Cara Membuat Dimsum Udang dengan Kuah Saus Kacang

Kudapan favorit saya tuh salah satunya dimsum udang. Kalau lagi pengen ya kadang beli atau bikin sendiri. Bikin sendiri gak ribet ya? Nggak sih sebenarnya kalau kita niat bikin. Gemana caranya?Ada nih Cara membuat dimsum udang yang sepertinya mudah.. Menarik buat dicobain..

Cara Membuat Dimsum Udang

Menyiapkan Bahan Dimsum Udang

Bahan dimsum udang yaitu 1 sendok makan minyak zaitun, 1/2 pon udang, kupas dan cincang kasar, 1/4 cangkir bawang bombay cincang, 2 sendok teh bawang putih cincang, 3 sendok makan jahe segar kupas dan parut, 1/2 cangkir bawang hijau cincang, 3 sendok makan ketumbar segar cincang, 1 sendok makan ditambah 1 sendok teh minyak wijen, dan 3 sendok teh biji wijen panggang.

Kemudian siapkan juga 1 telur besar, 1 sendok teh kecap asin, 1 jumput saus Worcestershire, 1/2 sendok teh parutan kulit jeruk, dan juga 1/8 sendok teh cabai rawit. 

Baca Juga : Bumbu Nasi Kebuli

Membuat Dimsum Udang

Cara membuat dimsum udang setelah semuanya bahan siap yaitu panaskan minyak zaitun dalam wajan besar dengan api besar. Saat minyak panas, tambahkan udang dan tumis selama 1 menit. Tambahkan bawang bombay, bawang putih, dan jahe, lalu tumis selama 1 menit. Masukkan 1/4 cangkir daun bawang dan daun ketumbar, tumis selama 1 menit, dan angkat dari kompor.

Tambahkan 1 sendok teh minyak wijen, biji wijen, telur, kecap, Worcestershire, kulit jeruk, cabai rawit, garam, dan merica, lalu aduk rata. Membuat 2 cangkir. 

Tempatkan kulit pangsit di atas meja yang bersih dan sikat hanya sisi atas dengan air. Gulung 1 sendok makan isian di tengah setiap kulit. Angkat sudut ke tengah dan putar, tutup ujungnya dengan air.

Campurkan kaldu dengan sisa 1 sendok makan minyak wijen dalam panci besar atau panci sup dan didihkan dengan api besar. Masukkan pangsit ke dalam kaldu mendidih, kecilkan api, dan rebus pangsit sampai empuk, selama sekitar 4 menit. Angkat dengan sendok berlubang. 

Baca Juga : Kuliner Cang Nyiat Pan

Untuk menyajikannya, tumpuk 1/2 cangkir sayuran wijen goreng di setiap 4 piring. Atur 5 pangsit di sekitar sayuran dan sendokkan sekitar 1/4 cangkir kaldu di atasnya. Taburi dengan 1 sendok makan sisa bawang hijau cincang.

Menyiapkan Bahan Saus Kacang

Bahan yang diperlukan untuk membuat kuah kacang dalam cara membuat dimsum udang yaitu 2 sendok makan minyak, 1/3 cangkir bawang merah (iris tipis), 4 siung bawang putih (iris tipis), 2 inci lengkuas (kulit dan potong bulat), 1 batang serai (ujung dipangkas, lapisan luar dikupas dan dipotong menjadi 1/2 “), 1 1/2 cangkir kacang tanah mentah, 1 kaleng santan (13,5 ons) dan 1 sendok makan pasta asam jawa. 

Bisa juga menggunakan 3 sendok makan kecap ikan, 3 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan gula merah, 1 cabai Thailand (opsional; ujung dipangkas dan dibuang bijinya), dan 1/2 gelas air

Cara Membuat Saus Kacang

Panaskan panci saus dengan api sedang dan tambahkan minyak. Kecilkan api menjadi sedang dan tambahkan irisan bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan serai. Tumis sampai harum, sekitar 3-4 menit, aduk sesekali agar tidak gosong. 

Tambahkan kacang, dan aduk dengan sendok besar sampai tercampur rata. Lanjutkan menumis selama 2-3 menit lagi untuk mematangkan kacang. Tambahkan santan, terasi, kecap ikan, air jeruk nipis, gula merah, cabai (jika pakai), dan air. Tutup dan biarkan mendidih selama 10-12 menit, aduk sesekali.

Lalu dinginkan panci berisi kacang dan mumbu lainnya, haluskan menggunakan blender tangan. Mulailah dengan yang paling rendah saat potongannya besar, lalu tingkatkan kecepatan saat campuran menjadi lebih halus. Blender hingga halus, sekitar satu menit. Saus akan kental. Jika menginginkan saus yang lebih encer, tambahkan satu sendok makan air sekaligus dan aduk kembali hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Mudah kan cara membuat dimsum udang dengan kuah saus kacang ini?

Yuk cobain bikin…

One Reply to “Cara Membuat Dimsum Udang dengan Kuah Saus Kacang”

  1. […] Baca Juga : Cara Membuat Dimsum […]

Tinggalkan Balasan