Pendaftaran Komponen Cadangan Tahun 2022

Beberapa negara kita ketahui mempunyai program wajib militer. Salah satunya adalah Korea, yang wajib militernya diikuti semua warganya tidak terkecuali artis muda yang masih imut idola banyak orang di Indonesia. Ya..artis-artis KPOP pun wajib ikut wamil. Nah di negara kita baru-baru ini ada program semacam wajib militer (tapi bukan  wamil ya…). Nama programnya Komponen Cadangan (Komcad).

Apakah Komcad sama dengan Wajib Militer seperti yang diterapkan Korea dan negara lainnya?Kemenhan menyampaikan komcad bukanlah wajib militer. Karena Wajib Militer di Korea Selatan bersifat wajib, sedang Komcad bersifat sukarela dan tidak ada paksaan. Komcad juga boleh diikuti siapa saja.

Pendaftaran Komponen Cadangan

Jadi untuk membantu Komponen Utama dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, pemerintah membentuk Komponen Cadangan. Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai Komponen Utama akan dibantu Komponen Cadangan yang berasal dari kalangan sipil termasuk ASN.

Komponen Cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional. Pembentukan Komponen Cadangan terdiri atas sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan. 

Pembentukan Komponen Cadangan merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Tugas & kewajiban Komponen Cadangan 

  • Komcad dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang.
  • Komcad dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR, dengan komando dan kendali berada di bawah Panglima TNI.
  • Komponen Cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara.
  • Masa aktif komponen cadangan tidak setiap hari dan tidak setiap saat.
  • Meski tidak aktif setiap saat, komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara.
Pendaftaran Komponen Cadangan

Di tahun 2021 tahapan pendaftaran Komcad TNI tahun 2021 sudah dilakukan pada 17-31 Mei. Lalu tahapan  seleksi 1-17 Juni 2021. Setelah itu latihan dasar kemiliteran diselenggarakan selama 3 bulan mulai 21 Juni – 18 September 2021. Penetapan dilakukan pada 7 Oktober 2021.

Sekarang komponen Cadangan berjumlah 3.103 orang yang ditugaskan ke sejumlah Resimen Induk Kodam, diantaranya :

  • Rindam Jaya 500 orang
  • Rindam III Siliwangi 500 orang
  • Rindam IV Diponegoro 500 orang
  • Rindam V Brawijaya 500 orang
  • Rindam XII Tanjung Pura 499 orang dan;
  • Universitas Pertahanan 604 orang

Saat penetapan Komcad 2021 Presiden Joko Widodo menegaskan Komcad dikerahkan ketika dalam keadaan darurat militer atau darurat perang. Mobilisasi Komcad, di bawah komando Panglima TNI, hanya bisa dinyatakan oleh presiden dengan persetujuan DPR.Artinya, tidak ada anggota Komponen Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Komcad tidak akan digunakan kecuali untuk kepentingan pertahanan.

Masa aktif komponen cadangan hanya pada saat mengikuti pelatihan dan pada saat mobilisasi. Tapi anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara.

Pendaftaran Komponen Cadangan 2

PPID.Kemhan.go.id, menyebutkan, Komponen Cadangan adalah salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Dalam UU tersebut tidak disebutkan secara spesifik gaji yang akan didapat Komcad. Tetapi pada pasal 36 disebutkan Komcad selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran berhak mendapatkan uang saku. Selain itu, Komcad juga mendapatkan perlengkapan perorangan lapangan, rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Pendaftaran Komcad 2022

Pendaftaran Komponen Cadangan 5

Untuk tahun 2022 ini dibutuhkan 2500 orang Komcad dengan rincian sbb ;

  • TNI AD  Kodam II Sriwijaya : 500 orang
  • TN AD Kodam VI Mulawarman : 500 orang
  • TNI AD Kodam XIV Hasanudin : 500 orang
  • TNI AL  Kodikmar Surabaya : 500 orang
  • TNI AL  Pusdiklatpasgat Bandung : 500 orang

Pendaftaran dibuka dari 1- 8 Mei 2022. Syarat usia calon Komcad 18-35 tahun. Seleksi akan dilakukan di bulan Mei 2022 dan dilanjutkan dengan pelatihan ( Latsarmil). Informasi tentang pendaftaran penerimaan Komcad tahun  ini bisa dicek di : https://komcad.kemhan.go.id

Syarat untuk mendaftar Komcad lainnya adalah  tidak ada catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Mahasiswa hingga ASN bisa mendaftarkan diri menjadi Komcad. Seleksi terdiri dari seleksi administratif dan seleksi kompetisi. 

Syarat penting lainnya adalah diperlukannya sejumlah dokumen, antara lain 

  • Surat lamaran; 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP); 
  •  Kartu Keluarga (KK); 
  • Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa; 
  • Surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK); 
  • Ijazah pendidikan terakhir; 
  • Pas foto ukuran 4×6 cm dengan latyar belakang warna merah; 
  • Surat keterangan sehat; 
  • Daftar Riwayat Hidup; 
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Kesanggupan untuk Mengikuti Dasar Kemiliteran
Info Pendaftaran Komponen Cadangan

Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon anggota Komcad akan menjalani Latsarmil selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI, baik TNI AD, AL maupun AU. Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, akan tetap mendapatkan haknya dari instansi tempat mereka bekerja. 

Sebagai anggota Komcad, TNI akan sewaktu-waktu kembali memanggil untuk mengikuti pelatihan kembali sebagai bentuk penyegaran dan untuk memastikan kemampuannya masih terjaga. Apabila ada kondisi darurat pada negara, maka anggota Komponen Cadangan bisa turun setelah mendapat panggilan oleh Presiden melalui Dewan Perwakilan Rakyat.

Alokasi jumlah peserta yang diterima memiliki rincian sebagai berikut:: 

  1. TNI AD – Perwira sebanyak 36 orang – Bintara sebanyak 168 orang – Tamtama sebanyak 1.296 orang 
  2. TNI AL – Perwira sebanyak 12 orang – Bintara sebanyak 56 orang – Tamtama sebanyak 432 orang 
  3. TNI AU – Perwira sebanyak 50 orang – Bintara sebanyak 350 orang – Tamtama sebanyak 100 orang

Tata cara pendaftaran Komcad 2022 mengikuti alur sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs https://komcad.kemhan.go.id/komcad/registrasi atau unduh aplikasi Pendaftaran Komcad yang tersedia di PlayStore dan AppStore 
  2. Buat akun baru dengan memasukkan nama, NIK, email, nomor telepon, dan kata sandi 
  3. Lakukan verifikasi akun melalui email yang didaftarkan 
  4. Login ke sistem pendaftaran dengan memasukkan email dan kata sandi yang didaftarkan 
  5. Klik tombol “Daftar Sekarang” untuk melakukan pendaftaran 
  6. Isi formulir pendaftaran yang meliputi data diri, pendidikan terakhir, prestasi, profesi, organisasi, dan dokumen
  7. Akhiri dengan menekan tombol “Kirim”dan Pendaftaran pun selesai.

Semoga informasi ini bisa membantu ya.., terutama yang berminat untuk bergabung sebagai Komponen Cadangan..Informasi lainnya seputar Komcad bisa dicek di www.kemhan.go.id ya..

24 Replies to “Pendaftaran Komponen Cadangan Tahun 2022”

  1. wah mak ini reviewnya membuka wawasan banget lho, sejujurnya aku baru mengetahui tentang komponen cadangan yang dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang.

  2. Baru tahu ada komcad ini. Ternyata ada juga SDM dari sipil yang dilibatkan, ya

  3. wah aku baru tahu ada komcad ini mak. tadi sempet mikir kalau siapa aja bisa ikut dan asal dipanggil pada saat darurat, kayaknya susah dan apakah udah sesuai pelatihan.

    eeh ternyata memang daftar dan dilatih dulu yaa hampir sama kayak wamil2 gitu, bagus ni mak.

  4. Wah lengkap sekali mba infonya. Aku aja baru tahu lho ada program pemerintah soal Komcad ini. Untungnya sifatnya sukarela ya nggak wajib. Kalau wajib bisa deg degan aku. Kalau suami aku di suruh wajib ikut militer siapa nanti yang bantu aku ngurus anak anak di rumah hahaha 😂😂

    1. Waah amu baru tau ada Komcad ini pas baca artikel ini loh Mbak…makasih ya jadi tau ada Komcad. Umur maksimal 35 th ya…

  5. Aku baru tau info ini, ada Komcad, Komponen Cadangan yang programnya sukarela (tidak wajib). Memang dibutuhkan jika sewaktu-waktu perlu ya. Mau info ke semua ah, mumpung masih lama pendaftarannya

  6. Pagi kak Diane…
    Untuk calon Komcad berarti tidak harus S1 ya.Soalnya keponakan saya baru tamat SMA.Bodynya bagus tegap dan tinggi.Cocok nih untuk melamar disana. Thanks ya kak untuk infonya

  7. wah ini kesempatan generasi muda untuk tampil dan berpartisipasi dalam program bela negara. kalau saya, udah kelewat umur, udah pasti ditolak kalau mendaftar

    Ternyata sudah tahun ke 2 ya, dan tahun pertama kemarin sudah ada 3 ribuan anggota komcad ini.

  8. Aku baru tahu nih tentang Komcad atau Komisi Cadangan yang tugasnya melindungi negara kita ketika mengalami darurat militer, ternyata sekarang lagi buka pendaftaran yaah

  9. Wah saya baru tahu nih ada info Komcad ini. Berarti semua bisa daftar minimal 18 tahun dan ngga ada catatan kriminalitas yah. Ntar adikku tak kasi tau ah, sapa tau mau ikut. Makasih infonya mba..

  10. Kemaren bukber ma temen2 SMA yang kebetulan ada beberapa anggota TNI, dapet info juga soal Komponen Cadangan buat mereka yang berminat.
    Semoga mereka yang bener2 berminat bisa daftar sesuai dengan kebutuhannya.

  11. Saya baru tau ttg Komcad ini. Berarti masih bisa berkarir di bidang lain, ya. Tetapi, kalau sewaktu-waktu dibutuhkan harus siap

  12. Seiusan baru tahu kalau ada program komponen cadangan (komcad) ini. Kok kayaknya pemberitaannya nggak terlalu rame ya. Terus dtiap tahun bakal ada pelatihan untuk komcad ya?

  13. Aku baru tahu soal Komponen Cadangan ini. Saudaraku ada yang TNI, tapi dah pensiun. Ini belum ada yang ke militer lagi. Kudu benar-benar orang yang kuat ya. Eh tapi kalau orang biasa asal mau ya gak papa. Lumayan buat nambah pengalaman

  14. Wah aku baru ngerti nih tentang komcad yang ternyata melibatkan warga sipil juga ya jika negara mengalami kondisi darurat. Bagus ini untuk dibaca seluruh warga negara.

  15. Aku nih kalau lihat tentara jadi ingat anakku, dia tuh pengen banget jadi tentara karena ingin menjaga negara Indonesia katanya. Jadi aku gak sengaja baca buku tulisnya dia kemarin, sepertinya dia disuruh bu guru menulis cita-citanya.

  16. Informatif sekali. Aq share ya maak siapa tau teman atau saudara butuh Informasi ini. Pendaftaran ditutup tanggal 8.mey sebentar lagi tinggal beberapa minggu lagi.

  17. Aku baru tau ini jadi ini digaji nggak mal sebenarnya? Nanti pangkat apa ya mak. Penasaran juga baru tau ttg ini

  18. Kaget ada Komcad.
    Serasa di Korea. Hihii~
    Aku harap semoga banyak pemuda Indonesia yang merasakan manfaatnya mengikuti Komcad dan bertambah rasa nasionalismenya terhadap bangsa.

  19. Wah wah, aku baru tahu nih dengan program Komcad ini. Iya ya, ini mirip dengan wamil, tapi sifatnya sukarela. Kudu pada tahu nih para pemuda kita. Kayaknya banyak deh yang bakal tertarik ikutan.

  20. Enggak pernah tahu sama yang namanya Komponen Cadangan kayak gini. Suami kebetulan pi en ice juga mbak, tapi paling dia ikutnya pelatihan bela negara aja sama tentara. Waktu masih ci pe en ice sekitar dua minggu apa ya.

  21. Wah, ternyata Komcad ini bisa untuk siapa aja ya. Ini yang kapan hari aku pernah lihat di tv,lihat sekilas aja mbak, tapi baru tau ternyata ini bisa dipanggil kapan aja ya, harus siap gitu

  22. Awalnya kukira postingan ini tentang suku cadang mobil atau sejenisnya gitu loh, hahahaa. Ternyata ada satuan Komcad yaa di pertahanan kita, keren juga Indonesiaku.

Tinggalkan Balasan