Persiapan Puasa Ramadan 2022

Persiapan Puasa Ramadhan 2022

Puasa Ramadan tahun 2022 ini adalah Ramadan ketiga kita dalam situasi penyebaran virus covid -19 ya.. Masih belum lupa kan Ramadan pertama kita di tahun 2020 saat awal virus ini masuk ke Indonesia? Saya sih masih banget. Waktu itu bener-bener berbeda.. Gak banyak aktivitas di luar rumah. Biasanya menjelang buka puasa jajan takjil.. sejak Ramadan 2020 gak ada acara berburu takjil.

Makanan sebagian besar kita olah sendiri. Termasuk takjil dan kebutuhan sahur. Ya sih ada sisi bagusnya juga selain lebih ekonomis alias hemat, kita juga jadi lebih menjaga kebersihan dengan tidak sembarangan jajan kan…

Bagaimana dengan persiapan puasa Ramadan kali ini?Apakah kita masih dihantui virus yang sekarang sudah menjelma dalam bentuk beberapa varian? Semoga tidak ya…Tapi menjelang puasa ancaman varian omicron masih ada diantara kita.. Jadi mau tak mau kita harus menyiapkan puasa Ramadan kali ini dengan lebih hati-hati dan teliti ya..

Baca Juga : Cara Mendapatkan Obat Saat Isoman

Persiapan Mental

Persiapan mental menghadapi puasa Ramadan penting banget loh.. Meski pun puasa Ramadan adalah hal biasa yang sudah rutin dilakukan, bagi saya tetap butuh persiapan mental loh.. Ya karena kan ada perubahan rutinitas .. Bangun menjelang subuh..lanjut sampai pagi..Masak-masak menjelang sore..dan solat tarawih dan tadarus sampai waktunya istirahat.

Persiapan mental menjelang puasa Ramadan juga perlu dilakukan agar nantinya puasa kita lancar dan bisa kita jalani dengan lebih tenang.

Persiapan Fisik

Mulai menjelang puasa saya terbiasa menjaga kesehatan fisik..Tujuannya agar selama puasa kita tidak diganggu sama berbagai penyakit. Bahkan penyakit ringan sekali pun. Entah flu, sakit gigi, dan gangguan kesehatan lainnya.  Apalagi kan selama puasa biasanya intensitas olahraga juga gak sebanyak saat di luar bulan puasa ya..

Persiapan fisik ini bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, istirahat, konsumsi air putih, konsumsi makanan bergizi, dan konsumsi vitamin bila perlu. Oiya saya juga selalu memastikan kalau saat puasa persediaan mouthwash juga aman. Pilihannya bisa pake Betadine mouthwash and gargle ya…

Persiapan Puasa Ramadhan 2022

Kenapa Betadine mouthwash and gargle?Karena Betadine mouthwash and gargle mengandung Povidone-Iodine 1% yang mampu mengatasi 4 masalah sekaligus man teman… Apa aja tuh?

  • Bau mulut
  • Sariawan
  • Sakit Tenggorokan
  • Gusi Bengkak
  • Nafas Tak Segar

Udah komplit banget kan… Jadi insyaallah puasanya lancar dan kita selalu sehat yaa. Betadine mouthwash ini gampang banget kok dapetnya..bisa di mini market, apotik, atau di marketplace juga ada. Mau belanja langsung di https://betadine.co.id/ juga bisa kok.. Biar sekalian lihat produk lainnya..

Persiapan Menu

Nah kalo ini sih udah pasti ya wajib banget. Pengennya kan yang selalu menggugah selera, baik untuk buka puasa maupun sahur. Jadi bisa disiapkan deh menu sebulan kira-kira apa aja. Apalagi kalau ada anak-anak yang baru belajar puasa..wahini tantangan banget deh bikin menunya..

Khusus di bulan puasa selama pandemi (sejak 2020) saya dan keluarga sengaja menghindari menu yang mengandung es. Padahal biasanya sih menu es yang dingin banget wajib ada saat buka puasa. Tapi sudah 2 tahun ini tak ada menu es. Tujuannya biar terhindar dari flu dengan berbagai gejalanya (batuk, pilek, tenggorokan gatal).

Yang penting selalu ada menu sayur, buah segar, dan lauk yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi.

Nah dengan persiapan yang matang  semoga ibadah kita di bulan puasa Ramadan 2022 berjalan lancar. Kesehatan dan keberkahan bersama kita semua.

24 Replies to “Persiapan Puasa Ramadan 2022”

  1. Kami sekeluarga juga pakai nih Betadine mouthwash and gargle. Kalau tenggorokan rasanya gak enak, langsung deh kumur-kumur pakai Betadine mouthwash and gargle ini, kerasa sih lebih enakan.

  2. Oh iyaaa nih, sebentar lagi kita memasuki bulan suci ramadan. Siap2 berpuasa deh. Persiapan2 tentu harus dilakukan ya agar segala ibadah kita maksimal dan memperoleh ridha dan pahala Allah SWT. AKu juga suka pakai mouthwash nih. Betadine juga jadi andalan keluarga, biar menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Supaya napas segar dan wangi juga tentunya. TFS.

  3. gak terasa ternyata sudah mau bulan Ramadan lagi ya.. jadi mengingatkan untuk melakukan persiapan nih, terutama persiapan fisik dan mental ya.. biar bisa maksimal ibadahnya

  4. Wah iya yah gak kerasa udah mau lebaran ketiga aja nih barengan si coronce huhu
    Aku juga nih mbak, yang biasanya kalo takjil suka beli aja sejak pandemi jadi lebih milih buat bikin sendiri aja yang simple2 deh

    Mau cobain juga nih pake Betadine mouthwash buat kumur biar makin seger selama berpuasa

  5. MasyaAllah ramadhan tinggal menghitung hari ya mba, sebulan kurang aja nih. MasyaAllah kangen2 banget..makasih sharing tips persiapan ramadhannya penting semua nih. well noted

  6. Terima kasih sudah diingatkan list apa saja untuk persiapan Ramadhan nanti. Termasuk Betadine Mouthwash yang memang andalan saya di rumah untuk dipakai sehari-hari:)

  7. Haduuhh, di BAndung udah berassa banget hawa2 puasa, apalagi pas bangun tidur rasanya kek sedang puasa, tenggorokan kering, mulut ga nyaman. nah,solusi banget ada Betadine Mouthwash, bisa nyetok nih buat persiapan Ramadhan.
    Beneran ya, menyambut ramadhan ini perlu banget persiapan mental dan fisik agar bisa menjalaninya dengan happy dan lancar, sehaat selama sebulan full.

  8. Wah iya, dua puluh lima hari lagi sudah masuk Ramadhan ya mbak
    Dengan melakukan persiapan yang matang, ramadhan bisa dijalani dengan mudah dan menyenangkan ya mbak

  9. Duh, susah tuh mbak Diane menghindari es! Anak anakku pertamakali puasa aja udah bayangin es buah, lah… sop buah lah… kolding lah…padahal buka dengan kolak hangat dan teh panas udah cukup sih sebenernya

  10. Ya Allah, Ramadhan kali ini juga masih dalam masa pandemi ya. Tapi Alhamdulillahnya gak seperti Ramadhan 2 tahun lalu yang benar-benar gak bisa kemana-mana dan gak ada yang jualan takjil dan sebagainya.

  11. cuma pandemi tahun pertama aja kami nggak berburu takjil selanjutnya tetap hunting walau rada-rada takut juga. bismillah aja. btw aku juga nyetok betadine biar nafas tetap fresh

  12. iya nih 3 minggu lagi udah masuk bulan Ramdhan, persiapan memang perlu dilakukan.
    Saya pun nggak pernah sedia segala macam es mbak saat buka puasa. Kadang suami pengen yang seger, ya udah dia bikin buat dirinya sendiri, soalnya anak-anak nggak suka sama aneka macam minuman es buah.

    betadine ada obat kumur juga rupanya ya, selama ini tahunya betadine tuh merk obat luka aja

  13. Tak terasa ya mbak sudah memasuki bulan Sya’ban dan sebentar lagi Ramadhan akan menjelang. Bnear sekali harus dipersiapkan dari sekarang ya mbak, sehingga ketika Ramadhan tiba kita siap lahir dan batin

  14. Wah iya, ga terasa sebentar lagi puasa. Sedih sih karena masih dalam situasi pandemi, semoga kita selalu sehat dan kuat menjalani puasa tahun ini ya mbak. Persiapan menyambut puasa penting dilakuka, dan produk pembersih mulut termasuk salah satu yang perlu kita siapkan agar kesegaran mulut tetap terjaga, pastinya biar selalu sehat juga ya mulut kita. Betadine mouthwash and gargle bisa jadi pilihan untuk itu.

  15. Tak terasa Insya Allah kita dipertemukan lagi dengan Ramadan. Semoga kita bisa menjalani puasa dengan baik dan lancar. Aamiin aamiin…

  16. Persiapan fisik nih penting deh untuk menjalankan ibadah puasa saat pandemi seperti sekarang ini ya. Kalau Betadine gargle aku selalu sedia di rumah, karena memang dari awal pandemi jadi rajin kumuran pakai si Betadine.

  17. MashaAllah ramadan tinggal menghitung hari lagi.. ga kerasa ya.
    betadine kumur aku selalu sedia di rumah. kemarin ga enak tenggorokan langsung diobati pakai betadine kumur. jadi cepat sembuh alhamdulillah

  18. Terima kasih atas reminder nya mak, kami belum ada persiapan nih, hehehe. Kalah ya ama indo dan alfa yang sudah bersiap buat Ramadhan. Betadine nih yah andalan di rumah kami juga

  19. MashaAllah~
    Semoga kita semua bisa memasuki bulan Ramadan bersama dengan sebaik-baik keadaan dan fokus beribadah dengan sehat.
    Bersama Betadine, semoga persiapan Ramadan semakin prima.

  20. Oiya bener banget..hampir aja aku kelewat untuk stock obat kumur di rumah menjelang Ramadhan, karena itu must have item di rumah. Betadine mouthwash bantu ibadah selama Ramadhan semakin lancar ya

  21. Tu diaa… kudu menghindari aneka minuman dingin nih. pasca serangan virus bandel, kudu hati2 jaga anggota tubuh ya mba, salah satunya tenggorokan. Sedia Betadine mouthwash penting juga nih untuk persiapan puasa.

  22. Semoga semua persiapan jelang Ramadan nya dimudahkan dan kita semua bisa fokus beribadah dengan baik, aamiin.

  23. Damar Aisyah says: Balas

    Tak terasa ya, Ramadan tinggal itungan hari. Semoga Ramadan kali ini lancar tanpa drama covid naik lagi. saya juga sudah mulai persiapan, Mbak. Sedikit2 nyetok bahan kering untuk persediaan puasa nanti.

Tinggalkan Balasan