Aneka Tips Membuat Seragam Kerja yang Nyaman

Seragam Kerja

Bekerja membutuhkan kenyamanan, baik itu dalam hal lingkungan kerjanya, waktu kerjanya, hingga pakaian yang dipakai. Dalam bekerja, sebuah perusahaan terkadang mengharuskan karyawannya untuk mengenakan seragam yang perusahaan sudah tentukan. Nah, artikel ini akan membagikan aneka tips membuat seragam kerja yang nyaman dipakai.

Seragam kerja harus disesuaikan dengan lingkungan kerja yang kita miliki. Hal ini penting untuk memastikan kenyamanan bahkan keamanan karyawan saat bekerja. Membuat seragam kerja juga tak bisa sembarangan. Ketahui yuk berbagai tips untuk membuatnya.

Aneka Tips Membuat Seragam Kerja Nyaman dan Aman

Ada beberapa tahapan yang perlu untuk dilalui agar seragam kerja sesuai dengan kebutuhan. Tahapan-tahapan ini jangan sampai terlewatkan ya, supaya seragam kerja kita sesuai dengan kebutuhan.

Buat Desain

Desain adalah hal pertama yang harus dipikirkan sebelum membuat sebuah seragam untuk bekerja. Dari penentuan desain pakaian yang akan dibuat, kita tak hanya bisa memikirkan bentuk seragamnya, atau warnanya saja. Tapi berbagai hal terkait aspek keselamatan dan kenyamanannya bisa diperhatikan juga ketika melalui proses ini.

Diskusikan dengan perusahaan konveksi tepercaya mengenai model seragam kerja yang akan dibuat. Mencari referensi model melalui laman internet juga bisa kamu lakukan untuk menentukan model baju yang sesuai.

Tentukan Estimasi Anggaran

Hal ini memang sebaiknya dilakukan di awal sebelum proses pembuatan baju seragam kerja dimulai. Menentukan estimasi anggaran akan membuat perencanaan dalam membuat seragam kerja menjadi lebih mudah.

Sebab, melalui dana yang sudah diestimasikan, kita akan tahu anggaran setiap baju sesuai jumlah yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu untuk melalui proses selanjutnya, seperti penentuan bahan.

Jika kantor memberikan anggaran yang cukup mepet, maka jangan ragu untuk melakukan negosiasi harga dengan pihak konveksi. Pihak konveksi biasanya akan mengerti dan memberikanmu aneka saran supaya biaya produksi bisa diperkecil.

Baca Juga : Teman Millenial

Menentukan Bahan

Bahan pembuatan akan menjadi penentu utama kenyamanan seragam kerja, selain desain. Karena bahan yang dipilih untuk membuat sebuah seragam kerja harus disesuaikan dengan kondisi kerja.

Misalnya, jika kita bekerja di outdoor, pilihan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun akan menjadi hal yang sangat penting. Sebab hal ini akan mempengaruhi kenyamanan kerja.

Seseorang tentu tak akan tahan bekerja di luar ruangan selama berjam-jam bila ia menggunakan bahan pakaian yang sangat panas. Selain itu, pemilihan bahan yang kuat juga menjadi hal wajib untuk dilakukan, sebab pakaian paling tidak harus bisa melindungi kulit.

Ada beberapa bahan yang umum digunakan sebagai seragam kerja. Salah satunya adalah bahan dril. Bahan ini memiliki aneka jenis, misalnya American drill dan Japan drill.

Baca Juga : Tim ENP

Pahami Karakteristik Bahan

Meskipun sudah mempercayakannya pada jasa konveksi tepercaya, tak ada salahnya jika memahami lebih banyak mengenai karakteristik kain yang akan dipakai. Hal ini supaya kita memahami kekurangan dan kelebihannya, serta bagaimana pemanfaatannya.

Kain memiliki banyak jenis. Salah satu bahan yang umum dipakai sebagai seragam kerja saja, yakni bahan drill, punya  paling tidak tiga jenis, yaitu Twist Drill, American Drill, dan Japan Drill.

Bahan drill sendiri ialah bahan yang berasal dari bahan katun murni. Sehingga, kain jenis ini punya sifat menyerap keringat yang sangat baik, dan juga kuat. Setiap jenisnya pun juga akan punya karakteristik tersendiri.

Kain Twist drill misalnya, punya serat kain yang rapat sehingga kain jenis ini akan punya sifat lebih menyerap air dibandingkan kain drill lainnya. Kain ini pun lebih sering dimanfaatkan untuk pembuatan baju luar ruangan.

Tentukan Produsen

Mempercayakan pembuatan seragam kerja ke vendor konveksi yang tepat menjadi hal penting. Kita wajib memastikan kualitas pengerjaan vendor yang akan pilih. Selain itu, pastikan juga jika vendor tersebut bisa memahami dan mengaplikasikan konsep yang diinginkan.

Sehingga, seragam kerja yang akan dibuat akan benar-benar sesuai keinginan. Pilih vendor konveksi atau garmen. Meskipun sama-sama bisa membuat pakaian dalam jumlah besar, namun ada perbedaan terkait kapasitas produksinya.

Itulah aneka tips membuat seragam kerja yang wajib diterapkan. Sehingga, seragam kerja tak hanya enak dipandang, tapi juga nyaman dipakai.

Tinggalkan Balasan