Resep Cimol Anti Meledak yang Garing di Luar dan Kenyal di Dalam

resep cimol anti meledak
sumber gambar : yummy.co.id

Siapa yang belum pernah merasakan lezatnya makan cimol? Ya, cimol merupakan salah satu jajanan yang banyak disukai orang di Indonesia. Cimol ini merupakan jajanan yang terbuat dari tepung kanji atau biasa disebut tepung aci. Rasa cimol ini disukai karena teksturnya yang renyah di bagian luar dan sedikit kenyal di bagian dalamnya.

Cimol juga jajanan yang mudah ditemui terutama di pedagang kaki lima di sekitar sekolah. Di tempat asalnya yakni Bandung, kita bisa dengan mudah menemukan jajanan yang satu ini di berbagai sudut kota Bandung. Bahkan seiring perkembangan zaman cimol pun sudah mengalami beberapa inovasi seperti adanya cimol mozzarella dan juga cimol isi daging ayam.

 Harga cimol yang murah juga membuat jajanan ini banyak penggemarnya. Bukan hanya kalangan menengah ke bawah dan anak sekolah. Penggemar cimol berasal dari berbagai kalangan usia dan latar belakang ekonomi.

Meski terlihat mudah dibuat nyatanya proses pembuatan cimol ini harus dilakukan dengan cara – cara yang benar. Jika salah dalam membuat adonan atau cara menggorengnya maka cimol bisa meledak saat digoreng. Biasanya agar tidak meledak saat digoreng, para penjual cimol menggunakan resep cimol anti meledak dibawah ini ya..

Berikut bahan – bahan yang perlu disiapkan:

  • 900 gram tepung kanji / tepung tapioka
  • 9 sdm tepung beras
  • 6 sdt tepung terigu
  • ½ sdt baking soda
  • 700 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan tesebut, berikut resep dan cara membuat cimol anti meledak:

  1. Pertama – tama masukan tepung kanji, tepung beras, dan juga tepung terigu ke dalam satu wadah kemudian beri garam dan merica masing – masing sejumput tangan. Kemudian aduk semua bahan sampai merata dan tidak ada tepung yang menggumpal.
  2. Setelah itu masukan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung tadi sambil diaduk terus menerus dengan menggunakan spatula sampai semua tercampur rata dan adonan kalis.
  3. Selanjutnya jika adonan sudah tercampur, masukan baking soda ke dalam adonan dan aduk kembali sampai merata.
  4. Setelah adonan siap dan tercampur rata bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran kelereng. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis.
  5. Setelah itu masukan minyak goreng kedalam wajan penggorengan tanpa menyalakan api, kemudian setelah itu masukan adonan cimol dalam keadaan minyak yang masih dingin.
  6. Setelah adonan cimol masuk barulah nyalakan api dan goreng cimol dengan menggunakan api kecil atau sedang. Selama menggoreng jangan lupa untuk selalu dibolak – balik agar kematangan cimol merata.
  7. Setelah cimol mengembang angkat dan tiriskan minyak yang menempel pada cimol.
  8. Cimol pun sudah siap disajikan, kita bisa memberi tambahan bumbu tabur untuk menambah citarasa pada cimol sesuai dengan selera.

Itulah resep dan cara pembuatan cimol anti meledak yang bisa kita coba. Hal terpenting agar cimol yang dibuat tidak meledak adalah jangan langsung menggoreng cimol dengan menggunakan minyak dan api yang terlalu panas karena itu akan membuat cimol terlalu cepat matang dan meledak. Selamat mencoba.

2 Replies to “Resep Cimol Anti Meledak yang Garing di Luar dan Kenyal di Dalam”

  1. bikin ah…suwun resepnya Mbakyu ku….

    1. Yo ndang jajalen .. Aku pernah bikin..salah cara gorengnya..jadilah itu cimol pada loncat dari wajan

Tinggalkan Balasan