Desain Company Profile Penunjang Kesuksesan Perusahaan

Desain Company Profile

Company profile punya peran yang penting dalam sebuah perusahaan, di mana company profile yang dibuat dalam bentuk cetak, bisa menjadi bentuk banding yang akan membentuk image perusahaan nantinya. Karena itu, desain company profile yang profesional harus diciptakan.

Berbagai aspek dalam company profile haruslah mendapat perhatian pembuatnya. Selain tatanan kalimat yang persuasif dan mampu menjual pengalaman dan ketangkasan perusahaan dalam mengoperasikan bisnisnya, sebuah company profile sebaiknya juga memiliki desain yang ciamik.

Untuk itu, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan.

Baca juga : Aplikasi untuk Mencatat Keuangan

Membuat Desain Company Profile yang Profesional, Tips dan Triknya

Desain memiliki banyak aspek di dalamnya, seperti pemilihan warna, font, dan lain-lain. Semua aspek, ini harus mampu disatukan dengan baik, supaya company profile akan membawa kesan yang elegan, menarik, namun profesional.

Sebaliknya, kegagalan dalam memadukan aneka aspek desain justru akan membawa kesan kacau yang nantinya berakhir membawa kesan buruk pada perusahaan.

Nah, sebagai seorang desainer, ketika mendesain sebuah company profile, ada baiknya diperhatikan beberapa hal, yakni :

Pembuatan dan Penempatan Logo

Ya, pembuatan logo sendiri memang masuk dalam aspek desain company profile. Logo perusahaan bisa dikatakan sebagai perwakilan dari nama perusahaan itu sendiri. Karena itu, logo sebaiknya dibuat supaya orang dengan mudah bisa mengenalinya.

Sebagai pemilik perusahaan, pembuatan logo sebaiknya diserahkan kepada ahlinya. Hal ini supaya tujuan penting logo bisa tercapai. Selanjutnya, ketika logo akan dicantumkan dalam dalam sebuah company profile, penempatannya pun wajib diperhatikan.

Logo bisa ditunjukkan pada bagian cover ataupun di dalam tubuh company profile. Akan tetapi harus diingat, bahwa penempatan logo ini jangan sampai menimbulkan kesan mengganggu ketika terus dimunculkan.

Pemilihan Font

Meskipun terkesan sepele, namun nyatanya font dalam sebuah company profile akan memberikan dampak yang sangat besar. Font sendiri bisa membawa banyak kesan dalam sebuah desain. Di mana, font kamu bisa tampak profesional atau justru semrawut hanya dari pemilihan font-nya saja.

Lebih jauh, pemilihan font bahkan juga bisa menciptakan identitas pada perusahaan. Karena itu tak mengherankan jika perusahaan percetakan hingga majalah ternama sampai mengeluarkan biaya besar untuk menemukan font yang sesuai dengan identitas perusahaan.

Tapi tak perlu khawatir akan kerepotan dan perlu mengeluarkan banyak uang untuk sebuah font. Sebab, kini banyak situs web yang menyediakan font secara gratis. Beberapa di antara situs web itu adalah Google Fonts, FontSpace, Dafont, dan lain-lain.

Baca Juga : Sodexo Gift Pass

Pemilihan Warna

Pemilihan warna juga akan sangat mempengaruhi kesan yang akan company profile perusahaan. Kombinasi warna sendiri jika bagus akan menghasilkan sebuah desain yang eyecatching dan menarik. Hal berbeda akan berlaku jika sebaliknya.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa dalam pemilihan warna, ada makna-makna yang bisa disampaikan di sana. Sebab, warna sendiri memiliki aneka simbol serta arti yang berbeda-beda. Pastikan kita mempelajarinya dan melatih kepekaan atas perpaduan warna sebelum membuat desain sebuah company profile.

Jangan sampai mood warna yang ditampilkan dalam company profile yang kita desain justru bertabrakan dengan nilai-nilai perusahaan, karena bukannya membangun branding, hal ini justru akan merusak kesan yang perusahaan berusaha untuk bangun.

Cover yang Menarik Minat

Sebuah cover bisa dibilang pintu gerbang. Orang tentu akan tertarik memasuki pintu itu jika gerbangnya tampak bersih, rapi, dan menarik. Begitu juga dengan cover. Sebuah cover dalam company profile karena itu wajib mendapatkan perhatian serius dari si pembuatnya.

Sampaikan aneka karakter perusahaan dan nilai penting yang dimilikinya dengan pemilihan warna, serta font yang sesuai. Selain itu, bisa juga menambahkan berbagai aksen yang akan memperkuat kesan yang ingin perusahaan tampilkan.

Baca Juga : Hummingbird House BSD

Sesuaikan Ide dan Gaya Desain dengan Karakter Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya akan memiliki karakter masing-masing. Sebuah perusahaan startup sebaiknya menampilkan desain yang fresh dan memiliki kesan masa kini, sebab perusahaan jenis ini umumnya masih bertumbuh, tercipta dari kemajuan teknologi, serta diminati oleh para generasi milenial.

Lain halnya dengan perusahaan tambang. Desain company profile perusahaan tambang haruslah menggambarkan aspek kemajuan teknologi, profesionalitas, serta kedisiplinan. Nah, untuk itu, sebagai seorang desainer sebaiknya pahami dan riset lah lebih dalam mengenai karakter perusahaan yang akan didesain.

Hal ini agar kesan serta branding yang akan disampaikan menjadi semakin kuat dan bisa sampai kepada orang yang melihatnya nanti.

Hindari Desain Berlebihan

Secukupnya menjadi kunci dalam poin ini. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik, termasuk dalam desain company profile.

Selain akan menimbulkan kesan yang mengganggu, tujuan untuk menyampaikan nilai-nilai perusahaan dalam sebuah desain juga tak akan pernah tercapai dengan desain yang ramai dan berlebihan.

Namun, bukan hanya terlalu ramai saja, sebaiknya juga menghindari desain yang terlalu kosong atau sepi. Pastikan desain yang dibuat memiliki komposisi yang tepat dan nyaman di mata.

Memang untuk membuat desain company profile yang baik, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Jika tidak dipusingkan dengan berbagai hal yang dijelaskan di atas, menggunakan jasa digital agency adalah solusi terbaik. Biasanya jasa yang disediakan bukan hanya soal desain saja, tapi juga penyusunan materi dengan bahasa copywriting yang menarik. Hal ini tentu akan mendukung company profile perusahaan akan terlihat profesional dan menjual.

Itulah beberapa tips untuk membuat desain company profile yang profesional. Desain yang tepat serta menarik bisa memiliki dampak yang luar biasa, salah satunya adalah menunjang perusahaan menuju kesuksesannya.

20 Replies to “Desain Company Profile Penunjang Kesuksesan Perusahaan”

  1. Desain yang berlebihan kadang malah jadi kurang terlihat elegan dan fungsinya jadi beda ya. Lebih baik buat yang sesuai dengan visi misi perusahaan seperti apa. Ide, warna, cover dan sebagainya mesti dipikirkan dahulu sedetail mungkin 🙂 Sehingga masyarakat atau klien akan lebih mengenal dan tertarik pada produk perusahaan tersebut.

  2. Benar kalau sudah sesuai dan eye-catching maka banyak calon konsumen Alan mendekat dengan sendirinya dan cuan akan lebih sering mengalir di kantong kita.

  3. Setuju nih, kalau company profile itu harus memiliki design yang enak dilihat. aku dulu jaman kerja kalau presentasi selalu membuat mata klien nyaman saat melihat company profile kantorku.

    1. Mba makasi lho infonya, pas banget aku lagi cari orang buat bikin company profile dan belum dapat yg sreg. Logonya sih udah ada tapi ada rencana mau re-design juga.

  4. Mba makasi lho infonya, pas banget aku lagi cari orang buat bikin company profile dan belum dapat yg sreg. Logonya sih udah ada tapi ada rencana mau re-design juga.

  5. Logo company tu keliatannya simpel, imut-imut, tapi setelah ikut grup-grup desain grafis, saya sadar kalau itu gak bisa asal buatnya. Harus mengandung nilai-nilai perusahaan, punya filosofis, warna tepat – gak cuma cantik, terus logo juga mesti mudah diingat, gak pudar di memori. Ah, gitu deh banyak syaratnya. Makanya mesti ke ahlinya yg udah biasa nyediain jasa bikin logo.

    1. Wah iya, company profil emang penting ya mbak
      Karena menjadi salah satu citra perusahaan.
      Menentukan bagi perkembangan perusahaan

  6. Desain company profil memang jadi perhatian utama ketika saya melihat sebuah brand. Kadang malah tertarik pada suatu brand karena bentuk dan warna yang menarik dari sebuah desain company profil.
    Sehingga penentuan desain company profil ini menjadi perhatian lebih dari sebuah company, ya…

  7. Kemampuan desain company profile ini istimewa ya … harus memenuh syarat2 tertentu.
    Saya suka melihat2 company profile, rata2 dibikin elegan desainnya. Kita yang melihat langsung kagum dan pengen baca.

  8. Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat desain ya, kak Dian
    Dan ini makanya mahal biayanya.
    Aku jadi ingat filosofi logo berbagai brand, dari warna, font sampai copywriting yang pas.

  9. Design yg mewakili perusahaan, simple tapi mudah diingat ini yang sulit ya. Adanya pihak penjual jasa sebenarnya sangat membantu banget…

  10. Setuju bahwa desain company profile itu penting. Kan kalau mau ajuin sesuatu gak mungkin bawa bangunan perusahaan, tapi portofolio dan lainnya. Makanya kudu tepat dan menarik

  11. diah agustina says: Balas

    setuju banget kalau design company profile sangat penting sekali, dan harus diperhatikan komponennya biar gak terlihat terlalu ramai agar memberikan kesan baik pada klien

  12. Enggak mudah ya bikin company profile yang bagus tuh. Harus diserahkan pada ahlinya kalau mau hasil yang bener-bener mewakili “wajah” perusahaan.
    Kalau company profile usaha suamiku yang masih kecil-kecilan, ya biasa aja sih. Hanya isinya yang jadi perhatian. Hahaha.. gak boleh ditiru 😀

  13. Susah juga lho bikin desain company profile yang sesuai dgn image perusahaan dan disukai banyak orang. Makanya harusnya biaya jasa disain itu mahal.

  14. Company profile tuh menentukan banget gimana keberlangsungan si company. Makanya harus diperhatikan betul saat desainnya.

  15. Design company yang elegant sekalikun sederhana mampu menarik perhatian. Saya suka yang warnanya tidak rame dan font tulisan yang sederhan.

  16. Makasih insigh nya mba… Aku ada rencana bikin masih maju mundur. tapi jadi ada pencerahan setelah baca tulisan mba diane

  17. Bener banget, biasanya perusahaan besar dan profesional menggunakan font font yang biasa aja dan mudah dibaca. Kalau pemula memang terlihat kayak lebih suka font yang ribet hehe.. bisa jadi acuan nih nanti..

Tinggalkan Balasan