Cara Mudah Menjual NFT

Menjual NFT
sumber : fortuneidn.com

Non Fungible Token atau NFT adalah sebuah aset digital yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat yang ada di Indonesia sebagai sarana investasi mata uang kripto. Barang yang bisa dibeli ini cukup beragam seperti music, video klip, dan berbagai karya seni lainnya. 

            Selain itu NFT juga biasanya tersedia dalam format digital seperti Graphics Interchange Format (GIF), Portable Network Graphics (PNG), Joint Photographic Experts Group (JPEG), dan berbagai format lainnya. 

            Bagi yang sudah punya NFT bisa melakukan proses jual beli. Kita bisa menjual NFT dengan mencetak salah satu aset digital sebagai NFT dari mulai seni yang berupa tulisan, music, sampai video game.

            Jika ingin mengubah sebuah dokumen menjadi NFT ini sangat mudah, kita bisa mengikuti beberapa langkah yang cukup sederhana, tapi harus diingat jika harga jual ahkir karya ini bisa tergantung dengan faktor yang cukup subjektif. Mulai kualitas, kreativitas, dan reputasi creator di mata para calon pembeli. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana cara menjual NFT menurut The Motley Fool:

Pilih Pasar dan Buat NFT

            Pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan pasar NFT yang tepat. Coba untuk memikirkan bahwa pasar ini adalah Amazon di dunia NFT, berupa gudang online dari sebuah karya digital yang bisa dijual atau dibeli. Banyak sekali pasar dan banyak juga diantaranya yang berspesialisasi dalam berbagai jenis aset digital tertentu. Saat ini OpenSea adalah pasar dari NFT yang paling besar dan pilihannya sangat beragam.

            Kalau kita sudah punya pasar yang ingin dipakai, kita bisa menautkan dompet cryptocurrency yang didanai, kemudian pilihlah opsi “Mint an NFT”,kemudian unggahlah dokumen digital yang kita punya. Proses pada setiap pasar pastinya akan berbeda, tapi sebagain besar kemungkinan untuk mencetak NFT ini hanya membutuhkan beberapa klik saja.

            Jangan lupa juga untuk memperhatikan jika kita cukup tertarik untuk memonetisasi pekerjaan secara pasif dari waktu ke waktu dengan menggunakan royalty. Royalty ini adalah presentase yang dihasilkan dari setiap penjualan NFT di pasar sekunder yang bisa kita dapatkan. Jumlah royalty ini biasanya akan kita tetapkan selama masa proses pencetakan.

Cantumkan NFT Kita untuk Dijual

            Jika kita sudah mencetak NFT nanti akan diberi pilihan untuk mendaftarkannya agar bisa dijual di pasar. Walaupun kita bisa menjual atau mentransfer NFT di pasar lain, kita bisa saja dikenakan biaya tambahan.

            Tekan tombol “jual” kemudian kita tinggal mengikuti petunjuk yang berikutnya. Kita bisa memberikan beberapa detail pada saat transaksi berlangsung, misalnya dengan menentukan batas waktu untuk lelang dan menentukan harga. Mata uang kripto ini akan kita dapatkan saat ada yang membeli NFT kita.

            Pasar nanti akan mengitung berapa biaya gas atau gas fees yang ada di titik ini, untuk biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat proses transaksi. Biaya gas ini juga cukup bervariasi, semuanya tergantung dengan berapa sibuk jaringan blockchain pasa saat itu. Pasar itu juga nanti akan mencamtumkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menangani penjualan, biasanya akan didapatkan dari hasil persentase harga jual NFT di akhir.

Kelola Daftar

            Jika kita sudah selesai daftar, maka NFT kita akan tersedia langsung beredar di pasar untuk dibeli. Kita hanya tinggal mempromosikan penjualannya kepada para pelanggan yang potensial melalusi social media yang kita punya. 

One Reply to “Cara Mudah Menjual NFT”

Tinggalkan Balasan