnya seperti trapezium, belah ketupat, dan beberapa bangun datar lainnya.

Baca Juga : Tips Membuat Seragam Kerja

Dalam bangun datar segitiga sendiri tidak hanya terdapat satu jenis melainkan terbagi kedalam tiga jenis. Jenis segitiga yang pertama adalah segitiga sama kaki, yang kedua adalah segitiga siku – siku, dan yang ketiga adalah segitiga sembarang. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan singkat mengenai masing – masing jenis segitigas tersebut.

  • Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki adalah salah satu jenis segitiga yang memiliki sepasang kaki atau sisi yang sama panjang. Selain itu juga segitiga sama kaki memiliki dua sudut yang sama besar.

  • Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah salah satu jenis segitiga yang semua sisi dan sudutnya memiliki ukuran yang sama.

  • Segitiga sembarang

Segitiga sembarang ini adalah salah satu jenis segitigas yang setiap sisi maupun sudutnya memiliki ukuran yang berbeda – beda.

Selain jenis – jenis segitiga dibedakan berdasarkan bentuknya, ternyata jenis segitiga juga dibedakan berdasarkan sudutnya. Berikut jenis – jenis segitigas berdasarkan sudutnya:

  • Segitiga Lancip

Segitiga lancip ini merupakan segitiga yang semua sudutnya memiliki besaran sudut kurang dari 90 derajat.

  • Segitiga Siku – Siku

Segitiga siku – siku ini merupakan segitiga yang salah satu sudutnya memiliki besaran sudut 90 derajat.

  • Segitiga Tumpul

Segitiga tumpul ini merupakan segitiga yang salah satu sudutnya memiliki besaran lebih dari 90 derajat.

Dalam pelajaran tentang bangun datar segitia ini bukan hanya jenis – jenisnya saja yang bisa kita pelajari, melainkan juga rumus luas segitiga dan juga rumus keliling segitiga. Kedua rumus tersebut penting untuk dipelajari karena hanya dengan rumus tersebut kita bisa mengetahui berapa luas dan keliling pada segitiga. Untuk lebih jelasnya berikut rumus luas dan keliling segitiga.

  • Rumus Luas Segitiga

L = ½ x a x t

Penjelasan : a = alas segitiga

                     t = tinggi segitiga

  • Rumus Keliling Segitiga

K = BC + AC + AB

K = a + b + c

Penjelasan: a, b, c = ukuran sisi segitiga

Baca Juga : Cara Mudah Menjual NFT

*Contoh Soal Luas dan Keliling Segitiga

“ Sebuah segitiga sama kaki memiliki ukuran kaki 7 cm dan sisi lainnya 6 cm. Hitung berapa keliling dari segitiga tersebut.”

Jawaban: K = a + b + c = 7 cm + 7 cm + 6 cm = 20 cm

“Sebuah segitigas memiliki ukuran alas dan tinggi masing – masing 10 cm dan 15 cm. Hitung berapa luas segitigas tersebut.”

Jawaban: L = ½ x alas x tinggi

                L = ½ x 10 x 15 cm

                L = 5 x 15 cm

                L = 75 cm

Tinggalkan Balasan