Vaksin Covid untuk Anak dan Lansia di Sumenep

Vaksin Covid untuk Anak

Alhamdulillah ya..akhirnya vaksin covid 19 juga bisa diberikan ke anak usia 12-17 tahun. Menyusul vaksin untuk dewasa dan lansia usia 18+. Dengan begitu seluruh anggota keluarga saya akhirnya bisa divaksin. Saya ceritain deh ya untuk vaksin anak dan lansia yang sudah dilakukan di keluarga saya.

Pengalaman vaksin saya sendiri bisa dibaca : Vaksin Dosis 1

Kita mulai dari vaksin untuk lansia dulu deh… Kedua ortu saya usianya 60+, bapak 74 an, ibu 65 an. Keduanya masuk usia rentan ya…Apalagi bapak ada diabetes, kalau ibu Alhamdulillah nggak ada riwayat penyakit berat.  Sejak vaksin dinyatakan sudah bisa diberikan kepada lansia, kami nunggu banget jadwal vaksin. Gak pake daftar online sih.. jadi memang menunggu info di lokalan aja.

Sekitar awal Juni ada pesan WA yang beredar kalau warga usia 18+ bisa vaksin di kecamatan. Tapi berhubung pesannya gak jelas sumbernya yakan… ya udah diabaikan aja. Hehhe maklum sudah terbiasa untuk memastikan sumbernya dulu untuk semua jenis informasi. Gak lama setelah itu ada pengumuman di masjid terdekat..kalau hari itu ada vaksin di kecamatan.. Itu pengumuman sekitar jam 8-9 pagi. Berhubung bapak dan ibu gak siap, ya udah lewat lah jadwal hari itu.

Vaksin Covid untuk Anak
Ibu saat divaksin dosis 1, ekspresi karen atakut jarum aja ya.. bukan karena sakit

Selang beberapa hari..ibu diajak vaksin ke Puskesmas oleh tetangga. Ibu langsung setuju dan bersiap untuk vaksin esok harinya. Ibu saya juga semakin termotivasi dan gak takut setelah tahu suaminya tetangga ini punya penyakit jantung, sudah vaksin duluan dan Alhamdulillah sampai sekarang sehat. Di hari yang sama, bapak juga akhirnya menyusul ke Puskesmas untuk vaksin. Yap meski punya riawayat diabet, bapak tetap vaksin (sudah konsul dulu ke dokter).

Setelah vaksin bapak dan ibu Alhamdulillah sehat nggak ada keluhan yang berarti (demam atau badan pegel-pegel). Oiya sih ibu ada sedikit pusing dan mual sampai muntah di hari ketiga setelah vaksin. Tapi setelah itu nggak ada keluhan apa-apa. Tanggal 19 Juli vaksin dosis kedua.

Vaksin Anak

Tak lama setelah bapak dan ibu vaksin.. ada kebijakan pemerintah kalau anak usia 12-17 tahun juga bisa divaksin. Alhamdulillah lagi… Begitu tahu info ini saya berusaha mencari vaksin untuk anak di sekitar Sumenep. Ternyata Nares dan Kinar dua anak saya ini juga antusias untuk vaksin.Jadi saya gak perlu susah-susah untuk merayu. Gak takut jarum suntik? Insyaallaah nggak ya..secara selama SD kan mereka juga beberapa kali disuntik vaksin.

Baca Juga : Olahraga untuk Anak

Saya mendapat informasi untuk anak bisa di Polres Sumenep hari Sabtu-Minggu 17-18 Juli. Seperti ya di Puskesmas juga bisa ya..tapi harinya pas saya gak bisa. Jadi yaudah pilih di Polres aja. Pas hari-H anak-anak udah mandi pagi, sarapan. Kami langsung cuzz ke Polres Sumenep yang jaraknya sekitar 1km an. Ternyata sampai di Polres diberitahu kalau vaksinasi sedang mobile ke daerah terminal.

Wahahaha yasudlah hayuk kita cuzzz ke terminal Sumenep. Lumayan jauh sih..tapi ya masih wilayah kecamatan Kota juga kok. Kami mendapati mobil vaksinnya sedang parkir di pinggir jalan tak jauh dari terminal. Saya kira di dalem terminal loh..hehe

Vaksin Covid untuk Anak
Petugas bagian pendaftaran

Setelah petugas sudah siap semua saya daftarkan deh anak-anak. Kebetulan sudah foto kopi 2 Kartu Keluarga. Ternyata bener..1 anak ya menyerahkan 1 berkas KK. Setelah pendataan, anak-anak diperiksa juga tekanan darah dan ditanya sudah sarapan belum..? Sudah.. Pernah sakit batuk yang sampai minum obat apa gt gak..? Nggak.. Alhamdulillah anak-anak sehat ya..jadi bisa langsung lanjut divaksin.

Vaksin Covid untuk Anak
Vaksin Covid untuk Anak
Vaksin Covid untuk Anak

Bergilirian deh Nares dulu lalu Kinar. Untuk anak ini di kartu vaksinnya tertulis dosisnya 0.5ml. Cepet juga prosesnya..Setelah mendapat kartu vaksin anak-anak langsung balik.. Oiya mampir dulu minta jajan hahah..

Pasca vaksin, Alhamdulillah gak ada keluhan apa pun. Tinggal menunggu vaksin kedua pertengahan Agustus nanti. Ada yang sudah vaksin anaknya juga? Boleh dishare loh pengalamannya… Dan kalau pengen tahu kenapa sih vaksin covid untuk anak itu penting? Bisa baca disini

Semoga pandemi cepat berakhir dan kita semua sehat selalu ya… Stay safe..stay healthy..stay happy…

25 Replies to “Vaksin Covid untuk Anak dan Lansia di Sumenep”

  1. Vaksin untuk anak ini pakai sinovac ya, apakah dosisnya sama dengan dosis sinovac dewasa?
    Anakku juga mau vaksin nih, masih nunggu, sepertinya stok vaksin belum datang lagi di kotaku.

  2. Alhamdhulilah anak2 akhirnya.bisa divaksin ya mbak. Ini yang aku tunggu2 sejak lama sambil berharap anak2 bisa segera sekolah lagi. Minggu kemarin juga Nadia alhamdhulilah udh vaksin dosis pertama. Bulan depan yg kedua. Semoga kita sehat2 semua ya

  3. Nares dan Kinar kereeen, bisa nih jadi duta vaksin, menyemangati anak-anak yang takut disuntik.
    Saya nunggu fit dulu nih Mbak Dian baru mau nyari tempat vaksin buat Athifah. Anaknya masih batuk juga.

  4. Alhamdulillah kalau anak – anak juga sudah vaksin mba.. jadi tambah mantap dan tidak was – was di tengah pandemi ini yaaa

  5. Semoga dengan adanya vaksin, pandemi Covid19 bisa segera berakhir ya. Aku sendiri masih nunggu giliran vaksin nih..

  6. Alhamdulillah, ya Mba ada vaksin untuk anak usia 12-17 tahun. Salut sama pemerintah yang mau menyediakan vaksin untuk anak-anak.
    Semoga dengan vaksinasi ini angka penularan Covid menurun.

  7. Baru tahu dosis untuk anak-anak hanya 0,5 ml ya mba..duh aku masih menanti tanggal karena sebagai penyintas covid katanya mesti nunggu dulu..berharap sih ada vaksin buat dibawah usia 12 tahun mba

  8. aamiin. semoga nanti covid ini bisa segera diatasi ya, mbak dengan pemberian vaksin ini sehingga kita bisa hidup normal lagi

  9. wah Alhamdulillah ya mbak
    senang kalo semuanya sudah di vaksin
    vaksin jadi salah satu ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini ya mbak
    semoga semua sehat selalu

  10. Vaksun salah satu usaha kita agar pandemi segera berakhir ya mom. Semoga segera aman kembali dan kondisi seperti sedia kala. Harapan kita semua. Aamiin yra.

  11. Anakku baru mau vaksin nih akhir bulan ini, semoga dengan adanya vaksin ini pandemi akan cepat berlalu dan masyarakat diberikan kesehatan terutama anak-anak yang tiga semester ini harus PJJ.

  12. Wah…alhamdulillah..
    Sudah selesai vaksin semua.
    Semoga senantiasa sehat-sehat dalam lindungan Allah dan pandemi ini beneran berakhir. Sedih sekali melihat pandemi yang panjaaang dan lamaaaa…

  13. Alhamdulillah, lebih tenang ya kalau udah vaksin… Anak saya masih di bawah 12 tahun, jadi belum divaksin…

  14. Syukurlah kalau anak-anak juga sudah bisa divaksin. Ini nih yang membuat saya dan guru-guru yang ngajar sekolah menengah mengajar tatap muka. Gurunya divaksin sementara siswanya tidak, kan virus itu tidak pilih usia kan ya.

  15. wah asik banget sudah vaksin ya mbak. aku masih menunggu giliran nih begitu juga dengan anak sulungku yg belum dapat info kapan dan dimana bisa mulai vaksin dosis 1

  16. anak saya belum jadi divaksin mbak, karena ternyata meski sudah didaftarkan tapi gak ada panggilan. alhamdulillah bisa baca baca dulu vaksin covid untuk anak. jadi ada bekal mendampingi anak anak ketika mereka di vaksin kelak

  17. Adriana Dian says: Balas

    Alhamdulillah kabar baik banget ya mak buat anak anak, karena udah bisa ikut divaksin.. kalo gini, masuk sekolah bisa lebih aman yaaa

  18. ALhamdulillah anak-anak udah divaksin ya mbaaa.. aku juga pengin nih, tapi anakku yang nomer 2 belum 12 tahun. Sedangkan yang mbarep masih mondok. Semoga aja ntar di pondoknya ada vaksin untuk para santri ya.

  19. Alhamdulillah Mbak udah pada di vaksin ya. Semoga makin banyak lagi orang tua dan anak-anak muda yang mendapat vaksin sehingga target 70% tercapai.

  20. Alhamdulillah mbak.. saya sendiri ini belum vaksin, kondisi di desa sungguh meruetkan. Puskesmas penuh berdesakan. ini mau vaksin malah kumpul-kumpul, kayaknya pengaturtannya masih belum maksimal, semoga segera bisa vaksn, saya udah daftar online sih hehehe. makasih ya share pengalamannyaaa

  21. Alhamdulillah orang tua dan anak-anak sudah vaksin semua ya mbak. Ikut mendukung program pemerintah juga agar segera terbentuk kekebalan komunitas. Anak-anak saya masih di bawah 12 tahun, jadi belum saatnya ikut vaksin covid

  22. Alhamdulillah semoga semua dalam keadaan sehat waalfiat. Anakku yg 15 tahun jg baru aja vaksin. Ikhtiar kita yaaa semoga mencapai herd immunity

Tinggalkan Balasan