5 Keutamaan Membiasakan Diri Membaca Surat Al Waqiah 

Surat Al Waqiah

Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kamu mengetahui keutamaan – keutamaan membaca surat Al Waqiah. Surat yang terletak pada juz ke-27 dalam Al Quran ini memang memiliki keutamaan yang luar biasa. 

Surat yang terdiri dari 96 ayat ini termasuk dalam surah Makkiyah. Surat ini dinamai Al Waqiah karena diambil dari lafal Al Waqiah yang terdapat pada ayat pertama surat Al Waqiah yang artinya hari kiamat. 

Surat Al Waqiah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa sebagai senjata untuk mendapatkan keberkahan dan kelimpahan kekayaan. Adapun beberapa keutamaan yang dimiliki surat Al Waqiah adalah sebagai berikut :

  1. Mendapatkan Kekayaan Berlimpah

Selain dijauhkan dari kemiskinan, keutamaan surat Al Waqiah selanjutnya adalah akan mendapatkan kekayaan yang sangat banyak. Keutamaan ini bisa didapatkan jika membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap selesai menunaikan shalat ashar. 

Rasulullah SAW bersabda bahwa : ‘Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada istri – istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.’ (HR Ibnu Ady). 

Baca juga : Pendaftaran Komcad

2. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Jika seseorang membaca surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam secara rutin, maka ia selain akan mendapatkan pahala yang sangat besar namun juga akan dijauhkan dari kemiskinan.

Amalan yang bisa dilakukan agar dilimpahkan rezeki biasanya dengan berpuasa selama 1 minggu dimulai dari hari Jum’at. Bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali setiap selesai sholat fardhu hingga sampai pada malam Jumat berikutnya. 

Pada malam Jumat berikutnya baca kembali surat Al Waqiah sebanyak 25 kali setelah shalat Maghrib, kemudian baca kembali sebanyak 125 kali setelah shalat Isya diikuti dengan melantunkan salawat sebanyak 1000 kali. 

Selain itu, dengan memperbanyak sedekah dan mengamalkan surat Al Waqiah pada pagi dan petang, maka Insya Allah akan berhasil. 

3. Diringankan Saat Sakit

Jika kamu membacakan surat Al Waqiah ini untuk orang yang sedang sakit, maka Insya Allah ia akan dipermudah kesembuhannya dan juga akan diringankan penyakitnya. Selain sakit karena penyakit, namun keutamaan surat Al Waqiah juga dapat dirasakan oleh ibu hamil yang hendak melahirkan. Surat Al Waqiah dipercaya akan mempermudah persalinan ibu hamil tanpa halangan yang berarti. 

Baca Juga : Doa Malam Pertama

4. Dikabulkan Hajatnya

Keutamaan Surat Al Waqiah akan dikabulkan hajat ini berkaitan dengan rezeki yang akan didapatkan oleh seseorang. Keutamaan ini bisa dirasakan oleh seseorang jika membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk. 

Dengan melakukan itu, maka semua keinginan dan hajat terutama yang berhubungan dengan rezeki Insya Allah akan dikabulkan. 

5. Jadi Orang Hartawan Dan Dermawan

Keutamaan surat Al Waqiah selanjutnya adalah agar seseorang bisa menjadi orang kaya yang selalu mengucap syukur. Allah SWT telah mengucapkan janjinya bagi orang – orang yang senantiasa bersyukur. 

Allah SWT berfirman dalam Al Quran, yang artinya :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7). 

Jika seseorang sudah membiasakan dirinya untuk membaca surat Al Waqiah sebanyak 3 kali setelah selesai menunaikan shalat Subuh dan membacanya 3 kali setelah selesai menunaikan shalat Isya, dan amalan itu sudah berubah menjadi kebiasaan, maka hal itu Insya Allah akan berujung kepada seseorang yang memiliki banyak harta dan juga menjadi dermawan. 

Tinggalkan Balasan