Mudahnya Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan 3 Cara Ini

Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan
sumber : cnbcindonesia

Lembaga yang memberikan pelayanan jaminan sosial kesehatan yang lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan adalah sebuah layanan penjamin sosial yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat.

Layanan yang satu ini memang dirancang untuk memberikan layanan jaminan kesehatan. Bukan hanya untuk warga Indonesia saja, untuk warga asing yang ada di Indonesia BPJS Kesehatan ini sifatnya juga wajib.

Dengan adanya kewajiban ini maka pembayaran BPJS Kesehatan harus dilakukan dengan baik supaya semua orang bisa memiliki kesempatan yang sama dalam penjaminan kesehatannya. Jaminan yang satu ini  bukanlah jaminan yang gratis tapi pesertanya ini harus membayar iuran setiap bulannya.

BPJS Kesehatan ini juga membuat semua warga Indonesia bisa terlindungi dengan komprehensif, adil dan merata. BPJS Kesahatan akan terlaksana dengan baik jika semua pesertanya membayar iuran dengan teratur.

Layanan yang disediakan oleh pemerintah ini sangat diminati oleh masyarakat, karena biaya iuran setiap bulannya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iuran asuransi lainnya.

Sebagai warga Indonesia yang baik peserta BPJS Kesehatan harus membayar iuran dengan rutin. Sebelum membayar bisa melihat tagihan yang harus dibayarkan. Inilah beberapa cara untuk cek tagihan BPJS Kesehatan.

Cek Tagihan BPJS Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Bagi peserta yang ingin cek berapa tagihannya, bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. Layanan yang satu ini diberi nama Chat Asistant JKN atau CHIKA yang memang sengaja disediakan untuk para peserta yang butuh berbagai informasi. Cek tagihan ke nomor 08118750400 dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kirim pesan apa saja langsung di dalam room chat maka nanti pesannya akan dibalas secara otomatis
  • Jika sudah bisa membalas pesan tersebut dengan mengetik angka “2”. Bisa juga menu cek tagihan dengan langsung mengetikan nomor peserta BPJS Kesehatan milik Anda
  • Selain itu Anda juga bisa mengeceknya dengan menggunakan NIK
  • Jika sudah Anda bisa membalas dengan mengirimkan informasi tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd (tahun – bulan – tanggal lahir)
  • Lalu secara langsung Anda akan mendapatkan pesan berupa tagihan iuran Anda dan juga status pembayarannya.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan di Facebook dan Telegram 

Bagi Anda yang ingin mengecek tagihan BPJS Kesehatan, bisa juga menggunakan aplikasi Facebook atau Telegram. Caranya cukup mudah hanya tinggal mengirimkan pesan melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan. Bagi Anda yang ingin mengeceknya melalui Telegram bisa langsung masu ke link berikut ini http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan Melalui Telepon 

Cara yang terakhir adalah melalui telepon. Cara yang satu ini adalah cara yang cukup mudah karena Anda hanya tinggal langsung menelfon ke Care Center 165, lalu Anda akan tersambung dengan operator. Anda bisa langsung menanyakan informasi mengenai tagihan dari BPJS Kesehatan Anda.

Itulah 3 cara yang bisa digunakan untuk mengetahui tagihan BPJS Kesehatan Anda. Bagi yang sudah tahu jumlah tagihan BPJS Anda sebaiknya segera bayarkan tepat waktu agar tidak terkena denda.

Tinggalkan Balasan