Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia Bikin Bangga

Tulisan ini saya buat gara-gara saya rindu menjelajahi keindahan wisata alam Indonesia. Belum seluruh pelosok Indonesia yang saya datangi sih. Tapi baru secuil saja sudah bikin rindu setengah mati..Apalagi kalau saya bisa sampai menjelajah semua sampai wilayah yang paling sulit dijangkau sekali pun. Kenangannya pasti sulit terlupakan.

Kalau saya coba mengingat keanekaragaman wisata alam Indonesia memang luar biasa. Beruntung saya pernah merasakan langsung secuil dari yang Indonesia punya. Mulai wisata bawah laut, wisata pantai, wisata sungai, danau, pegunungan, sampai wisata ke perut bumi pun lengkap tersedia di Tanah Air kita tercinta.

Wisata Bawah Laut

Dulu rasanya berwisata bawah laut terasa mustahil saya lakukan. Mau renang aja susah.. hehe. Tapi saya dikasih kesempatan beberapa kali melihat keindahan bawah laut. Gak harus jauh-jauh ke Bunaken di Sulawesi atau Derawan di Kalimantan. Saya merasakan wisata bawah laut justru di daerah saya sendiri, Madura. Bukan sekali, tapi berkali-kali sampai sempat juga mengajak anak-anak untuk ikut. (Pengalaman ini bisa dibaca di : (Mengajak Anak Bersnorkeling)

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Bersnorkeling bareng anak-anak (dok.pri)

Untuk menikmati keindahan bawah laut di Pulau Gili Labak-Sumenep, saya cukup bersnorkeling saja. Tidak perlu mahir berenang karena kita cukup memakai pelampung dan perlengkapan snorkel saja. Berbagai terumbu karang dan hewan laut bisa kita lihat terutama bila cuaca cukup cerah.

Kalau ada kesempatan saya juga pengen merasakan keidahan bawah laut di daerah lain, dari Aceh hingga Papua. Bukan hanya dengan snorkeling tapi juga diving.

Wisata Pantai

Nah kalau pantai..rasanya sebagai negara dengan garis pantai terbesar kedua di dunia setelah Kanada, kita harus bangga karena memang pantai di Indonesia cakep-cakep! Total panjang garis pantai di Indonesia 95.181 kilometer (Sumber : Kompas) Pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang luas..ada. Pantai yang curam dan hanya bisa memandangi samudera dari atas tebing.. ada. Pantai yang pasirnya berwarna pink..ada, warna kecokelatan..ada, warna hitam pun..ada.

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Pantai Lombang di Sumenep (dok. pri)

Lagi-lagi saya beruntung bisa melihat beragam pantai yang dimilki Indonesia. Apalagi di Madura, mau ke pantai tak perlu jauh-jauh. 30 menit saja sudah sampai dan bisa puas bercanda dengan pasir halus dan ombak lautan yang bersahabat.

Pantai yang dilengkapi air terjun pun bisa kita nikmati di beberapa tempat. Kalau di Madura, kita bisa temui di wisata air terjun Toroan kabupaten Sampang.

Wisata Pegunungan

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Suatu Pagi di Sikunir (dok. pri)

Wisata ke gunung ini paling saya sukai. Entah kenapa saya suka melihat pegunungan dan menikmati hawa dinginnya. Kalau dulu saat masih di bangku kuliah cukup sering naik gunung dengan cara yang menyenangkan. Cara menyenangkan buat saya tuh ya jalannya santai gak terburu-buru, sesekali berhenti untuk istirahat dan menikmati pemandangan, membawa bekal yang cukup dan terhitung benar kebutuhan kalorinya. Jadi bukan naik gunung yang cuma modal mie instant dan bawa alat pemutar musik yang bikin berisik ya…Karena suara alam di pegunungan buat saya tuh syahdu banget, jadi sayang kalau harus terganggu dengan suara-suara musik kenceng.

Baca Juga : Wisata Semarang

Meski belum sampai menjelajahi semua pegunungan di Indonesia, tapi bisa sampai di puncak Gunung Semeru dan Gunung Argopuro saja buat saya udah unforgettable banget. Karena saya terbiasa naik gunung dengan persiapan yang matang, termasuk fisik, kalau sekarang mau naik gunung seperti dulu ya masih pikir-pikir. Hehe

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Wisata Alam Pegunungan di Kaki Gunung Arjuno (dok.pri)

Sekarang saya menikmati wisata pegunungan dengan cara konvensional saja..ke tempat-tempat yang mudah dijangkau, tidak memerlukan waktu perjalanan sampai berhari-hari. Sebut saja misalnya ke Gunung Sikunir di kawasan dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Atau yang lebih mudah lagi..wisata kebun teh di kaki Gunung Arjuno Jawa Timur.

Wisata Perut Bumi

Hah? Wisata apa nih? Ya wisata perut bumi..kita jalan-jalan di bawah permukaan tanah alias di gua. Tadinya saya tidak suka dengan wisata ini karena awal mengenal wisata ke gua memang dengan cara ekstrim, menelusuri gua vertikal. Ya meski waktu itu tujuannya bukan hanya wisata, tapi ada kegiatan penelitian juga sih…

Dunia pariwisata yang terus berkembang ditambah dengan dukungan pemerintah daerah sampai ke tingkat desa, wisata penelusuran gua sekarang sudah bisa menjangkau kalangan awam. Wisata ke gua bukan lagi hanya bisa dinikmati penelusur gua dan tidak memerlukan kemampuan mountaineering yang mumpuni. Β 

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Pintu Masuk Gua Soekarno (dok.pri)

Siapa saja bisa menelusuri gua. Seperti yang pernah saya lakukan di Gua Soekarno dan Gua Mahakarya di Sumenep. Guanya memang besar dan memungkinkan kita untuk menelusurinya seperti berjalan-jalan di taman.

Berwisata Tanpa Merusak Alam

Sejak pertama kali mengenal wisata alam, saya sudah berusaha menerapkan 3 hal penting, yaitu :

  • Take Nothing But Picture-tidak mengambil apa pun selain gambar.
  • Leave Nothing but Footprint- tidak meninggalkan apa pun selain jejak kaki.
  • Kill Nothing But Time-Tidak membunuh apa pun selain waktu.

Karena itulah sejak awal menggemari wisata alam saya sudah menerapkan untuk tidak membawa pulang apa pun, misalnya tanaman anggrek atau bunga Edelweiss kalau dari pegunungan. Padahal kalau mau sih ya… bunga Edelweiss di pegunungan tuh tinggal petik aja udah. Tapi selain sekarang peraturannya memang ketat banget, saya sendiri juga enggan untuk main petik tanaman yang banyak tersedia di alam. Oleh-olehnya foto dan video aja  udah cukup banget ya…

Oiya..membawa pulang bagian terumbu karang juga BIG NO ya.. Karena kita tahu kan..pertumbuhan terumbu karang tuh lambaaaattt banget (seperti yang ditulis di berita Tribun Travel dan berbagai media tentang kerusakan terumbu karang di Papua). Jadi meski yang mau kita bawa hanya cuilannya atau bintang laut yang udah mati misalnya, mending jangan deh ya please.. Biarkan aja mereka tetap di habitatnya.

Kenakeragaman Wisata Alam Indonesia

Tidak meninggalkan apa pun selain jejak kaki..Ini bisa jadi gampang..bisa jadi susah bagi yang tidak terbiasa. Apalagi kalau bukan urusan sampah. Kalau kita bawa makanan sendiri, sampahnya jangan dibuang sembarangan. Apalagi ketika naik gunung, sampah harus dibawa turun..tidak ditinggalkan atau dibuang di sekitar tempat kita ngecamp.

Selain itu ada juga yang punya kebiasaan buruk meninggalkan coretan entah di pohon, di batu, atau di fasilitas lainnya. Selain sangat mengganggu pemandangan, aksi semacam ini juga bisa merusak alam. Jadi misalnya pengen merayakan anniversary bareng pasangan di tempat wisata alam..gak perlu tulis-tulis nama Anu love Inu di pohon ya…

Tidak membunuh apapun saat berada di tempat wisata alam.. Ya namanya orang dengan kegemaran yang aneh-aneh..Kadang ada aja yang pengen membunuh binatang di habitatnya. Misalnya burung, kupu-kupu. Sudah biarkan saja satwa yang kita temui di tempat wisata alam tetap hidup dengan tenang.. Termasuk yang berbahaya sekali pun ..lebih baik kita menghindarinya dan tidak sampai membunuh binatang apa pun ya.. Begitu juga dengan aneka tanaman.

Tips Berwisata Ramah Lingkungan

Kita kan masih pengen ya sampai beberapa tahun lagi tempat wisata alam tetap asik dikunjungi dan dinikmati bersama teman dan keluarga. Selain berharap terhadap pengelola wisata alam agar lebih ketat lagi menerapkan segala peraturan, kita sebagai pengunjung yuklah bersikap dengan lebih bijak dan ramah lingkungan.

Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia
Menanam Mangrove di kawasan wisata pantai (dok. pri)

Tipsnya boleh dicoba nih..

  • Membawa bekal sendiri untuk mengurangi sampah di lokasi wisata
  • Membawa pulang sampah dari bekal yang kita bawa atau bila disediakan tempat sampah buanglah di tempat sampah yang sudah disediakan.
  • Pahami dan patuhi setiap peraturan yang sudah ditentukan di setiap tempat wisata alam.
  • Kurangi polusi suara di wisata alam dengan tidak membawa peralatan musik yang berlebihan dan kendaraan dengan suara bising.
  • Sesekali boleh loh ikut kegiatan lingkungan di tempat wisata alam, misalnya menanam bakau, bersih-bersih pantai, bersih-bersih gunung, dll.

Perlu kita ingat juga, berwisata kalau menurut saya seperti bertamu. Jadi ya tetap harus menjaga sikap tanpa harus mengurangi nikmatnya berwisata dengan tenang, aman dan nyaman. Yuk jaga lingkungan wisata alam.. agar kenakearagaman wisata alam Indonesia bikin bangga selamanya..

61 Replies to “Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia Bikin Bangga”

  1. pandemi bikin kita gak bisa berwisata seleluasa biasanya. tapi kalau ditunggui, entah kapan selesainya. menjelang itu biarlah alam memperbaiki diri sebelum dikacau manusia lagi

  2. keindahan Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke yang menjadi cikal bakal wisatawan datang untuk menikmatinya

  3. Aku mau snorkeling di Sumenepppp
    sama main2 ke desa yg kadar Oksigen tertinggi di dunia kuwi lho mbaaa
    wah, asik kalo ke sana bisa menghirup napasss dg lega.
    mugo2 ga ada yg kena copid di sana yak.

    1. Indonesia itu indah, jadi kangen jalan2 apalagi pergi ke pantai, semoga ya pandemi segera berakhir biar bisa menikmati keindahan alam Indonesia lagiii

  4. Wah mba seru banget tadi aku lihat foto berenang sama anak anaknya. Aku termasuk yang kuper kalau soal berwisata gitu. Jadi banyak yang ga aku tahu. Cuma suka sedih aja gitu, kalau aku lagi wisata suka lihat gitu orang suka buang sampah sembarangan, coret coret dimana aja. Aduh rasanya gemes aja gitu ngotorin dan ngerusak lingkungan wisata alam. Aduh semoga kita bisa mendidik anak anak kita untuk ga kayak gitu ya

    1. Duh saya ke Sumenep untuk wisata belum pernah nih. Paling mentok sampe Pamekasan ajah. Moga bisa menjelajah lebih banyak lagi di Madura

  5. Duuuh jadi makin kangen jalan-jalan kaaaan.. ayo tanggung jawab Mba Dian. Saya tuh rindu jalan-jalan ke Gunung. Memang wisata gunung jadi wisata favorite keluarga kami. Aah.. bikin planning deh mau kemana aja habis ini

  6. Setuju bangeet mbak. Kalau bertamu emang harus bisa jaga sikap. Jangan mentang2 wisatawan trus seenaknya ngerusak gitu, ninggalin sampah, apalagi sampai membunuh. Big no lah.

    1. Aku pas ke Sumenep belum ke Gua Sukarno mba. Bahkan baru tahu mba kalau ada Gua ini. Ngebayangin menikmati gua sambil jalan jalan adalah kenikmatan.

  7. Di antara tempat wisata yang disebutkan, hanya goa yang saya kurang cocok. Entah kenapa dari dulu saya takut masuk goa. Apalagi kalau cuma 1-2 orang, ngeri. Dulu pernah 2x wisata goa di Pulau Maratua, kepulauan Derawan, dan di Lampung Timur. Itu terpaksa berani dan mau, karena masuknya ramean, sekitar 30 orang hehe

    Saya pernah ke Sikunir mbak, nanjak ke sana liat Sunrise. Lupa tahun berapa, 2015 kayaknya.
    Setuju dengan kalimat penutupnya. Kita ini kalau berwisata sebetulnya bertamu, dan penting untuk jaga sikap.

    1. wah iya mbak, sepakat
      Indonesia gudangnya wisata
      banyak banget jenis wistanya, mulai dari alam hingga budaya
      Indonesia Bikin Bangga

  8. Jadi kangen maen ke alam, Mak. Di Bandung sini adanya cuma gunung. Kalau danau sih ada. Sementara kalau ke laut aku sebenernya males, takut gosong soalnya. Tapinya nih pas tau bisa snorkeling tanpa harus jagu renang jadi pengen maen ke laut. Pengen lihat keindahan laut di bawah permukaan.

    Beberapa waktu lalu aku pernah maen ke kawasan wisata di Ciamis. Air sungainya jernis,bening bikin adem. Seneng banget maen-maen air di sana walau ga bisa renang, berkat pake pelampung. Yang asalnya ngeri-ngeri sedap aku jadi enjoy. Nyesel dulu ga belajar renang dengan baik dan serius. Coba kalau rajin, bisa tinggi pula, yak? hehehe.

    Semoga setelah pandemi ini bisa amen ke alam lagi. Tentunya ga ninggalin sampah/coretan kecuali kenangan, ga nyulik edelwise atau apapun dan ga mengganggu mahluk hidup yang kita jumpai, ya

    1. Nah ini nih yang penting berwisata tanpa meninggalkan jejak kecuali kenangan. Sayang banget banyak tempat wisata rusak setelah viral di sosmed karena pengunjung datang tapi ga ngerti adab

    2. Wisata alam Indonesia memang sangat membanggakan krn kepedulian para wisatawan, masyarakat dan pemerintah dalam menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata tetap terjaga.

  9. Sejak diajak berwisata alam, aku lebih perhatian sama sekitar. Misalnya bawa pulang sampah atau gak ambil sesuatu dari alam buat kenang-kenangan. Ambilnya foto aja. Jadi kangen buat hiking dan mantai

  10. Bener mba Indonesia kaya dengan wisata alam. Baru inget aku ada wisata perut bumi segala. Bahkan wisata gunung api, air terjun dan lembah dll juga ada. Lengkap lah pokoknya. Dan semua wisata tersebut tentu harus dijaga

  11. Waaah, aku kok jadi kepengen masuk ke dalam Gua Soekarno dan Gua Mahakarya ya di Sumenep! Keren deh mbak Diane jalan2nya banyak ke alam bebas, baik di gunung maupun laut. Ditunggu dong tips jalan2 alam kayak gini ya hehehe πŸ˜€

  12. Wisata alam Indonesia memang kaya banget ya Mbak. Nggak bakalan habis untuk dieksplor hingga kelak tua sekalipun saking banyaknya.

  13. Duh, pengin deh ngerasain wisata bawah laut dan wisata goa. Rasanya tuh asyik banget bisa dekat dengan alam dan wajib banget tuh menjaga kelestarian alam. Meskipun bunga Edelweiss itu bagus banget dan petikable, tapi tidak boleh membawanya pulang. Noted!

  14. Aku entah kenapa, selalu merasa sesak napas untuk masuk wisata goa. Ada ketakutan tersendiri. Padahal.. Kalau udah masuk ke dalam, ada banyak hal yg menarik

    1. Aku dulunya gitu..tapi wisata gua yang ini emang luas banget dalemnya ..

  15. aku belum nih ngajak anak-anak liburan menikmati wisata bawah bumi atau perut bumi, kayaknya seru yah. Indonesia nih emang unik banget jadi kita bisa eksplore , tapi kayaknya kalo lum keluar negeri belum keren, padahal di sini banyak yang keren

  16. Aku paling sebel kalau wisata alam terus di tengah jalan nemu banyak sampah. Kadang mbatin, orang orang yang buang sampah sembarangan ini apa nggak punya tanggungjawab ya, kok asal buang aja tanpa tau dampak dari perilaku buruknya… πŸ™

  17. masya Allah indah banget pemandangan Indonesia ya dan kita harus terus melestarikan keindahan alam Indonesia

  18. Ya Allah…
    Sedih banget melihat terumbu karang yang hilang.
    Ibukku juga bilang saat ke Pantai Bunaken, tour guide nya mengatakan kalau nelayan sudah kenal dengan bom untuk memanen ikan.

    Akibatnya,
    Gak hanya ikan yang diperoleh, tetapi juga kerusakan lingkungan
    Sedih banget, kak Di..

    1. Iya lend..kerusakan terumbu karang bisa karena wisata yang gak beretika..karena nelayan yang pakai bom..ada juga yang karena kapal yg lewat kayak kejadian di Papua itu ..

      1. Oh…penasaran sama kejadian di Papua.
        Aku googling dulu, kak Di.
        Isu-isu lingkungan ini kudu disorot sehingga bangi wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata semakin meningkatkan awareness terhadap menjaga lingkungan agar tetap asri.

  19. Mantul banget ya di Madura mulai wisata bawah laut sampai dalam bumi alias gua ada hehe
    Ketiga prinsipnya bagus banget mbak. Catet aahh. Iya ya sebisa mungkin jangan sampai merusak dan mengambil apa yang gak sebaiknya kita ambol dari lokasi wisata.

  20. Kak ajak aku main ke mari ya luar biasa keindahan alamnya. Terus menjaga ya Kak jadi ketularan nih pengen memberikan yang terbaik untuk alam

    1. Ayok budal nyi….

  21. setuju bangeeet, wisata alam Indonesia itu beragam banget yaa, dan semuanya cantik dan bikin banggaa, ah jadi kangen banget deh liburan, jalan jalan, atau piknik menikmati keindahan alam Indonesia <3

  22. kekayaan alam indonesia itu luar biasa ya. aku mupeng dong bacanya, jadi kangen liburan.
    keindahan alam indonesia harus terus dijaga, piknik bukan untuk merusak alam, tapi untuk kita semakin menghargai ya.

  23. Sayapun rindu sekali kak dengan semua wisata Alam Indonesia yang luar biasa indahnya. So amazing banget ya kak

  24. Indonesia ini memang kaya banget deh,beragam hal menarik dan unik ada dan bisa dilihat serta dinikmati. Wisata alam yang indah tentu menjadi daya tarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sayangnya jika tidak terawat ya apalagi kalo raja ampat itu harus ratusan tahun untuk recovery kondisi karangnya.

  25. Aku juga rindu banget mbak dan masih banyak wisata Indonesia yang ingin kujelajahi. Banyak yang aku belum pernah soalnya. Tentang polusi suara ini aku masih jarang denger nih mbak, oke juga kalau digaungkan

  26. Liat tempat wisata gini jadi kangen banget traveling ya. Semoga pandemi cepat berlalu dan bisa traveling lagi menjelajah Indonesia.

  27. Nggak bisa ngomong apa-apa, jika diceritakan, kekayaan Indonesia itu seperti indahnya gemerlap intan dan berlian walaupun saya belum pernah lihat penampakan intan asli. Mutiara asli aja juga belum pernah lihat😁

    Pemandangan dari kaki gunung aja indahnya Masya Allah, apalagi dari puncak gunung.

  28. Kita bisa kok halan-halan cantik tanpa merusak alam. Biar saat kitanya kembali lagi traveling ke sana tetap nyaman dan bersih.
    Semoga kondusif nya keadaaan lekas terjadi ya mbak, kangen juga bepergian apalagi daku belum pernah pulang kampung, hix

  29. Leave Nothing but Footprint aku setuju bgt sih kak, sbg traveller atau turis yg baik kita harus bgt menerapkan ini

  30. Kalau urusan wisata alam, aku paling seneng ke pantai sih Mak. Enak banget rasanya nikmatin angin pantai yang sembribit. Tapi yampppuuuunnn kesel bangettt kalau pas banyak turis dan sampahnya juga nggak kalah banyak. Jadi nggak bisa enjoy sama sekaliii. Semoga kita bisa saling menjaga lingkungan jadi sama2 bisa terus menikmati sampe nanti2 :’)

  31. Kekayaan dan keanekaragaman wisata Indonesia memang luar biasa ya. Sedih kalau ada berita eksploitasi. Dan aku juga berharap alam hutan papua, kalimantan, sumatera tetap terjaga agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan alamnya.

  32. Memang keren banget sih alam Indonesia. Semua jenis keindahan kayak ditumpahin merata di sini, ya

  33. Ah sama, aku juga rindu bisa jalan-jalan ke alam. Pergi ke pantai, pegunungan, tapi gimana PPKM malah diperpanjang terus, hiks.
    Bahkan ke Tawangmangu yang deket aja, belum pernah ke sana lagi sejak pandemi.

  34. Aku pun masih pengen bisa mendatangi tempat wisata di Indonesia, mbaa. Aku pernah tinggal di Madura tapi malah belum sempat main ke pantai di Sumenep, nanti kalo ada kesempatan mau banget ke Gili Labak

  35. Makanya saya lebih tertarik wisata keliling Indonesia daripada ke luar negeri. Kayaknya banyak banget yang pengen di-explore. Sayangnya beberapa wisata alam memang mulai ada yang rusak. Semoga kita semua semakin peduli dengan lingkungan

  36. Kepengen nih masuk ke dalam Gua Soekarno yang imut2 gituh. Ngebayangin gimana cara keluarnya ya hehehe. Wisata alam di pegunungan maupun lautan, sama2 seru pastinya. Kita bisa menghirup udara segar yang natural, menyehatkan. Nantilah mau ajak anak2 dan suami main2 ke pantai.

  37. Aku belum pernah snorkeling, mupeng sih. Tapi pas ada kesempatan di Gili Trawangan, aku sama mba Tanti malah memilih naik sepeda keliling pulau, wkwkwk
    MBak Dian keren sih sudah pernah ke Argopura, trek nya panjang kan itu, paling panjang seJawa kan. Aku waktu kuliah juga suka naik gunung, baru ke Merapi, Merbabu, sam sama Sindoro. Kalo Ungaran udah beberapa kali, kayak Merapi juga beberapa kali

  38. Sedih banget bacanya terumbu karang yang rusak bisa diperbaiki ratusan tahun huhu padahal kita semena-mena banget berwisata dan tak menghiraukan lingkungan sekitar, suka merusak πŸ™

  39. Senada dengan 3 hal penting yang harus diterapkan disaat berwisata, bahwa sejatinya traveling ke alam itu untuk melihat, mendengar, dan merasa. Bukan mengambil dan meninggalkan jejak yang berpotensi merusak.

  40. masya Allah indah sekali ya keindahan wisata di Indonesia dan pastinya makin banyak lagi kisahnya yang dapat dipetik hikmahnya.

  41. Aku tuh suka sedih dan sebel banget sama yg katanya seneng jalan tapi kurang cinta lingkungan, buang sampah di gunung, di pantai. Padahal mereka mau menikmati pemandangannya, tapi ga mau menjaga keindahannya 😭😭.

  42. Take Nothing But Picture-tidak mengambil apa pun selain gambar.
    Leave Nothing but Footprint- tidak meninggalkan apa pun selain jejak kaki.
    Kill Nothing But Time-Tidak membunuh apa pun selain waktu.

    Sungguh pedoman yang harus dipegang oleh kita yang ngaku cinta alam ya, Mak.. Omong-omong soal wisata perut bumi, saya jadi terpikir untuk ngajak anak-anak jalan ke gua juga. Ke pegunungan sering, ke pantai juga pernah. Ke gua yang belum pernah sama sekali.

  43. Wisata alam Indonesia sih belum ada yang ngalahin ya menurutku karena jadi ingat beberapa tahun kebelakang saat explore beberapa daerah dan menikmati keindahan alamnya betapa ku bangga jadi warga Indonesia.

  44. Iya bangeeet, kekayaan alam ini Indonesia ini gak kalah dari negara-negara luar yang terkenal itu. Kita malah jauh lebih banyak. Dan apalagi kalo yang hidden gem sudah banyak terekspos, makin banyak. Gak hanya gunung, laut, atau yang lainnya. Lengkap. Huhu, jadi kangen jalan-jalan jadinya. Semoga pandemi lekas berlalu ya. Biar bisa jalan-jalan berwisata ke mana-mana lagi. Aamiin.

  45. Masyaallah memang benar keanekaragaman wisata Indonesia bikin bangga. Masih banyak banget wisata alam Indonesia yang belum kukunjungi mbak. Dan sebagai wisatawan harus menjaga melindungi objek wisata tersebut. Jangan malah merusaknya

  46. Keindahan alam indonesia..dijamin keren semua..cuma blm punya kesempatan buat menjelajahnya. semoga suatu saat nanti..

  47. Indonesia itu indah, jadi kangen jalan2 apalagi pergi ke pantai, semoga ya pandemi segera berakhir biar bisa menikmati keindahan alam Indonesia lagiii

  48. Indonesia ini memang subhanallah ya mbak, negeri yang kaya akan hasil buminya dan juga keindahan pemandangan alamnya. Saya belum benar-benar menjelajah alam Indonesia, karena ketika ke daerah Sumatra (lampung, palembang, dan riau) niatnya silaturahim dengan keluarga dari ayah suami, jadinya beneran khusus menyambangi keluarga besar. Nanti kapan kapan inginnya beneran khusu untuk jelajah indonesia dan menikmati keindahan alamnya

  49. Mestinya ya setiap orang punya kesadaran untuk menjaga lingkungan dimanapun ia berada, termasuk ketika mendatangi tempat2 wisata. Kesel banget deh kalau ada yang suka buang sampah sembarangan dan coret2 yang ga jelas maksudnya apa.

  50. Jadi inget pas ke ln ngobrol sama bule dan dia bilang dia suka banget sama Indonesia. Wisata alamnya luar biasa. Dia suka banget surving lah aku yang seumur-umur tinggal di Indonesia aja ga pernah surving hahaha

Tinggalkan Balasan