7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Dari Serangan Penyakit

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Tentunya setiap orang tidak mau terkena serangan penyakit apa pun. Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya bisa terhindar dari gangguan kesehatan.

Berikut di bawah ini 7 cara menjaga kesehatan tubuh agar kebal dari serangan penyakit : 

  1. Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang dapat membantu kita menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Makan sayuran criciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kol, bisa membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal. 

  1. Konsumsi Vitamin

Salah satu suplemen alami untuk memperbaiki sistem imun adalah Rhea Health Tone. Ini merupakan suplemen alami dari esktrak tanaman obat dengan antioksidan yang kuat dan khasiat minyak atsiri untuk memperbaiki imunitas tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat dan bugar. 

Kenapa harus minum vitamin Rhea Health Tone? Sebab suplemen ini terbuat dari bahan alami sehingga aman dikonsumsi, mampu membantu memperbaiki sistem imun tubuh, serta membantu menyembuhkan penyakit. 

  1. Olahraga Rutin

Tetap aktif untuk melakukan olahraga secara rutin. Kita bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Dengan berolahraga teratur juga bisa membuat kita bugar dan langsing. 

Baca Juga : Gowes Bareng

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan berolahraga teratur juga bisa mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stress, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

  1. Tidur yang Cukup

Salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat adalah tidur yang cukup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuhnya lebih kebal dari serangan kuman bakteri maupun virus.  Sementara, orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah terserang flu karena virus dibandingkan dengan orang yang tidur 7 jam atau lebih. 

Hal tersebut dikarenakan sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin merupakan sejenis protein yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  1. Mengelola Stress

Stress sudah terbukti bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Kortisol akan membantu melawan penyakit dan peradangan. Pelepasan hormon secara konstan pada orang – orang yang mengalami stres kronis ternyata bisa mengurangi kemampuan hormon tersebut. 

Baca Juga : Kesehatan Mental

Hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh akan mengalami peradangan dan rentan terkena penyakit. Jadi, mengendalikan stress merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita bisa coba lakukan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau bahkan menghilangkan stress. 

  1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kesehatan diri maupun lingkungan sekitar juga merupakan cara menjaga kesehatan lainnya. Dengan begitu, kita akan terhindar dari serangan beragam penyakit. Beberapa cara yang baik untuk menjaga kebersihan seperti mandi setiap hari, mencuci tangan sebelum makan atau menyiapkan dan setelah makan, mencuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat bersentuhan dengan mata atau mulut, mencuci tangan selama 20 detik dan menggosok di bawah kuku jari, serta menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin. 

  1. Coba Konsumsi Probiotik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stress, kemudian mendapat probiotik, maka dia akan mengalami sakit dalam jangka waktu yang lebih sedikit. 

Nah selamat mencoba cara-cara yang sudah disebutkan di atas untuk menjaga kesehatan tubuh agar kebal dari penyakit. Jangan lupa bahagia ya…Salam sehat selalu..

23 Replies to “7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Dari Serangan Penyakit”

  1. 1-6 alhamdulillah udah praktik..
    Yang poin 7 ini..
    Auto browsing probiotik heheh..
    Betewe mksh sarannya mb..bermanfaat banget di masa pandemi gini..

  2. Saya kayaknya yang poin 4 belum terlaksana nih, Mba. Masih suka begadang. Kalau bukan nulis, nonton drama china.. hahaha.. sentil aja, Mba

  3. it is the same tips all over again ya mba.. memang kunci hidup sehat itu tidak jauh dari olahraga rutin, makan sehat, cukup istirahat, hindari stress dan bahagia

  4. aku setuju mba, dan istirahat memang kunci banget. Terus kelola stres, kudu bye-bye stres deh..
    jaman pandemik gini selain asupan yg baik, istirahat, olah raga dan nggak boleh stres ya. Nah untuk probiotik aku pakai yg dari makanan sehari-hari nih klo anak2 yoghurt sukaa..sama tempeee ^^ makasih tulisannya ya mba

  5. Benar sekali mbak diane, memang di masa pandemi seperti ini kita harus lebih menjaga kesehatan ya mbak
    klo aku cara menjaga kesehatannya dengan melakukan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan

  6. Semua poin penting ya, aku masih PR di poin ke-4 karena kebanyakan sleepless ketimbang tidur cukup setiap harinya, huhu. Saat ini, kesehatan terasa semakin “mahal” karenanya sebisa mungkin harus kita jaga ya Mba, semangat sehat!

  7. waktu dinyatakan positif bulan maret lalu, aku tuh tidur ga teratur dan makan juga ga mau udah gitu ga rutin konsumsi vitamin makanya ambruk banget pas dinyatakan positif juga dari sini mulailah untuk jaga pola hidup karena sehat itu mahal ya mba

  8. dari ketujuh tips ini, ada dua yang masih sulit saya lakukan, yaitu rutin olahraga dan mengonsumsi probiotik. Masih sulit melakukan olahraga secara rutin itu karena terlalu sering mager. Hais, kok curhatnya di sini sih. hahaha.

  9. Menjaga kesehatan terutama di masa pandemi ini penting sekali ya, jangan sampai kita jatuh sakit. Aku juga sudah mulai memperbanyak makan sayuran hijau, minum vitamin juga, probiotik sesekali minum. Yang masih belum disiplin nih, olahraganyaaa, duh harus rajin nih memulai olahraga rutin tiap hari.

  10. Pas sampai di poin ” Tidur yang Cukup”….
    Langsung tergugu, jadwal tidur belum bisa memenuhi kuota 7 jam secara rutin. Pengennya tiap hari bisa tidur siang, Alhamdulillah kalau sabtu – minggu bisa deh bobok siang.

    Utk OR…sejak PPKM ini off deh, semoga stelah PPKM bisa ajeg lagi ORnya

  11. Sangat suka dengan tulisan ini. Saya lagi ikhtiar semuanya. ..hanya saja yang terakhir banyak absennya. Hari ini mau beli yogurt plain buat starter barengan susu UHT. Mari kita mamam probiotik 😍

  12. Sudah mengurangi begadang nih mbak jarang banget tidur malam, jadi kerjanya berusaha diselesaikan pas siang sambil nungguin bocah PJJ

  13. Kesehatan paling penting dan utama di masa pandemi gini. Kalau sudah sakit, ga enak banget huhuhuh. Makasih tipsnya.

  14. Ternyata salah satu kunci hidup sehat justru terletak pada kualitas tidur kita, ya, Mak? Dan ini banyak banget yang masih menyepelekan. Aku pernah baca status temanku yang disuruh mencukupkan istirahat sama dokternya, tapi dirinya tetap nggak bisa karena lebih produktif di malam hari. Duh semoga aku juga pandai mengelola stress nih biar nggak mempengaruhi kesehatanku. Terima kasih tipsnya, Mak.

  15. Seperti apa kak Di… Rhea Health Tone?
    Aku kemarin ga enak badan juga langsung dibanjur sama makanan berserat seperti sayur dan buah.
    Kurang olahraga juga bikin badan cepet ngos-ngosan.

  16. RACHMANITA Adindarara says: Balas

    Bener banget nih kondisi seperti ini harus tetap menjaga kesehatan apalagi kesehatan tubuh supaya terhindar dari penyakit

  17. bener banget 6 hal di atas, rata2 itu sih yg aku pahami. oh iya boleh share nggak mbak probiotik seperti apa yg dibutuhkan? lalu apakah untuk segala usia atau bagaimana?

  18. Damar Aisyah says: Balas

    Konsumsi suplemen vitamin ini jadi barang wajib di rumahku. Memang tidak rutin setiap hari, melainkan dua hari sekali karena pada hari yg lain kami mengandalkan buah dan sayur serta protein dari makanan. Alhamdulillah kondisi tubuh fit setelah menerapkan pola begini.

  19. Info yang lengkap dalam Menjaga kesehatan dimasa pandemi dengan memperhatikan pola makan yang sehat serta rutin olahraga

  20. Tidur yang cukup, penting banget ini, Mak… Beberapa hari lalu begadang karena ada beberapa pekerjaan, besoknya badan anget kepala kliyengan sampe telat BW. #Ehh…

    Olahraga… Udah nge-save beberapa gerakan Tiktok (kok Tiktok sih?), tapi suka lupa mau bergerak. Wkwkwk.. Ah, emang kurang niatnya aja kali, yaa.. Bismillah, besok pagi mulai olahraga deh, insya Allah..

    Mengelola stress… Susah sih ini… Tapi udah mulai belajar dikit-dikit.

    Anyway, stay safe, stay healthy, Mak… Biar bisa ikut BW terus setiap Senin dan Kamis bersama Arinta. Hihihi…

    1. Ayeee…ayeee… siap mak..sehat selalu yaa biar bisa selalu jagain gerbang BW…
      Olahraga ngintip youtube deh mak hehe

  21. Makasih sharingnya, mba, aku susah pratekin tidur teratur nih karena tidurnya menjelang mala terus hiks, sama belum konsumsi prebiotik. Memang masa pandemi ini harus bisa menjaga kesehatan ya, agar tidak mudah terpapar era delta yang seram ini

Tinggalkan Balasan