Wisata Mangrove di Madura

Wisata Mangrove di Madura

Kekayaan alam berupa hutan mangrove di Indonesia sangat lah besar.. Karena negara kita tercinta punya kawasan pesisir yang luar biasa luas. Mangrove tumbuh subur di daerah pesisir. Begitu pula di Madura. Kawasan hutan mangrove membentang dari mulai Bangkalan di ujung barat sampai Sumenep di ujung timur, termasuk wilayah kepulauan.

Hutan mangrove punya banyak sekali manfaat, diantaranya:

  •  sebagai habitat bagi berbagai jenis binatang laut dan burung
  • sebagai makanan bagi ikan kecil dan kepiting yang hidup dengan memakan daun tumbuhan bakau
  • sebagai pelindung kawasan pesisir karena hutan mangrove mampu menahan dan memperlambat arus dan ombak sehingga mengurangi risiko erosi dan dampak lainnya
  • melindungi laut dari lumpur dan air lebih jernih karena lumpur bisa membahayakan ekosistem laut. Tapi  dengan adanya mangrove, ekosistem laut akan terlindungi sehingga tidak tercampur lumpur.
  • tempat berlabuh kapal kecil yang biasa digunakan nelayan sekitar kawasan hutan mangrove.
  • Beberapa bagian tanaman mangrove bisa diolah jadi makanan dan minuman, sehingga bisa bernilai ekonomis.
Wisata Mangrove
Minuman dari buah mangrove

Manfaat hutan mangrove yang tak kalah penting adalah dapat dijadikan tempat wisata. Nah..wisata mangrove di Madura juga sudah bermunculan..Yuk ketahui dimana saja tepat wisata mangrove di Madura..

Inilah Beberapa Tempat Wisata Mangrove di Madura

Madura ada 4 kabupaten. Nah keempat kabupaten di Madura ini punya wisata mangrove yang keren-keren.. Dimana saja kah?

Bangkalan : tempat wisata mangrove berada di Labuhan dan Bancaran.2 kawasan ini menawarkan keindahan pantai dan hutan mangrove yang teduh.

Sampang : Meski belum bisa diakses seperti tempat wisata pada umumnya..kawasan pesisir selatan Sampang mempunyai hutan mangrove yang sangat luas. Wisatawan bisa melihat kawasan ini dengan menggunakan perahu, jadi semacam susur sungai.

Wisata Mangrove di Madura
Wisata Mangrove Sampang, sebelum pandemi

Pamekasan : 2 tempat wisata mangrove di daerah Pamekasan ini adalah Ekowisata Wisata Mangrove Lembung di desa Lembung kecamatan Galis dan di Pantai Talang Siring. Keduanya berada di sisi selatan kabupaten Pamekasan. Tempat wisata ini juga murah meriah, karena harga tiket masuknya hanya sekitar 1000-2000 rupiah saja. Murah banget kan?

Wisata Mangrove Madura
Wisata Mangrove Lembung

Sumenep : di ujung timur pulau Madura ini ada Wisata Mangrove Kedatim (WMK) dan Pantai Ekasoghi. Keduanya terletak di kecamatan Saronggi. Wisata Mangrove Kedatim baru dibuka tahun 2021 dan Ekasoghi 2020.Aksesnya juga mudah dan harga tiket sekitar Rp.10.000. Untuk menyusuri kawasan hutan yang lebat di WMK dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam karena memang luas banget. Sementara untuk di Ekasoghi bisa lebih singkat dan pengunjung bisa camping di sekitar pantai.

Wisata Mangrove di Madura
Wisata Mangrove Kedatim
Wisata Mangrove di Madura
Wisata Mangrove Ekasoghi

Yang Perlu Disiapkan untuk Wisata Mangrove di Madura

Berwisata di wisata mangrove memang menyenangkan. Selain refreshing, kita juga bisa mengenal lingkungan. Posisinya yang di pesisir atau muara dan dekat dengan pantai membuat aktivitas berwisata butuh persiapan khusus. Karena umumnya hawa udara meskipun berangin sejuk, panasnya juga akan sangat terasa. Agar tetap nyaman dan tetap sehat selama dan sesudah berwisata..pastikan kita lakukan beberapa hal penting berikut ini ya :

  • Memakai sunblock
  • Membawa alat pelindung dari teriknya matahari (topi, kacamata)
  • Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat  
  • Membawa minum dan snack
  • Membawa handsanitizer dan masker cadangan.

Berwisata ke kawasan mangrove menurut saya lebih nyaman bila dilakukan di pagi hari atau menjelang senja. Karena pada jam tersebut biasanya pengunjung tidak banyak, udara juga tidak terlalu panas. Jangan lupa protokol kesehatannya juag ya…tetap pakai masker, jaga jarak bila cenderung ramai, sering cuci tangan pakai sabun.

Stay safe, stay happy, stay healthy

49 Replies to “Wisata Mangrove di Madura”

  1. aku pernah juga mba berwisata ke hutan mangrove di Cirebon, seru banget seperti cerita kamu di blog ini mba

    1. dan oleh-oleh dari hutan mangrove itu selain nambah pengetahun tentang hutan mangrove juga merasakan hasil dari hutan mangrove deh

  2. Jadi ingat salah satu lokasi hutan mangrove di Lombok, kalau gak salah di daerah Lembar. Saya sering banget lihat postingannya di media sosial, tapi entah mengapa belum sampai juga ke sana. Malu dong ya, orang sini kok malah belum ke objek wisata lokasinya sendiri. Semoga kapan-kapan saya bisa ke sana, dan membuat tulisan tentang wisata mangrove seperti yang mbak buat 🙂

    1. Saraswati Safitri says: Balas

      Semoga suatu Hari nanti bisa kesana!!! Yeayy

  3. Mauukkk banget eksplor Sumenep
    Duh ya ampuun, asik bgt ya mba, bisa enjoy jalan2 sama nak kanak children
    Doakan anakku juga mau diajak ngebolang lagi ya mbaa

  4. Aku tuh wisata mangrove yang di PIK aja belum kesampaian huhuhuuu 🙁 Duh, kepengen dooong yang jauh di Madura sana hehehe. Asyik ya wisata plus dapat pengalaman seru dan wawasan tentang lingkungan terutama si mangrove-nya ini.

    1. Semalam aku lihat IG PIK. Ternya kini sudah dibuka untuk umum lebih luas lagi dan anaik2 usia 12 tahun ke bawah boleh masuk. Wisata mangrove di Madura masih kejauhan sih buat aku hihihihi, jadi mau yang dekat2 aja dulu.

  5. Wah banyak wisata mangrove di Madura, tinggal pilih yang ada di kota mana.Dan bener mending pagi atau jelang senja, saya ke wisata mangrove terakhir pas mudik Kediri, lokasi di Tulungagung dan jam 12 siang sampai sana…duh panassss

  6. Saya pernah kunjungi wisata Mangrove Semarang di kawasan Puri Maerokoco. Indah banget lihat viewnya. Sepanjang mata memandang fresh banget lihat yang ijo-ijo. Baru tahu ada minuman dari buah mangrove, pengen cobain rasanya deh.

  7. Wajib banget kalau wisata manggrove ini pakai sunscreen ya mba. Pas ke Madura belum pernah wisata seperti ini. Bisa nih jadi pilihan ya mba . Harga tiket masuknya juga terjangkau

  8. Plisss culik aku ke hutan mangrovaa Mbaa, belom pernah soale .
    Nah itu htm nya murang banget,udah dapet pemandangan yang menyenangkan gitu.
    Semoga next bisa mengunjungi ke sanaaa

    1. Sebagai kawasan yang dikelilingi oleh laut, pantas saja Madura Banyak lokasi mangrove-nya ya Mbak. Hutan mangrove yang menunjang ekosistem pinggir laut, harus kita lestarikan. Membuatnya jadi destinasi wisata semoga semakin terjaga ya

      1. Jalan jalan ke mangrove emang bisa jadi alternatif wisata ya mbak
        Di surabaya juga ada,
        Wisata mangrove juga bisa jadi solusi untuk ikut menjaga kelestarian mangrove

  9. kalau di Kalimantan Utara (Tarakan) aku sering nih mbak Diane ke hutan mangrove,
    dan seringnya alm Bapak menerangkan pentingnya ada mangrove (gambut) sebagai penahan supaya sedimen tanah tidak terkikis terus

  10. Mba, aku baru tau buah mangrove bisa diolah. Di daerah ortu ku di Sumatera Utara masih banyak mangrove tapi belum pernah lihat jus mangrove. Aku sendiri sudah beberapa kali mengunjungi hutan Mangrove seruuuu 🙂

    1. Aku tuh pernah wisata mangrove di kepulauan seribu, lumayan panas tapi seruuu.

  11. Seru banget mbak wisata mangrove, aku udah beberapa kali juga nih. Aku baru tau kalau mangrove bisa dijadikan minuman juga

    1. Aih asyiknya yang udah beberapa kali wisata magrove. Saya dong, belum pernah sama sekali huhuhu. Apalagi sampai cobain minumannya. Kan..kan..penasaran jadinya

  12. Saya belum pernah berwisata ke hutan mangrove. Pernah lewat aja di daerah piton, probolinggo. Ternyata di Madura juga ada. Duh kapan ya bisa piknik ke madura, penasaran pengen lewat suramadu juga

  13. Adem banget ya hutan bakaunya. Aku pernah pergi, tapi di daerah Rembang gitu. Emang paling enak ke sana pas sore, lebih adem. Btw, di Madura banyak juga ya hutan mangrove-nya

    1. Jujur, ini saya juga penasaran deh sama wisata mangrove. Tadi pas ngobrol sama teman2 mau sesekali main ke hutan mangrove

  14. seru sekali yah, btw aku jadi terinspirasi nih itu yang minuman dari buah mangrove, hehehe. Btw mak, perlu vitalitas emang kalo mau liburan kayak gini yah. moga sehat selalu

  15. Belum pernah nih ke wisat mangrove jadi penting untuk ajak× anakku seru ya apalagi melihat manfaatnya keren

  16. Sekarang kawasan manggrove bisa jadi alternatif tujuan wisata, ya. Sepertinya asyik juga ya, bisa menikmati keindahan di sekitar hutan manggrove

  17. Baru tahu kalau mangrove tuh ada buahnya dan bahkan bisa diolah jd minuman mbak.
    Kirain ya cuma pohon hijau2an gtu hehe
    Alhamdulillah ya mangrove di Madura cukup banyak sehingga bisa melindungi pulau yang dikelilingi oleh pantai dan lautan itu.

    1. Sunblock dan pelindung kulit serat kepala saat ke mangrove emang penting banget ya bak, soalnya walau ijo2 tetep aja dekat laut di mana biasanya lbh panas hehe
      Makin banyak ya wisata mangrove, kalau kyk gtu bikin pengelolanya jg makin semangat menjaga keberlangsungan hutan mangrove ya mbak?

  18. keliatan panase emang mak makanya kudu pake sunscreen yaa hahaha. tapi seru juga mak sesekali begini ya. aku belum pernah masuk area mangrove sama sekali. padahal di sini ada cuma belum ke sana

    1. wah banyak yah wisata Mangrove di Madura. Biayanya juga murce lah untuk liburan keluarga di alam terbuka.
      Btw, aku baru tahu mangrove itu menghasilkan buah, lho. Kupikir pohonnya kuat buat mencegah abrasi aja

  19. Perjalanan yang bikin hepi nih, aku jadi kangen main ke mangroove kak
    pandemi ini bikin nggak bisa ke mana-mana, baca tulisanmu jadi berasa udah jalan-jalan beneran. Sehat selalu sekeluarga ya kak

  20. wah seru banget mbak jalan jalan ke mangrove ny
    kapan kapan klo ke madura aku mau mampir sini juga ah

  21. Berasa liat bali nih, apa karena cuma liat hutan Mangrove di Bali aja ya, ternyata Madura juga punya. Semoga ada kesempatan main ke Madura, indah banget, seger

  22. wah aku baru tahu buah yang sering kulihat di pinggir sungai itu namanya buah mangrove. heuheu. dan bisa dijadikan minuman juga ya? rasanya gimana mbak?

  23. Wah seru ya. Sebelum pandemi ke Madura jalan2 sekeluarga tapi bingung mau kemana. Akhirnya makan bebek & duduk2 di alun2 aja 😃😃

  24. Duuh pengen banget nyobain sirup buah mangrovenya itu. Bisa jadi komoditas utama Juga itu mbak. Apalagi kalo dikelola dengan baik. Memberi manfaat besar untuk masyarakat

  25. Kalo aku k Sumenep, kita explore ke sini lagi yo mbaaa
    ntar aku bawa multivitamin dari rungkut
    biar makin enjoyyy

  26. Ternyata buah mangrove bisa dibuat minuman, ya. Penasaran deh seperti apa rasanya

  27. Wah say baru tau ada minuman dari buah mangrove lho.
    Terakhir ke hutan mangrove sekitar satu atau dua bulan lalu, yakni di hutan mangrove pantai Kuri Caddi Maros Sulsel.
    Memang banyak banget manfaat mangrove buat kehidupan manusia. Perlu banget kita mendukung pelestarian hutan mangrove

  28. Aih asyiknya berwisata ke hutan magrove. Aku dulu lahir dan tumbuh di kawasan pesisir pantai, jadi lumayan familiar ama magrove. Saking biasanya, dulu nggak bisa nikmatin keindahan mangrove rasanya biasa gt. Tapi setelah bertahun2 ga liat hutan mangrove lagi rasanya kok kangen.

  29. Bagusnya mbaa..hutan mangrove aku belum pernah. Pengiin mbaaa. Dan baru tau minuman itu. Asyik banget ini. Mau ke Madura jg ku belum pernah. Oh iyaaa rasanyaa minuman itu segeeer apa betuuul😁

  30. Wisata mangrove salah satu kegiatan yang menarik. Biasanya bisa keliling dengan jalan kaki di jembatan yang dibangun di sela-sela mangrove ya mbak. Saya pernah begitu pas di Lampung Timur. Kalau di Kalimantan mesti naik perahu karena luas banget dan ada sungainya segala, ada buaya pula. Yang amazing pas di Belitung, mangrove nya di laut, hampir sepulau, jadilah kami keliling naik perahu motor 😀

    Yang di Sumenep ini bagus juga. Kalau ada tour di sana, mau juga ikut dan nyobain.

  31. Saya baru tau ada minuman dari buah mangrove, loh, Mbak. Bagaimana rasanya? Apakah buah mangrove ini memiliki khasiat?
    Wisata mangrove ini mulai digalakkan di beberapa daerah, semoga bisa mendatangkan wisatawan yang banyak

  32. Wisata Mangrove memang wajib makain sunblock dan pelindung diri dari panas matahari. Tapi, selain itu, semuanya menyenangkan kalau berwisata Mangrove. Saya baru pernah di Pantai Ayah Cilacap. Naik kapal kecil melihat mangrove itu membahagiakan.

    Eh, saya baru tahu nih, ternyata ada ya buah Mangrove, bisa dibuat minuman seger gitu. Cocok nih buat minum saat keliling Mangrove di terik yang panas.

  33. Aku pengen banget jalan-jalan ke wisata mangrove gini, tapi belum kesampaian.

    Wah ada bagian pohon mangrove yang bisa diolah jadi minuman juga. Minum ini ditengah tanaman mangrove, makin asyik

  34. Baca tulisan Mak Diane bikin kangen sama Madura deh.. Aku dulu suka diajak ke mercusuar aja sama Om dan sepupuku. Oiya, aku pernah diajak ke sekolah tempat Bulik mengajar, di dekat pantai juga. Lihat perahu-perahu kecil gitu bikin seneng. Tapi lupa, di dekatnya ada mangrove apa ngga. Kapan-kapan semoga bisa ke Madura lagi dan bisa wisata mangrove di sana. 🙂

    Dan serius aku baru tau kalau tanaman mangrove bisa diolah jadi minuman.. Banyak banget manfaatnya, yaa…

  35. Saya pernah ngunjungin kawasan mangrove di Semarang, di kawasan Puri Maerokoco. Emang adem sih Liat sekeliling ijo-ijo. Di Pamekasan murmer banget ya ticket masuk hanya 1-2k aja. Baru tahu tenyata ada minuman dari buah mangrove, jadi penasaran pengen cobain

  36. Aku belum pernah berwisata di hutan mangrove, tempatku gg ada sih, ntar kalau ke Semarang bisa nih mampir di kawasan mangrove Semarang. Btw, di Madura banyak ya wisata hutan mangrove…

  37. Wah seru banget nih bisa jalan-jalan ke pantai dan lihat hutan mangrove. Duh aku kapan ya terakhir jalan-jalan ke hutan mangrove. Kayaknya tahun 2000 deh. Wow, udah 21 tahun yang lalu. Zaman kuliah lapangan. Kangen deh ih. Semoga kesampaian nih main ke Hutan Mangrove Madura. 😀

  38. Wah pengalaman yang mengasyikan sekaligus mendebarkan juga ya duduk di perahu di sepanjang hutan mangrove. Pengen deh sekali-kali duduk kayak mbak di perahu itu. Kalau di Bogor enggak ada hutan mangrove harus ke Madura yaa. hehe makasih rekomendasinya mbak

  39. Ulalaa~
    Mataharinya yaa, kak Di.. hot hot potatoe banget.
    Tapi beneran, jalan ke hutan mangrove ini buatku yang jarang main ke alam, bikin parno. Padahal udahannya mah..super happy. Aku pernah juga wisata hutan mangrove yang di Surabaya, kak Di.

Tinggalkan Balasan