Mengobati Rindu pada Kuliner Jogja

kuliner Jogja

“Yank..ayok nang Jogja..” (Yank..ayok ke Jogja)

“Kapan..?”

“Tanggal 5 Juli iki..” (tanggal 5 Juli ini)

“Ayok wes…” (Ayok lah..)

Seorang sahabat mengajak saya ke Jogja bulan Juni lalu. Saya iyakan meski waktu itu belum tahu juga apakah rencana kami bisa terlaksana atau tidak. Karena memang situasi sekarang serba tak bisa diprediksi kan..

Padahal setiap ada ajakan atau rencana ke Jogja, langsung kebayang segala sesuatu tentang Jogja. Masa kecil dan masa remaja sering saya habiskan di Jogja di rumah nenek dari ibu. Kerinduan akan Jogja jangan ditanya deh… Rindu tebal kalo kata om Iwan Fals.

Keinginan ke Jogja yang sangat besar bukan karena keinginan saya sendiri. Tapi juga sekalian mengantarkan ibu yang memang sudah lama tak mudik. Ditambah lagi keinginan anak-anak untuk melihat Jogja di usia mereka yang sudah menjelang remaja.

Rencana di tahun 2020 dan 2021 untuk bisa ke Jogja sempat batal beberapa kali. Karena apa? Ya apalagi kalau bukan karena pandemi ini.  Kami tidak cukup nekat untuk jalan-jalan sampai ke Jogja. Kami tidak cukup berani untuk berombongan ke Jogja.

Menjelang akhir Juni.. eh lah kok..ada PPKM Jawa Bali. Ya sudah.. gak ada PPKM aja kami masih pikir-pikir dan was-was ya.. Apalagi ada PPKM. Hahah.. buyar..buyar..buyar..Buyar semua bayangan saya yang bakal mengobati rindu akan Jogja. Pendam lagi dah keinginan untuk menyantap kuliner Jogja yang memang selalu nagih.

Baca Juga : Keanekaragaman Wisata Alam

Berburu Kuliner Jogja lewat Toko Online

Tapi keinginan untuk menyantap kuliner khas Jogja sesekali muncul. Aneka jajanan di sekitar Pasar Beringharjo, gudeg, rujak es krim, bakpia, ampyang, dan masih banyak lagi lainnya. Sampai akhirnya saya coba untuk beli online saja. Tapi apa ya?Gudeg kemasan kaleng emang ada..tapi tentu kenikmatannya beda ya dengan kalo kita makan di tempat.

Akhirnya saya putuskan untuk beli bakpia saja. Karena diantara kuliner dan oleh-oleh khas Jogja..bakpia menempati urutan teratas most wanted nih…Tapi saya pikir-pikir juga khawatir rusak sampai di Sumenep. Karena biasanya pengiriman butuh waktu 3-5 hari.

kuliner Jogja

Saya coba deh cek beberapa toko online penjual bakpia. Gak harus yang mahal atau yang lagi tren sih..Buat saya bakpia klasik yang rasa original kacang hijau tuh terbaik lah.. Saya pilih bakpia 25 aja deh.. harganya Rp30.000 per pack. Tokonya saya pilih yang posisinya di Kota Yogyakarta.

Selanjutnya saya cek jasa kurir yang bisa dipakai untuk pengiriman bakpia ke Sumenep. Termurah TIKI donk..18.000/kg. Yaudah saya langsung pesan 2 pack lalu pakai promo dari marketplacenya dapet diskon 20.000. Jadi saya cukup bayar 58.000 saja. Murah toh?

Murah bangetttt. Terutama ongkirnya itu loh.. Saya pernah mau pesan tiwul plus gatot instan (makanan olahan dari singkong) cek ongkir 30.000/kg dari Jogja, dan tidak ada pilihan pengiriman by TIKI. Ya saya cancel lah..karena harga barang lebih murah dari  ongkos kirimnya.

Well setelah check out dan melakukan pembayaran..Alhamdulillah barang langsung diproses dan dikirim di hari saya transfer. Gak sabar rasanya untuk segera mengobati kangen sama si bakpia ini..

Baca Juga : Resep Potato Wedges

Memantau Paket TIKI lewat Aplikasi  

Ohya..saya kan punya aplikasi TIKI. Nah saya bisa memantau paketan bakpia saya juga dari aplikasi ini. Jadi gak perlu cek ke marketplace yang kadang membuat saya tergoda untuk belanja lainnya. Waktu pertama install saya coba cek beberapa menu dan ada menu Riwayat-Shipment. Setelah saya buka saya terkejut kok ada isinya ya? Ohh ternyata ada yang kirim paket ke saya pake TIKI. Auto happy deh setelah install aplikasi TIKI ini..

Memantau perjalanan paket kadang bikin deg-degan. Pernah saya memantau paketan dari Bandung entah pakai jasa apa saya lupa. Ya ampun itu paket jalan-jalan dari kecamatan apa gitu di Bandung, lalu ke Kota Bandung, ke Karawang, lalu ke Tegal, ke Solo, ke Sidoarjo, baru ke Sumenep. Kebayang gak gemana lelahnya barang pesanan saya melewati perjalanan panjang itu? Saya aja lelah lihatnya..hehe

Makanya saya pilih-pilih banget untuk urusan jasa pengiriman ini. Apalagi yang saya pesan makanan basah kan.. Setelah saya pantau lewat aplikasi, paketan bakpia saya cepat juga prosesnya. Kota Yogyakarta-Surabaya-Sumenep. Hanya 3 titik itu yang dilewati si bakpia.

kuliner Jogja

Marketplace menyebutkan estimasi barang yang saya pesan tanggal 12 Agustus bakal sampai 15-16 Agustus 2021. Tapi saya pantau di aplikasi TIKI tanggal 14 Agustus siang barang sudah sampai di TIKI Sumenep. Waaahhh seneng banget donk… Etapi saya sempat bertanya-tanya lagi nih.. Kira-kira bakal diantar hari ini juga nggak ya? Secara kan tanggal 14 Agustus hari Sabtu, besok Minggu. Khawatir banget barang baru diantar Senin hahaha…

Pas magrib..ehh ada Mas TIKI dateng mengantarkan pesanan bakpia saya. Huhuhu…senangnyaaa… Orang serumah surprise banget ada paketan bakpia dateng karena memang saya gak bilang kalau lagi pesan bakpia..hehe.. Packingan bakpianya rapi, dus tidak penyok-penyok, di bagian dalam sudah dilengkapi buble wrap.

kuliner Jogja

Kerapian paket saat diterima pelanggan begini menurut saya kerjasama yang bagus antara penjual dan jasa pengiriman. Serapi-rapinya penjual mengemas kalau jasa pengiriman memperlakukan paketan dengan sembarangan (sekalipun sudah bertanda ‘fragile’), barang bisa diterima pelanggan dalam keadaan yang mengenaskan.

Ya..namanya juga rindu pada kuliner Jogja yang satu ini udah tak tertahankan…habis dalam sehari saja…haha…Alhamdulillah…saya berterima kasih pada toko online penjual bakpia dan TIKI. Kerinduan kami pada kuliner Jogja terobati sudah..

Pengalaman menyenangkan saya ini insyaallaah akan saya ulangi dengan memesan kuliner lainnya pakai jasa pengiriman TIKI.

Dukungan TIKI pada UMKM

Ternyata TIKI memang sangat mensupport pengiriman kuliner. Pesanan bakpia saya dilabeli Pak Man alias Paket Makanan. Jadi memang perlakukannya berbeda ya.. Pengiriman lebih cepat, paket juga tetap rapi, biaya sangat bersahabat. Untuk kuliner bisa juga menggunakan layanan SDS (Same Day Service) yaitu layanan pengiriman dalam 1 hari yang sama dengan pemesanan. Untuk kuliner Nusantara juga ada layanan khusus dari berbagai daerah ke Jakarta. Nahini membantu banget buat yang kangen kuliner daerah kayak saya gini..di masa seperti sekarang ketika kita belum bisa bebas bepergian seperti dulu. Saya udah buktikan sendiri kenyamanan layanan TIKI untuk kategori makanan ini.

Apakah hanya usaha kuliner yang didukung oleh TIKI?Tentu tidak! Pelaku usaha tanaman dan ikan hias juga dibantu pengirimannya oleh TIKI loh..

kuliner Jogja

Ya, TIKI juga melayani pengiriman ikan dan tanaman hias ke seluruh wilayah Indonesia. Penanganan paket ikan dan tanaman hias memang tidak seperti barang lainnya. Selain pengemasan, pengiriman juga harus dilengkapi surat karantina. Nah TIKI membantu pedagang ini untuk proses pengurusannya.

Layanan apalagi yang mensupport bisnis termasuk bisnis rumahan yang tergolong skala kecil menengah?

JEMPOL-Jemput Online, ini adalah fitur yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI akan datang menjemput barang kiriman di lokasi yang ditetapkan pelanggan tanpa batas minimal barang, tanpa dikenakan biaya tambahan.

PUTAR-Jemput Antar, layanan ini bisa dinikmati di wilayah Jakarta dan Bandung. Dengan PUTAR, pelanggan bisa mendapat layanan jemput antar barang dalam waktu maksimal 3 jam.

SERLOK– atau Seller Online Booking adalah layanan TIKI untuk pelaku usaha. Penjual online akan mendapatkan diskon harga 18 persen, fleksibilitas pembayaran sampai H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller.  Online seller juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan promo marketing yang diselenggarakan TIKI.

Nah saya udah ngerasain nih layanan TIKI saat mengobati rindu pada kuliner Jogja. Belanja online kerasa banget aman dan nyaman. Punya pengalaman menyenangkan saat kangen kulineran?Boleh loh dishare di kolom komentar..

40 Replies to “Mengobati Rindu pada Kuliner Jogja”

  1. Ayo kak sini dolan ke Jogja ntar aku anterin ke lokasi Bakpia2 enak yang ada disini hehe

    1. huhuhu mauuuu… siapp ntar kalo ke Jogja boleh deh…😊 Berburu bakpia… Ini aja mau cari lagi yang online hehe

  2. Saya juga sering kirim PAKMAN ke adik saya di Depok, Mbak. Mulai dari sambal goreng, rendang, dan camilan. Sehari sampai dan ongkirnya cuma sekilo sampai. Enaknya, saya bisa cek perjalanan paket saya. Lalu ada SMS saat masuk.
    Saya juga sudah kenal baik dengan Mbak Tiki di sini. Jadi kadang mau kirim kurang 1 kg, saya minta dicekkan dulu sama dia hehehe.

    1. weehh asik banget tu mas.. kangen makanan lumayan terobati ya..

  3. Wah, marai mingin-mingini aja nih Mbak pada bakpia. Istriku juga pengin banget ke Jogja, semoga segera usai pandemi ya. Sementara ya pesan makanan secara online gini aja biar lebih mudah. Emang TIKI paling hemat, Mbak. Aku kalau kirim hadiah paket ke teman di Jabodetabek ya pilih TIKI karena relatif lebih terjangkau dan sudah kenal sama outletnya hehe. Jadi bisa masukin resi dulu, terutama kalau mau jualan sangat membantu.

    1. mantul mas… ketagihan aku pesen makanan pake TIKI hhaha

  4. Benar banget . Ongkos kirim bikin kita mikir. Apalagi kalau mahal. Bakalan cancel. Tiki untungnya murah harga mengirimkan

  5. Jadi pengen bakpia pathok 25 nihh. Pertama nyobain pas study comparatif kampus ke jogja. Malah ketagihan sampe nitip temen yg di jogja buat beliin.

  6. Setuju banget mbak Diane, sama seller udah rapi pengemasan kalau sama jasa ekspedisi nya gak dijaga ya udah deh. Syukurlah ya TIKI menjaga dengan baik sehingga pesanan pembeli diterima rapi sebagaimana penjual telah mengemasnya apik

  7. Alhamdulillah ya, berkat ekspedisi yang andal, meski di rumah aja, saya juga bisa menikmati kuliner nusantara, mulai dari pempek palembang, bakpia jogja, lumpia semarang, dll…

  8. Wah, kalau kangen makanan Jogja, bisa nih kirim2 paketnya pakai TIKI Mobile aja. Aman dan nyaman ya, isi paket juga bagus, karena packing juga diperhatikan dengan baik. Ongkirnya juga termasuk terjangkau ya mbak. Mantap deh.

  9. Enak ya, Mba pakai TIKI kita bisa tracking paketnya sampai dimana. Dan prediksi waktunya tepat loh. Jadi kita nggal kayak ngumbar-ngumbar janji datang tanggal sekian, ga taunya ga dateng. Kalau TIKI, datang tanggal sekian, pas tanggal itu. Kadang malah lebih cepat sehari kalau pengalaman saya mah.

  10. Baca tulisan ini aku jadi pengen makan bakpia mam…. Udah lama banget sejak terakhir kali aku makan bakpia. Kalau jarak tokonya dekat belinya bisa pakai TIKI PUTAR ya mam. Biar langsung sampai hari itu juga.

  11. Wah seneng nih bisa makan bakpia. Udah lama gak nyicipin bakpia yg rasa original favorit ku. Yogya emang ngangenin. Terakhir ke sana belum ppkm nih. Kapan ya bisa ke sana lagi?

    1. Punya usaha makanan gak usah repot soal pengiriman ya, Mba. Karena ada TIKI jasa pengiriman yang punya same day service. Di mana barang tiba dalam 1 hari.
      Kalau aku pakai Tiki untuk kirim barang reguler saja.

  12. Wiwin | Pratiwanggini.Net says: Balas

    Saya yang tinggal di Jogja pun sekarang mau tidak mau order camilan juga dari rumah saja. Kadang pake ojol, kadang pake yang lain. Kalo ada sodara di luar kota yang minta dikirimin bakpia, saya kirim pake Tiki juga.

  13. Yang rasa original emang ga ada lawan, paling enak dan ga ada bosannya. Untung zaman sekarang udah ada jasa pengiriman yang terpercaya ya, jafi mengirim makanan meskipun jaraknya jauh pun enggak was was

  14. Wooh aman ya kalau kirim makanan pakai TIKI. Aku tuh lagi pengen mnt kirimin sambal pecel dari kampung, cuma masih galau pilih jasa ekspedisi yang mana. Kayaknya TIKI oke juga nih ya. ntar pakai TIKI deh.

  15. Dengan melacak pengiriman lewat aplikasi, kita jadi bisa tahu posisi paket sudah sampai mana, ya mbak. Walau kadang ga begitu buru-buru harus cepat sampai, tapi rasanya senang aja ada update pengiriman yang bisa kita lihat 24 jam.

    Produk terbaru dari TIKI ini amat bermanfaat, apalagi masih pandemi gini, banyak kebutuhan yang dibeli online, dan kita pastinya butuh jasa pengiriman yang bikin barang yang kita kirim/pesan, sampai dengan aman di tujuan.

  16. Huwaaa aku auto ikutan kangen Jogja. Kalau Bakpia Jogja kebetulan dekat rumahku ada yang jual. Nah Gudeg ini. Sudah pernah pesan Gudeg Kalengan tapi rasanya saat makan di Jogja tetap lebih ngangenin. Cuma lumayanlah ya bisa mengobati rindu. Aman pula perjalanan si oleh-oleh kalau pakai TIKI.

  17. Beli bakpia online beneran tombo kangen ya mbaa, rindunya terbayar tuntas berkat ekspedisi yang aman dan cepat ada aplikasinya lagi jadi lebih mudah deh pengecekan resi dan lacak paket

  18. Saya ngarep bisa ikutan TIKI SERLOK, Mak.. Lumayan banyak keuntungannya, termasuk diskon biaya pengiriman. Kan lumayan ya, bisa jadi nilai plus di mata pelanggan. Siapa tau, jualan saya yang saat ini cuma kecil-kecilan, bisa jadi besar nanti, hihi… Sayangnya TIKI SERLOK baru tersedia di Jakarta aja yaa… Huhu..

  19. Wahhhh aku rindu banget dgn bakpia pathok mbak. Sumpah itu enakkkkkk banget. Langgananku bakpia pathok yg dekat Kota Gede kala itu hehhee

  20. Misalnya packingannya gak aman dari penjualnya, bakalan di packing ulang kah, kak Di?
    Aku juga pengen euuii..ngemil bakpia..
    Tapi memang lebih pengen pulang ke hatimu, #eh pulang ke Jogja, ketemu sama kotanya dan bisa menikmati kuliner lain di pinggir Jalan Malioboro.
    Aaakk~
    Romantiiss…

  21. Saya sih sukanya makan Gudeg enak banget kalau di santap pagi2

  22. Wah jd pengen nyoba nih beli bakpia Yogya via TIKI. Tiki sampai tepat waktu ya jd aman untuk makanan

  23. Mak coba tes aplikasinya nih kirim kuliner Yogya ke Bengkulu, sampai apa gimana , nanti review yah, hehehe. Kujaminlah sampailah kalo pakai Tiki, aku juga kangen kuliner Yogja mak

  24. ngomongin bakpia ya inget Jogja, duh jadi pengen ke Jogja juga, sudah 2 tahun loh aku enggak ke Jogja padahal dekat, ya alasannya karena pandemi dan sekarang PPKM diperpanjang terus

  25. Aku juga suka banget bakpia jogja mbak, waktu ke sana, saya juga beli oleh-oleh bakpia untuk keluarga. Sayang banget jauh-jauh ke Jogja pulang enggak bawa buah tangan, kan, ya bawa bakpia aja, semua suka

  26. Senang ya akhirnya bisa menuntaskan kangen Jogja dengan nyicipi bakpia, dan alhamdulillah terbantu dnegan jasa kirim TIKI. Kalo aku menggunakan TIKI untuk kirim dokumen penting ke Jakarta dari SEmarang atau sebaliknya

  27. wah iya
    dengan TIKI kerinduan pada kuliner Yogya bisa terobati ya mbak
    hmm mau ikutan pesan bakpiah juga ah
    da lama g ke yogya soalnya 🤭

  28. Mau donk dikirimin bakpia juga.Selalu kangen Yogya dan ingetnya makanan ini.,
    Jd kepengen beli online bakpia jg buat mengobati kerinduan pd kota ini.
    Pakai TIKI enaknya terpercaya jd barangnya nyampek selamat ke tujuan ya mbak.
    Makin bagus juga inovasinya dengan aplikasi TIKI.

  29. tepat waktu ya mak, apalagi kalau buat yang usaha kepake banget ini fasilitas tiki bisa dipikap. aku juga pengen pakai fitur-fitur tiki yang terbaru ini mak, apa daya di sini belum tersentuh. padahal lumayan ga usah bawa barang berat-berat >.< ke gerai. tapi tetep seneng pakai tiki membantu banget pengiriman ke desa sini

  30. Mbakkk tos dulu, memang ya bakpia klasih yang original isi kacang ijo memang masih terbaik dan di hati ahaha..tuh kan, lihat ini auto mupeng, pingin bakpia lho..
    Keren banget TIKI, fiturnya makin lengkap apalagi untuk JEMPOL, jemput online jadi kita nggak perlu keluar rumah ya

  31. Wah kuliner Jogja. Kepengen juga ih, udah lamaaaa banget gak makan bakpia begini. Pake TIKI ya ngirimnya. Jadi kepengen nyoba juga deh gunain TIKI. Kepengen pesen makanan yang udah lama gak diicip. Cus install TIKI dulu. 🙂

  32. aku jadi rindu bakpia jogja jugaa nih mba. tapi kalau kirim ke aceh aku takut berjamur. pakai TIKi bisa ga ya?

  33. Ya allah… aku jadi kangen bakpia jogja. Dulu sebelum pandemi, setiap lebaran adik ipar pulkam ke malang dan bawa bakpia jogja, sama yangko jogja juga. Jadi dah sekitar 3 tahun gak pernah makan bakpia jogja lagi.
    Tiki keren ya mbak, bisa mengikuti perkembangan teknologi, sekarang ada aplikasinya juga

  34. Daebak kak, langsung dah sampe rumah ketok pintu, nggak perlu ke JOgja ya.
    kangen bakpia jadinya diriku Kak. Pengen pesen juga ah, pandemi kau ke Jogja masih takut

  35. Waaa aku juga kangen bakpia kumbu kacang, apalagi bakpia pathuk 25 yang terkenal enak itu. Jadi pengen pesan juga nih, ntar pilihan ekspedisinya pakai TIKI biar bisa memantau lewat aplikasi. Bener banget, kalau memantau lewat marketplacenya, ntar yang ada malah mupeng pengen belanja lagi

  36. Me too, kangen banget sama Yogya, jalan – jalan sekitaran Malioboro untuk menyantap kuliner pinggir jalannya.

Tinggalkan Balasan