Kilau Digital FLOBAMORA, Puncak Gernas BBI di NTT

Kilau Digital Flobamora

Nusa Tenggara Timur (NTT) potensinya bukan hanya keindahan alam yang luar biasa. Ya kita sudah kenal berbagai destinasi istimewa yang sudah terkenal hingga mancanaegara kan..Selain kekayaan alam, NTT juga kaya dengan produk lokal karya warga NTT. Bukan hanya kopi dan tenunnya, tapi ada berbagai produk yang perlu diketahui juga oleh masyarakat luas.

Karenanya Jumat 18 Juni 2021 lalu pemerintah menggelar kegiatan puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di NTT dengan tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor dan Alor). Acara ini berlangsung hybrid dan saya sendiri mengikutinya secara virtual via Zoom dan Youtube Ditjen IKP Kominfo. Oiya acara ini juga disiarkan live , dan disiarkan di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Baca Juga : Wisata Sumenep

Acara offline yang dipandu Kamidia Radisti dan Rizal Akbar di Puncak Waringin Labuan Bajo ini, dihadiri Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat). Sementara Wakil Presiden dan beberapa menteri hadir serta menyampaikan sambutan secara virtual, seperti Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), dan Ririek Adriansyah (Dirut Telkom).

Pameran Virtual Produk Lokal NTT

kilau digital flobamora
Lobby Area Virtual Expo

Puncak acara secara simbolis dibuka oleh Menteri Kominfo dan Menkomarves lalu dilanjutkan pembukaan pameran virtual UMKM NTT. Pameran ini diikuti sekitar 100 UMKM dengan ribuan produknya yang sudah dikurasi sejak Maret 2021.

Pemaran virtual ini diadakan selama 1 bulan mulai 9 Juni 2021. Kita dimana pun berada bisa mengakses virtual exhibition ini lewat https://kilaudigitalflobamora.id . Caranya juga gampang, setelah mengakses link tersebut Pilih Menu Pameran Virtual, Register dengan memasukkan nama, nomer HP, dan email, lalu pengunjung akan langsung menemukan lobi virtual expo. Pengunjung juga bisa memilih akan mengunjungi exhibition hall untuk melihat pameran UMKM, auditorium untuk mengikuti webinar atau live event, atau bisa juga bertanya-tanya via chat ke CS.

Baca Juga : Sewa Mobil Praktis

Oiya di Exhibition Hall pengunjung bisa memilih juga akan melihat UMKM apa, ada kategori Food A, Food B, Fashin dan Craft. Nah di hall yang dipilih ini pengunjung bisa melihat produk apa saja yang bisa dibeli. Bisa tanya-tanya dulu tentang produk lewat fitur chat yang tersedia (penjual nih yang handle) atau langsung belanja juga bisa dengan memilih Commerce untuk belanja .

Setelah pengunjung memilih produk yang akan dibeli, tinggal isi alamat dan memilih jenis pengiriman, metode pembayaran. Pilihannya banyak juga sih metode pembayarannya…pake QRIS, DANA, GoPay, OVO, Link Aja. Pembayaran selesai…orderan langsung disiapkan penjual dan dikirim ke alamat kita. Wahhh semudah kita belanja online biasanya itu  manteman…

Launching JP Hub

Indonesia memang kaya dengan destinasi wisata yang keindahannya luar biasa. Penunjangnya juga keren-keren.. hotel, homestay, resto, café banyak kita temui yang unik-unik kan di tempat-tempat wisata? Nah agar memudahkan pelaku pariwisata memasarkan produknya ada JP (Jaringan Pariwisata) Hub. Ini adalah sarana untuk pelaku pariwisata yang merupakan kolaborasi antara Kemenkominfo, Telkom Indonesia, dan Kemenparekraf. Di JP Hub pelaku pariwisata bisa mendaftarkan produknya sehingga mudah ditemukan oleh wisatawan.

Dalam video launching JP Hub ada tutorialnya loh gemana cara gabung di JP Hub. Hanya 4 langkah mudah, yaitu :

  • Klik Daftar
  • Kunjungi wonderin.id
  • Pilih Jenins Inventory yang akan didaftarkan
  • Isi data dan masukkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Dalam hitungan detik..produk wisata sudah siap dipasarkan secara luas untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Shopping Experience di Pasar Online BUMDES

Banyak hal menarik yang disajikan saat Puncak Acara Kilau Digital Flobamora ini.. termasuk shopping experience yang dilakukan oleh Menteri Luhut B. Pandjaitan dan Joni G. Plate. Pertama keduanya mencoba langsung membeli di stand virtual expo. Barang yang dibeli kemeja tenun NTT dengan harga sekitar Rp1.5 juta.

Belanja berikutnya setelah launching JP Hub, kedua menteri ini mencoba belanja di BUMDES Mart, sebuah platform yang menjual produk Bumdes di NTT. Beli apa kali ini? Ahaa.. Pak Menteri beli 20 paket teri khas NTT DI Bumdes Tujuh Maret Hadekawa.id. Bumdes ini menjual aneka olahan hasil laut. Kemudian disusul Menteri Kominfo berbelanja di Pasar Online Bumdes Au Wula PasarFlores.id.

Setelah memilih metode pengiriman dan pembayaran..pesanan siap. Kedua menteri melakukan pembayaran melalui QRIS. Berhubung jaraknya dekat..barang langsung diantar ke panggung donk ya..

Kilau Digital Flobamora

Asik banget warga lokal dan dliuar NTT bisa menikmati layanan belanja online produk lokal.

Acara Kilau Digital Flobamora ini berlangsung kurang lebih selama 3 jam mulai jam 8 WITA.  Sebelum berakhir masih ada serangkaian acara yang melibatkan banyak pihak, terutama pihak desa (virtual conference dengan pengelola desa wisata) dan pihak swasta (IDEA, Grab Indonesia, DANA, Tokopedia, Link Aja)., penandatanganan MoU antara Pemprov NTT dengan Grab Indonesia tentang pengiriman produk lokal NTT, dannnn ada fashion show juga.

Baca Juga : Gowes Bareng

Tentang Gernas BBI

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.

Kalau manteman masih penasaran nih pengen tahu keseruan Kilau Digital Flobamora ini.. bisa nonton ya siaran tundanya di Youtube DJIKP Kominfo. Jangan lupa juga tonton virtual exponya yang masih berlangsung sampai bulan Juli nanti.

23 Replies to “Kilau Digital FLOBAMORA, Puncak Gernas BBI di NTT”

  1. Seruuu bangett ini pamerannya
    Makin bangga dgn kiprah UMKM ya.
    Apalagi yg d kawasan NTT.
    Keren dan eksotis bangett

  2. wow rencananya akan ada 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur. Jadi semua informasi dan komunikasi bisa dengan mudah dinikmati oleh masyarakat NTT ya

  3. Sangat menarik sekali acara Kilau Digital Flobamora ini 🙂 Masyarakat dan pemerintah sama2 mendukung UMKM terutama di wilayah NTT dan sekitarnya ya, supaya hasil budaya bangsa makin terangkat dan dikenal 🙂 Produk lokal unggulan Indonesia banyak sekali bahkan tak terbendung. Kalau bukan kita sendiri yang mengapresiasi terlebih dahulu, siapa lagi? Semoga bisa mendunia produk2 lokal/tradisional lainnya aamiin.

  4. Keren ya mba aku baru tahu gerakan BBI ini ternyata mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi semoga bisa menyebar terus ya dan dinikmati oleh masyarakat NTT

  5. Setuju bangeeet mengangkat Indonesia Timur untuk wisatawana lokal dan mancanegara
    tapiii.. untuk wisatawan lokal, menuju ke sananya itu lhooo mihiiiil buanget!

    Aku usul – selain menaikkan UMKM dan produk mereka yang cantik cantik itu,
    juga diupayakan transportasi menuju ke Flores NTT dskt yang aman dan terjangkau

  6. Virtual exponya masih sampai juli. Asyik nih bisa lihat-lihat produk unggulan NTT. Selama ini kalau ada teman dari NTT bawaannya tenun sama madu, ternyata masih banyak produk lainnya ya. Mau juga ah saya ngikuti jejak pak menteri, belanja teri di bumdesmart

  7. Bagus nih dan pelaku pariwisata harus daftarkan produknya. Apalagi mudah hanya 4 langkah saja. Banyak yang butuh dan tentunya memajukan produknya juga

  8. Wow keren banget nih. Jadi bisa daring dong ya kalo mau liat food juga suvenir khas nusa tenggara timur. Trus lanjut deh bisa membelinya secara daring juga. Semoga sukses ya umkm ntt.

  9. Aku kemarin nih pengen banget ikutan acaranya tapi waktunya pas lagi gak bisa, seru ya padahal jadi bisa lihat langsung acaranya walau secara virtual. Semoga dengan adanya program untuk para UMKM ini bisa membantu mereka untuk meningkatkan perekonimian ya mbak. Jujur walau belum pernah ke NTT tapi aku sudah punya beberapa kerajinan kain asal NTT dari pemberian teman yang kesana.

  10. Selalu ada celah kesempatan di setiap kesempitan yang ada. Salut dengan adanya JP Hub ini, jadi masyarakat lokal pun bisa memanfaatkannya untuk memasarkan prioduk lokal mereka.

  11. ah kece banget acara kilau Digital Permata Flobamora ini ya mbak
    dgn adanya pasar digital, produk umkm bisa makin dikenal secara luas
    omsetnya juga bisa meningkat

  12. Aku baru tau Gernas BBI, bagus banget programnya. Semoga bisa membantu perekonomian Indonesia, termasuk untuk pelaku UMKM. Kalau ingat NTT, pasti langsung ingat kain tenun khas NTT yang coraknya khas dan pembuatannya masih manual

  13. Kalau jadi agen travel atau pelaku usaha, lebih mudah untuk bergabung ke JP Hub. Pemasarannya jadi lebih luas kan. Terus QRIS juga nyenengin banget. Pembayaran gak pakai ribet deh

  14. Keinget dulu pas ke Manggarai cuma bisa pakai provider selular plat merah hehe
    Sekarang pastinya lbh bervariasi dan makin banyak yang melek teknologi digital ya mbak?
    Wah bagus juga nih idenya memasarkan potensi pariwisata daerah sana via digital ya mbak. Semoga pandemi segera uai krn yakin banget abis pandemi, semua sehat dr covid sektor pariwisata tu akan melejit.

  15. Kilau permata flobamora… namanya sungguh cantik, flores sumba timor alor. secantik hasil sumber daya alamnya yang dikagumi masyarakat luas. semoga potensi alam di daerah tersebut bisa dioptimalkan dan sukses memajukan perekonomian provinsi NTT.

  16. Paling terkenang dengan wisata Indonesia tentu, Bali.
    Tapi semua tempat di Indonesia ini sesungguhnya eksotik dan kaya akan budaya juga keindahan dari berbagai aspek.
    Kilau Digital Flobamora membuka mata kita semua bahwa ada UMKM yang mendukung wisata Indonesia.

  17. Jogja juga nih sekarang geliat pemasaran produk UMKM nya semakin bagus. Senang melihat perkembangan UMKM masyarakat timur Indonesia. Semakin berjaya ya UMKM kita

  18. Adriana Dian says: Balas

    Lewat acara kilau digital flobamora ini, kita sekalian bisa membeli produk dari nusa tenggara via online ya mak? Wah keren banget nih biar umkm di nusa tenggara bisa semakin pesat berkembang yaaa

  19. Internet membuka akses penjualan bagi banyak UmKm terbuka ya Mak.. Senang dengan banyaknya pelatihan UMKM ini

  20. Pemerintah konsen ya menaikkan umkm di seluruh indonesia. Di ntt semoga dengan digital ini bikin naik perekonomiannya
    Semoga ke jawa programnya biar bisa naikin umkm punyaku juga huhu bingunh masarinnya

  21. Pertama kali dengar nama flobamora, saya ngira itu nama sebuah permata atau batu mulia.
    Dan ternyata memang simbolik perwujudan mutiara dari serangkaian pulau Flores, Sumba, Timor dan Alor – Flabomora, nama yang cantik unik.

    Di masa pandemi spt sekarang, pameran virtual khususnya bagi UMKM ini bisa menjadi salah satu cara promosi yang efektif dan aman. Beberapa kali pameran UMKM di Sleman juga menggabungkan pameran offline dan pameran virtual. Jadi yg offline dihadiri secara terbatas, dan melalui virtual, diharapkan pameran tersebut bisa mengudara menembus batas wilayah dan waktu (24 jam)

  22. Program pemerintah yang seperti ini perlu diperbanyak lagi deh Mak menurutku. Apalagi di daerah Timur yang biaya distribusinya termasuk mahal dan aksesnya masih banyak yang terbatas. Semoga UMKM di seluruh Indonesia bisa berkembang secara merata dan masyarakat Indonesia semakin punya power untuk selalu berdaya :))

  23. Sudah saatnya ya produk lokal dari daerah Flobamora ini bisa dinikmati semua kalangan dari seluruh Indonesia. Keren programnya guna pemerataan potensi daerah.

Tinggalkan Balasan