Manfaat Susu Whey Protein Untuk Kesehatan

Manfaat susu whey protein

Untuk menjaga kesehatan ada banyak hal yang bisa dilakukan. Selain melakukan olahraga rutin, menjaga asupan  makanan, dan menerapkan pola hidup sehat lainnya, perlu banget nih kita tahu tentang nutrisi yang penting untuk kesehatan. Salah satunya adalah susu.

Susu sebenarnya mengandung dua jenis protein utama, yaitu kasein (80%) dan whey (20%).Β Whey protein merupakan campuran protein yang diisolasi dari whey, Whey sendiri adalah bagian cair dari susu yang terpisah selama produksi keju. Ketika keju diproduksi, bagian lemak susu menggumpal dan whey dipisahkan sebagai produk sampingan. Kalau kita pernah membuka wadah yogurt dan melihat cairan mengambang di atasnya, cairan itulah yang disebut whey.

Setelah dipisahkan selama produksi keju, whey diproses untuk menjadi whey protein. Karena whey protein sebenarnya rasanya tidak enak, maka ditambahkan rasa, seperti rasa cokelat, vanila, dan stroberi agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

Whey protein tidak asing bagi orang yang memang aktif berolahraga (atlet). Karena whey protein bisa membantu meningkatkan massa otot. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa whey protein memang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan menghilangkan lemak tubuh.

Berikut ini manfaat susu whey protein bagi kesehatan :

  • sumber protein yang baik yang mengandung semua asam amino esensial.
  • protein susu whey sangat mudah dicerna, diserap dari usus dengan cepat dibandingkan dengan jenis protein lainnya.
  • dapat menurunkan tekanan darah
  • mengobati diabetes tipe 2, whey protein terbukti efektif dalam mengatur gula darah, meningkatkan kadar insulin dan sensitivitas terhadap efeknya.
  • untuk membantu mengurangi peradangan.
  • membantu meningkatkan pertahanan antioksidan
  • Menekan nafsu makan sehingga bisa menyebabkan asupan kalori berkurang.
  • Meningkatkan metabolism dan membantu membakar lebih banyak kalori.
  • Membantu menjaga massa otot saat menurunkan berat badan.

Whey protein sendiri ada 3 jenis, yaitu konsentrat (WPC), isolat (WPI), dan hidrolisat (WPH). Konsentrat adalah jenis yang paling umum, dan juga yang paling murah.

Kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi susu whey protein? Pada dasarnya whey protein sangat berguna untuk dikonsumsi kapan pun, tapi kalau menginginkan hasil yang maksimal, bisa menggunakan pola untuk mengonsumsinya. Meminum whey protein di pagi hari akan meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. Karena saat tidur, tubuh menggunakan asam amino sebagai tenaga untuk metabolisme. Jadi saat bangun tidur menjadi waktu yang tepat untuk mengonsumsi protein untuk memberikan tambahan dosis asam amino.

susu whey potein

Whey protein juga mengandung BCAAs (asam amino kompleks) yang bisa membakar kalori dan lemak, bahkan saat kita sedang tidak berolahraga loh… Minum susu whey protein di pagi hari juga bisa mengurangi rasa lapar dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Kalau kita ingin membentuk massa otot, maka perlu mengonsumi whey protein setelah melakukan latihan beban. Karena selama latihan, otot dipaksa bekerja maksimal. Meminum whey protein setelah latihan akan memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki otot yang rusak.

Β Oiya suplemen susu whey protein ini juga bisa dikonsumsi untuk yang aktif berolah raga apa saja..Jadi gak hanya angkat beban ya..Salah satu produk yang dikenal luas adalah susu whey protein dari Natural Farm. ON Gold Standard 100% Whey menggunakan Whey Protein Isolate yang dikombinasi dengan Whey Protein Concentrate untuk menghasilkan 24 g Protein/serving. Tiap servingnya juga diperkaya dengan BCAA dan Glutamine, untuk membantu pembentukan massa otot dan juga di saat pemulihan sesudah latihan.

26 Replies to “Manfaat Susu Whey Protein Untuk Kesehatan”

  1. Anakku kan lagi demen olahraga juga nih mba.
    kapan hari request minta beliin susu whey protein gini πŸ™‚
    tauk dah, apa dia inspired by body-nya Azka anaknya Deddy Corbuzier, wkwkw

    1. Anaknya berarti melek informasi terkini tuh Mbak Nurul
      Salut deh. Saya aja tahu terkait susu whey protein ya sekarang ini hehehe

  2. Baru tahu manfaat dari susu Whey sebanyak ini ya. Suka heran dulu tu kenapa sih orang-orang yang hobi ngegym dan lagi bentuk otot, suka banget minum susu Whey kaya gini.
    Ternyata karena emang manfaatnya banyak ya.

  3. manfaatnya banyak yaaaa! Yaaah .. sayang aku ga terlalu suka rasanya mbak Diane πŸ™
    aku lebih milih susu UHT yang non-fat ajalah ya gapapa kaaaan

  4. Wah aku baru tahu lho mba bagian susu yang namanya whey ini. Soalnya kemarin kemarin kalau minum susu minum aja. Ga tau namanya hihihi πŸ˜‚

    Dan ternyata whey ini ada 3 jenis lagi ya mba. Dan banyak manfaatnya untuk tubuh kita. MasyAllah aku jadi semakin mengagumi penciptaNya

  5. Kemarin itu mamahku sempat disarankan untuk konsumsi ini nih, karena katanya orang diabet pada minum ini. Jadilah kemarin itu aku juga cari-cari informasi tentang susu WHEY ini. Manfaatnya pun banyak sekali ini ya susu whey.

  6. Saat aku masih aktif fitness sering aku perhatikan para personal trainner mereka mengkomsumsi susu Whey protein. Penasaran aku tanya fungsinya untuk apa?
    Seperti yang dijelaskan kakak diatas salah satunya untuk meningkatkan kekuatan otot. Ternyata susu ini juga bisa untuk membakar lemak ya saat olahraga?
    Tapi ini susu mahal…deh. Nabung dulu aku

  7. Dari informasi soal whey yang mbak berikan di atas, aku jadi pengen rekomendasikan buat anak lanangku yang rajin olahraga pembentukan otot tubuh dan bercita-cita punya badan kekar :)) Siapa tahu cocok ya biar dia berotot πŸ˜€

  8. Cocok untuk yang mau diet nih ya, karena konsumsi Whey protein bisa meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan karena rasa kenyangnya lebih lama

  9. Oh, aku baru tahu kalau yang terpisah dari susu dan keju itu namanya whey.
    dan baru tahu kalau whey ini bagus buat penambahan massa otot.
    Aku pernah nonton ini di YT, cuma nggak ngeh kalau bagus buat massa otot

  10. Aku pernah mba konsumsi susu whey protein. Emang bikin lebih mudah kenyang. Bagus juga buat kita yang mau kurus atau program diet karena nggak mudah rasa lapar

  11. Manfaatnya luar biasa. Jadi pingin mencoba juga tapi di minimarket paling kalau ada bisa belinya. Secara di kampung semua serba terbatas. Eh kan beli only bisa ya … Nah bisa jadi solusi nih

  12. Duh aku nih, udah sejak lama kepengen minum whey protein begini. Soalnya coach lari banyak yang nyaranin nih minum whey protein.

  13. Oh ini ya jenis susu yang katanya bikin perut sixpack (kalau diiklan susu cowok πŸ˜€). Lemaknya dikit ya lebih banyak protein jd ga bikin gemuk

  14. Pernah dengar sepintas soal susu whey, kyknya bagus buat org yang punya masalah kekurangan protein gtu. AKu lupa2 ingat pernah konsumsi susu kyk gini kyknya pas lg hamil dan kekurangan albumin. Tapi baru tau asal whey itu dr apa.
    Kyknya bagus juga buat org yg diet buat membentu massa otot ya
    TFS infonya πŸ˜€

  15. Oh ini to yang membantu membentuk massa otot para olahragawan itu ya. Hahahaha pantesan yang rajin ngegym itu suka nyari susu Whey ini

  16. Susu whey ini lagi hits ya mbak, terutama buat mereka yang rajin olahraga. Beberapa kali lihat di instagram penggiat olahraga.

  17. Susu whey ini emang bagus ya mbak
    Kandungan proteinnya tinggi
    Ini sangat cocok bagi yang pengen meningkatkan massa otot
    Kayaknya lebih sering dikonsumsi orang orang di pusat kebugaran ya mbak

  18. Anakku yang besar pernah konsumsi whey protein juga nih, untuk bantu meningkatkan nutrisi protein disela-sela aktivitas olahraganya untuk mempernaiki otot yang rusak

  19. Oalah. Pantes kok iklan susu ada yang beda. Ternyata protein di dalamnya juga beda. Tinggal pilih mau yang mana dan buat apa. Kalau mau masa otot oke, berarti minum yang Whey protein ya

  20. Susu sangat penting buat anak maupun dewasa. Tapi tidak sema orang suka susu ya,

    Contohnya ibu saya dan ibu mertua tidak suka susu bisa klop ya mereka

  21. Wihhh banyak juga manfaat susu Whey ini, cocok nih buat aku yang pengen menurunkan berat badan, jadi masa ototku bisa terjaga. Tentu tetap diimbangi dnegan olah raga rutin juga ya mbak.

  22. Damar Aisyah says: Balas

    Recommended banget buat yang hobi olahraga pembentukan. Buat kesehatan juga oke nihkarena kandungan proteinnya bagus untuk menjaga kondisi tubuh dan otak juga.

  23. Eh, ternyata ada susu whey protein. Tahunya susu segar sama mnais aja. Hehe
    Berarti memang atlit banyak yang konsumsi whey protein ya, Mba. Bahkan bisa buat yang aktif olahraga juga. Jadi, gak harus atlit saja.

  24. wah kepo pantesan ya beda-beda ya susu dan keju itu apalagi Whey ini aku baru tahu. Badan sehat emang mesti diusahakan juga supan gizi dan protein, makasih sharing-nya.

Tinggalkan Balasan