Saat Sakit, Bacalah Doa Ini Agar Diberi Kesembuhan

doa meminta kesembuhan
Sumber: Pop Bela

Bagi orang yang bersabar dan bertawakal, maka penyakit yang dideritanya merupakan proses pengguguran dosa. Oleh karena itu, kita tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah SWT saat diuji dengan sebuah penyakit. 

Disamping itu, kita juga harus berdoa dan memohon kepada Allah SWT sambil berikhtiar berobat untuk mendapatkan kesembuhan dariNya. 

Nah, untuk yang ingin tahu bacaan doa meminta kesembuhan beserta artinya, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini. 

1. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan untuk Diri Sendiri

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (QS Al Anbiyaa ayat 83).

2. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan untuk Orang Lain

Terdapat dua versi bacaan doa yang bisa kita lafalkan saat menjenguk orang sakit. Adapun mengenai bunyi doanya seperti berikut:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman

Artinya : “Ya Allah Tuhan manusia. Hilangkanlah segala penyakit, sembuhkanlah Engkaulah Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali dengan kesembuhan Mu, kesembuhan yang tidak dihinggapi penyakit lagi.”

Bismillah, bismillah, bismillah. U’idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal ‘adhima rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka

Artinya : “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu.”

Baca Juga : Perawatan DBD

3. Bacaan Doa Meminta Kesembuhan dan Ampunan

Ketika Rasulullah SAW menjenguk salah seorang sahabatnya yang bernama Sa’ad bin Abi Waqqasah, beliau menyebut nama Sa’ad seraya melafalkan doa kepada Allah SWT agar diberi kesembuhan dan ampunan seperti berikut:

Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan, Allahummasyfi Sa’dan

Artinya : “Ya Allah sembuhkan Sa’ad, Ya Allah sembuhkan Sa’ad, Ya Allah sembuhkan Sa’ad.

Kamu hanya perlu mengganti nama Sa’ad dengan nama orang yang tengah sakit. Sebagai contoh orang sakit yang sedang kamu jenguk itu bernama Wawan, maka bacaan doanya adalah Allahummasyfi Wawan, Allahummasyfi Wawan, Allahummasyfi Wawan. 

Ada juga bacaan doa lainnya yang dapat kamu lafalkan saat menjenguk orang sakit seperti berikut:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara szanbaka, wa‘ afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika

Artinya : “Wahai (sebutkan nama orangnya yang sedang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.“

Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit

1. Medoakan Kesembuhannya

Setiap Muslim sangat dianjurkan membaca doa kepada Allah SWT ketika menjenguk orang sakit agar diberi kesembuhan. Untuk bacaan doanya bisa dilihat poin-poin yang sudah disebutkan pada ulasan diatas.

2. Membawa Sesuatu

Selain mendoakan kesembuhan, dianjurkan juga bagi kita untuk membawa sesuatu seperti makanan sata menjenguk orang sakit. Pasalnya, hal ini dapat membuat perasaan orang yang sakit tersebut menjadi bahagia dan merasa mendapatkan perhatian. 

Akan tetapi jangan sembarangan dalam membawa jenis makanan lho! Bawalah makanan-makanan yang sesuai dengan kondisi sakit, seperti roti-rotian, buah-buahan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Deteksi Dini DB

3. Menutup Aurat

Adab yang berikutnya ini berlaku bagi pelayat perempuan. Tak hanya bagi pelayat, bahkan menutup aurat ini juga berlaku untuk pasien wanita.

Semoga artikel tentang doa untuk meminta kesembuhan ini bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan