Deteksi DB Sejak Dini dengan Tes NS1

Tahu positif Demam Berdarah Dengue sejak hari pertama panas tinggi, kok bisa ya?Ternyata memang bisa loh.. Selama ini setiap anak demam tinggi, dibawa ke dokter atau tidak..selalu menunggu 3 hari dulu. Kalau 3 hari gak turun baru deh bawa ke dokter dan pasti disarankan untuk cek darah untuk mengetahui DB atau bukan..

Tapi saya punya pengalaman baru nih.. Senin 17 Januari lalu anak ke-2 pagi-pagi saat saya bangunkan untuk solat subuh mengaku badannya demam. Ya sudah..saya suruh istirahat dan minum penurun demam. Kebetulan persediaan obatnya tinggal dikit banget, paling setengah sendok teh aja. Tapi tetep saya berikan siapa tahu ngefek ya kan…

Sambil lalu menyiapkan surat ijin tidak masuk sekolah hari ini..saya pantau demamnya. Saya juga sempatkan untuk beli obat lagi..Obat sirup saya berikan lagi setelah bocah makan pagi karena keluhannya bukan cuma demam..tapi juga sakit kepala. Jadi saya sempat juga kasih pereda nyeri tambahan..

Sempat enakan sekitar jam 9-10 pagi. Ngemil wafer dan makan es krim juga di meja makan. Kayak gak ada keluhan sakit apa-apa sebelumnya. Tapi itu cuma sebentar..Setelah itu kerasa demam lagi..teruss sampai menjelang malam. Saya coba konsultasikan ke sepupu yang memang dokter tentang kondisi Kinar.

Baca Juga : Life Goal

Tes NS1 untuk Mengetahui DB atau Tidak

Sepupu menyarankan cek darah NS 1 mengingat ini sedang musim hujan, dikhawatirkan DB. Hmmm..tadinya saya ragu..emang bisa ya mendeteksi positif DB atau tidak di hari pertama demam? Tapi saya tetap coba lakukan cek darah NS-1..Saya tanya-tanya dulu ke teman yang berprofesi bidan tentang cek darah NS-1 ini bisa dimana kalau di Sumenep. Ternyata bisa di lab Fortuna, gak terlalu jauh sih dari rumah. Teman saya ini membantu juga meghubungi pihak lab..agar saya nanti bisa langsung dilayani tanpa harus menunggu lama. Oiya teman saya juga menambahkan untuk cek DL. Okedeh…

Tes NS1
Pengambilan Darah untuk Tes NS1 dan DL

Sekitar jam 7 malam saya bawa si Kecil ke lab untuk cek darah. Kondisinya udah gak kuat lama-lama berdiri atau duduk. Jadi di mobil pun udah minta tiduran terus. Sampai di lab saya turun duluan untuk daftar. Setelah mendaftar ternyata langsung dipanggil..Yasud balik lagi ke mobil untuk bawa si Kecil masuk ke lab. Prosesnya kan emang gak lama ya.. Jadi setelah diambil darahnya langsung pulang. Hasilnya bisa diambil maksimal 1 jam lagi.

Sambil menunggu 1 jam saya antar si Kecil dulu kembali ke rumah. Lalu saya lanjut keliling untuk beli obat penurun panas dan keperluan lainnya. Baru kemudian saya mampir ke lab lagi untuk ambil hasil cek darah. Saat membuka lembaran hasil cek darah..dari DL belum kelihatan ada yang tidak beres..Semuanya masih normal..termasuk trombosit yang masih 200.000 lebih. Sangat aman.

Tes NS1
Hasil Tes NS1 dan DL

Etapi di paling bawah tertera hasil NS 1 adalah DENGUE POSITIF. Wadidaw….Ternyata di hari pertama panas sudah  bisa ya kita tahu positif dengue atau tidak. Berhubung sudah ketahuan dari hari pertama, seterusnya lebih enak penanganannya. Jadi setelah dari lab saya konsultasi lagi ke sepupu harus bagaimana kalau di hari pertama ini sudah ketahuan kalau DB.

Penanganan Setelah Tes NS1 Hasilnya Positif DB

Kalau teman yang bidan langsung menyarankan rawat inap. Tapi saya coba untuk dirawat di rumah dulu karena si Kecil masih mau makan dan minum..tidak ada pendarahan..trombosit masih sangat aman dan di rumah juga masih ada yang jaga. Sepupu juga memberikan arahan untuk obat paracetamol diberikan setiap 5-6 jam sekali.

Sampai keesokan harinya Selasa 18 Januari badan si Kecil gak ada perubahan..masih demam plus sakit kepala..dan tentu saja rewel. Makan mulai ogah-ogahan..hanya minum saja yang mau..itu pun hanya air putih. Semakin siang malah muntah dan panas badannya makin tinggi sampai 39,9 dc. Yasudah tak ada pilihan lain untuk membawa si kecil ke rumah sakit terdekat.

RSUD Sumenep letaknya hanya sekitar 100 meter saja dari rumah. Aksesnya juga mudah di hari dan jam kerja kantor pemerintah..tinggal lurus aja. Tapi kalau di luar jam dan hari kerja ya harus muter-muter dulu karena akses ke rumah sakit yang melalui kantor pemerintah daerah ditutup total.Hihi sungguh kebijakan yang aneh memang menutup akses masyarakat ke rumah sakit..

Sampai di RS saya langsung membawa si Kecil ke UGD..Saya langsung menyerahkan hasil lab dan menyampaikan kalau anak saya positif DB. Petugas yang jaga saat itu mempertanyakan beberapa hal..

Petugas : Panas sudah hari ke berapa?

Saya : Ya baru hari kedua..

Petugas : Ini trombositnya masih diatas normal..

Saya : Iya tapi dari hasil cek NS 1 anak saya positif DB dan ini panas gak turun-turun..tadi di rumah juga muntah

Petugas : Siapa yang suruh cek NS 1

Saya : Dokter

Petugas : Dokter siapa namanya

Saya : Dokter Donny Valiandra di Bangkalan

Baca juga : Diclofenac

Setelah itu tidak ada pertanyaan lagi..dan petugas langsung menangani anak saya. Saya pun sibuk mondar mandir mengurusi administrasi dan cek darah di lab RS. Hasilnya ternyata trombosit sudah turun dari semalam 206.000, setelah cek ulang siangnya 137.000, itu angka di bawah normal yang seharusnya 150.000.

Setelah kamar perawatan siap anak saya dipindah dari UGD. Kebetulan petugas hanya 1 orang, si Kecil gak bisa dibawa dengan kursi roda karena kepalanya sakit katanya..sementara kakungnya yang tadi mengantar kami ke RS juga sudah cuzz jemput si kaka pulang sekolah.. Jadiii mau tak mau saya harus bantu petugas mendorong tempat tidur dari UGD ke paviliun yang jaraknya lumayan.. Apalagi paviliunnya lantai 2 ya..haha gak ada lift2an ..Jadi ya Alhamdulillah..saya strong enough buat bantu petugas dorong tempat tidur besi UGD dari lantai 1 ke lantai 2…

Sampai di kamar pun si kecil tak sanggup berpindah sendiri..bahkan sekedar duduk pun gak bisa. Jadi ya udah..saya pindahin lah dengan cara digendong.. Alhamdulillah aman terkendali dan saya masih kuat juga angkat badan bocah yang beratnya tak sampai 50kg ini.

Setelah di ruang rawat ini saya baru tenang deh.. Bisa menghubungi keluarga..dan keluarga menyiapkan segala sesuatunya karena memang saat berangkat saya hanya bawa bantal, selimut, dan tas berisi beberapa botol air minum.

Sekilas Tentang Tes NS 1

Tes NS 1
Tes NS 1 (sumber : sehatq)

Oiya sekilas tentang NS1..Saya memang bener-bener baru tahu kalau cukup efektif untuk mendeteksi DBD sejak hari pertama panas tinggi. Bahkan infonya h-1 juga sudah bisa ketahuan. Sampai h+2. Lewat itu sudah tidak bisa terdeteksi lagi, jadi ya tidak efektif.

NS1 merupakan singkatan dari nonstruktural protein 1. NS1 adalah protein yang dimiliki virus dengue dan bisa ditemukan dalam darah selama pasien terinfeksi virus dengue. Info tentang NS1 bisa dibaca disini deh,,,

Pemeriksaan ini bisa membantu dokter mendiagnosis infeksi dengue lebih awal. Oleh karena itu, tes demam berdarah NS1 menjadi pemeriksaan yang penting untuk deteksi dini penyakit demam berdarah. Tes NS1 direkomendasikan pada pasien yang baru mengalami gejala demam dengue atau pada hari pertama hingga hari ketujuh gejala muncul. Setelah hari ketujuh, pemeriksaan ini tidak lagi direkomendasikan.

Biaya tesnya ternyata juga lumayan..sekitar 200.000. Ah yaa..mungkin karena ini tes NS1 belum banyak yang pakai..hehe..karena mahallll. Tapi ya sangat efektif ya.. Gak perlu menunggu demam hari ketiga..Kebayang kalau menunggu H3 trombosit sudah turun di angka berapa tuh..(ya meskipun tanda DB tidak selalu trombosit turun..).

Selanjutnya bagaimana perawatan DB si Kecil selama di RS? Insyaallah saya tuliskan di postingan lain ya.. Yang pasti sampai 23 Januari 2022 dokter belum mengijinkan si Kecil untuk pulang dan dirawat di rumah.. Tetep Semangattt.

53 Replies to “Deteksi DB Sejak Dini dengan Tes NS1”

  1. Wah, iya tuh aku aja baru tahu tentang alat tes pendeteksi DBD NS 1 ini 🙂 IYa, menurutku sih 200K memang harga yang pas karena hasilnya cepat, akurat dan efektif ya mbak. Ga perlu menunggu sampai 3 hari atau lebih, seharian aja udah ketahuan terkena DBD atau ga nya. Ditunggu cerita selanjutnya si kecil di rumah sakit 🙂 Semoga lekas pulih ya de, aamiin.

    1. Siapp kakak…Aminnn makasih yaa…

    2. Ya Allah.. Aku jadi teringat anak pertamaku yang baru bulan kmrn kena DB, mbak. Aku harus nunggu 3 hari untuk tes positif DB atau tidak. Kalau tahu soal NS1, mungkin bisa lebih cepat penanganannya ya

    3. Pernah nemanin anak juga pas tes seperti ini, diambil darahnya buat sampel. Gak tega pada waktu itu, badannya panas selama 3 hari…kadang naik turun jg

  2. Semoga lekas sembuh ya mba Dian, jangan lupa jaga nutrisi makan biar gak ikut sakit karena menemani anak di RS.
    Recomended juga ya alat pendeteksi DBD NS 1 soalnya saya juga type demam 3 hari baru ke dokter.

    1. Aminn..makasih ya…Iya nih..karena kalau gak tahu sejak awal itu DB bisa fatal juga dampaknya..

  3. Ya Allah…
    Syafakillahu, cantik…sholiha.
    Semoga lekas diberi kesehatan dan fit kembali.

    Informasi yang bagus banget, kak Dian. Karena aku belum pernah tahu manfaat tes NS1 yang bisa mendeteksi dini virus DB. Ini akan mempercepat penanganan dan kesembuhan bagi pasien.

    semoga setelah dirawat intensif, makan makanan yang disukai dan banyak minum, adik bisa segera pulang.

    1. Aminnn makasih yaa..Alhamdulillah tgl 25 akhirnya boleh pulang lanjut pemulihan di rumah..

  4. Waw aku baru tahu mba tentang Tes NS1 ini. Ternyata bisa ngecek langsung di hari pertama demam ya tes ini dan jadi tahu harganya juga. Keren banget ikh dengan teknologi. Semakin semakin canggih aja. Aku bakal inget nama tes ini. Makasih mba sharringnya

    1. Sama-sama…

  5. Sekarang masuk musim hujan jadi banyak juga yg kena db. Penyakit berbahaya nih kalo gak segera ditangani

    1. bener bangettt

  6. Ya Allah…
    Kinar sekarang lagi opname, Mba?
    Get well soon, anak manis shalihaat
    Semogaaaaa, segera sehattt, bisa main2 dan belajar lagi yak.

    1. Iyes..hehe..Aminnnn makasih ya

  7. Gimana kondisi anakmu, mbak? Semoga sekarang sudah membaik dan boleh pulang.
    Baru tahu lho tentang tes NS1 ini. Alhamdulillah jadi cepat ketahuan dan segera ditangani. Kasihan kalau sampai demam 3 hari, apalagi muntah, pusing.

    1. ALhamdulillah sudah membaik dan sudah keluar RS..terima kasih ya…

      1. Semoga lekas sehat kembali

        Musim hujan memang kudu banget waspada dengue. Alhamdulillah hari pertama langsung ketahuan. Jadi bisa segera ditangani. Baru tahu juga soal tes NS1 ini. Dulu Adikku periksa darah aja kayanya. Ya semoga kita tetap sehat ya

  8. Wah aku baru tahu mbak tentang Tes NSI 1 sebagai solusi untuk membantu deteksi dini DB biasanya dokter selalu menyarankan menunggu dalam 3 hari. Harganya menurut aku sesuailah dengan manfaatnya karena kita jadi tahu kondisi anak kita yang sebenarnya sejak dini dan penanganannya jadi lebih mudah. Aku jadi penasaran googling tentang Tes NSI di daerahku. Terima kasih mbak atas infonya.

  9. Terima kasih informasinya mbak, saya baru tahu juga soal tes NS1 ini. Jadi di hari pertama demam udah nggak was-was lagi ya kalau pas musim banyak yang kena DB. Langsung di tes aja hari pertama demam, nggak perlu nunggu 3 hari bari di bawa ke klinik. Kalau udah ketahuan DB atau nggak, kan penanganan juga jadi lebih cepat dan tepat.

    Hihi… dalam kondisi biasa, gendong anak 50 kg bisa jadi udah ngeluh ya mbak. Tapi saat anak sakit, 50 kg pun bisa jadi terasa enteng aja

    1. haha iya ya..kalo kondisi biasa bocah pangku aja berasa berat..

  10. nah ini perlu banget mba, karena DB bisa banget penyebabnya karena gaya hidup yang gak kontrol asupan gula

  11. Aku baru tahu ada test NS1 ini. Ngebantu banget kita nih kalau anak demam, bisa dipastikan di hari pertama, Test NS1. Jadi kalaupun DB lebih cepat tertangani.

    Semoga anaknya lekas sembuh dan sehat kembi ya Mbak…

    1. Aminnn terim kasih ya..

  12. Semoga Kinar lekas baikan ya mba. Pasti kerasa deg-degan kala tau anak terkena sakit gini. Untung aja ya ada saran untuk pemeriksaan NS1 ini, jadi si dengue ini udah terdeteksi sejak awal, ga sampai nunggu trombosit turun parah baru ketahuan.

  13. Ternyata ada metode baru untuk mengecek DBD ya jadi memudahkan kita untuk mengetahui penyakit ini lebih dini dan lebih waspada.. terima kasih infonya mbak bermanfaat banget

  14. Halo mba. Aku pernah ngalamin saat anak terdiagnosis DB. Sedih sekali. Pantau terus perkembangan dan trombosit nya. Ditunggu kisah lanjutannya ya.

    Btw, aneh juga pemerintah ya nutup akses langsung ke rumah sakit

  15. aku juga baru tahu tes ini sih Mak, tapi emang beda ya kalo anak demam biasa sama demam yang ada penyakit lainnya. seperti gejala typus, atau dengue, alhamdulillah anak sudah ditangai secara cepat dan tepat ya Mba. semoga masa penyembuhannya juga cepat sehat sedia kala. aamiin

  16. Wah iya, lagi musim demam berdarah ya mbak
    Keponakanku baru Senin kemarin keluar dari rumah sakit
    Kena demam berdarah juga dia
    Lekas sehat ya kinar

  17. Salah satu penyakit yang wajib diwaspadai saat musim hujan seperti sekarang adalah Demam Berdarah ya, Mak.. Rasanya ikut lega karena sudah ada metode baru untuk mengetes adanya penyakit ini. Harapannya, semakin cepat ketahuan, tentu semakin cepat mendapat penanganan.

    Omong-omong, kondisi Kakak sekarang gimana, Mak? Semoga sudah sehat kembali, yaa…

  18. Aku baru tahu tentang tes NS 1 mbak. Memang jadi lebih cepat dalam mendeteksi ya. Jadi ketika ketahuan, bisa terpantau terus oleh dokter di rs. Semoga ai kecil lekas sembuh ya Mbak

  19. Wah, soal NS1 ini saya pernah dengar dari pengalaman kerabat dekat juga. memang agak mahal ya tapi bikin kita bisa lebih tenang karena kondisi anak masih belum kritis dan bisa segera dapat penanganan. Karena kalau DB terlambat ditangani bisa fatal dan sampai mengakibatkan kematian juga.

  20. Yang penting tetap minum yang banyak yang bisa menambah trombosit. Biar cepat pulang dari rumah sakit karena deman berdarah

  21. Semoga si kecil sehat terus ya. Emang DB bahaya banget karena siklusnya seperti pelana kuda, untungnya bisa cepat tes darah jadi tahu positif DB apa gak.

  22. dengan penanganan yang tepat dan cepat tentu hal buruk yang disebabkan demam berdarah bisa dicegah dan proses penyembuhan juga akan jauh lebih tepat lagi

  23. Semoga Kinar lekas sembuh ya mbak, duh tes NS1 ini udah tersedia di semua fasilitas kesehatan atau lab tertentu saja mbak? kalau di Bangkalan udah ada, kemungkinan di Malang juga ada kali ya, cuma saya yg belum tahu

    1. Di malang pasti ada lah.. Di lab2 besar terutama..

  24. Biayanya nggak bisa dicover BPJS mbak? Lumayan sih, kalau tes 1 orang nggak terasa, kalau beberapa orang ya terasa biayanya :))))
    Semoga lekas sembuh, untung udah diketahui awal-awal

    1. Iya..NS1 belum dikaver BPJS

  25. Sangat membantu ya mom alatnya,tapi berarti.hasilnya positif kalo gimana ya,garis satu atau garis 2? dulu kan kudu di tes darah,terus jeda berapa hari gt,kitanya diinfus ya. alhamdulillah ada alat ini ya

    1. Kalo garis 2 positif

  26. Lumayan ya kak biaya tes ns1-nya. Tapi demi si kecil, lebih baik sedia payung sblm hujan. Drpd kenapa2 loh.

    Aku dulu jg baru ketahuan smggu krn kukira ya panas biasa. Setelah dipaksa temen, akhirnya mau cek lab jg. Eh ternyata bukan panas demam biasa/typus, malah kena DB. Dstu aku seumur2 masuk UGD dan hrs opname.

    Krn emg baru pertama ke RS, sampe aku tanya opname itu apaan dok? Wkwkwk. Soalnya baru pertama kali di perantauan. Jauh ama keluarga. Kl sakit biasanya ga pernah ke RS. Ckp pake obat biasa aja udh sembuh. Eh ternyata hrs opname 3 hari krn DB. Syukur sembuh.

  27. Alhamdulillah alatnya bisa membantu deteksi dini ya jadi penanganannya bisa cepat, alatnya canggih dan bermanfaat banget nih

  28. […] Termasuk ketika anak ke-2 saya akhirnya terpapar DBD juga sekitar 17 Januari 2022. Saat terindikasi positif DB dari hasil tes antigen NS1 sempat berniat merawat di rumah saja. Ulasan tentang pemeriksaan NS1 bisa dibaca di sini : Deteksi DB dengan NS1 […]

  29. Joko Yugiyanto says: Balas

    teknologi makin canggih dan membuat siapa saja bisa melakukan deteksi dini dan tak terkecuali untuk kasus demam berdarah, sehat sehat buat ita semua

  30. Kak Dian thanks banget loh mengulas tentang tes NS1. Saya baru tau malah. Selama ini sama dengan ibu-ibu lain kalau curiga ada demam berdarah tunggu di hari ke-3. Ternyata tidak harus ya. Mudah-mudahan tes ini sudah banyak di klinik /puskesmas setempat ya

  31. Waaah tetap semangat kak . Aku baru tau juga bisa di deteksi di hari pertama demam ya . Kemarin anak aku demam tinggi juga soalnya . Aku nungguin tulisan kakak selanjutnya nih . Nice shareee

  32. Tes NS1 ini sangat membantu orang tua ya mbak. Tapi kemarin waktu tes NS1 harus cek antigen dulu ga? Soalnya ada kenalanku yang anaknya demam hari pertama apa kedua gitu, karena takut DB jadinya ke rs. Karena demam hrs di antigen dulu, eh malah positif covid19 =(

    1. Nggak.. Swabnya pas di UGD.. Alhmdulillah aman..

  33. aku pas kemaren tes itu pas di rs harusnya aku tes dari awal ya
    emang jangan sampe telat banget ini db bahaya :”)
    untung anakku di awal jadi cepat pulihnya 4 hari pulang :”)
    sehat2 semua

  34. Thanks sharingnya mb Diane…bermanfaat banget buatku yg punya bocil ogah minum obat. Kalau demam tinggi dan ke dokter, bisa langsung konsul utk tes ini.

Tinggalkan Balasan