Tugas yang Dilakukan oleh Malaikat Israfil

Tugas malaikat Israfil
Sumber gambar : PopMama

Tugas malaikat akan berlangsung hingga hari kiamat tiba. Sebagai orang yang menganut agama Islam, diwajibkan untuk selalu percaya mengenai adanya para malaikat. Allah SWT telah menciptakan 10 malaikat utama dengan masing – masing tugas yang perlu dilaksanakan. Salah satu malaikat yang memiliki tugas penting adalah malaikat Israfil. Malaikat ini dipercaya memiliki dua sayap besar yang terbentang dari sisi barat hingga ke timur. Berikut Tugas yang Dilakukan oleh Malaikat Israfil antara lain :

  • Meniup Trompet Sangkakala

Malaikat Israfil sering dikenal sebagai malaikat yang memegang sangkakala di tangannya. Dengan memegang sangkakala di tangannya membuat malaikat ini memiliki tugas utama sebagai malaikat yang akan meniup sangkakala pada saat hari kiamat dan kebangkitan. Saat sangkakala ditiup, dunia akan hancur bersamaan dengan makhluk hidup yang berada di dalamnya. Baca Juga : Surat Al-Waqiah

  • Menemani Malaikat Lain Bertasbih Kepada Allah SWT

Selain bertugas sebagai malaikat yang akan meniup sangkakala, malaikat Israfil juga memiliki tugas lain dengan menemani para malaikat yang sedang bertasbih kepada Allah SWT. Hal tersebut telah ditulis ke dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar.

  • Mengayomi Seluruh Makhluk Dari Alam Semesta

Malaikat Israfil merupakan jajaran dari empat malaikat yang dipilih oleh Allah untuk menjaga dunia. Ada sebuah kisah yang mengatakan, bahwa malaikat Israfil pernah meminta sesuatu kepada Allah SWT dengan memberikannya kekuatan 7 langit, 7 lapisan bumi, kekuatan angin dan seluruh kekuatan besar lainnya. Menggunakan kekuatan tersebut, malaikat Israfil dipercaya untuk mengayomi seluruh makhluk hidup yang berasal dari alam semesta.

  • Memikul Arsy

Tugas lain yang diemban oleh malaikat Israfil adalah memikul Arsy. Peristiwa ini telah tertulis dengan jelas dalam kitab Syarah Al – Aqidah Al – Wasithiyyah yang berbunyi, “Yang kedua (adalah malaikat) Israfil yang diberikan tugas untuk meniup sangkakala dan dia juga salah satu malaikat yang diberikan tugas untuk memikul Arsy.” Adanya dalil ini berarti malaikat Israfil memiliki kemampuan untuk mendoakan orang – orang yang beriman kepada Allah SWT. Baca Juga : Doa yang Dibenci Allah SWT

  • Melindungi Alam Semesta Beserta Isinya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa malaikat Israfil telah meminta kekuatan besar kepada Allah SWT. Kekuatan tersebut berupa kekuatan 7 langit, 7 bumi, kekuatan angin, kekuatan gunung, kekuatan sesuatu yang berat dan kekuatan hewan buas. Dengan semua kekuatan tersebut malaikat Israfil memiliki tugas baru dengan melindungi alam semesta beserta isinya.

  • Menangis Saat Melihat Neraka Jahanam

Terdapat sebuah kisah yang mengatakan bahwa malaikat Israfil pernah datang dan melihat neraka jahanam sebanyak 3 kali dalam waktu sehari semalam. Karena telah melihat penderitaan yang terdapat di dalam neraka jahanam, membuat malaikat Israfil merendahkan diri di hadapan Allah SWT dengannya yang menangis tersedu – sedu. Air mata yang ditumpahkan oleh malaikat Israfil dapat mengakibatkan bumi mengalami banjir besar yang terjadi pada masa Nabi Nuh.

  • Menunggu Perintah Allah Mengenai Penetapan Hari Kiamat

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai tugas dari malaikat Israfil sebelum hari kiamat. Sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi, “Bagaimana aku dapat bersenang senang sedangkan malaikat yang ditugaskan meniup sangkakala telah meletakkan sangkakala pada mulutnya dan mengernyitkan dahinya siap melakukan tiupan sambil menunggu perintah.” Dengan begitu tugas lain dari malaikat Israfil adalah menunggu perintah Allah mengenai penetapan hari kiamat. 

Tugas malaikat terdiri dari tanggungjawab yang didapat. Malaikat sendiri sudah dipercaya oleh Allah untuk melakukan tugasnya masing – masing dalam mengurus dunia dan akhirat. 

Tinggalkan Balasan