Uji Coba 5G Kementerian Kominfo dan Smartfren Tahap Kedua

Uji Coba 5G

Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok. Bukan lagi hanya untuk hiburan semata, tapi urusan pekerjaan dan pendidikan akhirnya sangat bergantung pada keberadaan internet. Internet kalau lelet ya tentu pengaruhnya besar sekali ke segala aktivitas kita. Pekerjaan gak kelar-kelar..apalagi kalau buat meeting sampe terganggu kan gak nyaman banget.

Peningkatan kualitas internet tentu jadi harapan semua pengguna internet di Indonesia. Makanya ketika 5G benar-benar hadir di Indonesia, udah kayak bakal dapet durian runtuh yang siap disantap.Senangnya bukan main.. Langsung deh kebayang kecepatan internet bakal seperti apa.

Baca Juga : Wisata Sumenep

Uji Coba 5G

Uji Coba 5G

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua 17 Juni 2021. Uji coba teknologi 5G ini tujuannya untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat. Misalnya penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Uji coba 5G tahap kedua ini juga didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.

Skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Smartfren tahun 2019 uga sudah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Bekasi, Jawa Barat. Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Pengujian waktu itu diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Baca Juga : Laptop Ramah Lingkungan

Kesiapan Memanfaatkan 5G

UJi Coba 5G

Menurt President Director Smartfren, Merza Fachys,kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah Smartfren sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini Samrtfren ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Ia berharap pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.

Sementara Warren Huang, Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia memastikan akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita. Senada dengan Warren Huang, Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia juga menegaskanQualcomm menyambut baik kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0. 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. Qualcomm sangat berkomitmen dalam mendukung Indonesia untuk meningkatkan berbagai inovasi 5G serta mendapatkan bermacam-macam manfaatnya.

Wah udah kebayang gak manteman dengan kecepatan yang wah banget ini kita bakal ngapain aja dengan internet? Ohya yang pasti kalau untuk content creator ini bakal asik banget urusan mengunggah konten.. Jadi bisa lebih produkif dengan kecepatan internet yang mencapai 1,8 Gbps. Belanja online, jualan online, apalagi nge-game dan drakoran makin lancar juga pastinya.. Semoga 5G ini secepatnya bisa kita nikmati ya…

Buat yang pengen nonton gemana acara uji coba 5G ini berlangsung, bisa nonton video ini ya..

34 Replies to “Uji Coba 5G Kementerian Kominfo dan Smartfren Tahap Kedua”

  1. wow smartfren sudah ada fasilitas 5G nih, keren banget!! pasti lebih cepat ya akses digitalnya, uji cobanya mulai dari headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

  2. Jaringan udah mau 5G tapi smartphone masih dipakai buat nyebar hoax, jangan deh, jangaan.. Mendingan main game online atau edit video buat film pendek supaya jelas kemanfatannya..
    Wah habis ini siap-siap ganti HP baruuu wkwk

  3. Wah keren ini Smartfren ya sudah uji 5G semoga memang bisa stabil ya di Indonesia karena sekarang ini kecepatan data sangat diperlukan sekali. Ini sih kalau di Jakarta stabil udah enak banget deh karena bikin kita betah di rumah.

  4. Makin cakep aja nih smartfrend 5G provider lain kaya belum mulai nih

  5. Joko Yugiyanto says: Balas

    kabar baik ini dimana kita akan masuk 5G dan bikin wuz wuz aja dan kerja di rumah akan makin mudah dan lancar

  6. aaah betapa rindunya aku dengan 5G mbaa. terakhir di NYC sudah pakai 5G dan memang seamless banget. Sudah waktunya kita pakai yaa… bukan yang ready hehehe. Asyik banget udah coba mba

  7. Yuhuuuu mbak Diane udah merasakan bagaimana enaknya menggunakan smartfren 5G? Rasanyaaaa anjayani, saking cepat dan lancarnya streaming, crawling, googling, searching, surfing, till watching… hahahhhaa

    I have to confessed that the other world that we live in, is “real” on pur soc med networking

  8. udah 5G yaaa. smartfren teknologi terkini nih mba
    semua harus merata internetan kan skul di rumah perlu banget internet.
    Berharap banget masyarakat yg kurang mampu bisa juga sekolah PJJ nggak terpentok biaya, difasilitasi entah oleh siapa gtu..

  9. Ya ampun! Gak sabar deh buat nyoba 5G. Alhamdulillah tempatku 4Gnya lancar jaya. Pasti banyak persiapan termasuk gadget kita yang kudu upgrade ke yang baru

  10. Aku ikut senang bayanginnya…wah 5G, betapa bisa dimanfaatkan untuk para content creator untuk urusan konten.. Jadi bisa lebih produkif dengan kecepatan internet yang mencapai 1,8 Gbps. Keren banget Smartfren

  11. Ya ampuuun mbaak diane, gara-gara baca ini, aku kok jadi BARU kepikiran apa artinya G pada 2G,3G,4G dst. Dasar memang gaje dalam hal IT hahahah. Selama ini sudah biasa aja ngomong sekian G, tapi malah nggak pernah merhatikan apa arti huruf G ituu wkwkwkw
    Dan jadi deh aku googling, woalaaa artinya GENERASI tooo..
    Jadi inget dulu soal GSM. Ini aku juga abai pada arti sebenernya. cuma inget guyonannya : GSM = Geser Sedikit Menghilang (sinyalnya) wkwkwkwk

  12. Semoga jaringan 5G Smartfren bisa segera merata di seluruh wilayah Indonesia ya.
    Nabung lagi nih, siap-siap buat beli HP yang sudah mendukung 5G

  13. Wow…Smartfren udah 5G aja nih berarti harus ganti smartphone yang support layanan 5G ya. Tapi memang seiring perkembangan media digital, kita butuh layanan internet yang supercepat untuk mendukung beragam aktivitas multimedia, apalagi sejak pandemi anak-anak mulai memasuki metode belajar daring sehingga layanan internet yang cepat juga mendukung majunya dunia pendidikan.

    1. Ntar lama-lama bakalan beralih ke 5G semua kayaknya mba. Jadi ingat ketika dulu 4G pertama ada, perlahan-lahan semua piranti dan provider pun beralih semua. Layanan internet cepat memang jadi kebutuhan penting saat ini.

  14. Adanya ujicoba 5G ini menandakan kita akan masuk lagi ke fase berikutnya.; Semoga makin kencag deh nanti ya.

  15. Jaringan 5G yang diluncurkan oleh Smartfren ini membuat pelanggan semakin nyaman ya mbak
    internetan makin bebas hambatan
    smartfren memang daebak

  16. Bakalan keren sekali ini nanti 5G ya Kak
    Semoga nanti punya juga henpon yang bisa 5G biar ngerasain pengalaman makenya

  17. Udah gak sabar nih ingin menikmati layanan 5G. moga bisa diakses hingga ke desa, hehee. pelan2 nanti bakal merata kan mak

  18. Berasa dikasih tau kak Di banget niih…karena kalimat penutupnya gitu, heheh..
    “Drakoran jadi lebih lancar”.
    Gak hanya drakor yaak…aku bakalan nonton VLivenya NCT tanpa nge-lag sama sekali kalau pakai jaringan 5G dari Smartfren. Canggih canggih canggih.

  19. Wah asyik nih jaringannya udah 5G aja
    Dengan jaringan seperti itu maka para pengguna internet akan sangat terbantu ya aktivitasnya? jadi lebih efisien krn pekerjaan jg bisa selesai lbh cepat.
    Eh tapi kalau 5G gtu bisa pakai HP apapun atau masih terbatas HP tertentu sih mbak, sehingga kita perlu beli HP baru atau gmnkah?

    1. Iya..HP nya yang support 5G

  20. MasyaAllah sekarang ada 5G lho, keren banget teknologi ini ya. Betapa cepatnya kala mau ngenet ya. Smartfren emang keren.

  21. Wuih nggak kerasa udah 5G aja ya mba. Berharapnya ntar semua perangkat udah mendukung nih koneksi menggunakan 5G ini. Makin cepat aja ntar koneksi inet untuk sehari-hari yaaa…

  22. Wuih keren, Smartfren udah mau 5G, ya. Semoga bisa secepatnya bisa diakses di semua wilayah. Smartfren yang murah, apalagi sudah 5G pasti jadi favorit semua nih.

  23. Ya ampuuuun… Udah 5G aja. Akses internet makin cepet ya mestinya. Tapi sekarang juga 4G di tempatku kadang ambyar. Apa karena aku bukan pake Smartfren ya?

  24. Keren banget sih kl smartfren udah bisa 5G . Kebayang semua kerjaan bisa cepet beres lancar kalo di bantu sama jaringan 5G

  25. Upload apapun gak pake mikir ya mbak meskipun nggak berada di area wifi, penasaran pengen make smartfren, bisa nggak ya di daerahku yang rada pelosok ini..

  26. 4G aja menurutku dah kenceng loh mbak, udah muncul 5G mungkin makin wuswus aja nih. Apalagi jaringan smartfren di rumah saya udah lancar buat streaming aja gak pernah bermasalah

  27. Wiwin | Pratiwanggini.Net says: Balas

    Kalau semua sudah menerapkan 5G, berarti musti ganti simcard dan headsetnya juga dong yaa. Kalo ga gitu, ga bisa menikmati fasilitas 5G.

  28. Waaah 5G udah ada. Kayaknya kita bakalan mager nih. Betah internetan terus dalam berbagai hal. Mantul deh

  29. Masya Allah Indonesia udah mau 5 G. Sebagai orang yang pernah merasakan 5 G di negara tetangga. Aku ga sabar menanti kehadiran 5 G ini di tempatku

  30. Wah udah uji coba tahap kedua ya? Mantap deh SmartFren. 5G memang sudah di tunggu banyak orang nih

  31. Sudah mau 5G aja, masha Allah. Ini menunjukkan pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia. Tentunya akan memberi kenyamanan yang lebih baik untuk pengguna ke depannya!

  32. Hapeku aja masoih 4 G makkk dah 5 G aja uya pasti akses lebih cepat skrg kalau pakai ini. Percaya sama kencengnya ini 5GšŸ˜‘šŸ˜šŸ˜

Tinggalkan Balasan