Aneka Olahan Daging Sapi ala Korea

Daging sapi memang menjadi salah satu sumber protein pokok yang menjadi pilihan banyak orang. Selain karena kaya akan protein daging sapi ini juga bisa dikreasikan jadi berbagai menu masakan sehingga tidak membosankan. Bahkan di berbagai negara banyak sekali jenis olahan daging sapi.

Untuk menu aneka masakan daging sapi di Indonesia banyak sekali ragamya. Tapi terkadang kita merasa bosan karena sudah terbiasa dengan cita rasa tertentu. Makanya tak jarang saat ini banyak juga menu olahan daging sapi dari negara lain yang menjadi favorit orang – orang di Indonesia.

Salah satu negara yang aneka olahan daging sapinya disukai yaitu negara Korea. Berawal dari kegemaran orang Indonesia menonton drama korea dan melihat apa yang dimakan dalam acara tersebut akhirnya membuat banyak orang penasaran dengan apa yang mereka makan dan ingin mencobanya. Jadilah sekarang banyak sekali streetfood maupun restoran yang menyajikan menu khas Korea ini.

Baca Juga : Kuliner Pulau Jeju

Aneka Olahan Daging
Sumber Gambar : Yummy App-Rika Putri

Sebenarnya olahan daging sapi ala Korea ini banyak sekali jenisnya, tetapi kali ini kita akan membahas menu yang peling terkenal yaitu Beef Bulgogi. Bagi yang ingin mencoba rasa beef bulgogi ini jangan khawatir tidak perlu ke Korea langsung ataupun mengunjungi restoran Korea. Kita juga bisa loh mencoba membuatnya sendiri dengan mengikuti resep dibawah ini.

Bahan yang harus dipersiapkan :

  • 250 gram daging khas dalam, diiris tipis
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm air matang
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm biji wijen
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • ½ buah bawang bombay
  • 1 sdt lada hitam
  • ½ sdt kaldu bubuk

Selajutnya setelah semua bahan diatas dipersiapkan, kita bisa langsung mulai proses pembuatannya.

  1. Campur semua bumbu – bumbu diatas menjadi satu di dalam satu wadah.
  2. Masukan daging yang sudah diiris tipis tersebut ke dalam campuran bumbu dan diamkan di dalam kulkas kurang lebih selama 2 jam sampau bumbu agak meresap.
  3. Periksa lagi setelah 3 jam jika bumbu dirasa kurang meresap maka kamu bisa menambah lagi waktu perendaman.
  4. Jika bumbu sudah dirasa meresap ke dalam daging, maka kamu bisa langsung memasak daging tersebut di atas panci anti lengket.
  5. Masak semua daging sampai matang kemudian angkat dan simpan ke dalam wadah terpisah.
  6. Setelah semua daging matang kemudian berikan taburan biji wijen di atas daging bulgogi tersebut.
  7. Daging Bulgogi ala Korea pun sudah bisa disajikan.

Baca Juga : Kue Gluten Free

Eh kita bisa juga loh menyajikan daging bulgogi ini dengan nasi panas ataupun disantap bersama sayuran selada. Menyantap daging bulgogi ini dengan campuran mie juga oke. Semua tergantung selera, Biasanya hidangan daging bulgogi seperti ini hanya disediakan saat hari – hari penting di Korea.

Menarik kan buat dicoba membuat sendiri di rumah.. Bahan–bahan yang dipakai untuk membuat daging bulgogi ini juga sangat mudah ditemui di Indonesia. Jadi tidak perlu jauh – jauh ke korea ataupun ke restoran ala Korea jika kita ingin mencoba kelezatan dari daging bulgogi. Yuk cobain..

Tinggalkan Balasan