Life Goals di Usia Senja

DPLK Manulife

“Kecil bahagia, muda kaya rajin menabung, tua kaya raya, mati masuk surgaโ€

Masa kecil yang bahagia menurut saya adalah berkah. Beruntung saya mengalaminya, bahagia dan mendapatkan pendidikan serta kasih sayang yang cukup dari keluarga..terutama orang tua. Nah ketika muda..apakah saya kaya raya dan rajin menabung? Kaya sih nggak..tapi saya sangat menikmati masa-masa menyelesaikan kuliah sambil bekerja. Meski gaji tak besar tetep aja senang.

Tapi untuk menabung..sepertinya memang kekurangan saya.. padahal kalau niat sih ya..berapapun uang yang kita sisihkan..pasti ada hasilnya kalau dilakukan secara rutin, konsisten, dan disiplin. Jadi bukan seberapa besar yang kita sisihkan saja..Melainkan ya seberapa niat kita menabung dan melaksanakannya.

Oiya sebenarnya untuk punya kehidupan yang menyenangkan di usia senja memang bukan hanya uang yang harus disiapkan ya..Banyak hal sih..Tapi uang pegang peranan. Ketika usia senja nanti pengen bebas jalan-jalan kemana pun kita mau? Ya kan harus ada uangnya..dan tentu saja kondisi fisik yang sehat. Nah 2 hal ini lah yang perlu disiapkan sejak dini sebenarnya, setidaknya sejak usia masih 20an lah.

Bahagia dan Sehat di Usia Senja

DPLK Manulife

Kalau saya memang ada 2 hal yang menjadi life goals ketika usia senja nanti..Saya ingin selalu dalam kebahagiaan dan kesehatan. Sepertinya sepele atau kecil lah ya kebahagiaan sama kesehatan ini.. Tapi kalau di breakdown lagi..langsung deh kelihatan rumitnya. Kenapa rumit? Karena bahagia itu banyak banget faktor penentunya. Ya misalnya bahagia kalau bisa rutin jalan-jalan..bahagia kalau kondisi finansial stabil..dan masih banyak lagi bentuk kebahagiaan lainnya.

Untuk kesehatan..ketika usia senja menjadi tantangan tersendiri. Karena kondisi fisik tentu berbeda dengan saat usia masih 20-30 an.  Menyiapkan kesehatan yang prima memang harus sejak dini..Mulai dari menerapkan pola hidup sehat, diantaranya :

  • Rutin berolahraga (jalan kaki, bersepeda, jogging, minimal 30 menit setiap hari)
  • Memastikan cukup mengkonsumsi buah dan sayur segar setiap hari.
  • Cukup minum air putih
  • Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak.
  • Menghindari stress
  • Tidak merokok dan konsumsi alkohol
  • Rutin cek kesehatan setidaknya 6 bulan sekali.

Setidaknya 7 hal ini lah yang menurut saya sangat membantu kita untuk selalu sehat hingga usia senja. Pasti seneng banget kalau kita selalu sehat ya..Apalagi di masa pandemi seperti 2 tahun belakangan ini..

Kalau untuk menyiapkan kebahagiaan gemana?Salah satu kunci kebahagiaan adalah kondisi keuangan yang stabil saat usia senja. Nah untuk life goal yang satu ini tentu perlu persiapan yang sungguh-sungguh juga. Menabung atau investasi jadi cara terbaik untuk menyiapkan kondisi keuangan yang stabil.

Belakangan ini kan banyak pilihan tabungan dan investasi. Pintar-pintar deh memilih..Pastikan kita menabung dan berinvestasi di lembaga yang memang sudah terjamin layanannya, legal, berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

DPLK Manulife Solusi Pensiun Bahagia

DPLK Manulife

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. DPLK Manulife Indonesia sudah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan 5 Agustus 1994.

Kita bisa memanfaatkan program di DPLK secara individu maupun kolektif melalui perusahaan. Program DPLK individu adalah MiGolden Retirement. Ini adalah program dana pensiun individu yang diterbitkan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan Manulife Indonesia atau DPLK Manulife Indonesia.  MiGolden Retirement dirancang khusus untuk Peserta Individu dalam mempersiapkan perencanaan finansial menuju usia pensiun.

Usia masuk program ini mulai 18 tahun dengan usia pensiun normal 40 tahunan. Melalui MiGolden Retirement DPLK Manulife Indonesia, Peserta bisa melakukan perencanaan pensiun secara pribadi dengan melakukan iuran minimal Rp500.000 setiap bulan. Peserta juga akan mendapatkan pengembangan hasil investasi yang optimal setiap bulannya.

Manfaat lain yang diperoleh peserta diantaranya :

a. Manfaat pensiun normal, diberikan kepada Peserta pada saat mencapai usia pensiun normal sesuai pilihan Peserta;

b. Manfaat pensiun dipercepat, diberikan apabila Peserta mengajukan usia pensiun dipercepat dalam jangka waktu minimal 10 (sepuluh) tahun sebelum dicapainya usia pensiun normal;

c. Manfaat pensiun cacat, timbul apabila Peserta dinyatakan cacat oleh dokter yang disetujui oleh DPLK Manulife Indonesia dan pembayarannya dilakukan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah pernyataan cacat diterima.

d. Manfaat pensiun meninggal dunia, apabila Peserta meninggal dunia maka pembayaran manfat akan dibayarkan kepada ahli waris Peserta yang sah sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku.

Oiya ..dana pensiun yang kita siapkan sejak jauh-jauh hari adalah sebagian dari pendapatan yang bisa kita nikmati ketika masa pensiun tiba. Potensi pendapatan lain apakah memungkinkan? Sangat memungkinkan. Beberapa potensi income yang bisa didapat ketika memasuki masa pensiun selain dana pensiun individu adalah :

  • Dana sosial pemerintah
  • Gaji ketika bekerja lagi di masa pensiun
  • Dukungan keluarga
  • Kekayaan rumah tangga

Dengan persiapan matang, masa pensiun ternyata bisa juga ya menyenangkan. Informasi lebih detail tentang bagaimana menyiapkan dana pensiun bisa akses www.manulife.co.id yaโ€ฆ

 Yuk kita siapkan dana pensiun kita jauh-jauh hari..demi life goals yang membahagiakan.. Semangat !!

#Semakinharisemakinbaik #DPLKManulife

120 Replies to “Life Goals di Usia Senja”

  1. Jangan lupaa dengan slogan Makin Tua Makin Bahagia biar semesta mengamini ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ. Perencanaan keuangan di masa tua memang wajib punya yaa supaya cita2 bahagia tanpa masalah keuangan di masa tua teratasi

    1. Setuju. Perencanaan di usia muda untuk hari tua memang perlu banget. Jadi gak ngerepotin anak-anak nanti karena kita juga mandiri secara finansial

  2. jadi penasaran nih sama DPLK Manulife lebih lanjut, pengen coba ceki2 ke websitenya aah. siapa tahu aku bisa join jg ๐Ÿ™‚

  3. perencanaan pensiun secara pribadi bisa dimulai dengan iuran minimal Rp500.000 setiap bulan ya.. wah menarik banget

    1. Sama mba aku juga pengen masa senjaku dalam keadaan bahagia dan sehat. Aduh baca ini jadi diingetin juga untuk olah raga. Makasih ya mba. Oh ngomongin soal dana pensiun aku tiba tiba aku kok sedih ya. Soalnya kami sandwich generasi memang perlu bekerja lebih keras lagi untuk menyiapkan dana pensiun di usia senja ini. Smeoga Allah menyampaikan usia kita sampai tua dan berkah ya mba

  4. DPLK Manulife ini patut diikuti yang membutuhkannya, dengan harapan hari tua nanti bisa senang dan bahagia. Manfaat yang diperoleh banyak juga ya. Dapat pengembangan hasil investasi juga ini ternyata ya. Ternyata mulai usia 18 tahun sudah bisa ikutan program ini.

    1. AKu mikirnya sih ga mau membebankan anak2 ketika kita sudah tua nanti. Syukur2 mulai sekarang kita sudah jaga2 ya. Ikutan DPLK Manulife bisa menjadi solusi terbaik nih agar ga puyeng di usia senja nanti. Iurannya juga cukup terjangkau.

      1. Semoga masa senja kita semua bahagia. Aamiin. Sepakat banget, untuk menghadapi usia senja, persiapan finansial dan kesehatan penting banget. Sama pentingnya malah.

        Sebisa mungkin nggak ngerepotin anak-anak…

        Aamiin

  5. Tetap bahagia dan sehat di usia senja memang goals banget, ya. Syikur-syukur gak membebankan anak. Memang jadinya harus diupayakan sejak awal. Ketika usia masih produktif.

    1. Saya masih maju mundur untuk rutin cek kesehatan. Padahal penting juga, ya. Apalagi untuk usia senja.

  6. Aku pun mau di hari tua bisa santai, gak mikir besok makannya gimana. Nyiapin uang pensiun kudu dimulai nih. Yuk semangat

    1. Masa tua atau masa pensiun harus disiapkan sejak muda. Gak hanya masalah keuangan, masalah lain juga.
      Agar “makin tua makin bahagia” bisa terwujud….
      Btw, yakin umur kita bisa sampai “tua” ?
      Semoga ya….
      Aamiin

  7. Pilah pilih investasi buat masa senja ini memang kudu pintar-pintar ya, Mba. Secara manulife ini memang sudah terpercaya sejak dulu dan programnya bagus. Semoga semakin inovatif dan memudahkan cutomer.

  8. Iya, usia bertambah harus lebih fokus lagi menjaga kesehatan tubuh biar bisa menikmati hidup tanpa ngilu dan nyeri aamiin, tabungan pensiun juga harus disiapkan sejak dini yaa

  9. Persiapan dana utk hari tua adalah planning yg akan membuat kita bahagia dan tdk benar2 merepotlan anak2 di hari tua kita wlp terasa sangatlah berat utk bisa mendisiplinkan diri menyisihkan penghasilan kita utk jangka waktu yang lama. Namun ketika tiba masanya pensiun kita akan merasa puas dan bahagia. Yuk. sedini mungkin kita merencanakannya melalui program Manulife dengan beragam pilihan sesuai pilihan kita.

  10. Di masa senja aku perharap selalu sehat dan bahagia. Dan tak lupa makin mendekatkan diri juga ke Allah SWT. Semoga terwujud ya mba. Aamiin

  11. iya nih. aku juga cita-citanya pas tua itu badan tetap sehat, nggak pikun, tetap produktif dan secara finansial juga nggak kekurangan. tentunya untuk bisa menggapai cita-cita itu harus kita persiapkan dari sekarang yaa seperti menyiapkan dana pensiun dan menjalankan pola hidup sehat

  12. Life goals ini tidaklah mudah mewujudkannya.
    Harus dengan banyak hal yang dipikirkan bahkan saat masih usia produktif. Yang keren adalah ketika berani mengambil tindakan dan memutuskan untuk merencanakan keuangan menggunakan produk yang ditawarkan Manulife Indonesia.
    Keduanya sangat memberikan gambaran besar mengenai dana yang akan diperoleh ketika memasuki usia pensiun.

  13. Setuju sehat dan bahagia, juga jadi life goals aku di usia senja!
    Apalagi soal hidup sehat ini, terasa bangeeet saat sakit ya.

    Itulah kenapa dianjurkan senantiasa menitipkan doa minta kesehatan dalam setiap kesempatan.

    Aku pribadi belum ada rencana untuk pensiun, Insya Allah akan tetap aktif jika diizinkan Allah SWT.

    Aku percaya dengan tetap aktif sepanjang usia, aku akan bahagia, Insya Allah, dan tetap sambil juga belajar mengelola keuangan agar punya dana pensiun dan darurat

  14. Semoga kita tetap sehat dan bisa hidup sejahtera ya mak. Ga jadi beban orang lain dan bisa ibadah dengan baik dan khusyuk. Aamiin

  15. ah iya, klo mw bahagia di hari tua ya harus dipersiapkan dulu ya mbak
    mau bahagia dan sejahtera di masa pensiun, ya harus siapin dana pensiun dulu

  16. Pengen banget punya dana pensiun di masa tua nanti. supaya enggak merepotkan anak-anak karena punya simpanan sendiri. Semoga cita-cita ini tercapai aamiin

  17. Jadi ini dana pensiun sekaligus ada investasi ya mbak? Lumayan juga nih 500 ribu ya yang bisa kita ambil utk masa tua. InsyaAllah cukup terjangkau lha ya utk tabungan masa tua. Khususnya buat yang non ASN hehe.
    Eh usia pensiun normal dihitung 40 tahun ya? Kirain bakalan lebih.
    Btw makasih infonya.

  18. Bagus banget ya mbk program DLPK ini.. Berarti ini minimal setorv500ribubya mbak. Semoga kita dimudahkan untuk nabung buat masa pensiun ya mbk.

  19. Bener banget mba, harus disiapkan sejak sekarang ya dana pensiun tuh. Maunya sih di masa tua nanti kita bisa menikmati kebebasan finansial dan membahagiakan diri dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

  20. Huaaa jaman now pastinya dana pensiun dalam arti nabung segede gedenya itu seperti halusinasi – maju kena mundur kena hihi… tapi kan harus ya mbak, biar semua terjamin

  21. Jadi berasa diingatkan baca tulisan ini. Aku belum punya dana pensiun sampai usia 42 gini. Duh. Harus ngejar waktu nih. Cita-citqku sih umur 60 pengen pensiun. Tinggal di desa dekat sawah dan gunung. Menikmati hidup di rumah. Bismillah. Semoga terkabul cita-cita pensiun kita ya Mbak.

  22. nah ini dia, menuju usia-usia cantik yang memang harus dipersiapkan ya mba. Perencanaan keuangan yang baik memang menjadi penentu kebahagiaan di masa tua ya mba.

    1. Ngomongin soal bahagia di usia senja, aku pengen menua bersama pasangan, temani anak cucu dalam usia yang berkah tanpa memikirnya keuangan. Jadi penting banget ya nyiapin dana pensiun untuk hari senja agar pas di hari tua ga sampai banyak ngerepotin anak biar anak ga jadi generation sandwich. Kasian soalnya. Jadi punya dana pensiun itu penting. Skrang ada manulife yang bisa mewujudkan mimpi kita untuk memiliki dana pensiun

    2. Perencanaan keuangan memang penting banget sih, biar pas tua bisa hidup santai dan tidak membebani siapa pun. Dana pensiun, asuransi jiwa dan kesehatan wajib ada sih.

  23. Wadidaww, umur 40 thn udah setara usia pensiun ya Mba? *mendadak cabutin uban ๐Ÿ˜›

    Baiklaaaa, mari kita atur keuangan dan masa depan dgn lebih baik lagi! Semangaaattt! #lifeGoals

  24. DPLK Manulife kayanya memang bakal menjamin usia senja kita ya mak. berasa lebih tanang aja pasti ya kalo udah punya simpanan masa tua, jadi nggak perlu terlalu ngerepotin ank-anak kaaaan

  25. aku sekarang pensiun ma sama suami barengan
    ya gini aja skrg tapi alhamdulillah ada dplk kantor jadi bisa dikaryakan buat masa tua kayak gini
    soalnya dari dulu emang pengen retired before 40

  26. Ada manfaat meninggal dunia juga ya yang kemudian bisa diwariskan bagi ahli waris. Menurutku aku pribadi ingin sekali di usia senja masih aktif, sehat dan berkarya tapi tak mengejar duniawi namun ibadah karena pensiun sudah tercover

  27. Masa pensiun banyak yang harus dipersiapkan, tidak hanya kesehatan tapi juga dana pensiun.
    Nanya dong mbak, berapa batas maksimal usia yang boleh mendaftar untuk ikut DPLK ini? Aku udah bolak balik baca kayaknya belum ada ya penjelasan tentang batas usia kepesertaan

  28. dana pensiun ini seringkali terlewat karena prioritas kebutuhan masa kini. Semoga bisa nyicil supaya nantinya saat bukan lagi usia produktif tidak jadi beban keluarga. Maunya kalau pensiun ya jalan-jalan keliling dunia sama suami. aamiin.

    1. Aamiin… semoga nanti kita semua pas sudah masuk usia tua diberkahi dengan kebebasan finansial yang sudah kita cicil dari sekarang ya mba. Biar enggak merepotkan anak cucu gitu maksudnya.

  29. Memiliki dana pensiun memang penting banget agar setelah memasuki usia senja dan pensiun tidak merepotkan anak-anak karena kondisi kesehatan yang membutuhkan banyak biaya meskipun harapan kedepannya setelah usia senja tetap sehat dan aktif. Dana pensiun juga membuat kita merasa aman dan nyaman meskipun sudah tidak aktif bekerja.

  30. Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak. => ini saya bold banget mba. Saya juga bertekad tahun ini harus mengurangi, mengingat usia bertambah dan kondisi tubuh tidak seperti dulu lagi. Bismillah semoga niat baik bisa terealisasi.

  31. Bahagia banget ya, Mbak, kalau masa pensiun kita bisa menyenangkan. Semua bisa terpenuhi dari persiapan keuangan sejak sebelum memasuki masa pensiun. Menua bersama pasangan tanpa merepotkan anak-anak atau keluarga lain. Semoga ya..aamiin.

  32. sepakat mba, kesehatan dan kebahagiaan menjadi goals buat hari tua..sebisa mungkin memang persiapan finansial ya, saya juga dan suami punya rencana jika pensiun nanti nikmatin dengan jalan2 hehehe aamiin

    btw baru tahu ada DPLK manulife ini jadi bisa ya mba buat kita2 ini persiapan masa pensiun

    1. Saat Tua nanti sebisa mungkin tidak merepotkan anakku, bisa hidup nyaman & bahagia bersama suami

  33. Harus pintar jaga kesehatan dari sekarang ya agar tetap bugar di masa tua, agar masih bisa aktif ke mana-mana. Plus siapin asuransi dana pensiun juga agar nanti saat sudah usia 55-60 gak kecapekan cari uang melulu karena kalau gak kerja gak bisa makan.

    1. Sepakat dengan mba eni, apalagi saya sudah usia 40 ++ harus menjaga pola makan dan kebugaran supaya sehat selalu. Dana pensiun disiapkan supaya bisa menikmati hidup happy dimasa tua

  34. Dengan menabung 500rb perbulan untuk bekal pensiun kelak tergolong standard tp hasilnya kelak wow

  35. Penting sekali punya life goals di usia senja. Mesti disiapkan sejak dini ini. Sebab dana pensiun yang disiapkan jauh hari yang merupakan sebagian dari pendapatan yang bisa kita nikmati ketika masa pensiun tiba akan membuat masa tua akan menyenangkan pasti. Dan DPLK Manulife bisa jadi solusi

  36. Saya sepakat mbak, kita harus merencanakan kehidupan kita di masa tua ya mbak, sehat, sejahtera, bahagia menjadi goals yang harus dipegang nih. Btw mbak, aku jadi penasaran deh sama program DPLK pensiun mbak, manfaatnya besar yaa bagi para pensiunan.

  37. Kesehatan dan kebahagiaan justru yang utama sih mbak menurutku, bukan yang sepele, tapi emang kadang org suka lupa dengan 2 kenikmatan ini yaaa, moga kita gak ๐Ÿ˜€
    Zaman skrng utk mempersiapkan masa pensiun menabung aja gak cukup ya, kudu ada “tabungan” lain salah satunya berupa dana pensiun DPLK gini. Aku pun kepikiran mau bikin mbak soalnya bukan ASN yg dapat dana pensiun jd kudu pinter2 mengelola dana saat ini. TFS

  38. Prinsipku sama nimbrung jangan merepotkan orang saat kita nanti sudah usia senja. Mau ga mau memang harus menyiapkan dana pensiun dari sekarang ya mbak.

  39. Dana pensiun ini pernah sekali dibahas sama temen-temen NCT Dream, kak Dian.
    Dan aku terpaku, seorang Jaemin yang usianya masih 25 tahun saja sudah memikirkan dana pensiun. Aku jadi terpacu ketika mengikuti webinar bersama DPLK Manulife Indonesia. Bahwa memiliki uang harus dialokasikan ke pos yang tepat, untuk masa depan salah satunya.

  40. Di mas tua nanti saya jug ingin bahagia, sehat, dan bebas financial. Tidak menjadi beban anak atau keluarga. Semoga bisa mewujudkan itu ya, Mbak.. aamiin.

    1. Sama, saya juga berharap bahagia dan sehat di usia senja…Aamiin
      Setuju jika salah satu kunci kebahagiaan adalah kondisi keuangan yang stabil saat usia senja, maka sedari dini kita perlu menyiapkannya di antaranya dengan memiliki dana pensiun

  41. Untuk masa tua yang tenang, kita memang harus persiapkan dengan baik ya mba. Semuanya memang harus dipikirkan karena yang persiapannya sudah banyak dilakukan saja ngga menjamin masa senja bisa tenang

  42. Perencanaan keuangan, merencanakan kehidupan, menyusun kebahagiaan bisa terwujud. Manulife memungkinkan perencanaan lebih baik masa mendatang.

  43. Untuk masa tua yang bahagia memang butuh persiapan ya…butuh tujuan yang jelas di masa tua mau seperti apa kemudian mempersiapkan jalan agar target di masa tua tercapai.

  44. Dulu seperti tidak mungkin kita bisa pensiun dalam usia muda, karena definisi pensiun itu masa istirahat setelah melewati usia enam puluh. Sekarang usia 40 saja kita bisa ya pensiun dini. Adanya LKDP Manulife sangat membantu nih

  45. Nggak jarang sih banyak orang yang lupa menyiapkan bekal untuk usia senja. Makanya banyak banget orang-orang yang berusia senja tetap sibuk bekerja.

    Memang benar bahwa bekal di usia senja bukan hanya tentang uang. Tapi juga kesehatan.

    Nah, kalau uangnya dalam jumlah yang banyak ya pasti akan lebih nyaman dan terjamin sih hidup kita. Hehehehe

  46. Punya dana pensiun is a must ya biar pas masa tua bisa lebih tenang menjalani masa tua. Pas masih muda kerja sebaik mungkin, nabung, siapkan dana pensiun lalu hidup tenang. Semangat nabung untuk dana pensiun

  47. life goals tiap kita beda-beda. aku sendiri pengen nantinya dari uangku bisa bekerja sendiri sehingga aku bisa lebih tenang menikmati hidup.

  48. ingat kasus Ibu Trimah yang “dibuang” anak-anaknya di panti jompo Mbak?

    Menurut saya sih masalahnya karena dia gak menyiapkan dana untuk pensiun

    tapi ya sudahlah, generasi baby boomers mungkin gak paham

    beda dengan kita yang tahu tentang Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife sehingga tahu harus mengerem pengeluaran masa kini untuk dana masa depan

  49. RACHMANITA Adindarara says: Balas

    Bener banget kalau ada life goal Tentunya ini membuat kita semakin nyaman yah apalagi harus bisa di planing juga dari sejak kita saat ini

  50. Memiliki masa tua yg bahagia, bisa dimulai dari sekarang ya mbak
    Dengan mulai menyiapkan dana pensiun
    Agar saat memasuki masa tua, kita bisa tetap hidup bahagia dan sejahtera

  51. Setuju, perencanaan pensiun emang penting. Kayak mamaku ini, alhamdulillah masih dapat pensiun dari almarhumah Papa. Meski kami anak-anaknya juga ngasih, setidaknya beliau tetap punya sendiri dan enggak terlalu bergantung sama kami

  52. Biar hari tua bahagia, aman soal keuangan, punya dana pensiun itu penting bgt ya Mak. Bisa nih ikut DPLK Manulife, cekiceki webnya dulu ah… Makasih buat sharingnya ya Mak…

  53. Perlu banget ini memang Mbak, yaitu mempersiapkan dana pensiun. Saya pun sedang memikirkannya. Mungkin setelah keuangan stabil saya stabil saya akan bergabung.

  54. Cakep ya program yang diadakan DPLK Manulife Indonesia. Saya berharap di masa menjelang tua bahagia.Tidak terbebani oleh masalah-masalah berat karena anak-anak sudah beranjak dewasa. Ketika aku memutuskan pensiun dini, ada kebahagiaan tersendiri karena punya waktu untuk keluarga. Bahagia kita yang menciptakan

  55. masa tua yang sehat dan bahagia tentu menjadi impian semua orang ya, meski sudah agak terlambat jika kita memulai sekarang untuk menabung untuk dana pensiun ini, tapi daripada diam saja tanpa realisasi mending langsung action ya.
    semoga di hari tua kita bisa menikmati hari bahagia tanpa membebani anak-anak maupun cucu ๐Ÿ˜€

  56. Kecil bahagia, muda kaya rajin menabung, tua kaya raya, mati masuk surga ini mah impian banget. Pokoknya pensiun nanti kudu lebih sejahtera dibanding saat masih kerja. Haha

  57. Bahagia di usia senja. Semua orang pasti menginginkannya dan memang perencanannya pun enggak dadakan ya kan. Memang bener banget dah di usia yang mulai 20 tahun ke atas itu memang udah waktunya menentukan masa depan yang akan dijalani nantinya. Termasuk dengan kehidupan ketika senja dan DPLK Manulife ini bisa menjadi solusi.

  58. Pengen banget deh sisa usia ini selain bermanfaat bagi orang lain, juga nggak repotin anak cucu kelak. Makanya prepare dari sekarang aku nabung kak

  59. DPLK Manulife jawaban yang aku cari slama ini, kepikiran bgt masalah pensiun bahagia, bisa memenuhi kebutuhan saat pensiun dan tidak merepotkan siapapun.

  60. Ketika semua terencana dengan baik, dan mampu melihat jauh ke depan, pada masa di mana waktu senja datang menyapa, kita ga perlu merasa bingung. Tetap merasa bahagia, apalagi sudah ada persiapan sejak jauh-jauh hari, seperi asuransi untuk masa tua, asuransi pendidikan anak.

  61. Iya, memang terdengar sepele kebahagiaan dan kesehatan itu, tapi itu dua komponen yang priceless! rasanya semua orang ingin mendapatkan life goals semacam itu, termasuk saya. Plus kalau memungkinkan semakin tua, semakin banyak berkelana hehehe amin

  62. Membuat sejumlah perencanaan dan aktifitas menyenangkan buat keluarga dan diri sendiri akan memberikan manfaat kebahagiaan baik keuangan, dan lainnya

  63. Hai Bu Dian memasuki usia 1/2 abad ini saat ini yang aku persiapkan (sudah dimulai dari usia 30 an) adalah tubuh yang yang sehat.Olahraga, komsumsi beras merah, kurangi makanan berminyak dan perbanyak air putih. Perencaan keuangan adalah sedikit nabung supaya tidak menyusahkan anak kelak

  64. Ada baiknya semua memang direncanakan dengan matang ya. Terlebih jika saat ini masih muda dan Terbilang cukup produktif bekerja dan berkarya. DPLK bisa jadi solusi sih apalagi untuk pekerja freelance

  65. Apapun life goalsnya, kita semua punya satu kesamaan yaitu harus punya perencanaan keuangan yang baik dan tepat sedini mungkin

  66. senang banget ya

    sekarang siapapun bisa mendapat DPLK Manulife agar gak kapiran di masa tua

    jadi ingat kasus ibu Trimah yang “dibuang” anak2nya ke panti jompo

    andaikan mandiri finansial, dia gak akan bernasib seburuk itu

  67. Income di masa pensiun insya Allah ada, dan tentunya persiapan untuk masa tersebut harus sejak dini dilakukan jadi punya tabungan hari tua

  68. Memperhatikan teman-teman yang lebih dulu pensiun dan sedang menikmati masa tua, selain kesehatan yang tetap terjaga, ternyata mandiri secara finansial adalah salah satu dari rasa aman yang bisa kita miliki untuk menikmati pensiun. Karena dengan begini, kita tidak bergantung pada orang lain terutama anak-anak.

    Doa saya adalah agar anak-anak saya tidak jadi generasi sandwich. Generasi yang memiliki beban hidup karena harus mengurusi dan membiayai hidup orang tua selain tentu saja mengurusi diri sendiri dan keluarganya.

  69. Mbak aku jadi penasaran nih dengan DPLK Manulife ini. Keren ya patut diikuti bagi yang membutuhkannya, pastinya dengan harapan hari tua nanti bisa senang dan bahagia bersama keluarga Kita ya mbak

  70. Meski sudah lewat usia 40 dan baru tahu soal adanya pendanaan pensiun dini saya tidak merasa terlambat. Memilh tetap menyisihkan penghasilan untuk tabungan masa pensiun kelak

  71. Aku pun ingin saat memasuki masa pensiun nanti selalu sehat dan bahagia mbak. Sehat jiwa, raga dan juga finansial. Urusan sehat finansial di masa pensiun ini bisa dipersiapkan sejak sekarang memalui DPLK manulife

  72. Saya pun ingin tetap bahagia dan sehat di usia tua. Memiliki keuangan yang sehat juga. Dalam artian gak membebani anak. Pastinya harus direncanakan banget sejak sekarang, ya

  73. Punya masa pensiun yang sehat dan bahagia bikin seneng ya. Dari sekarang harus banget disiapkan yah, supaya nanti bisa berjalan sesuai impian.

  74. aamiin semakin tua semakin bahagia, tinggal melihat dan menikmati jerih payah masa muda, apalagi kalo bisa dimulai sejak dini ya..

  75. Menghadapi masa tua, banyak hal yang harus dipersiapkan sejak dini yaa, Mba. Bukan hanya kesehatan lahir batin, tapi finansial juga harus matang agar gak terlunta-lunta dan hidup merasa di hari tua

  76. BAhagia di masa tua adalah dambaan semua insan. Terkadang masalah finansial bisa jadi penghalang. BAik itu finansial yang terlallu banyak, maupun yang minimalis. Yang sedang-sedang saja lebih membahagiakan ya…

  77. Kadang kita lupa kalau suat saat kita akan memasuki usia pensiun. Persiapan seperti investasi untuk hari tua penting banget ya.

  78. Aku dan suami juga ikut DPLK..karena kami berdua punya mimpi yang ingin diwujudkan setelah usia senja nanti

  79. Impian banget ya, bisa menikmati hari tua dengan kesehatan dan uang yang cukup. Cukup kalau buat jalan-jalan, berhaji dan hidup bersama pasangan. Menikmati kedekatan dengan cucu-cucu dan anak-anak yang sehat. Penasaran nih info lanjutnya, kulik manulife ah..

  80. Mamiku ada ikut asuransi yang langsung bayar di muka itu untuk 10 tahun, heheheee, jadi agak tenang, nggak mikirin premi lagi tiap bulannya tapi terjamin selama 10 tahun ke depan, bahkan lebih. Manulife ini bagus juga ya? Semoga ntar bisa gabungan juga.

  81. Sehat di usia senja adalah impian semua orang. Salah satu modalnya ya mulai berinvestasi di masa muda, misalnya memiliki dana pensiun dari Manulife ini.

  82. impianku juga bisa menikmati hari tua dengan tenang di kampung halaman dengan orang tercinta yang pas muda susah banget ketemunya karena sama-sama kerja, dan berharap gak ngerepotin anak-anak karena aku paham betul jadi sanwich generation itu ga enak.

  83. masa tua yang menyenangkan dengan keuangan stabil memang harus diupayakan saat masih muda ya. Jangan ditunda2 sih menurutku. Jujur aku mulai nabung buat pensiun ini agak terlambat tapi daripada nggak sama sekali kan.

    1. benar mbak, aku juga kepikiran begini mbak. Jangan tunda hal baik. terutama untuk investasi masa tua nanti yaa. Makanya meski nabung tuk pensiun baru dimulai sekarang tapi semoga bisa memenuhi kebutuhan nanti di masa depan yaa.

  84. Semoga kita semua bisa tetap sehat dan bahagia di usia senja, ya. Aku pun sedang mempersiapkannya.

  85. Mau punya masa tua yg membahagiakan? Pastinya harus disiapkan mulai sekarang ya mbak
    Salah satunya dengan memiliki dana pensiun

  86. Udah semestinya di usia senja menjadikan check up sbg agenda rutin. Supaya bisa terpantau kondisi kesehatan. Jangan nunggu sakit dulu ya kan.

  87. Iya, kalau pensiun terus masih sehat, ada simpanan dana pensiun itu rasanya tenang dan ringan ya nggak pusing mikirin besok mau makan apa, atau mau bayar tagihan gimana caranya. Jadi sedini mungkin memang harus kita persiapkan dana pensiun ini

  88. Sudah dari sekarang aku mempersiapkan dana pensiun agar ketika masanya pensiun nanti masih bisa hidup enak dan tidak menyusahkan anak. hehe. tapi yabng terpenting sih jaga kesehatan, biar bisa main sama cucu-cucu nantinya..

  89. Semoga masa senja kita semua bahagia. Aamiin. Sepakat banget, untuk menghadapi usia senja, persiapan finansial dan kesehatan penting banget. Sama pentingnya malah.

    Sebisa mungkin nggak ngerepotin anak-anak…

    Aamiin

  90. Wajib banget kita mempersiapkan masa pensiun dengan memiliki dana pensiun ya mba, apalagi sebagai seorang freelancer yang memiliki gaji tidak tetap

  91. Mulai menuliskan kembali impian-impian yang aku bayangkan 20-30 tahun ke depan. Dan merasakan pentingnya dana pensiun. Merencanakan di tempat yang terbaik bersama DPLK Manulife Indonesia adalah yang terbaik.

  92. Ibuku selalu minta ke anak-anaknya, untuk didoakan selalu sehat. Lalu aku pernah dikasih tahu teman sekantor, doakan juga Ibu supaya selalu bahagia.
    Betul mbak apa yg kamu tulis, aku pun merasakan bahwa dua hal ini memang penting buat org di usia senja

  93. Sapti nurul hidayati says: Balas

    Masa tua memang harus disiapkan ya. Mininal kita bisa tetap mandiri di usia senja. Semoga keinginan untuk sehat dan bahagia di usia senja terwujud. Salah satunya dengan mengikuti tabungan DPLK ini..

  94. life goalku sehat dan banyak uang buat macam2 kebutuhan termasuk pendidikan anak. eaaaa semua orang pasti ya mak. cuma emang bener kudu mastiin dplk ini penting buat kita

  95. Baru tahu kalau Manulife gak hanya asuransi, ada DPLK juga. Wah jd kepikiran juga nih mbak untuk bikin dana pensiun sejak sekarang, moga gak nelat. Soalnya bukan PNS yang akan dapat pensiun jd kudu maksain nih punya dana pensiun apaagi bulanannya jg termasuk masih terjangkau utk frelancer ya. Makasih infonya ๐Ÿ˜€

  96. diusia senja semoga sehat bahgia gak dikerubutin berbagai penyakit…., terus menikmati kehidupan normal. Ya seandainya udah waktunya…sakit nggak lama, gak ngerepotin yang muda2,,,

    semoga kita sehat kala menua ya mba…dan finansial juga baik…

  97. aku dulu mengurus pensiunan ayah ketika ibu meninggal, lumayan ribetnya tapi alhamdulillah bisa lulus kuliah dengan tunjungan itu. Kini, aku pun menyiapkan dana pensiun juga agar anak2ku juga enggak terbebani pendidikannya

  98. Iya banget, life goals di usia senja mah tiada lain dan tiada bukan adalah menikmati masa pensiun dengan nyaman dan tenang. Jadinya, untuk bisa mewujudkan hal itu, kita kudu nyiapin sedari sekarang. Supaya gak kaget dan gak nyusahin anak-anak ya.

  99. Menabung memang penting tapi kalau punya dana pensiun lebih aman ya Kak. Apalagi bagi pegawai swasta yg ga ada pensiun dari instansinya.

  100. Dengan ikut program MiGolden Retirement dari DPLK manulife, yang bukan pekerja kantoran pun bisa merencanakan dana pensiun ya. Bagus nih programnya, menyasar pekerja individu.

  101. persiapan dini diusia senja itu benar2 paling penting ya mba. krn kita juga gamau merepotkan anak nanti sewaktu sudah tua.

  102. duh kayanya punya tabungan pensiun jadi life goals aku juga niiih.. emnag mesti disiapkan sejak dini ya maaaak.. kayanya aku perlu DPLKManulife juga niiih

  103. Nggak bisa dipungkiri memang, menjadi tua dan memiliki simpanan tabungan untuk biaya kehidupan di masa pensiun itu life goals semua orang ya mbak. Jadi memang harus diusahakan.

  104. Memikirkan dana pensiun penting banget ya, dari awal mulai kerja juga kayanya udah harus bisa mikir sampai kesana mengingat betapa pentingnya dana ini. Saat kita tidak produktif lagi. Selain bisa jalan-jalan dan jajan lucu harus menyiapkan partisi buat dana pensiun nih. Terima kasih infonya kak ๐Ÿ™‚

  105. Impian setiap orang ya hari tua bisa relaks punya pegangan sendiri dan tidak merepotkan oranglain

Tinggalkan Balasan